Apa itu resi? Sekarang ini, resi merupakan suatu hal yang familiar. Apalagi kalau kamu berjualan online atau sering membeli barang secara online. Online shopping merupakan hal yang lumrah sekarang ini. Anak-anak sekolah hingga lansia dapat membeli secara online tanpa kesulitan. Tapi untuk yang tidak begitu mengerti, mari bahas sedikit tentang apa itu resi.

Belanja online merupakan hal yang sudah menjadi bagian dari keseharian orang-orang. Bahkan saat ini tidak ada bedanya dengan membeli barang di swalayan, bedanya hanya melalui online dan dikirimkan. Soalnya, bukan hanya barang-barang elektronik atau khusus saja yang bisa dibeli secara online. Melainkan kebutuhan-kebutuhan dasar seperti beras, makanan ringan dan lain-lain.

Hal ini juga didukung setelah keadaan pandemi yang melanda dunia 3 tahun belakangan. Virus Covid-19 yang mudah menyebar membuat intensitas pertemuan dikurangi bahkan sempat ditiadakan. Mobilitas masyarakat di dunia dikurangi oleh negaranya masing-masing. Karena itu, aktivitas yang biasanya dilakukan manusia harus dilakukan secara online seperti bekerja dan juga belanja.

Online shopping juga sebenarnya bukan hal baru. Beberapa tahun belakangan, belanja online sudah sering dilakukan. Mulai dari media sosial, e-commerce hingga marketplace. Tapi pandemi membuat intensitas penggunaannya meningkat secara drastis. Hal tersebut juga didukung oleh metode pembayaran yang mudah serta akses melalui smartphone yang mudah dilakukan.

 

Baca Juga: Mau Sukses Memulai Usaha Online Shop? Ini Dia Caranya!

 

Setali tiga uang dengan belanja online, banyak juga orang yang mulai untuk berjualan secara online. Tidak hanya pembeli yang dimudahkan dalam sistem tersebut, namun juga penjual. Bagaimana tidak, seseorang dapat berjualan tanpa perlu menyewa tokonya sendiri dan dapat membuat usahanya di rumah. Hal tersebut tentu menarik hati, baik dijadikan uang tambahan maupun kegiatan utama seseorang.

Banyak kemudahan yang didapatkan saat berjualan online. Seperti tenaga dan waktu yang lebih dihemat. Selain itu, interaksi juga dapat dilakukan via chat. Belum lagi uang yang dapat dihemat dibandingkan dengan membuka toko offline. Nantinya, barang yang dipesankan oleh pelanggan akan dikirimkan secara online, baik melalui jasa ekspedisi maupun pengiriman instan online.

Baca Juga 
7 Rekomendasi Aplikasi Cek Ongkir dan Resi Terbaik

 

Apa itu Resi

 

Karena itu pelanggan dapat memilih layanan pengiriman yang dibutuhkan. Biar bagaimanapun, prioritas pelanggan yang dibutuhkan pelanggan berbeda. Bisa saja pelanggan membutuhkan barang tersebut lebih cepat karena harus digunakan. Biasanya jasa pengiriman instan melalui kurir lebih sering digunakan. Tapi baik instan ataupun tidak, biasanya ada kesamaan yang dimiliki oleh keduanya, yaitu resi. Apa itu resi?

 

Apa itu Resi?

 

Kamu yang belum akrab dengan belanja online mungkin bertanya-tanya apa itu resi. Resi sebenarnya mempunyai berbagai arti. Secara umum resi sendiri artinya adalah bukti bahwa suatu barang telah dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya. Jadi tidak mesti tentang belanja online.

Namun pada belanja online, resi adalah salah satu hal yang sering ditanyakan pelanggan pada penjual. Hal itu tak terlepas karena resi pengiriman barang merupakan hal yang digunakan untuk mengidentifikasi barang yang dikirimkan oleh penjual.

Apa itu Resi

 

Fungsi Resi 

Resi sendiri mempunyai fungsi bagi pembeli barang, di antaranya adalah sebagai berikut. 

 

Untuk Melacak Barang

Semua sudah serba digital. Kalau zaman dulu saat barang dikirimkan penerima hanya bisa menunggu pasrah, berbeda halnya dengan zaman sekarang. Saat ini, penerima barang bisa melacak di mana paket yang ia tunggu berada. Hal itu bisa dilakukan dari no resi yang diberikan oleh pengirim barang saat melakukan pengiriman. Dengan adanya no resi, pembeli bisa mengetahui di mana barang yang ia tunggu berada.

Hal tersebut juga digunakan untuk mengantisipasi terjadi kesalahan pada pengiriman. Penerima maupun pengirim dapat mengetahui apakah barang tersebut sudah sampai atau justru sampai di alamat yang salah. Apalagi jika barang tersebut merupakan barang dengan harga hingga jutaan. Tentunya pembeli akan was-was. Apalagi sering juga terjadi kejadian ketika seorang oknum berpura menjadi kurir dan membawa kabur barang tersebut.

Baca Juga 
Mengenal 7 Jenis-Jenis E-commerce yang Perlu Diketahui!

 

Tonton Juga: #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

 

Setiap barang yang dikirimkan biasanya akan diberikan nomor resi, sehingga baik pengirim, penjual maupun jasa ekspedisi bisa melacak barang tersebut. Jadi pembeli juga bisa mengantisipasi ketika barang tersebut telah sampai di tujuan, ia bisa menunggu dan tidak meninggalkan rumah kosong.

 

Apa itu Resi

 

Menjadi Bukti Barang Sudah Dikirim

Adanya resi juga menjadi bukti bahwa barang sudah dikirimkan oleh penjual. Jika penjual sudah memberikan barang kepada jasa ekspedisi, jasa ekspedisi biasanya akan memberikan secarik kertas jika mengirim barang tersebut. Kertas tersebut merupakan bukti bahwa barang sudah diterima oleh jasa ekspedisi.

Pada kertas tersebut, terdapat nomor resi yang tercantum. Nomor resi tersebut yang nantinya akan digunakan untuk melacak barang. Selain itu, pembeli atau penerima jadi mengetahui apakah barang tersebut sudah diterima atau dikirimkan jika mereka sudah menerima nomor resi. Karena itu, tidak heran jika pembeli meminta nomor resi beberapa lama setelah mereka membeli barang di suatu toko.

Tapi jika di marketplace, biasanya sudah ada bagian di mana kamu dapat melihat di mana barang tersebut berada di status terkirim. Jadi pembeli bisa melihat apakah barangnya sudah dikirim atau belum tanpa perlu melakukan chat dengan penjual yang bersangkutan.

 

Baca Juga: Risiko Usaha yang Bisa Terjadi dan Cara Menghindarinya

 

Mengantisipasi Kesalahan

Dengan adanya nomor resi, kesalahan pengiriman bisa terhindarkan. Hal tersebut tidak lepas dari lengkapnya informasi yang berada di resi pengiriman. Alamat penerima biasanya sudah tercantum secara jelas pada resi yang telah ada. Dengan begitu, kesalahan pengiriman bisa dihindarkan dengan adanya resi pengiriman.

Baca Juga 
Alasan E-Commerce Enabler adalah Cara Optimalkan Bisnis 

Kalaupun terjadi kesalahan, pembeli langsung dapat menghubungi penjual untuk melakukan komplain. Kemudian, penjual dapat mempermasalahkan hal tersebut dengan jasa ekspedisi yang bersangkutan sehingga kesalahan tersebut diperbaiki. Misalnya saat suatu barang diterima oleh alamat yang salah.

 

Memberikan Pelanggan Kepercayaan

Dengan adanya resi, pelanggan jadi merasa lebih aman dan nyaman saat menunggu barang. Karena mereka bisa menerimanya kapan saja, apalagi jika pembeli tersebut tidak sabar untuk menerima barang tersebut. Dengan adanya resi, mereka tidak perlu bertanya setiap saat kepada penjual kapan barangnya akan sampai karena mereka bisa mengeceknya sendiri.

Perasaan itu penting diberikan pada pelanggan agar ia merasa percaya kepada penjual. Jadi sebaiknya, pengiriman juga dilakukan sesegera mungkin agar penjual tidak merasa cemas. hal seperti memberikan nomor resi juga dapat meningkatkan kepercayaan kepada penjual agar mereka merasa bahwa pelayanan yang diberikan sudah baik dan maksimal.

Apa itu Resi

 

Demikian sedikit penjelasan mengenai apa itu resi serta fungsinya bagi penjual maupun pembeli barang. Saat menerima resi, penjual harus menyimpannya dengan teliti agar ada bukti bahwa barang tersebut sudah diberikan dan diproses untuk dikirimkan. Jangan sampai resi tersebut hilang dan terjadi masalah nantinya.


Dengan SmartSeller, para penjual juga dapat terbantu. Shipping Management SmartSeller dapat membantu penjual dapat menunggu di rumah hingga kurir datang untuk menjemput paket tersebut. Selain itu, fitur lain seperti manajemen order dan manajemen inventori juga bisa dirasakan oleh penjual. Tunggu apalagi, yuk pakai SmartSeller!