Pernah dengar layanan jemput paket ke rumah? Bagi yang sedang merintis suatu bisnis online, kamu bisa manfaatkan layanan jemput paket ke rumah ini agar bisnismu bisa berjalan dengan lebih efisien dan praktis, lho!

Ya, dengan menggunakan layanan jemput paket ke rumah, kamu pun bisa menjalankan bisnis dengan lebih hemat waktu dan juga tenaga. Sekarang ini jasa pengiriman barang jadi salah satu jasa yang banyak dibutuhkan. Dengan adanya jasa ini, kita bisa dengan mudah mengirim maupun membeli barang dari tempat jauh. Para pelaku bisnis, terutama bisnis online pun pasti tahu bagaimana jasa pengiriman memiliki pengaruh besar bagi bisnis yang mereka jalankan.

Jasa pengiriman tersebut kini juga menawarkan berbagai jenis layanan, seperti layanan pengiriman instan dalam satu hari, pengiriman secara kilat, hingga pengiriman ekonomis. Harga layanan jasa ini juga beragam, yang akan membantu pelaku bisnis seperti kamu untuk memiliki lebih banyak pilihan pengiriman.

Selain menawarkan berbagai jenis layanan kecepatan pengiriman dan harga pengiriman, jasa-jasa pengiriman ini juga menawarkan layanan jemput paket ke rumah. Layanan jemput paket ke rumah ini memungkinkan kamu sebagai pelaku bisnis untuk tidak perlu keluar dari rumah untuk datang ke kantor cabang jasa pengiriman tersebut untuk mengirimkan produk jualanmu ke konsumen.

Nah, kalau kamu mau tahu alasan kenapa jasa pengiriman dan jemput paket ke rumah ini bisa jadi pilihan yang tepat buat bisnismu, langsung aja simak pembahasannya di bawah ini!

 

Baca juga: Tidak Butuh Modal Besar, Inilah 10 Ide Bisnis Pemula

 

Keuntungan Menggunakan Jasa Pengiriman Barang

Jemput Paket ke Rumah

 

  1. Biayanya Efisien

Dengan adanya jasa pengiriman barang, maka kamu dapat menghemat biaya dalam mengirimkan produk jualanmu. Kamu cukup membayar biaya kirim yang sudah ditentukan oleh penyedia jasa pengiriman. Biaya bahan bakar kendaraan ataupun biaya perawatan kendaraan untuk mengirim barang tidak perlu kamu pusing pikirkan, karena semuanya sudah jadi bagian tanggungan dari jasa pengiriman tersebut.

Baca Juga 
Tips & Trik Memulai Bisnis Distributor Makanan Kucing

Selain itu, dengan adanya pilihan layanan jemput paket ke rumah, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya untuk keluar rumah. Tentunya kamu bisa lebih hemat dan efisien dibandingkan kalau mengirimkan barangnya sendiri.

 

  1. Mudah Diakses

Dalam belanja online kita sudah terbiasa dengan proses yang sangat praktis dan mudah. Begitu juga dengan layanan yang ditawarkan oleh jasa pengiriman barang. Sistemnya yang dirancang dengan sangat mudah bisa digunakan oleh siapa pun dan membuatnya jadi pilihan pengiriman produk jualan yang tepat.

Konsumen pun pasti menyukai hal-hal yang mudah penggunaannya dibandingkan dengan pengiriman yang menyulitkan mereka. Begitu juga dengan penjual atau pelaku bisnis, pasti lebih suka dengan hal-hal yang mudah dan efisien, seperti menggunakan layanan jemput paket ke rumah.

 

  1. Layanannya Cepat

Kamu pasti pernah dengar istilah “time is money”, di mana waktu merupakan suatu hal yang berharga. Hal ini juga berlaku di dunia bisnis, semakin cepat pekerjaan dapat diselesaikan, maka semakin baik juga kinerja dan perkembangan bisnis. Nah, kecepatan itulah yang ditawarkan oleh jasa pengiriman barang.

Proses pengiriman yang tadinya memerlukan waktu berhari-hari, sekarang bahkan bisa dilakukan di hari yang sama. Di mana pengiriman barang langsung dilakukan di hari itu juga. Bukan hanya itu, jasa pengiriman barang tidak hanya dapat mengantarkan barang tapi juga mengambil barang tersebut di rumah yang kemudian akan diteruskan untuk dikirimkan. Itulah yang disebut layanan jemput paket ke rumah.

 

Jemput Paket ke Rumah

  1. Ditangani dengan Baik

Keamanan barang adalah suatu hal yang sangat penting dalam bisnis online. Kalau barang yang dikirimkan tidak sampai dengan baik atau terdapat kerusakan, maka hal itu bisa menimbulkan kekecewaan konsumen yang tentunya akan berdampak pada reputasi bisnismu.

Baca Juga 
Yuk, Mari Mulai Analisis Peluang Usaha pada Bisnismu!

Mengirimkan produk jualan menggunakan jasa pengiriman barang tentu kamu akan mendapatkan pelayanan yang baik dan aman. Barang tidak akan terlalu banyak berpindah tangan, dari layanan jemput paket ke rumah kamu, kemudian ke kurir, lalu dari kurir ke konsumen.

 

  1. Bisa Di-track

Pengiriman barang sekarang sudah dilengkapi dengan fitur tracking, termasuk juga saat kamu memilih layanan jemput paket ke rumah. Salah satu keunggulan dari tracking jasa pengiriman ini adalah fitur real time, di mana saat barang sudah dalam perjalanan, bukan hanya status on the way saja tapi kita juga bisa melihat posisi kurir tersebut.

Sistem tracking yang dimiliki oleh jasa pengiriman lebih transparan, sehingga konsumen dapat melacak barang yang diantarkan oleh kurir secara langsung. Dengan adanya fitur tracking, konsumen jadi dapat memperkirakan waktu tiba produk yang mereka pesan dengan mudah.

 

Tips Menggunakan Layanan Jemput Paket ke Rumah

Jemput Paket ke Rumah

 

  1. Siapkan Info dan Perlengkapan Pengiriman

Begitu menerima pesanan masuk yang sudah dibayar dari konsumen, segera siapkan pesanan tersebut agar konsumen tidak menunggu lama. 

Untuk mengemas paket, siapkan perlengkapan berikut:

  • Printer untuk mencetak label pengiriman.
  • Kertas atau label pengiriman.
  • Timbangan untuk memastikan berat produk yang akan dikirim.
  • Informasi pengiriman, seperti alamat dan nomor telepon konsumen, serta alamat dan nomor teleponmu sebagai pengirim.
  • Nomor resi.

 

  1. Siapkan yang Dibutuhkan untuk Mengemas Barang

Siapkanlah perlengkapan untuk mengemas produk yang akan dikirimkan. Kamu bisa gunakan kardus baru maupun bekas dan bubble wrap untuk pengaman jika dibutuhkan, kantong plastik polybag, dan benda-benda lainnya yang dibutuhkan untuk mengemas barang.

Setelah semua bahan untuk mengemas paket sudah siap, kamu bisa segera mulai mengemas produk jualanmu. Pastikan pengemasannya kamu lakukan secara cermat agar paket aman dan kamu tidak kerepotan saat mengirim barangnya dari rumah nantinya.

Baca Juga 
Aneka Frozen Food untuk Jualan yang Laku di Pasaran

 

  1. Cetak Label Pengiriman

Setelah produkmu sudah selesai kamu kemas, kamu bisa segera cetak atau print label pengiriman. Cara ini paling efektif digunakan kalau jumlah produkmu ada banyak, misalnya sampai puluhan. Sedangkan kalau jumlah paketmu masih sedikit karena kamu baru memulai bisnis, kamu bisa tulis tangan informasi pada label pengiriman.

 

Baca juga: Kenali Contoh Label Pengiriman Paket untuk Online Shop

 

  1. Tempelkan Label Pengiriman

Pastikan kalau label pengiriman kamu tempelkan di bagian yang mudah dibaca, ya. Selain itu, pastikan juga tulisan atau cetakannya jelas agar tidak terjadi kesalahan input pengiriman. Hindari juga pemasangan label pada bagian tepi sudut paket, ada baiknya kamu tempelkan label pengiriman pada bagian yang permukaannya rata seperti sisi-sisi kotak.

Jemput Paket ke Rumah

 

  1. Tentukan Jadwal Jemput Paket ke Rumah

Kalau semua langkah di atas sudah dilakukan, kamu bisa mulai mengatur jadwal jemput paket ke rumah kamu, deh. Inilah langkah yang paling menonjolkan keunggulan kirim paket dari rumah dibandingkan dengan datang langsung ke kantor cabang jasa pengiriman. Cukup dengan menjadwalkan penjemputan paket dan kurir jasa pengiriman pun akan mendatangi rumahmu untuk menjemput paket-paketmu.

Itulah tadi pembahasan seputar jasa pengiriman dan tips untuk menggunakan layanan jemput paket ke rumah. Tahukah kamu kalau sekarang kamu bisa kirim paket dan menggunakan layanan jemput paket ke rumah cukup dari satu platform saja? Dengan SmartSeller, kamu bisa memilih dari berbagai opsi kurir pengiriman dan mendapatkan diskon biaya kirim, lho! Yuk, cobain SmartSeller sekarang untuk memudahkan bisnismu!