Kisah pengusaha sukses merupakan salah satu bentuk inspirasi yang digunakan para perintis bisnis dalam membangun bisnis mereka. Ya, dari kisah pengusaha sukses yang ada, kini ada banyak orang yang mulai melirik dunia bisnis daripada memilih menjadi karyawan suatu perusahaan.

Kisah pengusaha sukses dalam finansial dari membangun usaha sendiri tersebut mendorong banyak orang untuk memulai usaha mereka sendiri. Ada banyak kisah pengusaha sukses di mana mereka berjuang dari nol dan melewati jalan panjang berliku sebelum akhirnya meraih kesuksesan.

Nah, bagi kamu yang ingin sukses dalam berbisnis, di sini kamu bisa simak beberapa kisah pengusaha sukses baik dari dalam negeri maupun luar negeri sebagai inspirasi dan motivasi kamu.

Inspirasi Kisah Pengusaha Sukses untuk Pebisnis Pemula

Berikut ini adalah kisah-kisah pengusaha sukses di dalam negeri. 

Susi Pudjiastuti

Kisah pengusaha sukses yang pertama berasal dari Susi Pudjiastuti. Kalau membicarakan tentang Susi Pudjiastuti, mungkin kamu mengenalnya sebagai mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia dari Kabinet Kerja 2014-2019. Tapi, tahukah kamu kalau ia juga memiliki kisah pengusaha sukses sendiri?

Ya, ia merintis bisnisnya di bidang perikanan dan kemudian maskapai penerbangan dari nol. Setelah memilih untuk berhenti sekolah sebelum lulus SMA, Susi memulai usaha sebagai pedagang pakaian serta bed cover. Setelah melihat potensi wilayah tempat tinggalnya, Pangandaran, sebagai penghasil ikan, beliau lantas memanfaatkannya sebagai peluang bisnis dan beralih ke usaha perikanan.

Tentunya, bisnisnya tidak berjalan mulus pada awalnya. Setelah sempat tersendat, bisnis Susi akhirnya berhasil menguasai bursa pelelangan ikan di Pangandaran dan merambah ke ekspor ikan serta lobster.

Bisnis maskapai penerbangannya juga berawal dari bisnis perikanan tersebut, di mana tujuannya adalah untuk memudahkan dalam akomodir pengiriman ikannya. Dari satu pesawat kemudian berkembang menjadi armada maskapai penerbangan Susi Air yang melayani rute pedalaman dan carter.

Kisah Pengusaha Sukses

Bob Sadino

Pengusaha bernama lengkap Bambang Mustari Sadino ini termasuk salah satu yang memiliki kisah pengusaha sukses yang sempat mengalami jatuh-bangun sebelum akhirnya meraih kesuksesan besar.

Setelah sekitar sembilan tahun bekerja sebagai karyawan, Bob memutuskan untuk berhenti dan pindah haluan menjadi pengusaha. Usaha pertama yang dia rintis ialah bisnis penyewaan mobil, di mana dia cuma bermodalkan satu mobil Mercedes yang disupirinya. Namun naas, dia mengalami kecelakaan saat mengemudikan mobil sewaan tersebut sehingga membuat bisnisnya berhenti di tengah jalan. 

Baca juga: Ide-Ide Usaha Makanan Kekinian yang Bikin Bisnis Cuan

Tidak patah semangat, ia beralih profesi menjadi buruh bangunan yang dibayar dengan upah harian, di mana saat menjalankannya ia melihat peluang bisnis lain, yaitu bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri. Bermodalkan uang pinjaman tetangga, Bob menawarkan sendiri dagangannya tersebut dari rumah ke rumah di wilayah sekitar tempat tinggalnya di Jakarta Selatan.

Bisnis telurnya akhirnya membawakan hasil dan ia mulai melebarkan bisnisnya dengan menjual daging dan sayuran hidroponik. Berkat ketekunan dan keuletannya, bisnis tersebut jadi sukses dan ia pun mendirikan Kem-Chicks, supermarket ternama yang menjual berbagai macam produk peternakan dan pertanian.

William Tanuwijaya

Kisah pengusaha sukses selanjutnya datang dari salah satu pendiri platform digital terbesar di Indonesia. Mungkin bagi yang sering menggunakan e-commerce tidak asing dengan nama ini. Ya, William Tanuwijaya adalah pendiri dari e-commerce berlogo burung hantu hijau, Tokopedia. Berasal dari Sumatera Utara, setelah lulus SMA, William merantau ke ibukota untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Bina Nusantara (Binus), jurusan Teknik Informatika.

Kisah Pengusaha Sukses

Untuk memperoleh tambahan penghasilan sekaligus internet gratis, Ia kemudian bekerja sampingan sebagai penjaga warnet. Di situlah pertama kalinya William mengenal internet lebih dalam.

Kisah pengusaha sukses yang dimilikinya berlanjut saat beliau bekerja di beberapa perusahaan software developer dan game developer. Berbekal pengetahuan dan pengalaman yang telah diperolehnya, William kemudian mengajak salah satu rekannya bernama Leontinus Alpha Edison, merintis Tokopedia.com pada tahun 2009.

Tidak lama, Tokopedia mendapatkan suntikan investasi pada tahun pertamanya, sekaligus dinobatkan sebagai startup e-commerce terbaik di Indonesia oleh Bubu Awards. Sekarang, Tokopedia menjadi satu platform digital terbesar yang menghubungkan penjual dan pembeli dengan proses jual beli yang aman dan praktis.

Kisah Pengusaha Sukses Luar Negeri

Jack Ma

Kisah pengusaha sukses dari luar negeri pertama berasal dari seorang pendiri e-commerce asal China, Alibaba. Sebelum Jack Ma dikenal sebagai salah satu orang yang sangat sukses sedunia, ia pun pernah mengalami kegagalan berkali-kali.

Jauh sebelum Alibaba, Jack Ma pernah ditolak masuk universitas hingga dua kali. Di percobaan ketiganya, Jack Ma akhirnya berhasil lulus ujian dan melanjutkan pendidikan di Hangzhou Teacher’s Institute. Bukan hanya di situ, saat sudah lulus dari perguruan tinggi, ia sempat ditolak kerja di KFC, di mana dari 24 pelamar yang ada, 23 diterima kerja dan hanya ia satu-satunya pelamar yang ditolak.

Kisah Pengusaha Sukses

Hingga akhirnya pada tahun 1995, Jack Ma datang ke Amerika Serikat dan menemukan potensi negara asalnya dan mendirikan China Pages. Tapi, ia memutuskan untuk mundur dari perusahaan tersebut dan kembali bekerja di Kementerian. Kemudian ia kembali mengundurkan diri dari pekerjaannya di Kementerian, hingga akhirnya memutuskan mengajak teman-temannya untuk membentuk perusahaan e-commerce yang saat ini dikenal dengan nama Alibaba.

Sam Walton

Kisah pengusaha sukses selanjutnya datang dari pendiri supermarket raksasa dari Amerika. Nama Walmart mungkin sudah tidak asing lagi di telinga netizen. Ya, supermarket ini memiliki kisah pengusaha sukses dari Sam Walton di baliknya. Sam berasal dari keluarga yang kurang berada.

Sejak dini, ia sudah bekerja untuk membantu memberi makan keluarganya. Pekerjaan yang pernah ia lakukan termasuk pengantar koran, mencari pelanggan majalah hingga memerah susu sapi lalu mengantarkan susu yang sudah dikemas dalam botol ke para pelanggan.

Baca juga: Contoh Usaha yang Jarang tapi Dibutuhkan Banyak Orang

Dari pekerjaan-pekerjaan inilah Sam dapat mengasah kemampuan bernegosiasi dengan banyak orang yang pada akhirnya jadi salah satu faktor kesuksesannya di kemudian hari.

Hingga masa kuliahnya, Sam terus bekerja dan pernah menjadi pramusaji. Kemudian di tahun 1945, Sam membuka toko kelontong pertamanya dari hasil tabungan yang ia kumpulkan ditambah pinjaman dari ayah mertuanya. Investasinya pun terbayar dan membuahkan hasil hingga akhirnya usahanya terus berkembang hingga menjadi Walmart.

Steve Jobs

Kisah pengusaha sukses terakhir ini berasal dari sosok yang namanya mungkin sudah sangat familiar bagi kamu. Kisah pengusaha sukses Steve Jobs sebenarnya tidak diawali dengan mudah. Steve merupakan anak angkat yang diadopsi oleh pasangan yang bisa dibilang kurang mampu, Paul dan Clara Jobs.

Dalam hal pendidikan pun tidak semuanya berjalan lancar, Steve tidak pernah menyelesaikan kuliahnya di Reed College di Oregon. Ia harus melakukan berbagai hal untuk bertahan hidup, seperti tidur di lantai kamar temannya, menjual botol-botol bekas, bahkan memakan makanan gratis yang ia dapatkan dari suatu vihara.

Kisah Pengusaha Sukses

Walaupun kondisi yang dialami oleh Steve menyedihkan, hal itu tidak menjadi penghalang baginya untuk memulai bisnis gadget-nya. Hingga pada akhirnya, di tahun 1976 Steve bersama dengan dua rekannya Wozniak dan Wayne, mendirikan sebuah perusahaan gadget yang dinamakan Apple. Dari situ ia mulai meluncurkan berbagai perangkat digital.

Tapi, kegagalan masih terus ia alami. Steve dipecat dari perusahaannya Apple. Setelah didepak dari perusahaan yang ia ciptakan sendiri, ia pun mulai bangkit dan melanjutkan kisah pengusaha sukses yang dimilikinya dengan mendirikan perusahaan IT bernama NeXT Computer. Dari NeXT, Steve kembali mengembangkan bisnis dengan membeli studio animasi Pixar. Ia kemudian kembali lagi ke perusahaan Apple dan semakin meraih kesuksesan.

Itulah beberapa kisah pengusaha sukses dari nol dan mengalami kegagalan dalam hidupnya. Sangat menginspirasi, bukan?

Selain mengambil hikmah dan inspirasi dari kisah-kisah tersebut, ada satu hal penting lainnya yang akan membantu kesuksesan bisnismu, yaitu dengan menggunakan SmartSeller. Dengan fitur manajemen produk, pesanan, serta sejumlah fitur lain yang dimilikinya, tentunya platform ini akan memudahkan pengelolaan aktivitas bisnismu!