Meski sudah banyak seller yang merasakan manfaat berjualan lewat TikTok, namun masih banyak juga yang tidak mengerti dan memanfaatkan Tik Tok seller center. Padahal, Tik Tok seller center merupakan jalan terbaik untuk mengelola penjualan mereka di TikTok, karena beragam fitur-fitur Tik Tok seller center yang bisa dimanfaatkan. Lantas, sebenarnya, apa pengertian, manfaat, dan cara menggunakan Tik Tok seller center ini? 

Artikel ini akan mengulas beragam tentang Tik Tok seller center yang perlu kamu ketahui. Penasaran, kan? Yuk, simak!

Pengertian dan Manfaat TikTok Seller Center

TikTok Seller Center

Tik tok seller center adalah platform yang diciptakan oleh TikTok untuk membantu para penjual atau pebisnis memaksimalkan potensi mereka dalam mempromosikan produk dan berjualan di TikTok. Dengan Tik Tok seller center, kamu dapat mengelola toko onlinemu dengan lebih efisien, memonitor performa kampanye iklan, dan mengakses berbagai alat dan sumber daya yang membantu meningkatkan penjualan produkmu.

Di Tik tok seller center, kamu akan menemukan berbagai fitur yang berguna. Salah satunya adalah system pengelolaan toko. Kamu dapat dengan mudah mengelola stok produk, menambahkan deskripsi, harga, dan informasi lainnya tentang barang yang kamu jual. Fitur ini memudahkanmu untuk mengatur toko onlinemu dengan lebih rapi dan profesional. Tik tok seller center pun menyediakan data analitik tentang performa kampanye iklanmu. Kamu dapat melihat seberapa efektif iklanmu, berapa banyak tayangan, klik, dan konversi yang kamu dapatkan

Selain itu, Tik Tok seller center juga membuatmu apat membuat iklan yang menarik dengan berbagai opsi kustomisasi, misalnya mengatur target audiens, durasi iklan, dan anggaran yang ingin kamu alokasikan untuk iklan tersebut. Terakhir, Tik Tok seller center juga menghubungkan toko online-mu dengan berbagai marketplace terkemuka, sehingga produkmu dapat dijangkau oleh lebih banyak calon pembeli.

Baca Juga: 7 Tips dan Cara Jualan di TikTok Affiliate Program

Baca Juga 
5 Aspek Pemasaran yang Menjadi Kunci Keberhasilan Bisnis

Cara Download TikTok Seller Center

TikTok Seller Center

Bagaimana cara mendapatkan Tik Tok seller center? Prosesnya cukup sederhana:

  1. Kamu dapat mengunduh aplikasi Tik Tok seller center melalui Google Play Store atau App Store, tergantung pada perangkat yang kamu gunakan.
  2. Buka aplikasi TikTok Shop Seller Center yang sudah kamu unduh, kemudian atau buka laman Tik Tok seller center.
  3. Lengkapi data dirimu, pastikan mengisinya dengan benar, lalu klik Submit atau bisa juga daftarkan diri dengan akun TikTok dengan klik Sign Up with TikTok Account.
  4. Kamu akan menerima kode verifikasi yang dikirimkan ke email atau nomor handphone yang kamu masukkan saat mengisi registrasi. Masukanlah kode tersebut.
  5. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk memilih tipe bisnis yang ingin kamu jalankan. Pilihlah opsi Individual jika bisnis ini bersifat pribadi, namun pilihlah opsi Corporate apabila akun yang kamu ingin buat akan mewakili perusahaan.
  6. Tulis nama TikTok Shop, klik Submit.
  7. Kamu akan diminta mengunggah dokumen pendukung berupa KTP atau paspor, klik Submit.
  8. Setelah itu, kamu perlu menunggu beberapa saat karena pihak TikTok akan memverifikasi akunmu.
  9. Setelah proses verifikasi selesai, maka kamu sudah dapat memulai aktivitas bisnismu di TikTok. Kamu dapat memulai dengan menambahkan akun terlebih dahulu.

Dengan TikTok Seller Center, kamu dapat mengembangkan bisnismu lebih cepat dan efisien di platform TikTok yang populer. Kamu dapat memanfaatkan berbagai fitur dan sumber daya yang disediakan untuk mencapai kesuksesan dalam berjualan secara online.

Cara Menambahkan Produk di TikTok Shop

TikTok Seller Center

TikTok Shop merupakan e-commerce dalam wujud toko virtual yang tersambung di profil akun TikTok-mu. Para customer atau pengikutmu dapat mengklik ikon keranjang berwarna kuning di TikTok-mu dan melihat produk yang kamu jajakan di sana.

Yang lebih menarik lagi, kamu juga dapat menandai produk dalam video dengan tautan link. Pelanggan dapat mengklik tautan tersebut dan melihat halaman produk tanpa harus meninggalkan aplikasi TikTok. Untuk menampilkan produk setelah mengaktifkan TikTok Shop, berikut cara menambahkan produk di TikTok Shop:

  1. Bukalah aplikasi TikTok-mu.
  2. Masuk ke  bagian Profil, lalu klik icon tas di sana
  3. Pilih opsi “Masukkan”.
  4. Setelah itu, kamu akan melihat daftar produk yang akan ditampilkan di Toko TikTok-mu.
  5. Klik “Tambah Produk” untuk mengaktifkan atau menonaktifkan produk apa pun dari katalogmu.
  6. Sekarang, produk yang kamu pilih akan muncul di profil TikTok-mu, dan pelanggan dapat berbelanja di TikTok Shop-mu.
Baca Juga 
Anti Ribet! Ini Dia Cara Mengecek Invoice Tokopedia

Untuk mengelola daftar produk yang ditampilkan di TikTok Shop, buka “Manajer Toko” di akun TikTok For Business-mu, pilih toko-mu, dan klik tab “Produk”. Di sini, kamu dapat mengaktifkan atau menonaktifkan produk sesuai kebutuhanmu.

Tips Membuat TikTok Shop-mu Banjir Order

TikTok Seller Center

Untuk mendapatkan banyak pesanan dari TikTok Shop, ada beberapa strategi yang bisa kamu terapkan. Pertama, pastikan konten video TikTok-mu menarik dan relevan dengan produk yang kamu jual. Video yang kreatif, informatif, dan menghibur akan lebih memikat perhatian penonton. Selain itu, buat video promosi yang tidak terlalu panjang agar tidak membuat bosan para penonton. Ciptakan konten yang memancing minat orang untuk mengeklik tautan produk di deskripsi video.

Selain konten video yang menarik, kamu juga perlu memaksimalkan penggunaan fitur TikTok, seperti duet, stitch, dan challenges. Berpartisipasi dalam tren dan tantangan yang sedang populer dapat membantu video-mu menjadi lebih terlihat dan mendapatkan lebih banyak penonton. Kamu juga bisa menggandeng pengguna TikTok lainnya untuk berkolaborasi dalam video atau duet, sehingga lebih banyak orang yang melihat produk-mu.

Selain itu, kamu harus aktif berinteraksi dengan komunitas TikTok. Beri tanggapan positif terhadap komentar penonton, dan jangan ragu untuk menjawab pertanyaan atau memberikan informasi tambahan tentang produk. Ini akan membantu membangun hubungan baik dengan calon pelanggan dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadapmu sebagai penjual.

Jangan lupa untuk memanfaatkan hashtag yang relevan dengan produk-mu. Hashtag akan membuat video-mu lebih mudah ditemukan oleh orang-orang yang sedang mencari produk sejenis. Selain itu, promosikan produk-mu secara konsisten dengan membuat video promosi secara berkala. Semakin sering kamu mempromosikan produk, semakin besar peluang mendapatkan pesanan.

Selain itu, pastikan untuk menyertakan tautan langsung ke produk di deskripsi video. Ini akan memudahkan penonton untuk langsung melihat dan membeli produk-mu. Selain itu, tambahkan informasi lengkap tentang produk, termasuk harga, deskripsi, dan spesifikasi agar calon pelanggan memiliki semua informasi yang mereka butuhkan.

Baca Juga 
Tips Mendapatkan Database Customer yang Aman dan Akurat

Terakhir, jangan ragu untuk memanfaatkan fitur iklan TikTok jika kamu memiliki anggaran pemasaran. Iklan TikTok dapat membantu produk-mu muncul di beranda penonton yang lebih luas, sehingga meningkatkan eksposur produk-mu.

Baca Juga: 7 Syarat Jualan di TikTok Shop dan Cara Mendaftarnya!

Kelola Bisnis Online dengan SmartSeller

TikTok Seller Center

Tik tok seller center ini bukan sekadar alat e-commerce biasa, tapi juga sebuah platform dengan peluang bisnis yang besar. Tik tok seller center adalah jawaban untuk menggali potensi bisnismu melalui platform yang sedang naik daun ini. Di TikTok Seller Center, kamu bisa menjelajahi segala sesuatu tentang cara memaksimalkan bisnismu di TikTok. Tidak hanya sekadar membuat video biasa, tapi juga menciptakan pengalaman berbelanja yang tak terlupakan bagi pelanggan.

Dengan bantuan SmartSeller, Kamu dapat mengelola pesanan dengan lebih efisien, mengintegrasikan stok barang dengan sempurna, dan bahkan menjembatani bisnismu dengan berbagai marketplace terkemuka. Itu artinya, tidak hanya akan menghemat waktu dan tenagamu, melainkan juga memberikan keunggulan kompetitif yang tak ternilai. Jadi, jangan ragu lagi! Manfaatkan semua yang ditawarkan oleh SmartSeller untuk mewujudkan bisnis impianmu.