Istilah consumer insight adalah istilah yang tidak jarang ditemukan salam suatu proses bisnis. Istilah tersebut cukup sering digunakan terutama saat membuat perencanaan penjualan dan pemasaran usaha. Karena consumer insight adalah salah satu proses yang bisa membantu meningkatkan penjualan usaha. 

Tidak hanya itu saja, consumer insight juga dapat memberikan informasi yang dibutuhkan untuk meningkatkan pendapatan penjualan. Ada berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan memahami consumer insight. Artikel berikut ini akan memberikan informasi seputar consumer insight dan apa saja manfaatnya untuk bisnismu. 

Pengertian Consumer Insight dalam Bisnis

Customer Insight adalah

Consumer insight adalah interpretasi dari tren pada aktivitas manusia yang digunakan untuk tujuan meningkatkan penjualan dan juga menambah keefektifan produk atau layanan bagi pelanggan maupun usaha. 

Pengertian singkatnya consumer insight adalah interpretasi yang digunakan suatu usaha untuk memahami apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh pelanggan terhadap produk atau layanan usaha. Analisa consumer insight sangat perlu untuk dilakukan karena dapat membantu perusahaan mengetahui apa yang diharapkan dari produk dan layanan usaha. 

Tidak hanya itu saja, ketika consumer insight dilaksanakan dengan tepat maka perusahaan akan lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan. Artinya perusahaan akan lebih mudah membaca perilaku pelanggan yang kemudian akan memudahkan proses peningkatan pendapatan selama penjualan produk dan layanan. 

Pentingnya consumer insight adalah untuk mempermudah usaha mendekati pelanggan dan memberikan sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Jadi, ada baiknya kamu mempelajari tentang consumer insight agar bisa meningkatkan performa bisnismu. 

Baca Juga: Cara Promosi Produk agar Usaha Laris Manis

 

Beberapa Hal yang Diperlukan untuk Mendapatkan Consumer Insight

Customer Insight adalah

Consumer insight adalah bagian dari perencanaan strategi pemasaran dan penjualan sehingga terdapat hal-hal yang diperlukan agar prosesnya menjadi lebih efektif. Berikut hal-hal yang diperlukan untuk mendapatkan consumer insight yang efektif:

  • Data yang Berkualitas

Data yang didapatkan untuk keperluan consumer insight harus berkualitas. Dikatakan berkualitas berdasarkan kapan data tersebut diperoleh, berapa banyak data yang didapatkan, serta dari mana data tersebut berasal dan sebagainya. Data yang akurat tentunya data yang didapatkan dalam jangka waktu terbaru. Data yang sudah lama tentunya tidak bisa digunakan lagi.

  • Tim Analisa yang Ahli

Memiliki tim khusus untuk menganalisa data juga sangat berpengaruh pada hasil efektif dari consumer insight. Kamu bisa membentuk tim khusus untuk menganalisa consumer insight dan merubah data tersebut menjadi informasi penting yang bermanfaat bagi perusahaan. 

Baca Juga 
Simpel, Begini Cara Daftar Jualan di Lazada lewat HP

Memiliki tim yang mengerti cara menganalisa data sangatlah penting. Tim tersebut bisa menjadi aset berharga bagi perusahaan. Jika menggunakan tim analisa tersendiri terasa mahal untuk skala usahamu, kamu bisa memanfaatkan otomasi teknologi digital yang ada. Saat ini sudah banyak platform yang menyediakan layanan analisa bisnis akurat dan bisa kamu gunakan dengan mudah. Hal tersebut akan mempermudah proses analisa consumer insight dan memaksimalkan proses bisnis usahamu. 

  • Melakukan Riset pada Konsumen

Data consumer insight adalah data yang didapat dari pelanggan. Untuk mendapatkan data tersebut kamu bisa melakukan riset pada pelanggan usahamu. Ada berbagai cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkannya. Mulai dari melakukan survey pelanggan dan riset target pasar yang kamu tuju. Data yang didapat bisa diolah menjadi consumer insight yang akurat. 

  • Membuat Database dan Segmen Pemasaran

Setelah data dari pelanggan terkumpul, kamu bisa membuat kumpulan data atau database yang bisa dikelompokkan berdasarkan segmen pemasaran usahamu. Misalnya kamu bisa mengelompokkan berdasarkan segmen pelanggan laki-laki dan perempuan agar target pemasaran menjadi lebih akurat. Selanjutnya kamu bisa mengelompokkan mana target pasar yang paling membutuhkan produk atau layanan kamu dan mana yang tidak terlalu membutuhkannya. Membuat database dan mengelompokkan target pasar akan membuat pemasaran lebih akurat dan tepat sasaran. 

 

Manfaat Consumer Insight pada Perkembangan Bisnis

Customer Insight adalah

Secara tidak langsung, consumer insight adalah bagian perencanaan pemasaran juga. Bahkan consumer insight adalah salah satu cara agar usaha bisa tetap berkembang dan meningkatkan kinerjanya. Berikut ini beberapa manfaat dari consumer insight yang perlu kamu ketahui:

  • Meningkatkan Pengalaman Transaksi Pelanggan

Adanya consumer insight akan membantu bisnis memudahkan pengalaman transaksi pelanggan. Sebelum melakukan transaksi pembelian, pelanggan akan melalui beberapa perjalanan mulai dari mengetahui produk, mempertimbangkan produk, hingga melakukan transaksi pembelian. Sering kali perjalanan tidak berjalan dengan mulus karena target pasar tidak langsung melakukan transaksi. 

Baca Juga 
Alasan Metode FIFO adalah Solusi Pengelolaan Stok

Dari sini, peran consumer insight sangat diperlukan. Kamu bisa mengetahui apa alasan pelanggan tidak jadi melakukan transaksi dan menemukan kesenjangan yang terjadi. Permasalahan bisa teratasi dengan mudah karena kamu mengetahui apa masalah yang dihadapi.

  • Membuat Pemasaran yang Sesuai dengan Pelanggan

Saat membuat suatu produk atau layanan, sering kali pemilik usaha terlalu fokus pada fitur yang bisa ada pada produk dan layanan. Padahal membuat produk atau layanan juga harus mempertimbangkan kebutuhan dan keinginan pelanggan. 

Consumer insight adalah solusi untuk permasalahan ini. Kamu bisa mengetahui apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh pelangganmu dalam suatu produk atau layanan agar tidak membuat produk yang terlalu berlebihan dari segi fitur. Pemasaran yang dilakukan juga lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan sehingga hasilnya lebih tepat sasaran. 

Tonton Juga: #SellerStory Wallts yang Jualan Dompet Selama Pandemi

Cara Mulai Consumer Insight untuk Usahamu

Customer Insight adalah

Setelah mengetahui apa saja manfaat dari consumer insight, kamu mungkin perlu melakukan consumer insight tersebut pada usaha yang kamu jalankan. Berikut ini adalah tahap tentang bagaimana cara memulai consumer insight pada usahamu:

  • Mulai dengan mengetahui apa yang perlu kamu cari. 

Tanpa mengetahui tujuan, akan sulit memulai riset data untuk consumer insight. Kamu perlu tujuan jelas jadi bisa mengetahui data apa saja yang diperlukan dan bagaimana mendapatkan data tersebut.

  • Tentukan sumber data yang akan kamu ambil. 

Ini tergantung pada skala usaha dan jenis usaha. Kamu bisa mendapatkan data dari target pasar atau pelanggan tetap yang sudah lama menggunakan produk dan layananmu.

  • Metode yang digunakan juga perlu ditentukan dengan tepat. 

Kamu bisa menggunakan survey pelanggan, diskusi terbuka, atau bahkan kuesioner. Pemilihan metode juga cukup penting karena metode yang tepat akan membantu pelanggan melengkapi data yang diperlukan untuk consumer insight.

  • Bagaimana kamu memproses data yang didapatkan dari proses sebelumnya?

Pemrosesan data bisa dilakukan lewat tim analisis atau memanfaatkan aplikasi yang memiliki fitur analisa bisnis. Menggunakan aplikasi untuk melakukan analisa bisnis adalah pilihan tepat jika usahamu masih berskala kecil dan tidak memiliki modal yang banyak. Karena aplikasi tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau untuk digunakan.

Baca Juga 
Ini 7 Jenis-jenis Bisnis Rumahan yang Selalu Dicari!

Dengan memahami apa itu customer insight, sekarang kamu bisa memaksimalkan kinerja usahamu dengan langkah yang tepat. Manfaatkan sumber daya yang ada agar kamu bisa dengan mudah mendapatkan consumer insight, misalnya dengan menggunakan SmartSeller yang merupakan aplikasi dengan layanan untuk memudahkan proses bisnismu. 

Rich Buyer adalah salah satu layanan dari SmartSeller yang memberikan kemudahan untuk analisa perkembangan dan aktivitas bisnis. Kamu bisa menghemat biaya dengan menggunakan Rich Buyer dan tetap mendapatkan hasil analisa yang akurat untuk bisnismu. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, coba RichBuyer sekarang!