Sedang menjalankan bisnis online dan ingin mencari jasa pengiriman barang murah? Saat merintis bisnis sendiri, pasti ada banyak hal yang harus dipikirkan, baik soal jenis barang yang akan dijual, target market bisnis, strategi penjualan, hingga anggaran bisnis.

Menekan anggaran pengeluaran tentu jadi salah satu hal yang diutamakan oleh pemilik bisnis online. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan jasa pengiriman barang murah. Jasa pengiriman barang murah adalah sebuah jasa yang membantu agar barang jualanmu sampai ke tangan konsumen alias pembeli.

Ya, dalam menjalankan bisnis, tidak mungkin kamu mengirimkan semua produk pesanan konsumen satu per satu sendirian, kan? Apalagi kalau bisnismu begitu laris hingga jumlah barang yang harus dikirimkan sangat banyak. Tentu akan sangat merepotkan dan menyita waktu. Karena itulah kamu perlu menggunakan suatu jasa pengiriman barang murah. Dan untungnya, sekarang ini sudah banyak jasa pengiriman barang murah yang tersedia.

Jenis layanan yang ditawarkan pun ada beragam, ada yang menawarkan pengiriman secara kilat, ekonomis, hingga instan dalam satu hari. Harga layanan jasa pengiriman ini pun bervariasi, yang tentunya membantu pelaku bisnis seperti kamu untuk memiliki lebih banyak opsi pengiriman. Seperti yang disebut sebelumnya, kalau mau menghemat anggaran, pilihlah jasa pengiriman barang murah untuk mengirim produk-produkmu!

Tapi, terkadang opsi yang banyak tersebut juga bisa sangat membingungkan. Kamu mungkin akan kesulitan untuk menentukan pilihan, apalagi kalau opsi yang tersedia juga cukup mirip satu sama lain. Tapi tenang, di sini akan dibahas seputar peran jasa pengiriman barang murah untuk membantu kamu. Yuk, langsung aja simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

 

Baca juga: Mengenal Apa itu Checkout & Istilah Lain Bisnis Online

 

Pentingnya Memilih Jasa Pengiriman Barang Murah

Jasa Pengiriman Barang Murah

Ada banyak alasan kenapa suatu bisnis harus menggunakan jasa pengiriman barang murah. Alasan utamanya adalah untuk memudahkan pembeli. Kamu tidak perlu pusing memikirkan bagaimana produk yang kamu jual bisa sampai ke tangan konsumen dengan cepat.

Baca Juga 
Wajib Tahu, Ini 5 Cara Berjualan Online agar Cepat Laku

Selain itu, pola perilaku konsumsi para konsumen juga jadi lebih mudah diprediksi, seperti repeat order salah satunya. Konsumen akan cenderung kembali untuk membeli produkmu kalau mereka tidak perlu bersusah payah dalam menerima produknya.

Ada beberapa alasan lainnya kenapa kamu harus menggunakan jasa pengiriman barang. Beberapa di antaranya yaitu:

Menghemat Biaya

Menggunakan jasa pengiriman untuk mengirimkan produk jualanmu dapat menghemat biaya. Kamu tidak perlu memikirkan biaya bahan bakar kendaraan untuk mengirim barang ataupun biaya perawatan kendaraannya., karena semuanya sudah jadi bagian dari layanan pengiriman.

Kamu cukup membayar biaya kirim yang sudah ditentukan oleh pihak penyedia jasa pengiriman. Tentunya kamu jadi lebih hemat dan efisien dibanding kalau harus mengirimkan pesanan sendiri.

 

Menghemat Waktu

Kalau kamu masih belum punya pegawai untuk membantu operasional bisnismu, waktu dalam satu hari pasti terasa kurang. Nah, dengan menggunakan jasa pengiriman barang murah, kamu jadi bisa menghemat banyak waktu.

Begitu produk pesanan diserahkan ke kurir pengiriman, kamu tidak perlu memikirkan bagaimana barang bisa sampai ke pembeli. Jeda waktu pengiriman ini pun bisa kamu alokasikan untuk kegiatan bisnis lainnya.

Sekarang ini juga sudah banyak jasa pengiriman yang memberikan estimasi pengiriman yang akurat. Jadi, konsumen bisa mengira-ngira kapan barang akan sampai. Hal ini dapat mengurangi kekhawatiran konsumen, mereka pun akan jadi lebih percaya dengan bisnismu.

 

Jangkauan Bisnis Jadi Luas

Melalui layanan jasa pengiriman, kamu bisa meraih peluang untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan layanan pengiriman yang variatif, kamu bisa mengirim berbagai macam produk ke berbagai tempat. Bukan cuma ke konsumen di kota yang sama, tapi juga bisa ke yang berasal dari luar daerah.

Beberapa jasa pengiriman sekarang juga menawarkan layanan yang memudahkan penjual, seperti layanan same day untuk mengirimkan produk makanan antarkota, hingga layanan kargo untuk mengirimkan barang yang berukuran besar dan berat.

Baca Juga 
6 Cara Menghitung Harga Jual per Unit dalam Bisnis

 

Jasa Pengiriman Barang Murah

Meningkatkan Kepuasan Konsumen

Jasa pengiriman akan membantu kamu dalam mengirimkan produk kepada konsumen dengan cepat. Kalau konsumen mendapatkan pesanan dengan cepat, tentu mereka akan merasa puas. Saat konsumen merasa puas, peluang mereka untuk melakukan repeat order pun semakin besar.

 

Tips dalam Memilih Jasa Pengiriman Barang Murah

Sekarang ini ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa pengiriman barang dalam bisnisnya. Kalau dilihat sekilas, mungkin semuanya terlihat mirip. Lalu, gimana bagaimana cara agar kamu tidak salah pilih dan bisa menemukan jasa pengiriman barang murah terbaik? Berikut beberapa tipsnya:

 

Biaya Masuk Akal

Kalau ingin mencari jasa pengiriman barang murah, tentu masalah biaya adalah poin paling utama yang perlu kamu perhatikan. Pastikan perusahaan penyedia jasa pengiriman barang yang kamu pilih mematok biaya kirim yang masuk akal. Lakukanlah perbandingan biaya antara beberapa ekspedisi sekaligus, terutama yang jenis layanannya mirip, setelah itu pilihlah yang biayanya paling murah atau setidaknya masuk akal.

Jasa Pengiriman Barang Murah

Masalah biaya kirim ini akan memengaruhi keputusan calon konsumen juga. Ada banyak calon konsumen yang membatalkan suatu transaksi karena biaya kirim yang ditetapkan terlalu mahal. Calon konsumen bahkan bisa pergi memilih ke bisnis kompetitor hanya karena masalah biaya kirim ini. Karena itulah, usahakan untuk memilih jasa pengiriman barang murah dengan biaya yang masuk akal.

 

Baca juga: 4 Strategi Pemasaran yang Cocok untuk Bisnis Online

 

Pengiriman Barang Aman

Soal keamanan adalah hal yang sangat penting karena bisa memengaruhi kualitas produk. Konsumen pastinya tidak ingin produk yang diterimanya dalam kondisi rusak dan tidak dapat dipakai. Karena itu, pilihlah perusahaan jasa pengiriman yang bisa memastikan keamanan barang yang dikirimkan.

Jangan lupa untuk cari tahu juga apakah pihak penyedia jasa pengiriman menawarkan asuransi atau tidak. Asuransi akan membantu konsumen untuk mendapatkan ganti rugi kalau terjadi kerusakan barang.

Baca Juga 
Trik Digital Marketing untuk Kuliner, Bisnis Lancar Untung Makin Moncer!

 

Pastikan Ketetapan Waktu Pengiriman

Pilihlah perusahaan jasa pengiriman yang tepat waktu. Kalau sulit untuk memastikannya, kamu bisa melihat estimasi waktu yang mereka tawarkan. Dari situ, kamu bisa mengira-ngira apakah perusahaan tersebut bisa mengirimkan barang dalam rentang waktu yang sesuai.

Lihat juga lihat rekam jejak perusahaan tersebut, seperti dari review atau testimoni yang ditinggalkan konsumen setelah menggunakan layanannya.

 

Menyediakan Berbagai Macam Layanan

Kebanyakan jasa pengiriman sekarang ini menyediakan beberapa jenis layanan yang disesuaikan dengan durasi pengiriman. Makin cepat durasi pengiriman, maka makin mahal biaya kirim yang dibebankan kepada konsumen.

Ada juga yang menawarkan layanan berdasarkan jarak pengiriman, misalnya pengiriman dalam kota dan antarkota, atau layanan kargo untuk barang berukuran besar dan berat. Layanan yang bervariasi akan membantu konsumen dalam memilih pengiriman sesuai dengan kebutuhan dan budget mereka.

 

Jasa Pengiriman Barang Murah

Bisa Dilacak Real-Time

Adanya fitur pelacakan posisi paket juga jadi hal yang harus dipertimbangkan, karena konsumen biasanya suka menanyakan soal resi pengiriman hingga status posisi pesanan mereka.

Pastikan jasa pengiriman yang dipilih menyediakan fitur pelacakan paket, terutama pelacakan secara real-time. Jadi, konsumen bisa tahu pasti posisi dan estimasi waktu tiba pesanan. Perusahaan yang menyediakan fitur pelacakan pasti memberikan kode resi pengiriman. Jadi, baik kamu maupun konsumen bisa melacak posisi produk pesanan secara mandiri.

Nah, itulah pembahasan kenapa menggunakan jasa pengiriman barang murah itu penting dalam suatu bisnis, terutama bisnis online. Agar lebih praktis saat memilih jasa pengiriman barang, kamu bisa gunakan fitur shipping management dari SmartSeller. Di sini kamu bisa memilih dari berbagai opsi kurir dan bahkan mendapatkan diskon biaya kirim, lho! Yuk, gunakan SmartSeller sekarang!