Bisnis online tanpa modal untuk pelajar? Memang ada, ya? Jawabannya, tentu ada, dong! Bagi kamu yang punya cita-cita sebagai pebisnis muda, jangan khawatir, karena bisnis online tanpa modal untuk pelajar itu bukan hal yang mustahil, kok.

Ya, sekarang ini bisnis untuk anak muda itu sudah sangat beragam apalagi didukung dengan mudahnya informasi yang didapatkan, salah satunya yaitu bisnis online tanpa modal untuk pelajar.

Mungkin beberapa di antara kamu ada yang berpikir, “Kan masih muda, nanti-nanti saja mikirin soal dapat penghasilan dan investasi”. Nah, justru karena masih muda kamu perlu mulai belajar tentang keuangan, termasuk juga cara mendapatkan penghasilan, misalnya dengan melakukan bisnis online tanpa modal untuk pelajar.

Bisa dibilang, kamu saat ini sedang dalam masa transisi menuju kehidupan mahasiswa dan dewasa muda, di mana biasanya kamu akan dituntut untuk mengatur keuangan secara mandiri dan mempersiapkan masa depanmu.

Seberapa penting dan seperti apa sih contoh bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang bisa dilakukan sejak dini? Daripada penasaran, simak terus pembahasannya dalam artikel di bawah ini, ya!

Baca juga: 6 Tahapan Penting Memulai Bisnis Bagi Pemula

Pentingnya Memulai Bisnis Sedini Mungkin

Selagi masih jadi pelajar dan masih muda, kamu masih punya banyak waktu dan juga tenaga untuk mengeksplor dan belajar tentang berbagai bidang bisnis, dan mungkin bisnis online tanpa modal untuk pelajar bisa jadi bidang bisnis yang cocok untukmu.

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar itu bisa dibilang bukan cuma sekadar bisnis sampingan untuk menambah uang saku atau penghasilan tambahan saja, tapi bisa juga dijadikan sebagai modal pengalaman untuk masa depan nanti. Ya, memang ada banyak manfaat yang akan didapatkan dari melakukan bisnis online tanpa modal untuk pelajar.

Berikut beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan:

  • Punya Pengalaman dalam Mencari Uang

Dengan melakukan bisnis online tanpa modal untuk pelajar, artinya kamu sudah bisa mandiri secara finansial sejak muda. Kamu jadi punya pengalaman berharga dalam mencari uang kalau kamu punya bisnis sampingan yang kamu bangun.

Baca Juga 
13 Produk Frozen Food Terlaris untuk Peluang Bisnis

  • Mengasah Kreativitas

Masa muda memang masa-masanya mengumpulkan pengalaman sebanyak-banyaknya, supaya bisa dijadikan bekal untuk menghadapi tantangan ‘real life’ setelah memasuki usia dewasa muda nanti. Karena itu, kamu bisa memanfaatkan kegiatan berbisnis untuk mengasah kreativitas kamu.

  • Mengasah Skill Manajemen Waktu dan Keuangan

Namanya pelajar, kalau ingin menjalankan suatu bisnis, berarti kamu dituntut untuk bisa mengatur waktu antara waktu sekolah dengan waktu untuk menjalankan bisnis agar tidak bentrok. Selain itu, kamu juga harus bisa mengatur keuangan kamu, mana yang digunakan untuk sehari-hari, dan mana yang perlu diputar untuk kebutuhan bisnismu.

  • Menambah Relasi

Dalam menjalani bisnis online tanpa modal untuk pelajar, tentu yang terlibat dalam prosesnya bukan kamu saja, tapi ada orang lainnya yang dilibatkan. Mulai dari pelanggan yang membeli atau menggunakan produk atau jasamu, partner bisnis jika kamu menjalankan bisnis dengan teman atau orang lain, agen pengiriman, sampai teman-teman yang tergabung dalam komunitas pengusaha.

Dengan begitu, kamu jadi berkesempatan untuk membangun relasi yang lebih luas di luar teman-teman sekolah kamu. Tentunya ini bisa jadi modal penting untuk masa depan juga, lho!

Baca juga: Ketahui Pengertian Peluang Usaha dan Contoh-Contohnya

  • Memiliki Banyak Ide Bisnis

Kalau kamu serius menekuni bisnis online tanpa modal untuk pelajar ini, suatu saat bisnis yang kamu jalankan pun bisa berkembang jadi bisnis yang besar. Karena itu, di masa mudamu ini cobalah banyak model bisnis, jadi kamu punya kesempatan untuk memilih bisnis apa yang akan kamu jalani dengan serius.

  •  Memahami Arti Kerja Keras

Menempuh pendidikan sambil melakukan bisnis pasti bikin kamu jadi lebih paham arti kerja keras. Kamu jadi bisa menempatkan posisi kamu sebagai pencari uang dan mengerti sulitnya mencari uang, sehingga kamu jadi bisa lebih menghargai uang yang kamu dapatkan. Pastinya, kamu juga jadi berpikir untuk tidak menghamburkan uang kamu untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

  • Menemukan Risiko Lebih Awal

Dalam melakukan bisnis online tanpa modal untuk pelajar, pastinya kamu memerlukan keberanian untuk mengambil risiko. Kemungkinan adanya kegagalan atas bisnis yang kamu jalani mungkin ada, tapi tentu hal ini jauh lebih baik daripada kamu cuma berdiam diri tanpa berkreasi selama menjalani masa mudamu.

Baca Juga 
9 Contoh Produk Inovatif yang Bisa Dijual dan Hasilkan Cuan

Dari kegagalan yang dirasakan, tentunya akan membuat kamu lebih mandiri dan lebih kooperatif dalam menjalankan bisnis ke depannya. Jadi, saat menemui ‘jalan buntu’ di masa depan, kamu bisa menghadapinya dengan pembelajaran yang didapat dari kegagalan sebelumnya.

Contoh Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar yang Bisa Kamu Coba

Berikut adalah beberapa contoh bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang bisa kamu lakukan tanpa perlu mengeluarkan modal sama sekali.

  • Dropshipper

Contoh bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang pertama adalah dengan mencoba jadi dropshipper. Dropshipper adalah seorang perantara yang berperan dalam menghubungkan antara pemilik barang dan pembeli. Nah, dengan memulai bisnis ini kamu tidak perlu modal sama sekali, karena kamu cukup membantu mempromosikan bisnis orang lain.

Keuntungan yang akan didapatkan berasal dari selisih harga yang ditawarkan pada pembeli dengan harga yang didapat dari penjual. Supaya bisnis dropship kamu berjalan mulus, kamu bisa coba jual produk berkualitas yang memang kamu sukai, supaya kamu bisa memberikan jawaban secara detail saat ada pembeli yang bertanya.

  • Buka Bisnis Jasa Desain Grafis

Buat kamu yang punya keahlian dalam desain grafis, bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang satu ini bisa kamu coba. Kamu bisa menawarkan jasa desainmu untuk pelanggan atau klien yang memiliki bermacam-macam kebutuhan, misalnya  seperti pelanggan yang ingin membuat poster, flyer, spanduk, dan bahkan hingga desain undangan, desain cover buku, dan lainnya.

  • Buzzer

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar selanjutnya adalah menjadi buzzer. Jadi seorang buzzer berarti kamu harus membagikan posting-an atau konten menarik lainnya untuk mendapatkan sebuah insentif. Keaktifan kamu membagikan konten dan berapa banyak posting-an yang dibagi akan mempengaruhi besarnya insentif yang akan kamu dapatkan. Pembayaran seorang buzzer bisa kamu terima saat nominalnya sudah mencapai angka minimal sebesar Rp150.000,-.

  • Jasa Terjemahan

Punya keahlian bahasa asing? Tidak ada salahnya bagi kamu untuk mencoba bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang satu ini. Membuka jasa terjemahan itu juga cukup menjanjikan. Sekarang ini berbagai informasi makin mudah diakses berkat adanya internet, tapi sebagian besar informasi tersebut dalam bahasa Inggris atau bahasa lainnya.

Baca Juga 
Tips Mudah Pilih Jasa Digital Marketing, Bisnis Moncer Keuntungan Lancar!

Nah, di sinilah peran penerjemah dibutuhkan untuk menerjemahkan bahasa asing tersebut ke bahasa Indonesia, atau bisa juga sebaliknya dari bahasa Indonesia ke bahasa asing yang diinginkan.

  • Buka Bisnis Jasa Fotografi atau Editing

Satu lagi keahlian yang bisa kamu jadikan sebuah bisnis online tanpa modal untuk pelajar adalah jasa fotografi atau editing. Kamu bisa menawarkan jasa foto dan video kepada orang-orang yang membutuhkan untuk mengabadikan momen-momen tertentu seperti, pernikahan, lamaran, acara wisuda, dan lain sebagainya. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan lagi kalau kamu punya keahlian editing foto dan video, di mana kamu bisa menawarkan jasa editing tersebut sebagai harga paket tambahan.

Itulah pembahasan mengenai manfaat dan contoh bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang bisa kamu coba. Jangan sampai kamu tunda, mumpung masih muda, yuk beranikan diri untuk belajar memulai bisnis!

Tambahan lagi untuk kamu, kamu juga bisa memanfaatkan platform Smartseller untuk memudahkanmu dalam mengelola pesanan dan pembuatan katalog produk barang yang kamu tawarkan dalam bisnismu, lho!