Saat ini, terdapat banyak ide bisnis pemula yang tidak memerlukan modal besar untuk memulainya. 

Tidak sedikit lho yang berpendapat bahwa modal adalah batu ganjalan bagi orang-orang yang ingin terjun di dunia bisnis. Padahal, modal cuma salah satu dari beberapa hal lain yang perlu dipersiapkan untuk membuka usaha, seperti memilih ide bisnis pemula yang cocok, merangkai business plan, atau target pasar.

Masalah modal sebenarnya bisa diupayakan. Contohnya seperti beberapa bisnis pemula yang hanya memanfaatkan peralatan seadanya yang dipunya sebagai modal. Jadi, bisa dikatakan bisnis-bisnis tersebut tidak mengeluarkan modal sama sekali. 

Penasaran apa saja contoh ide bisnis pemula yang bermodal kecil? Yuk, ketahui ide bisnis pemula berikut ini! Siapa tahu bisa jadi inspirasimu untuk mulai merintis binis!

Bisnis Pemula

Beberapa Ide Bisnis Pemula yang Bisa Kamu Coba

Bermodal minim, beberapa ide bisnis pemula berikut ini mungkin bisa kamu jadikan panutan dalam membuka bisnis!

Bisnis Pemula

1. Cetak Foto Polaroid

Belakangan ini cetak foto ala polaroid yang umumnya berukuran 2R ini menjadi tren karena kegunaannya yang dipakai sebagai pemanis ruangan seperti hiasan kamar. Foto yang dihasilkan dari kamera polaroid memang memiliki ke-aesthetic-an sendiri dan oleh karennya digemari oleh banyak orang, terutama anak muda. 

Bisnis pemula ini hadir sebagai pengisi celah keinginan masyarakat yang ingin memiliki foto bergaya polaroid dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Seperti yang diketahui, harga kamera polaroid bisa tergolong mahal. Sehingga, potensi bisnis pemula ini cukup menjanjikan karena menawarkan alternatif murah dari kamera polaroid.

Modal untuk membuka bisnis pemula cetak foto polaroid juga mudah didapatkan, misalnya printer, tinta, dan kertas foto. Kamu bisa manfaatkan printer yang ada di rumahmu biar lebih hemat!

Baca Juga: Rincian Modal dan Cara Memulai Usaha Percetakan Bagi Pemula

Baca Juga 
5 Aspek Pemasaran yang Menjadi Kunci Keberhasilan Bisnis

2. Joki Game

Buat yang doyan main game dan jago dalam memainkannya, membuka jasa joki game adalah salah satu opsi ide bisnis pemula. Pasalnya, tidak sedikit orang yang ingin punya waktu dan dedikasi seperti pro player yang bisa mencapai level teratas dalam sebuah game. Di sinilah pasar yang jadi target jualanmu.

Contoh bisnis pemula jasa joki game banyak ditemukan di media sosial karena pembuka jasa ini kebanyakan memasarkan jasanya di sana. Beberapa contoh game yang player-nya membuka jasa joki adalah Mobile Legends Bang Bang dan  Genshin Impact.

3. Ketik Ulang (Retyping)

Ide bisnis pemula lainnya yang butuh modal dari laptop saja yaitu jasa pengetikan ulang. Yap, untuk memulai bisnis ini kamu bisa memulainya dengan modal laptop yang kamu punya ditambah dengan typing skill yang mumpuni. Selain itu, kamu perlu juga memiliki ketelitian yang tinggi juga.

Jasa pengetikan ulang pada umumnya diperlukan oleh perusahaan yang memerlukan softcopy dari dokumen-dokumen lama mereka. 

Bisnis Pemula

4. Pembuatan CV

Curriculum vitae atau CV merupakan berkas utama yang diperlukan dalam urusan pencarian kerja. Sehingga, CV yang baik seharusnya bisa menonjolkan kualifikasi pelamar kerja dan punya keterbacaan yang baik. Tapi, kebanyakan pelamar kerja malah memilih desain CV yang tidak sesuai dengan kriteria tersebut.

Oleh karena itulah, jasa pembuatan CV bisa jadi ide bisnis pemula yang bisa kamu coba! Peralatan yang diperlukan pada dasarnya hanya laptop dan aplikasi pembuat CV.

5. Jasa Ulasan atau Review 

Pemberian ulasan atau review di aplikasi bisa jadi pilihan ide bisnis pemula juga. Ulasan sangat berperan penting untuk bisnis karena dapat mempengaruhi minat calon pelanggan. Orang-orang akan lebih tertarik untuk mengunjungi tempat yang memiliki rating baik karena ulasan tempat tersebut yang positif. Biasanya, jasa ini dibuka untuk ulasan-ulasan pada aplikasi Google Maps.

Baca Juga 
Jualan Sisa Bulan Ramadan Belum Habis, Harus Bagaimana?

Modal untuk memulai bisnis pemula ini juga sangat mudah. Pada dasarnya, kamu hanya butuh modal smartphone dan kuota internet saja.

6. Usaha Franchise

Nah, beralih ke contoh ide bisnis pemula yang menjual produk lagi. Kalau kamu punya modal yang cukup, kamu bisa coba untuk buka usaha franchise. Usaha franchise sudah tidak awam lagi di Indonesia. Bahkan, ada banyak bisnis-bisnis, terutama bisnis yang bergerak di bidang food & beverages, yang membuka sistem franchise.

Keuntungan dari usaha franchise, kamu tidak perlu pusing memikirkan peralatan atau bahan baku karena penyedia usaha franchise akan memasukkannya ke dalam paket franchise yang kamu beli. 

Baca Juga: Apa Itu Sistem Franchise dan Bagaimana Memulainya?

7. Reseller

Ingin coba jualan kecil-kecilan? Buka jualan dengan sistem reseller mungkin bisa jadi salah satu opsimu. Sistem reseller adalah di mana kamu membeli barang dari pihak lain dan kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih menguntungkan. 

Memang, usaha reseller ini memiliki banyak kompetitor dan butuh waktu serta proses. Tapi, masih patut untuk dicoba lho! Kamu bisa memanfaatkan media sosial untuk melakukan branding dan aktivitas promosi yang menarik pelanggan.

8. Dropshipper

Kalau kamu ingin jualan tanpa ribet memikirkan penyimpanan barang, jualan dengn sistem dropship bisa jadi pilihan. Bisnis pemula ini pada dasarnya mirip dengan sistem reseller, tapi minus pada sistem penyetokan barangnya. Dalam sistem dropship, kamu tidak perlu menyimpan stok barang karena pengiriman barang akan dilakukan oleh penyedia dropship tersebut.

Meskipun pengiriman dilakukan oleh penyedia dropship, kamu masih bisa menggunakan nama bisnismu di dalam tag barang jualan. 

Bisnis Pemula

9. Bisnis Warmindo

Ide bisnis pemula lainnya, kalau kamu ingin coba terjun di dunia bisnis food & beverages, adalah membuka usaha Warmindo atau Warung Makan Indomie. Warmindo banyak digemari oleh kalangan anak muda karena dianggap sebagai tempat nongkrong yang murah dan bisa diakses oleh berbagai kalangan.

Baca Juga 
Cara Bisnis Tas Branded Remaja yang Menguntungkan untuk Kamu

Memang modal yang dibutuhkan cukup banyak, seperti peralatan untuk berjualan dan bahan bakunya. Nah, untuk menekan anggaran, kamu bisa memanfaatkan area rumahmu sebagai lokasi berjualan Warmindo dan menggunakan peralatan dapur yang kamu punya.

10. Jastip (Jasa Titip)

Usaha jastip memang sudah tidak asing lagi di telinga orang Indonesia. Tapi, sampai saat ini bisnis dengan sistem jastip masih saja digemari. 

Pasalnya, untuk orang-orang yang belum bisa keluar negeri untuk membeli barang yang diinginkannya, jastip adalah solusi bagi mereka. Selain, mendapatkan barang impian, mereka bisa jauh lebih hemat karena tidak perlu ke luar negeri pula.

Keuntungan dari jastip bisa diambil dari harga yang kamu tetapkan, misalnya dari akumulasi biaya perjalanan dan harga barang itu sendiri. Kalau kamu suka traveling, bisnis pemula ini tentu patut untuk dicoba!

Itulah 10 contoh ide bisnis pemula yang menggunakan modal seadanya yang bisa dicoba. Pada intinya, jangan takut untuk memulai karena kamu tidak memilik modal karena ada banyak sekali contoh bisnis pemula yang bisa dilakukan, meski hanya dengan modal minim. Mana pun bisnis yang kamu buka nantinya, pengelolaan harus jadi perhatian utama.

Misalnya untuk pengiriman paket, kamu bisa memanfaatkan platform online seperti SmartSeller yang menawarkan fitur pengelolaan kirim paket agar lebih efisien dan efektif! 

Dengan banyaknya pilihan kurir yang ada, kamu tidak perlu khawatir opsi pengirimannya! Selain itu, SmartSeller juga menawarkan sistem jemput barang dari rumah sehingga jauh lebih memudahkanmu dalam berjualan. Yuk, cobain SmartSeller sekarang!