Bagi pemilik bisnis online, kesalahan pengiriman menjadi salah satu mimpi buruk. Bukan hanya harus menanggung biaya untuk proses pengembalian, tetapi kesalahan pengiriman bisa menurunkan kepercayaan pelanggan.

Masalah kesalahan pengiriman biasanya terjadi disebabkan karena label pengiriman atau shipping label yang tidak tepat.

Masalah pengiriman menjadi hal yang memusingkan karena melibatkan begitu banyak pihak mulai dari seller, jasa ekspedisi dan pelanggan. Kesalahan komunikasi dengan satu pihak saja dapat menjadikan masalah menjadi semakin besar.

Agar tidak terjadi kesalahan komunikasi dengan sejumlah pihak ini, kamu harus menyiapkan shipping label yang akurat dan jelas.

Fungsi Label Pengiriman

Sebelum membahas tips mengenai shipping label, kamu harus mengetahui fungsi dari shipping label ini terlebih dahulu. Berikut sejumlah fungsinya, antara lain:

  • Agar Dapat Mengenali Karakteristik Barang

Shipping label digunakan untuk mengenali karakteristik barang. Hal tersebut berlaku untuk stiker fragile yang sering kamu temukan di produk pecah belah.

Dengan stiker tersebut, kurir bisa dengan mudah membedakan karakteristik satu barang dengan barang yang lain, sehingga mereka akan hati-hati dalam proses pengirimannya.

  • Semakin Mempermudah Pengiriman

Shipping label yang berisi nomor telepon, alamat hingga nama penerima akan mempermudah kurir mengantarkan barang ke alamat tujuan. Umumnya, selain informasi alamat, umumnya sticker juga menginformasikan biaya kirim serta jenis produk.

  • Menjadi Semakin Terlihat Profesional

Jangan salah, menggunakan shipping label tertentu membuat toko online yang kamu miliki terlihat lebih profesional, karena terdapat data pasti sebagai pengirim serta penerima barang. Bahkan, klasifikasi barang juga tercantum dengan jelas.

Tips Membuat Label Pengiriman Lebih Efektif

Agar tidak ada miskomunikasi dengan pihak lain, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisir pengiriman karena shipping label, antara lain:

  • Minta Alamat Lengkap

Sebelum kamu memproses pesanan, pastikan pelanggan telah memberikan alamat tujuan secara lengkap. Data yang diperlukan ini seperti nama jalan, RT/RW, nomor rumah, kecamatan, kota hingga provinsi.

Baca Juga 
4 Fitur Baru Instagram di Bulan Oktober yang Wajib Anda Ketahui!

Selain itu pastikan kamu memeriksa seluruh kelengkapan alamat sehingga meskipun karyawan yang menangani pengiriman, kebutuhan alamat sudah lengkap.

  • Periksa Ulang Sebelum Melakukan Pengiriman

Langkah berikutnya sebenarnya menjadi hal krusial, sayangnya sering dilupakan oleh penjual online. Pastikan kamu melakukan pengecekan sebelum mengirim paket.

Kamu bisa memeriksa apakah semua komponen alamat yang diperlukan telah tercantum di shipping label. Pastikan juga produk yang disiapkan sudah sesuai dengan produk yang diorder oleh pelanggan.

  • Buat Shipping Label Sejelas Mungkin

Tidak sedikit paket yang gagal dikirim karena penulisan shipping label tidak jelas dan tidak terbaca. Ketika membuat shipping label, hindari menggunakan tulisan tangan, karena akan sulit untuk dibaca.

Selain itu, kamu juga harus menggunakan perekat transparan untuk menempelkan shipping label sehingga seluruh alamat bisa terbaca dengan baik. Bila kamu menginput shipping label ini secara digital, pastikan menggunakan font yang besar serta mudah dibaca.

Hindari menggunakan dekorasi yang terlalu banyak di dalam kemasan, karena bisa menutupi alamat. Pastikan juga label sudah sepenuhnya terlindungi, agar tulisan tidak luntur karena air.

  • Cantumkan Kontak Pelanggan

Hal lain yang harus kamu perhatikan saat membuat shipping label adalah melengkapi kontak.

Bukan hanya kontak pelanggan, tetapi kamu harus mencantumkan kontakmu dalam shipping label. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi pelanggan tidak dapat dihubungi atau yang lainnya.

Dengan pentingnya label pengiriman untuk bisnis online yang kamu geluti, pastikan memperhatikan sejumlah tips di atas dengan baik, ya.

Untuk mempermudah semua point point penting diatas yang akan kamu kerjakan dalam membuat shipping label, kamu hanya perlu satu aplikasi untuk mengatur shipping management secara lengkap. Smartseller adalah jawaban bagi para pebisnis online yang memiliki banyak fitur menarik dari upload produk hingga produk terjual di online.

Baca Juga 
Stock Opname Artinya: Penjelasan dan Cara yang Tepat