Jualan di banyak marketplace memang dapat mendatangkan keuntungan yang lebih, tapi kamu juga perlu tahu cara efektif untuk dapat kelola banyak akun marketplace dalam waktu yang bersamaan. Manajemen orderan perlu jadi fokus utamamu agar tidak terjadi kejadian salah kirim barang atau salah kirim alamat kepada pembeli.

Jangan salah, jualan di berbagai macam situs marketplace itu bisa jadi urusan yang merepotkan dan pusing kepala, apalagi kalau bejibun orderan yang masuk hanya kamu seorang diri yang mengelolanya. Bolak-balik ke satu marketplace ke marketplace lain juga tidak efektif dari segi waktu. 

Nah, salah satu cara dapat membantu perlancar alur yang ruwet tersebut adalah dengan kelola banyak akun marketplace menggunakan satu platform khusus. Yap, pernah terlintas di benakmu untuk kelola banyak akun marketplace pakai satu platform aja? Itu bukan hal yang sulit dan mustahil kok!

Agar kamu makin memantapkan hati untuk gunakan satu platform pengelolaan marketplace, dalam artikel kali ini kamu akan mengetahui alasan kenapa kelola banyak akun marketplace di satu tempat itu hal yang penting kamu pertimbangkan untuk dilakukan. Jadi, yuk, simak artikel ini sampai tuntas!

 

Kelola Banyak Akun Marketplace

 

Beberapa Alasan Pentingnya untuk Kelola Banyak Akun Marketplace Pakai Satu Platform

Ngomong-ngomong soal marketplace, tentu tidak bisa lepas dari berkembangnya teknologi. Perkembangan teknologi memang membawa banyak perubahan bagi manusia dan dalam konteks in, perubahan tersebut adalah revolusi dalam kegiatan jual-beli. 

Yang dulunya mengharuskan pertemuan tatap muka antara penjual dan pembeli agar terjadi transaksi, sekarang kegiatan jual-beli bisa dilakukan melalui layar handphone saja. Adanya marketplace memudahkan penjual dalam menjajakan produk andalan ke jangkauan pelanggan yang lebih luas. Alur jual-beli yang menjadi lebih singkat juga mempermudah kita sebagai seller mendapatkan keuntungan yang banyak.

Baca Juga 
Ini Dia Cara Cek Resi Cargo Shopee beserta Fungsinya!

 

Tonton Juga: #SellerStory Uno Shop : Memanfaatkan era digital untuk mengembangkan bisnis.

 

Dalam dunia bisnis saat ini, marketplace adalah salah satu channel penjualan yang dimiliki oleh hampir pemilik bisnis. Hadirnya banyak marketplace yang berbeda juga sangat menguntungkan pihak seller karena seller dapat berjualan di tempat lain sekaligus. Logikanya, kalau jualan di banyak tempat, kemungkinan mendapatkan cuan juga makin meningkat, ‘kan?

Namun, kamu perlu berhati-hati untuk kelola banyak akun marketplace tersebut. Agar tidak jadi bumerang buat kamu sendiri, seperti kewalahan dan tidak bisa me-manage operasional bisnis dengan baik, kamu perlu kelola banyak akun marketplace tersebut melalui satu pintu saja. 

Selain operasional sehari-hari jadi makin efisien dan mudah, alasan lain kenapa kamu perlu kelola banyak akun marketplace pakai satu platform adalah sebagai berikut.

 

Kelola Banyak Akun Marketplace

  • Bisa Sekaligus Update Katalog Produk

Berjualan di marketplace mengharuskan seller untuk rutin mengganti katalog produk. Misalnya, kalau ada produk baru atau perubahan harga. Bayangkan nih, kalau kamu sendiri harus mengupdate produk atau harga satu-satu di marketplace ke marketplace lainnya? Waktumu tidak bisa terpakai secara efisien.

Nah, kemudahan pertama ketika kamu kelola banyak akun marketplace pakai satu platform adalah kamu bisa sekaligus melakukan pembaruan katalog produk ataupun harga di semua marketplace yang kamu punya.

Upload foto katalog produk juga bisa lewat satu aplikasi saja. Sangat efisien, bukan? Jadi, waktumu tidak habis buat urusan ini dan memakainya ke hal lainnya deh!

 

Baca Juga: Barang-barang Unik yang Bisa Kamu Temukan di Marketplace

 

Kelola Banyak Akun Marketplace

  • Bisa Update Ketersediaan Stok Barang Secara Bersamaan

Selain katalog produk atau harga yang perlu diupdate, ketersediaan stok barang pun perlu diupdate secara berkala di setiap marketplace yang kamu punya.

Hal ini perlu kamu lakukan agar calon pembeli bisa tahu produk mana saja yang tersedia dan mana yang habis. Kalau mereka mendapat informasi stok barang yang keliru, tentu akan membuat mereka kecewa dan mungkin akan mengurungkan niat untuk belanja di toko kita. 

Baca Juga 
Ini Dia, Tips Endorse Produk ke Selebgram!

Satu-satunya untuk menyiasati hal tersebut kamu mau tidak mau harus mengupdate stok barang secara rutin juga. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan kalau kelola banyak akun marketplace di satu pintu adalah kamu juga bisa mengupdate ketersediaan stok barang di seluruh marketplace tempat jualanmu secara bersamaan. 

Yap, ini artinya adalah stok barang bisa tersinkronisasi otomatis ketika ada penjualan produk atau penambahan jumlah produk!

  • Bisa Balas Chat dari Semua Marketplace

Hal lain yang lumrah eksis di dunia jual-beli marketplace adalah chat dari calon pelanggan. Pasti ada saja pertanyaan yang dikirimkan oleh calon pelanggan melalui fitur pesan di situs marketplace kepadamu, misalnya pilihan warna, ukuran, ketersediaan barang, opsi pengiriman barang, hingga status pengirimannya.

Sebagai seller, ya sudah jadi kewajiban kita untuk menjawab chat pelanggan satu per satu agar mampu memberikan kepuasan kepada mereka melalui layanan pelanggan yang kita berikan.

Akan tetapi, kalau kamu kelola banyak akun marketplace pakai satu platform, membalas chat pelanggan bukan jadi masalah yang begitu melelahkan lho. Kamu tentu tidak perlu buka banyak tab di laptop atau pindah bolak-balik untuk balas chat.

Lewat satu platform pengelolaan marketplace, membalas chat pelanggan akan jauh lebih efisien dan menghemat waktu. Selain itu, kemungkinan chat pelanggan yang terlewat dibalas juga akan lebih kecil.

 

Kelola Banyak Akun Marketplace

  • Bisa Memproses Semua Pesanan dari Berbagai Marketplace

Alasan selanjutnya yang bisa kamu dapatkan ketika kelola banyak akun marketplace di satu platform adalah masalah pemrosesan orderan juga makin mudah. Mau itu dari marketplace A, marketplace B, atau marketplace C, semua orderan bisa diproses sekaligus. Menarik, bukan?

Berjualan di banyak marketplace berarti kamu paham konsekuensinya kalau orderan tidak hanya datang dari satu sumber aja. Ini tentu hal yang positif dan mungkin impianmu sebagai pebisnis untuk mempunyai orderan yang terus-menerus masuk.

Baca Juga 
User Friendly adalah Kriteria untuk Produk yang Baik

Namun, terkadang memproses pesanan satu-satu saja dari satu marketplace saja sudah melelahkan. Apalagi kalau ada bejibun orderan yang masuk dari marketplace lainnya. Oleh karena itu, kamu memerlukan satu sistem yang bisa langsung memproses semua orderan tersebut.

 

Kelola banyak akun marketplace pakai satu platform omnichannel memungkinkanmu memproses orderan sekaligus, mulai dari pesanan masuk, pembatalan, pesanan keluar, hingga retur barang. Jadi, tenaga dan waktu kita tidak akan terkuras habis untuk mencatat dan mengurus orderan yang masuk deh!

 

Baca Juga: Inilah Tujuan Audit yang Perlu Pemilik Bisnis Ketahui

 

Demikian empat alasan kenapa kamu perlu kelola banyak akun marketplace melalui satu platform saja. Marketplace adalah tempat yang sangat potensial untuk meningkatkan angka penjualan dan kalau kamu berjualan di banyak marketplace, otomatis diperlukan manajemen marketplace tersebut yang baik pula.

Kelola banyak akun marketplace dengan baik perlu jadi fokus utama kalau kamu memutuskan untuk melakukannya. Agar operasional bisnis lancar-lancar saja, sebaiknya kamu kelola banyak akun marketplace yang kamu punya melalui satu pintu. 

Saat ini, terdapat banyak aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk mengintegrasikan semua pengelolaan marketplace hanya melalui satu dashboard. Salah satunya adalah SmartSeller! Melalui fitur Marketplace Integration, aplikasi ini bisa membantumu mengontrol produk dan stok produk di semua marketplace-mu secara terpusat. Yuk, kelola banyak akun marketplace pakai SmartSeller!