Kamu bisa menjadi reseller untuk memulai usaha tanpa modal. Cara menjadi reseller cukup mudah. Hal yang perlu kamu lakukan adalah menemukan produk yang akan dijual, kemudian menawarkannya kepada pembeli.

Reseller tidak perlu membuat produknya sendiri dan tidak harus menyetok barang. Jenis barang yang dijual pun bisa lebih beragam. Kemampuan penting yang harus dimiliki reseller adalah pemasaran atau marketing.

Namun tidak perlu khawatir, kemampuan marketing akan terus terasah seiring berjalannya waktu. Jadi lebih baik coba saja dulu, karena kamu tidak perlu mengeluarkan modal.
Cara Menjadi Reseller

5 Cara Menjadi Reseller

Di samping melatih skill pemasaran, reseller juga perlu memperhatikan beberapa hal agar penjualan dapat berhasil. Seperti 5 hal penting di bawah ini:

Tentukan Produk

Tentukan produk apa yang akan kamu jual. Lebih baik memilih produk yang banyak dibutuhkan oleh konsumen atau tinggi permintaannya. Terutama jika kamu baru merintis bisnis reseller.

Cari tahu produk apa yang tinggi peminatnya di pasaran dan diminati oleh target konsumen yang disasar. Serta mempunyai Unique Selling Point (USP) yang menarik. Setelah menentukan jenis produknya, pahami fitur dan keunggulan produk, agar bisa menjawab pertanyaan calon pembeli.

Mencari Supplier Terpercaya

Setelah menentukan produk, cari supplier terpercaya yang memberikan barang berkualitas dengan harga terbaik. Bahkan kamu perlu mencoba sendiri produk yang akan dijual, untuk memastikan kualitasnya.

Menemukan supplier yang tepat merupakan kunci dari kesuksesan bisnis reseller. Bukan hanya melihat kualitas, tetapi juga perhatikan komunikasi yang terbangun, dan kesepakatan yang ditawarkan. Agar kamu dan supplier bisa menjadi mitra bisnis jangka panjang.

Melayani Konsumen dengan Baik

Penjualan produk akan berhasil, jika reseller bisa memberikan pelayan yang terbaik kepada konsumen. Mulai dari merespon pesan yang masuk, menanggapi permintaan pembeli dengan ramah, dan menerima komplain dengan terbuka.

Baca Juga 
Mengapa Settlement adalah Hal Penting untuk Bisnis?

Bila pembeli merasa pelayanannya memuaskan, mereka akan kembali membeli produk ke toko milikmu. Jika yang terjadi adalah sebaliknya, pembeli tidak akan ragu untuk memilih pindah ke toko lain.

Memilih Platform Penjualan

Pilih platform yang akan digunakan untuk menjual barang. Ada yang memulainya dengan akun pesan singkat dan media sosial pribadi. Namun sebaiknya kamu juga memberanikan diri untuk membuka toko online di marketplace.

Karena banyak calon pembeli yang berkumpul di marketplace. Mereka mencari berbagai jenis produk di sana. Selain itu, toko online juga mempunyai banyak fitur yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan.

Rutin Mempromosikan Produk

Cara menjadi reseller yang berhasil adalah rutin mempromosikan barang. Kamu bisa membuat konten terkait pemasaran di media sosial dan juga konten menarik lainnya untuk memikat calon pembeli. Seperti konten trivia dan testimoni pembeli

Selain itu cobalah untuk memasang iklan, agar jangkauan pemasaran produk lebih luas. Kamu bisa memasang iklan di media sosial, marketplace, sampai memasang Google Ads.

Untuk strategi yang satu ini kamu perlu mengeluarkan biaya. Namun besaran tarifnya bisa kamu atur sendiri. Sehingga tidak akan memakan banyak biaya.

Peluang keuntungan dari bisnis reseller sangat menjanjikan. Model bisnis seperti ini cocok bagi kamu yang ingin mencoba merintis usaha sampingan. Karena tidak perlu mengeluarkan modal apapun di awal, tidak harus menyetok barang, dan minim kerugian.

Bagaimana? Cara menjadi reseller, terdengar mudah bukan? Kamu hanya perlu menguasai teknik pemasaran serta menemukan supplier yang tepat.

Tidak perlu lagi bingung mencari supplier kesana-kemari, karena kini ada Reseller Festival dari SmartSeller. Reseller festival adalah tempat bagi para reseller untuk mendapatkan barang dari pemasok terpercaya dengan harga ritel.
Temukan produk berkualitas untuk usaha milikmu di Reseller Festival!

Baca Juga 
6 Tool Digital Marketing yang Wajib UKM dan Startup Miliki Di Tahun 2020!