Bagi pebisnis, fitur pada aplikasi live chat menjadi alat yang mampu meningkatkan hubungan interaktif antara penjual dan pembeli. Fitur live chat dirasa mampu menjadi solusi tanggap atas keluh kesah pelanggan yang dihadapi. Sebab, pelanggan dapat dengan bebas mengajukan beragam pertanyaan melalui aplikasi live chat dan langsung bisa dijawab dengan cepat oleh customer service.

Tak hanya mampu memberikan kepuasan terhadap pelanggan, adanya aplikasi live chat juga memungkinkan pebisnis mengidentifikasi serta mengatasi masalah dengan cepat. Sehingga, masalah tersebut bisa diatasi dengan cepat. Karenanya aplikasi live chat menjadi salah satu platform penting yang digunakan oleh para pebisnis, terutama pemilik toko online sebab adanya berbagai kemudahan yang diberikan. Lalu, apa itu live chat dan tips bagaimana menggunakan aplikasi live chat untuk jualan?

Pengertian Live Chat

Live chat merupakan alat komunikasi langsung antara penjual dengan pelanggan melalui platform online. Dengan menggunakan aplikasi live chat, pelanggan bisa dengan bebas bertanya terkait produk ke penjual secara langsung. Kemudian, penjual bisa menjawab pertanyaan tersebut dengan cepat. Selain itu, layanan ini juga bisa digunakan untuk menyampaikan masalah atau kendala terhadap produk, sehingga penjual dapat langsung memperbaikinya. Cepat tanggap yang diberikan oleh penjual ini akan menjadi nilai lebih di mata para pelanggan. 

Umumnya, live chat dapat diakses oleh pelanggan melalui aplikasi live chat khusus. Nantinya, pelanggan bisa melakukan interaksi secara real-time ketika bergabung di live chat tersebut dengan cara mengklik tombol live chat yang tersedia.

Baca Juga: Yuk, Ketahui Langkah yang Praktis Cek Pesanan Shopee!

Keuntungan Memiliki Fitur Live Chat untuk Jualan

Live chat menjadi salah satu fitur penting yang ada di website perusahaan guna memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk berinteraksi langsung. Tak hanya itu, live chat juga berfungsi menjadi salah satu strategi bisnis.

Tak hanya itu saja, ada keuntungan lain dari menggunakan fitur live chat untuk jualan. Simak pembahasan berikut ini:

Baca Juga 
3 Cara Mudah Dapatkan Banyak Review untuk Bisnismu!

1. Meyakinkan Pelanggan Membeli Produk

Keuntungan dari menggunakan aplikasi live chat untuk jualan adalah mampu membantu pelanggan dalam mengambil keputusan saat proses pembelian. Pasalnya, pelanggan terkadang ragu ketika ingin membeli suatu barang. Dengan menggunakan live chat, pembeli bisa menepis keraguan tersebut. Nantinya, mereka yang bergabung dengan live chat akan memperoleh banyak informasi dan juga bisa berinteraksi dengan bebas bersama penjual. 

Dengan banyaknya informasi yang didapat terkait produk, bisa membuat pelanggan lebih mudah mengambil keputusan untuk membeli produk atau menggunakan jasa.

Aplikasi Live Chat

2. Menghemat Waktu Membalas Pesan Pelanggan Satu Per Satu

Sebelum adanya aplikasi live chat, penjual disibukkan dengan membalas email atau telepon dari pelanggan satu per satu. Tentu saja, kegiatan ini memakan waktu banyak dan memperlambat respons kepada pelanggan. Nah, dengan adanya aplikasi live chat beban tim penjualan bisa berkurang. Selain itu, komunikasi kepada pelanggan juga lebih efisien.

3. Bisnis Semakin Menonjol dari Pesaing

Jika kamu mengadopsi fitur live chat di website bisnis milikmu, maka secara tidak langsung kamu bisa lebih menonjol dibanding pesaing bisnismu yang tidak menerapkan hal tersebut. Sehingga, pastikan kamu membuat live chat jualan jadi lebih menarik, ya!

4. Menganalisis dan Mengumpulkan data Pelanggan

Tak hanya solutif memberikan jawaban dari pertanyaan pelanggan, adanya aplikasi live chat ini juga bisa membantumu dalam menganalisis serta mengumpulkan data mengenai perilaku pelanggan. Kamu bisa tahu tentang kebutuhan, masalah, hingga preferensi dari pelanggan. Jadi, kamu bisa lebih mengoptimalkan strategi pemasaran serta mengembangkan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Aplikasi Live Chat

5. Memberikan Kepuasan untuk Pelanggan

Seperti diketahui, lewat live chat, pelanggan bisa dengan bebas berinteraksi mengenai produk atau jasa yang akan mereka gunakan. Banyak dari pelanggan yang ingin berkomunikasi secara langsung agar mendapat lebih banyak informasi sebelum menggunakan produk atau layanan yang kamu tawarkan. Cepat tanggap ketika berkomunikasi dengan pelanggan bisa mengurangi keraguan dan frustasi, serta mampu meningkatkan kepuasan bagi pelanggan.

Baca Juga 
Alasan Metode FIFO adalah Solusi Pengelolaan Stok

Tips Maksimalkan Live Chat

Bagi kamu yang sudah menggunakan aplikasi live chat, jangan sampai hanya sekadar dipakai tapi tidak dipergunakan untuk mengembangkan bisnis. Sebab, akan sangat disayangkan jika live chat tersebut tidak digunakan semaksimal mungkin. Yuk simak tips menggunakan aplikasi live chat dengan maksimal berikut ini. 

1. Cepat Tanggap

Seperti yang sudah dibahas di atas, jika keuntungan menggunakan aplikasi live chat ini dapat memudahkan komunikasi antara pelanggan dan penjual. Oleh karenanya, kamu sebagai pebisnis harus responsif atau cepat tanggap dalam menjawab maupun melayani konsumen. Adanya respons yang cepat dapat memberikan kesan tersendiri bagi pelanggan.  

Aplikasi Live Chat

2. Dipegang Khusus oleh Admin

Jika kamu sebagai pebisnis merasa kerepotan memegang live chat, kamu bisa mempekerjakan seorang admin. Nantinya, admin ini akan fokus dalam mengurusi layanan live chat. Hal ini guna mengantisipasi jam-jam sibuk yang bisa kamu prediksi lewat Google Analytics. 

Memang, mempercayakan pekerjaan pada orang lain bukan lah hal yang mudah. Namun, bukan berarti kamu tidak dapat mengatasi ataupun mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Kamu bisa memberikan pelatihan mengenai cara melayani pelanggan agar tidak seperti robot. Jika memungkinkan, kamu bisa meng-hire admin yang telah berpengalaman.

3. Berikan Pilihan Layanan

Untuk memudahkan layanan pelanggan, kamu bisa mencobanya dengan memberikan pilihan layanan di live chat yang telah disesuaikan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memberikan fitur agar pelanggan dapat memodifikasi tulisan sesuai kesukaan atau kenyamanan mereka.

Perlu dicatat, melayani pelanggan lewat chat tentu akan sangat berbeda dengan telepon. Untuk itu, pastikan kamu dapat menjawab pelanggan dengan singkat namun jelas. Kamu bisa menyesuaikan dengan situasi kapan harus menjawab dengan rinci, memberikan pertanyaan, hingga menawarkan sebuah produk.

Baca Juga 
Kenali Tahapan dan Manfaat Tujuan Perencanaan Usaha

4. Seleksi Pengguna Live Chat

Guna mengantisipasi lonjakan volume chat yang tiba-tiba, kamu bisa menggunakan fitur seleksi pengguna agar tidak sembarang orang akan mengirimkan pesan. Dengan fitur ini, nantinya akan ada seleksi siapa yang bisa mengirim pesan. Contoh mudahnya, kamu bisa mengatur yang dapat mengirimkan pesan adalah yang akan berbelanja atau telah memasukan produk ke dalam keranjang. 

Fitur yang dapat membantu kamu dalam mengelola obrolan ini, bisa meminta pada aplikasi live chat yang digunakan. Biasanya, jika aplikasi tersebut bagus, maka telah tersedia fitur satu ini.

5. Fokus pada Kualitas

Pesan yang masuk kepada penjual tentu tidak akan pernah terduga setiap harinya. Maka dari itu, kamu sebagai pebisnis harus bisa memilih dan memilah mana layanan live chat yang dibutuhkan respons cepat dan tidak. Dengan begitu, kamu akan menjaga bahkan meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan. Jangan mudah tergiur dengan kuantitas atau total chat yang terbalas.

Aplikasi Live Chat

6. Evaluasi Kritik dan Saran Pelanggan 

Telah disebutkan juga, jika layanan live chat ini tak hanya melayani pertanyaan, tetapi juga komplain. Dari situlah kamu bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi untuk produk maupun layanan yang kamu berikan untuk mereka. Oleh karenanya, aplikasi live chat ini juga memiliki fitur layanan pelanggan agar lebih mudah. 

Baca Juga: Ketahui Cara Jitu untuk Mendapatkan Database Pelanggan 

Agar layanan live chat kamu dapat maksimal, gunakanlah aplikasi live chat yang mampu mendukung kebutuhanmu. Jangan terburu-buru dalam memilih, pastikan fitur lainnya dapat membantumu dalam kembangkan bisnis, seperti hal fitur SmartChat dari SmartSeller. Sebab, kamu dapat melayani pelanggan di berbagai channel penjualan hanya lewat satu platform. Tak hanya itu, SmartSeller juga punya fitur lainnya yang siap bantu kembangkan bisnismu. Cek di sini, yuk.