Sebagai salah satu upaya dalam pemberian layanan terbaik kepada pelanggan, mengetahui estimasi pengiriman adalah hal yang perlu setiap pemilik bisnis lakukan, terutama kalau kamu sering melakukan pengiriman paket di dalam bisnismu tersebut. Melalui estimasi pengiriman, kamu bisa tahu kapan dan berapa lama paket tersebut akan diterima oleh pelanggan.

Mengetahui estimasi pengiriman mudah untuk dilakukan kok. Saat ini, hampir semua layanan ekspedisi sudah transparan mengenai informasi-informasi terkait pengiriman barang. Estimasi pengiriman adalah salah satu informasi yang diberikan kepada pengirim. Pengirim, atau dalam hal ini adalah kamu, akan menerima informasi terkait perkiraan paket tersebut sampai di alamat pelanggan.

Informasi estimasi pengiriman adalah penting, dan oleh karena itulah informasi ini perlu untuk dicari tahu setiap kali kamu melakukan pengiriman paket melalui layanan ekspedisi. Pasalnya, setiap layanan ekspedisi memiliki aturan dan mekanisme yang berbeda-beda sehingga estimasi pengirimannya pun juga akan bergantung terhadap hal tersebut.

Oleh karena itu pula, informasi mengenai estimasi pengiriman adalah hal yang juga sering ditanyakan oleh pelanggan. Apakah kamu sering mendapatkan pertanyaan serupa?

Nah, kalau kamu ingin tahu serba-serbi informasi terkait estimasi pengiriman dan faktor yang dapat mempengaruhi estimasi pengiriman adalah yang seperti apa, yuk  baca sampai tuntas artikel berikut ini!

 

Estimasi Pengiriman adalah

 

Penjelasan Singkat Estimasi Pengiriman adalah Sebagai Berikut

Mengapa sih mengetahui estimasi pengiriman adalah hal yang perlu diketahui oleh pengirim meski di pelanggan sudah mendapatkan informasi yang sama di dalam resi pengiriman? Berikut ini adalah penjelasan singkatnya.

Pada dasarnya, estimasi pengiriman adalah perkiraan berapa lama waktu yang diperlukan pada proses pengiriman barang melalui perhitungan jarak dan waktu dari titik lokasi pengiriman ke titik alamat penerima. Yap, kalau dapat penjelasan tersebut dapat disederhanakan, estimasi pengiriman adalah perkiraan waktu paket bisa sampai ke alamat pelanggan.

Tonton Juga: #SellerStory Bolalicious : Cara mengembangkan usaha Merchandise sepak bola.

Baca Juga 
Panduan SEO Lengkap, Jadi Raja di Google dalam Waktu Singkat!

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, informasi mengenai estimasi pengiriman adalah informasi yang diberikan oleh penyedia layanan ekspedisi kepada pengirim dan penerima melalui resi pengiriman. Tapi, sudahkah kamu tahu kalau estimasi pengiriman adalah sekadar perhitungan standar durasi pengiriman paket dalam kondisi normal?

Dengan kata lain, estimasi tersebut bisa berubah ketika terjadi suatu peristiwa di luar dugaan selama proses pengiriman. Nah, maka dari itu, meskipun penerima sudah tahu berapa lama paketnya akan diterima, kamu perlu mengetahui di kala estimasi pengiriman tersebut meleset karena adanya gangguan yang dialami oleh pihak ekspedisi.

Baik terjadi atau tidaknya gangguan dialami oleh pihak ekspedisi saat pengiriman, kamu tetap perlu menginformasikannya kepada pelanggan agar mereka juga tahu dan memahami situasi yang terjadi pada pengiriman barang mereka.

Lantas, peristiwa atau kondisi yang mempengaruhi estimasi pengiriman adalah yang seperti apa? Yuk, lanjutkan ke bagian selanjutnya.

Estimasi Pengiriman adalah

 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Estimasi Pengiriman adalah Sebagai Berikut

Tidak dapat dipungkiri, selama proses pengiriman barang ke alamat pelanggan mampu terjadi peristiwa atau kondisi-kondisi yang menyebabkan estimasi pengiriman tidak akurat atau melebihi dari waktu yang diberikan. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi estimasi barang.

  • Lokasi Pengiriman Belum Terjangkau atau Jauh

Faktor yang dapat mempengaruhi melesetnya estimasi pengiriman adalah ketika lokasi titik alamat penerima belum pernah terjangkau oleh pihak ekspedisi tersebut sebelumnya. Hal ini yang mampu menyebabkan pihak ekspedisi perlu beberapa waktu untuk mencari titik akurat dari alamat yang diberikan oleh penerima.

Selain itu penyebab lain dari terlambatnya estimasi pengiriman adalah alamat penerima yang jauh dari lokasi pengirim. Secara otomatis, waktu yang diperlukan oleh pihak ekspedisi pun akan lebih terutama kalau alamat penerima tidak berada di provinsi atau pulau yang sama dengan lokasi pengirim. 

Baca Juga 
Praktis Gunakan Jasa Jemput Paket ke Rumah untuk Bisnis

Hal tersebut bisa membuat pengiriman paket lebih lama karena bisa jadi pihak penyedia jasa ekspedisi tidak memiliki gudang penyimpanan paket pada area tersebut. Pada umumnya, gudang penyimpanan dari kebanyakan ekspedisi terletak di kota-kota besar. Jadi kalau lokasi pengiriman berada di lokasi yang terpencil tentu pengiriman akan memakan waktu yang lebih lama.

 

Estimasi Pengiriman adalah

  • Jenis Layanan Pengiriman Paket

Sebagai pemilik bisnis, kamu perlu ketahui jenis-jenis layanan pengiriman yang kamu pilih saat melakukan pengiriman barang. Hal ini karena setiap dari ekspedisi menyediakan jenis layanan yang berbeda. 

Sebagai contoh, terdapat layanan ekspedisi yang menawarkan jasa pengiriman same day yang dapat menjamin barang dapat diterima oleh pelanggan pada hari yang sama dengan hari pengiriman. Tapi, tentu ada prasyarat yang ditentukan oleh ekspedisi tersebut, misalnya jenis barang, bobot barang, hingga lokasi pengirimannya. 

Baca Juga: Alasan Pentingnya Memilih Jasa Pengiriman Barang Murah

Ada juga layanan yang bernama next day, yaitu jenis pengiriman paket yang menjamin paket akan sampai dalam jangka waktu 1 hingga 2 hari setelah paket diterima oleh pihak ekspedisi. Layanan ini punya estimasi pengiriman yang berbeda-beda, ada yang 2 hingga 3 hari bahkan lebih, semuanya bergantung pada ekspedisi tersebut sendiri.

Oleh karena itu, pastikan kamu tahu seperti apa jenis layanan pengiriman paket yang dipilih. Selalu lakukan double check jenis pengiriman yang dipilih oleh pelanggan sudah sesuai dengan yang kamu minta kepada pihak ekspedisi. Pasalnya, kalau kamu salah membaca informasi tersebut, estimasi pengiriman barang pun akan lebih lama.

Pada kasus tertentu yang sering terjadi, pelanggan memilih layanan pengiriman same day tapi penyerahan paket ke ekspedisi tidak dilakukan pada hari yang sama atau melewati jam operasional. Hal tersebut tentu menyebabkan pihak ekspedisi akan mengirim paket tersebut pada jam operasional berikutnya.

Oleh karena itu, mengetahui estimasi pengiriman adalah hal yang penting bukan? Nah, untuk ketahui sebenarnya mudah lho! 

Baca Juga 
8 Cara Jitu Fokus Bekerja Saat Berpuasa Ramadhan

 

Estimasi Pengiriman adalah

 

Beberapa Cara Melihat Estimasi Pengiriman Barang

Terdapat cara yang tersedia untuk dapat ketahui estimasi barang yang dapat dilakukan oleh baik itu pengirim dan penerima. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  • Melalui Cek Nomor Resi

Cara mudah untuk mengecek estimasi pengiriman paket adalah melalui pengecekan nomor resi. Ketika kamu sudah menyerahkan paket kepada pihak ekspedisi, nomor resi akan diberikan secara langsung oleh ekspedisi tersebut. 

Untuk mengecek estimasi pengiriman dan status terkini pengiriman dapat dilakukan dengan memasukkan nomor resi pada situs web ekspedisi tersebut. Saat ini, masing-masing ekspedisi sudah menyediakan halaman pada situs web mereka agar kamu dapat mengecek informasi terkait pengiriman barang, seperti estimasi barang sampai, lokasi terkini, hingga kalau terjadi keterlambatan pengiriman.

Baca Juga: Cara Membuat Resi Sendiri untuk Kamu Pebisnis Online

  • Melalui Situs e-Commerce atau Marketplace

Cara simple untuk mengetahui estimasi pengiriman adalah melalui situs e-Commerce atau Marketplace. Tapi, cara ini hanya berlaku kalau jual-beli terjadi atau dilakukan melalui platform tersebut. Pada saat melakukan check out barang, pelanggan sebenarnya bisa melihat estimasi pengiriman dari setiap jenis layanan yang ditawarkan oleh masing-masing ekspedisi di sana.

Mudah bukan? Nah, itulah penjelasan singkat mengenai estimasi pengiriman barang, mulai dari pengertian, faktor yang dapat memperlambat, hingga cara untuk mengetahuinya. Sebagai pemilik bisnis, sudah menjadi keharusan pula untuk tahu berapa lama barang akan sampai ke tangan pelanggan. Hal ini secara langsung dapat meningkatkan kepuasan pelanggan juga lho!

Kalau kamu ingin cara mudah dan praktis untuk kelola masalah pengiriman barang, seperti mengecek estimasi pengiriman barang ke semua pelangganmu, manfaatkan aja fitur dari aplikasi SmartSeller! Melalui satu dashboard, kamu bisa atur pengiriman ke semua pelanggan, cek ongkir, hingga memonitor pengiriman tersebut lho. Yuk, download SmartSeller sekarang!