Tokopedia merupakan salah satu marketplace yang populer digunakan di kalangan masyarakat Indonesia saat ini. Banyak alasan mengapa Tokopedia digemari oleh penggunanya, seperti menawarkan banyak promo, menyediakan seller terpercaya, dan kemudahan dalam penggunaan aplikasi. Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh tokopedia yaitu cara mengecek invoice tokopedia yang anti ribet. 

Bagi beberapa orang, terutama orang yang sedang menjalankan sebuah bisnis, invoice adalah hal penting yang harus disimpan dengan baik. Sebagai salah satu marketplace dengan pengguna terbanyak, Tokopedia memberikan kemudahan kepada penggunanya untuk mengecek invoice. Terdapat beberapa cara mengecek invoice Tokopedia yang dapat kamu lakukan agar invoice bisa disimpan bahkan dicetak. 

Mengetahui cara mengecek invoice Tokopedia adalah hal sederhana yang harus kamu tahu. Terlebih lagi, jika kamu melakukan pembelian di Tokopedia untuk keperluan kantor misalnya, invoice adalah hal yang harus kamu simpan dengan baik. Lalu, apakah kamu sudah tau bagaimana cara mengecek invoice Tokopedia dengan mudah? Kalau begitu, kamu ada di laman yang benar! Yuk, scroll sampai bawah!

Cara Mengecek Invoice Tokopedia

Sekilas Tentang Invoice Tokopedia

Invoice Tokopedia merupakan sebuah dokumen digital resmi yang dikeluarkan oleh Tokopedia, yang isinya yaitu detail dari transaksi pembelian yang telah dilakukan setelah checkout barang atau jasa. Jadi, setiap kamu melakukan transaksi apapun itu di Tokopedia, secara otomatis kamu akan mendapatkan invoice sebagai bukti bahwa kamu telah membeli barang atau jasa tersebut.

Baca juga : Admin Sales adalah: Penjelasan dan Tanggung Jawabnya

Tidak jauh berbeda dengan invoice lainnya, invoice Tokopedia fungsinya sama dengan invoice pada umumnya. Invoice tersebut terdiri dari nama barang atau jasa yang digunakan, jumlah, dan nominal harga yang harus dibayarkan. Oleh karena itu, kamu harus tahu cara mengecek invoice Tokopedia. 

Pertanyaannya, mengapa tahu cara mengecek invoice Tokopedia merupakan hal sepele namun penting? Kelihatannya, invoice adalah hal sepele yang tidak dibutuhkan. Namun, untuk beberapa orang, invoice adalah hal yang penting untuk disimpan.

Baca Juga 
Ini Dia, 4 Manfaat Personal Branding untuk Kemajuan Bisnis Anda!

Contoh dari pentingnya mengetahui cara mengecek invoice Tokopedia adalah sebagai berikut. Misalnya, kamu bekerja sebagai staff operasional di sebuah kantor. Lalu, kamu disuruh pimpinan untuk membeli suatu barang. Akhirnya, kamu membeli barang tersebut di Tokopedia. Nah, kamu pasti membutuhkan invoice tersebut untuk diserahkan ke bagian keuangan sebagai bukti bahwa perusahaan mengeluarkan uang sekian untuk pembelian barang kantor.

Baca juga : Manajemen Strategi adalah: Arti, Manfaat, dan Caranya

Selain itu, dengan tahu cara mengecek invoice Tokopedia, kamu dapat menggunakannya sebagai bukti jika barang yang kamu pesan terdapat masalah. Permasalahan tersebut meliputi barang yang tidak sesuai dengan pesanan, harganya ternyata tidak sesuai, atau bahkan ongkos kirim yang tidak sesuai dengan perjanjian awal. 

Cara Mengecek Invoice Tokopedia

Cara Mengecek Invoice Tokopedia

Setelah mengetahui sekilas tentang apa itu invoice Tokopedia dan kegunaannya, sekarang saatnya masuk ke pembahasan inti. Berikut ini beberapa cara mengecek invoice Tokopedia yang harus kamu tahu. Berikut penjelasannya.

Cara Mengecek Invoice Tokopedia

1. Melalui Aplikasi Tokopedia

Cara mengecek invoice Tokopedia yang pertama yaitu dari aplikasi Tokopedia langsung. Cara mengecek invoice Tokopedia melalui aplikasi ini adalah cara termudah yang dapat kamu lakukan. Terkadang, beberapa orang masih belum tau cara mengecek invoice Tokopedia melalui aplikasi dikarenakan beberapa hal, seperti malas untuk membaca dengan detail atau tulisannya di beberapa smartphone terlalu kecil sehingga tidak terlihat.

Tonton juga : Cerita SmartSeller Bersama Summer Minibar #JadiSellerPintar

Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengecek invoice Tokopedia.

  1. Buka aplikasi Tokopedia di smartphone mu
  2. Setelah itu, pilih opsi transaction atau transaksi yang terletak di bagian pojok kanan bawah
  3. Nantinya dari menu transaction, akan muncul history transaksi Tokopedia yang telah kamu lakukan sebelumnya. Lalu, kamu bisa pilih secara acak transaksi mana untuk dilakukan pengecekan invoice Tokopedia
  4. Yang harus diingat sebagai antisipasi jika history transaksimu di Tokopedia tidak muncul, kamu bisa memilih opsi “semua tanggal” agar transaksi yang telah dilakukan muncul semua
  5. Setelah menentukan transaksi mana yang akan kamu pilih, kamu akan diarahkan ke laman detail pesanan, lalu klik opsi lihat invoice
  6. Nantinya, semua detail terkait pembelian produk atau jasa yang telah kamu lakukan sebelumnya akan terlihat semua di invoice. Rincian tersebut biasanya meliputi nama online shop, nama penerima, detail barang atau jasa yang kamu bayar, nominal ongkos kirim, dan nominal bayar
  7. Jika nantinya diharuskan untuk mencetak invoice tersebut, kamu juga bisa mencetaknya. Caranya yaitu dengan pilih opsi download invoice. Setelah itu, kamu bisa print invoice-nya.
Baca Juga 
Tips Membuat Konten Quote di Instagram yang Shareable!

Cara Mengecek Invoice Tokopedia

2. Melalui Website Tokopedia

Cara mengecek invoice Tokopedia selanjutnya yaitu melalui website official Tokopedia langsung. Untuk kamu yang tidak memiliki aplikasi Tokopedia di smartphone atau sedang malas untuk membaca tulisan kecil, mengecek invoice Tokopedia melalui website Tokopedia langsung adalah pilihan yang tepat karena tidak kalah praktis juga jika dibandingkan dengan mengecek invoice lewat aplikasi langsung.

Berikut ini beberapa langkah untuk mengecek invoice Tokopedia melalui website.

  1. Buka terlebih dahulu browser yang biasa kamu gunakan
  2. Setelah itu, buka website Tokopedia : www.tokopedia.com 
  3. Jika kamu belum masuk ke akun Tokopedia, kamu bisa masuk terlebih dahulu. Namun, jika kamu sudah, kamu bisa langsung menggunakan Tokopedia
  4. Untuk mengecek invoice Tokopedia, kamu bisa klik menu notifikasi yang terletak di samping lambang keranjang
  5. Lalu, klik tulisan transaction atau transaksi. Setelah itu, klik lihat semua yang ada di sebelah tulisan pembelian
  6. Nantinya, kamu akan diarahkan ke menu daftar transaksi. Lalu, pilihlah transaksi yang sudah selesai untuk dilihat invoicenya dengan cara klik pilihan lihat detail transaksi
  7. Kamu bisa klik nomor invoice dengan warna hijau yang terletak di sebelah tulisan invoice
  8. Setelah itu, akan terlihat semua detail transaksi yang telah kamu lakukan sebelumnya
  9. Jika invoice Tokopedia harus di print, maka akan lebih mudah karena kamu membukanya melalui komputer atau laptop. Kamu bisa langsung download invoicenya, setelah itu bisa langsung di print pada pilihan print.

Nah, itu tadi dua cara mengecek invoice Tokopedia yang dapat kamu terapkan. Cara mengecek invoice Tokopedia sangatlah mudah dan tidak ribet, karena kamu hanya perlu memilih history transaksi dan invoice pun bisa terlihat. Dengan mengetahui cara mengecek invoice Tokopedia, secara tidak langsung kamu juga akan belajar tentang bagaimana kemajuan marketplace yang sangat pesat di era berkembangnya teknologi saat ini.

Baca Juga 
Memilih Sosis Murah untuk Jualan dan Rekomendasinya

Jika kamu memiliki bisnis, terutama bisnis online shop, maka pengelolaan yang baik merupakan kunci utama agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Salah satu cara agar pengelolaan bisnismu dapat berjalan dengan lancar yaitu dengan menggunakan SmartSeller.

Di SmartSeller, terdapat fitur order management yang dapat membantu pengelolaan orderan agar lebih mudah. Jika kamu berjualan di beberapa marketplace, kamu bisa mengelolanya sekaligus dengan SmartSeller! Jadi, kamu tidak perlu ribet untuk berpindah-pindah aplikasi maketplace.

Selain itu, SmartSeller juga menyediakan seller berkualitas dan terpercaya. Jadi, jika kamu ingin mencoba untuk berbisnis di bidang lainnya, kamu bisa memilih seller di SmartSeller. Yuk, cobain pakai SmartSeller sekarang juga!