Mungkin kamu pernah dengar beberapa orang yang melakukan cara membuat resi sendiri saat mengirimkan paket mereka. Kemudian muncul pertanyaan, “Cara membuat resi sendiri? Memangnya bisa ya?”. Jawabannya, bisa!

Sekarang ini bisnis online memang banyak dilirik untuk dijadikan peluang usaha yang menguntungkan oleh masyarakat luas, apalagi setelah melewati masa pandemi kemarin. Mengingat persaingannya yang tinggi ini, para pelaku bisnis tentunya harus pintar mengelola bisnis online-nya agar tidak kalah bersaing. Termasuk dengan memanfaatkan teknologi cara membuat resi sendiri.

Kalau kamu adalah pemilik bisnis yang menggunakan marketplace untuk menjual produk-produkmu, kamu bisa lho menggunakan cara membuat resi sendiri. Berbagai marketplace sekarang ini memang jadi andalan banyak konsumen untuk berbelanja online. Hanya dengan menggunakan suatu aplikasi, konsumen dengan penjual pun bisa terhubung dengan mudah untuk melakukan kegiatan jual beli.

Pemakaian dan pengoptimalan cara membuat resi sendiri juga sudah banyak dijumpai di beberapa marketplace. Tujuan utamanya adalah untuk memudahkan pelaku bisnis sebagai penjual untuk mengirimkan pesanan kepada konsumen secara otomatis.

Cara Membuat Resi Sendiri

Nomor resi bisa didapatkan saat paket siap dikirim. Pihak jasa pengiriman biasanya kemudian akan menjemput paket ke alamat toko yang tertulis di marketplace. Tapi, tidak semua pelaku bisnis atau penjual mengetahui cara membuat resi sendiri di marketplace ini. 

Nomor resi biasanya dikeluarkan oleh pihak jasa pengiriman. Kalau kamu menggunakan marketplace, kamu bisa gunakan cara membuat resi sendiri.  Kamu pun tidak perlu repot ikut antrian di kantor cabang logistik, karena pihak jasa pengiriman bisa menjemput paket ke rumahmu.

Adanya nomor resi juga akan mempermudah konsumen untuk melacak posisi paket yang mereka pesan. Proses pengiriman pun juga jadi lebih cepat karena pihak jasa pengiriman tidak perlu memasukkan info penerima dan tujuan paket.

Baca Juga 
Tanpa Modal! Ini 5 Cara Menjadi Reseller

Sebagai pelaku bisnis, kamu harus mengetahui cara membuat resi sendiri di marketplace. Fungsinya adalah agar pengelolaan bisnismu jadi berjalan dengan lebih mudah dan efisien, yang tentunya akan lebih menguntungkan buat kamu, bukan?

Tapi, sebelum memasuki bahasan mengenai cara membuat resi sendiri, ada baiknya kita pahami dulu seputar resi pengiriman dalam bisnis secara umum. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

 

Baca juga: 5 Aspek Pemasaran yang Menjadi Kunci Keberhasilan Bisnis

 

Apa itu Resi Pengiriman?

Cara Membuat Resi Sendiri

Resi adalah sebuah nomor unik yang diberikan oleh pihak jasa pengiriman setelah paket atau parang yang akan dikirimkan diterima oleh mereka. Nomor unik ini nantinya akan digunakan sebagai tanda bukti pengiriman oleh pihak pengirim atau penjual sebagai pengirim. Selain itu, bagi pihak penerima atau konsumen sebagai pembeli juga bisa menggunakan nomor resi ini untuk melacak status pengiriman barang mereka.

Seperti yang sudah disebut di atas, sekarang ini penjual atau pelaku bisnis juga bisa mengetahui cara membuat resi sendiri apabila mereka menggunakan marketplace sebagai tempat mereka berjualan. Dalam setiap transaksi di marketplace, nomor resi ini juga digunakan sebagai tanda bukti bahwa barang pesanan telah dikirimkan oleh penjual dan untuk melacak proses pengiriman via layanan jasa pengiriman yang tersedia di masing-masing platform marketplace.

 

Fungsi Resi Pengiriman

Nomor resi adalah nomor unik yang dihasilkan secara acak dan dianggap sebagai identitas dari tiap pengiriman. Nomor ini dibuat karena memiliki fungsi untuk beberapa hal, berikut beberapa di antaranya:

  • Tanda Bahwa Paket Pesanan Sudah Dikirimkan

Nomor resi akan diberikan ke pengirim secara langsung saat paket barang sudah diterima oleh jasa pengiriman barang. Nomor inilah yang akan dijadikan pegangan bagi pelaku bisnis sebagai pengirim bahwa paket telah dikirimkan. Pelaku bisnis bisa mengirimkan nomor resi ini ke pihak konsumen sebagai tanda bukti pengiriman.

Baca Juga 
Prospek Bisnis Baju yang Berpotensi Sukses dan Banyak Cuan

 

  • Untuk Melacak Paket

Dari sisi penerima barang atau konsumen, nomor resi ini memiliki fungsi sebagai nomor unik yang bisa digunakan untuk melacak proses pengiriman paket yang mereka pesan. Selain melacak posisi barang paling update, nomor resi juga akan memberikan estimasi waktu kapan barang akan sampai di tempat konsumen tersebut.

Cara Membuat Resi Sendiri

 

  • Untuk Mengambil Paket ke Kantor Cabang Jasa Pengiriman

Dalam suatu kondisi tertentu, misalnya tidak ada yang menerima paket di tempat tujuan atau alamat konsumen atau penerima tidak dapat ditemukan, biasanya pihak jasa pengiriman akan menyimpan paket tersebut di kantor cabang terdekat dari alamat konsumen tersebut.

Nah, untuk bisa mengambil paketnya ke kantor cabang tersebut, pihak konsumen bisa menggunakan nomor resi yang mereka dapatkan sebagai syarat pengambilan paket serta dokumen lainnya seperti fotokopi KTP atau penunjuk identitas diri lainnya.

 

  • Untuk Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Memberikan nomor resi adalah cara yang digunakan untuk memberikan rasa percaya dan kenyamanan kepada konsumen. Konsumen tentu tidak akan mau kalau hanya disuruh menunggu tetapi tidak ada jaminan bahwa penjual sudah melakukan tugasnya.

Nah, dengan membagikan nomor resi kepada konsumen atau memasukkannya ke dalam sistem tracking, adalah jaminan darimu bahwa produk yang mereka pesan sudah dikemas dan dikirim.

Bukan hanya pelaku bisnis atau penjual yang bisa melacak barang, tetapi konsumen juga bisa ikut memantau kondisi paket. Dengan begitu, konsumen pun akan merasa aman dan rasa percayanya pada bisnismu jadi tumbuh saat bisa melihat informasi terbaru mengenai pengiriman paketnya.

 

Cara Membuat Resi dan Cetak Resi Otomatis di Marketplace

Cara Membuat Resi Sendiri

Dari pembahasan di atas, tentu kamu jadi paham kan betapa pentingnya menggunakan resi dan mengetahui cara membuat resi sendiri dalam bisnismu? Ya, sebagai penjual, kamu juga bisa mencetak sendiri resi pengiriman paketmu. Jadi, paket tinggal menunggu dijemput oleh kurir dan dikirim ke konsumen.

Baca Juga 
5 Pilihan Variasi Produk untuk Mulai Jualan Helm

Tidak membuang banyak waktu dan praktis, kan? Lalu, bagaimana cara membuat resi sendiri di marketplace? Cara membuat resi sendiri di marketplace bisa kamu lakukan dengan lebih praktis kalau menggunakan resi otomatis.

 

Baca juga: 7 Rekomendasi Aplikasi Cek Ongkir dan Resi Terbaik

 

Berikut ini adalah cara membuat resi sendiri di marketplace secara otomatis yang bisa kamu coba:

  • Proses terlebih dahulu semua pesanan yang masuk di tokomu.
  • Pada bagian pengiriman, pilih menu resi untuk mengakses pilihan “Resi Otomatis”. Situs marketplace biasanya akan mengeluarkan kode booking begitu penjual melakukan konfirmasi. Dengan kata lain, kamu tidak perlu memasukkan kode resi barang lagi.
  • Cetak atau catat nomor resi yang sudah kamu dapatkan.
  • Kemudian tempelkan nomor resi tersebut pada paket yang akan dikirimkan.
  • Pastikan alamatmu sebagai pengirim dan alamat konsumen sebagai penerima tercantum dengan benar dan lengkap.
  • Jangan lupa siapkan biaya pengiriman paket.

Dengan membiasakan diri menggunakan cara membuat resi sendiri secara otomatis tentu akan membantu memudahkan dan memaksimalkan kegiatan operasional bisnis online kamu. Supaya lebih maksimal, ada baiknya kamu juga memilih jasa pengiriman yang berpengalaman dan memiliki reputasi baik.

Untuk membantumu dalam memilih jasa pengiriman barang, kamu bisa gunakan platform Smartseller juga, di mana kamu bisa memilih dari berbagai pilihan jasa pengiriman sekaligus mendapatkan berbagai penawaran promo biaya kirim! Menarik, kan? Jadi, gunakan aja SmartSeller sekarang!