Kamu mau kirim paket, tapi bingung caranya bagaimana? Kamu tidak perlu khawatir karena di bawah ini ada cara kirim paket JNE yang mudah banget! Siapa, sih, yang tidak tahu JNE? Salah satu ekspedisi terkenal di Indonesia yang banyak dipakai karena proses pengirimannya yang cepat dan dengan harganya yang terjangkau. Nah, buat kamu yang mau tau bagaimana cara kirim paket JNE, yuk, cari tahu di bawah sini!  

  • Siapkan dan Packing Barang

Cara Kirim Paket JNE

Cara kirim paket JNE yang pertama adalah menyiapkan dan packing barang yang akan dikirim. Kamu harus kemas barang dengan baik dan tidak asal-asalan. Hal ini supaya barang yang kamu kirim tidak rusak di perjalanan dan tetap aman sampai di tujuan. Apalagi kalau barang yang kamu kirim adalah barang yang mudah pecah belah. Pada saat packing paket, kamu bisa menggunakan kardus dan plastik. Tidak lupa menggunakan bubble wrap untuk perlindungan yang ekstra, terutama untuk barang yang mudah pecah belah. Khusus barang yang mudah pecah belah, kamu bisa menempelkan stiker fragile agar kurir pengiriman mengetahui kalau barang tersebut mudah pecah.

  • Tulis Alamat Tujuan yang Jelas

Cara Kirim Paket JNE

Setelah selesai packing barang, cara kirim paket JNE selanjutnya adalah menulis alamat tujuan dengan jelas. Data yang perlu kamu tulis, meliputi nama penerima, nomor telepon penerima, dan alamat jelas penerima. Alamat harus ditulis secara lengkap agar paket yang dikirim tidak nyasar. Alamat yang ditulis berisi nama jalan, nama komplek, nomor rumah, nama desa, kecamatan, kelurahan, kota, provinsi, dan kode pos. tidak lupa juga untuk menulis nama dan nomor telepon pengirim agar bisa dihubungi apabila ada kendala pada saat proses pengiriman.

Baca Juga 
Daftar Film tentang Bisnis yang Dapat Memberi Motivasi!

Baca Juga: Temukan Jasa Pengiriman Terdekat Hanya di SmartSeller

  • Cek Tarif Ongkos Kirim

Cara Kirim Paket JNE

Cek tarif ongkos kirim adalah cara kirim paket JNE selanjutnya. Kamu perlu cek tarif ongkos kirim terlebih dahulu sebagai antisipasi berapa jumlah tarif yang harus dibayar. Tarif yang dikenakan berpengaruh dengan berat, jarak, dan layanan yang kamu pilih. Lalu, bagaimana cara cek tarif ongkos kirim JNE? Kamu bisa masuk ke website JNE kemudian pilih kolom ‘Tracking’ lalu pilih ‘Tarif’. Di halaman ini, kamu perlu mengisi kolom ‘Origin’ dengan kota asal pengiriman, sedangkan kolom ‘Destination’ dengan kota tujuan pengiriman. Di kolom ‘Weight’, masukkan berat dari paket barang yang kamu kirim. Setelah itu, pilih layanan JNE yang ingin kamu gunakan.

  • Datang ke Agen JNE

Cara Kirim Paket JNE

Setelah semuanya sudah siap dan selesai, cara kirim paket JNE selanjutnya adalah datang ke agen JNE terdekat dari rumah kamu. Di agen tersebut, kamu akan diminta data yang diperlukan dan barang yang kamu kirim akan ditimbang. Setelah itu, kamu bisa langsung membayar tarif ongkos kirim tersebut.

Tonton juga: #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

  • Pilih Layanan JNE

Cara Kirim Paket JNE

Pada saat cara kirim paket JNE, kamu akan ditanya oleh petugasnya untuk memilih layanan JNE yang ingin kamu gunakan. JNE menawarkan berbagai jenis layanan yang dibedakan sesuai dengan estimasi waktu paket sampai tujuan. Di bawah ini ada beberapa layanan JNE yang bisa kamu pilih.

  • JNE REG (Reguler)

JNE REG adalah layanan cara kirim paket JNE dengan estimasi waktu pengiriman selama 1-7 hari kerja. Pengiriman ini tidak berlaku pada hari Minggu dan hari libur nasional.

  • JNE OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)

JNE OKE adalah layanan cara kirim paket JNE yang harganya lebih murah dan estimasi waktu penyampaiannya lebih lama dibandingkan dengan JNE REG. Pengiriman JNE OKE tidak berlaku pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional

  • JNE YES (Yakin Esok Sampai)

Sesuai dengan namanya, JNE YES adalah layanan cara kirim paket JNE dengan estimasi waktu pengiriman selama satu hari. Pengiriman ini berlaku di hari Minggu dan hari libur nasional. Apabila paket datang terlambat atau lebih dari satu hari maka JNE memberikan garansi uang kembali. Layanan ini cocok untuk kamu yang kirim barang dalam waktu mendesak

  • JNE SS (Super Speed)

JNE Super Speed (SS) adalah layanan cara kirim paket JNE yang mengutamakan kecepatan waktu pengiriman dan penyampaian. Layanan ini disesuaikan dengan waktu yang sudah ditentukan dan disepakati.

  • JNE Trucking (JTR)

JNE Trucking adalah layanan cara kirim paket JNE dengan berat barang minimum 10 Kg atau yang sering disebut dengan kargo. Pengiriman paket ini melalui darat atau laut sehingga harganya jauh lebih murah. Layanan ini cocok untuk kirim barang yang berat, seperti barang furniture dan motor.

  • Diplomat

Diplomat adalah layanan cara kirim paket JNE berupa dokumen penting yang dibawa langsung oleh petugas JNE.

  • JNE International Service

JNE International Service adalah layanan pengiriman paket JNE dengan tujuan ke luar negeri. Estimasi waktu pengiriman disesuaikan dengan zona waktu negara tujuan.

  • Lacak Paket dengan Resi

Cara Kirim Paket JNE

Cara kirim paket JNE yang terakhir, yaitu kamu akan diberikan nomor resi yang berfungsi untuk melacak paket pada saat proses pengiriman. Untuk melacak paket, kamu bisa mengunjungi website JNE lalu pilih kolom ‘Cek Resi JNE’. Setelah itu, masukkan nomor resi paket kamu. Dari situ kamu bisa mengetahui posisi paket kamu sudah di mana dan apakah sudah sampai atau belum.

Baca Juga 
Cara Membuat Template Keren di Unggahan Instagram Bisnis!

Baca juga: Cara Membuat Resi Sendiri untuk Kamu Pebisnis Online

Nah, itu dia cara kirim paket JNE yang bisa kamu ikuti. Mudah banget, kan? Apalagi ada banyak jenis layanan yang disediakan oleh JNE sehingga kamu bisa pilih sesuai dengan yang kamu inginkan. Sekarang, kirim paket sudah semakin mudah, deh! Nah, teruntuk kamu yang punya bisnis dan setiap hari selalu kirim paket ke konsumen, ada cara yang lebih mudah, lho. Caranya, yaitu menggunakan fitur Shipping Management dari SmartSeller!

Yap, fitur Shipping Management ini menawarkan pickup paket di rumah atau gudang kamu. Jadinya, kamu tidak perlu repot ke agen ekspedisi lagi karena kirim paket lebih praktis. Dengan fitur ini, kamu juga bisa mencetak label pengiriman dan mendapatkan nomor resi secara otomatis. Ditambah nomor resi tersebut bisa dikirim langsung ke konsumen. Selain itu, SmartSeller juga ada fitur Order Management yang bisa membantu kamu hitung ongkos kirim secara otomatis. Menarik banget kan, fitur-fitur dari SmartSeller? Tunggu apa lagi? Yuk, pakai SmartSeller sekarang juga!