Bulan Oktober ini adalah bulan dengan update paling besar dan tidak mengecewakan dari Instagram. Instagram telah meluncurkan beberapa fitur baru yang hebat untuk meningkatkan pengalaman bagi marketer dan penggunanya.

Instagram memiliki cara baru untuk melibatkan penggunanya dengan stiker polling atau pemungutan suara. Instagram juga telah memperluas beberapa fitur yang telah kita lihat, termasuk kontrol integrasi dan komentar Shopify.

Di bawah ini, kita akan melihat lebih dekat semua pembaruan fitur Instagram dan apa manfaatnya bagi bisnis Anda.

Shopify Melebarkan Integrasi dengan Instagram

Shopify telah membuka fitur belanja Instagram-nya ke ribuan merchant. Jika ini terus berjalan dengan baik, kemungkinan besar mereka akan terus melakukannya. Fitur ini memungkinkan Shopify bisnis untuk menggunakan Instagram sebagai saluran tambahan, dan ini jauh lebih simple daripada aplikasi belanja pihak ketiga lainnya seperti Have2Have.IT.

Sekarang, fitur ini menggunakan katalog produk Facebook agar mudah menandai produk dalam gambar. Setelah Anda mendapatkan akses dan menyiapkan katalog produk Anda di Facebook, produk ini dapat dengan mudah diintegrasikan dengan Instagram hanya dengan beberapa klik. Setelah Anda melakukan ini, Anda dapat menandai setiap gambar baru dengan produk yang terdapat dalam katalog.

Produk yang dijual akan diidentifikasi dengan ikon tas belanja putih kecil di sudut kanan atas tulisan.

Terdapat icon tas belanja putih di masing2 foto produk [sumber]

Saat pengguna mengeklik pos individual, mereka akan melihat sebuah permintaan untuk Tap to View Products.

Tap to view products [sumber]

Saat pengguna mengeklik produk, mereka akan ditunjukkan detail produknya.

Detail produk setelah foto produk di-klik. [sumber]

Jika pengguna mengeklik lagi, mereka akan memiliki opsi untuk membeli produk langsung di-aplikasi tanpa harus meninggalkan Instagram, dan tentunya pengguna akan dimanjakan dengan semua kemudahan ini, bukan?

Stiker Polling Instagram

Dengan terus memperbarui fitur Instagram Stories, tidak mengherankan jika begitu banyak pengguna Snapchat beralih ke Instagram. Setelah memiliki fitur iklan dan stiker lokasi, sekarang Instagram memiliki stiker pemungutan suara atau polling.

Stiker polling memungkinkan Anda mengajukan pertanyaan dan memberikan dua jawaban yang dapat dipilih oleh pengguna. Defaultnya adalah “ya” dan “tidak”, namun Anda juga dapat meminta pengguna untuk memilih di antara dua pilihan yang berbeda. Misalnya, Anda bisa meminta mereka untuk memilih mana yang terbaik di antara dua produk yang akan segera dirilis.

Stiker Polling di Instagram [sumber]

Pengguna dapat menentukan jawaban pilihan mereka dan Anda juga bisa melihat jawaban mereka secara real time. Anda dapat melihat siapa yang memberi suara dan apa jawabannya, dan pengguna dapat melihat opsi mana yang sedang memimpin saat mereka melihat stories Anda.

Dengan Instagram stories, Anda dapat dengan mudah melibatkan audiens dan melakukan evaluasi pasar berdasarkan stories yang Anda buat. Selain itu, Instagram stories juga dapat meningkatkan engagement toko Anda.

Creative Tools di Instagram Stories

Ingin tampilan Instagram Stories Anda lebih menarik dan eye-catching? Sekarang, Instagram memiliki beberapa creative tools di fitur stories yang bisa Anda manfaatkan untuk menyempurnakan tampilan stories Anda.

Tools yang paling baru adalah garis bantu yang menunjukkan batas stories. Garis bantu ini memudahkan Anda untuk meletakkan teks atau stiker agar tidak keluar dari batas, sehingga tidak terpotong di layar pengguna.

Garis bantu pembatas pada Instagram Stories [sumber]

Selain itu, Anda juga bisa menampilkan berbagai warna pada Instagram stories Anda. Sayangnya, Instagram hanya menghadirkan warna dalam jumlah terbatas, yakni 27 warna.

Tapi siapa sangka kalau sebenarnya Anda bisa mengakses spektrum warna yang menyediakan seluruh jenis warna. Nah, ada trik tersembunyi untuk menampilkannya.

Spektrum warna di Instagram Stories [sumber]

Caranya, Anda bisa capture sebuah objek yang ingin diunggah, kemudian sentuh ikon Aa atau pena untuk membuka teks atau brush tool. Untuk menampilkan spektrum warna keseluruhan, Anda bisa menekan agak lama di slider warna yang ada dan spektrum warna pun akan muncul. Anda tinggal memilihnya. Cukup menarik, bukan?

Peningkatan Kontrol Komentar

Beberapa bulan yang lalu, Instagram menciptakan fitur moderasi komentar baru, seperti kemampuan untuk memblokir komentar yang mengandung bahasa yang menyinggung.

Di bulan Oktober ini, Instagram telah memperbaiki fitur tersebut, antara lain:

  • Memilih siapa yang bisa mengomentari postingan Anda. Ini bisa mencakup semua orang atau sekelompok orang yang ingin Anda batasi hak komentarnya. Anda bisa memilih dari daftar followers Anda atau orang yang Anda follow.
  • Mencekal individu tertentu untuk mengomentari postingan Anda.
  • Menggunakan filter bahasa ofensif dalam bahasa Arab, Jerman, Prancis, dan Portugis. Jadi, fitur ini tidak hanya bekerja untuk komentar berbahasa Inggris saja.

Jika Anda belum menyiapkan filter moderasi komentar, periksalah. Tidak ada salahnya mencoba, barangkali Anda membutuhkannya.

 

Nah, dari sekian banyak pembaruan di Instagram, kira-kira fitur mana yang paling sering Anda gunakan? Dan mana yang akan berdampak baik untuk bisnis Anda? Semoga bermanfaat!

 

Source : AdEspresso