Bagi kamu para pemilik bisnis, terutama bisnis online, bulan puasa ini adalah momen yang tepat untuk menyusun strategi penjualan yang lebih optimal karena jualan online bulan Ramadhan umumnya akan memiliki demand pasar yang meningkat secara signifikan.

Bulan Ramadhan selalu dinanti-nantikan kehadirannya setiap tahun oleh umat islam di dunia. Bulan yang suci ini merupakan ladangnya umat islam untuk mengumpulkan pahala, beramal, dan berbuat baik sebanyak-banyaknya. Ibadah menjalankan puasa selama satu bulan tersebut akan ditutup dengan hari raya Idul Fitri.

Namun, tidak hanya amal ibadah saja yang ditingkatkan, biasanya keinginan masyarakat untuk belanja pada bulan Ramadhan pun juga ikut meningkat daripada bulan-bulan lainnya karena momen perayaan yang spesial satu tahun sekali ini.

Oleh karena itulah, kamu sebagai pemilik bisnis tidak boleh melewatkan untuk menyusun strategi jualan online bulan Ramadhan yang lebih gencar dari biasanya. Harapannya, momen jualan online bulan Ramadhan tahun ini bisa meningkat dan lebih maksimal dari biasanya.

Untuk itu, kami sudah merangkum beberapa tips jualan online bulan Ramadhan yang bisa kamu lakukan untuk tingkatkan penjualan di toko online atau marketplace agar laris manis laku terjual. Yuk, baca sampai tuntas!

 

Tips Jualan Online Bulan Ramadhan yang Ampuh Tingkatkan Penjualan

Mungkin bagi kamu para pemilik toko online pasti menyadari bahwa banyak sekali penjual lainnya yang sudah menjalankan strateginya masing-masing dalam meningkatkan penjualannya pada bulan Ramadhan.

Tidak usah khawatir, berikut terdapat beberapa tips simple yang bisa kamu terapkan dalam jualan online bulan Ramadhan, seperti di marketplace atau e-Commerce. Kamu tidak perlu untuk mengeluarkan biaya ekstra lagi dalam menjalankannya.

Mudah diikuti, berikut ini adalah daftar tips jualan online bulan Ramadhan agar jualanmu laris manis.

Jualan Online di Bulan Ramadhan

  • Menyusun Strategi untuk Promosi Produk Andalan

Sebenarnya penyusunan strategi ini hendaknya kamu lakukan menjelang bulan Ramadhan, bahkan sebelum memasukinya. Dengan menyusun strategi, jualan online bulan Ramadhan bisa lebih terarah, baik itu dalam menjalankannya ataupun pengukuran kesuksesan promosi yang dilakukan.

Baca Juga 
5 Situs Web Kwitansi Online untuk Bisnis Daringmu!

Penyusunan strategi jualan online bulan Ramadhan sebaiknya mencakup beberapa poin penting. Sebagai contoh di antaranya adalah yang sudah disebutkan di atas, yaitu menentukan tujuan dari promosi dan indikator keberhasilannya. Hal ini perlu kamu pikirkan agar upaya yang lakukan bisa lebih efektif dan maksimal.

Selain itu, poin yang harus kamu masukkan juga adalah seperti apa target pasar yang kamu fokuskan. Mengingat banyaknya tipe konsumen yang menggunakan e-Commerce untuk berbelanja, hendaknya kamu memfokuskan pada kalangan tertentu.

Dari situlah kamu bisa kemudian merumuskan rencana promosi yang cocok untuk kalangan yang kamu tuju. Jangan lupa untuk lakukan review dan evaluasi setiap minggunya hingga bulan Ramadhan berakhir.

  • Memastikan Ketersediaan Stok Barang

Tips selanjutnya dalam jualan online bulan Ramadhan adalah kamu perlu memastikan bahwa stok barang yang akan dijual memiliki kuantitas yang cukup selama bulan Ramadhan. Pasalnya, terdapat kemungkinan bahwa demand dari pasar akan melonjak sehingga tentu kamu harus memperhatikan ketersediaan stok.

Selain demand pasar yang diperkirakan cukup tinggi, ada juga kemungkinan bahwa pengiriman barang selama bulan Ramadhan akan mengalami keterlambatan. Jadi, sebaiknya kamu pastikan barang selalu ada selama bulan Ramadhan, atau setidaknya sampai momen bulan Ramadhan dan lebaran selesai. 

Untuk mengantisipasi stok barang yang bisa habis sebelum bulan Ramadhan selesai, kamu bisa memperkirakan kuantitasnya dan menyetok sesuai dengan perkiraan tersebut. Dengan begitu, ketersediaan barang akan selalu ada selama bulan Ramadhan.

Jualan Online di Bulan Ramadhan

  • Memperluas Jangkauan Pelanggan

Meski pengguna e-Commerce dan marketplace sendiri sudah terhitung banyak, kamu bisa lebih mengoptimalkan penjualan dengan menjangkau pelanggan lebih luas melalui pemasaran produk di platform media sosial. Saat ini, media sosial mainstream seperti Instagram dan TikTok punya fitur yang mempermudah hal tersebut lho, bahkan secara gratis!

Baca Juga 
9 Contoh Produk Inovatif yang Bisa Dijual dan Hasilkan Cuan

Buat konten yang engaging yang mampu melibatkan interaksi dengan pelangganmu. Misalnya dengan melakukan live TikTok untuk mengulas produk andalanmu, giveaway, ataupun sesi q&a. Hal tersebut dapat menjangkau potensi pelanggan lebih luas karena semua pengguna platform media sosial tersebut dapat melihatnya.

Kamu juga dapat memaksimalkan fitur pada media sosial untuk menjangkau pelanggan secara luas. Sebagai contoh, di live TikTok kamu bisa menyematkan link atau tautan jualanmu di marketplace lain. Hal tersebut mampu membantu meningkatkan jualan online bulan Ramadhan dan mempermudah siapapun yang ingin langsung membeli barang tersebut lebih mudah.

Nah, kalau kamu punya budget atau anggaran yang lebih, kamu bisa mencoba fitur berbayar dalam platform media sosial. Misalnya, di TikTok ada fitur promote di mana kamu bisa konten yang dibuat bisa menjangkau pengguna dengan kriteria tertentu. Selain itu, bekerja sama dengan influencer seperti paid promote atau endorsement juga bisa kamu lakukan untuk mendongkrak jualan online bulan Ramadhan!

Baca Juga: Ini Cara Live di TikTok Shop, Syarat, dan Tipsnya!

 

Jualan Online di Bulan Ramadhan

  • Mengadakan Berbagai Promo

Tips dalam jualan online bulan Ramadhan yang bisa kamu ikuti agar jualan laris manis tentu saja dengan memberikan promo menarik kepada pelanggan. Kamu bisa hadirkan diskon khusus untuk pembelian di bulan Ramadhan yang berupa potongan harga ataupun diskon persenan.

Kamu bisa menggunakan embel-embel kata bulan Ramadhan ke dalam materi promosi tersebut untuk meningkatkan animo pelanggan. Hal tersebut mampu memberikan kesan bahwa diskon tersebut hanya spesial ada di bulan Ramadhan. 

Selain potongan harga, terdapat bentuk promo lainnya lho, seperti buy 1 get 1, paket bundle, ataupun bonus hadiah atas pembelian nominal tertentu. 

Baca Juga 
20 Cara Meningkatkan Omset Penjualan Usaha yang Efektif

Promo seperti buy 1 get 1 atau paket bundle ini adalah cara lain untuk memberikan diskon di mana kamu menjual produk sekaligus dengan harga yang mudah daripada harga satuan dari produk-produk tersebut. Sehingga, pelanggan dapat merasa lebih hemat ketika membelinya.

Jualan Online di Bulan Ramadhan

 

  • Memberikan Pelayanan yang Ramah dan Cepat Tanggap

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jualan online bulan Ramadhan bisa dipastikan lebih tinggi karena animo masyarakat untuk belanja juga meningkat. Hal ini tentu tidak bisa luput dari banyaknya pelanggan yang memiliki pertanyaan selama bulan ini berjalan.

Agar jualan online bulan Ramadhan mampu mencapai target, sebaiknya kamu juga memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan ramah dan memberikan tanggapan yang cepat. Pelanggan pasti punya pertanyaan terkait apapun, seperti produk, pembelian yang dilakukan, dan pengiriman produk.

Nah, untuk itu kamu perlu memberikan pelayanan yang baik sebagai bentuk untuk menunjukkan apresiasi kepada pelanggan. Hal ini mampu meningkatkan kemungkinan pelanggan tersebut untuk membeli produk yang kamu jual lho, bahkan menjadi pelanggan tetap setelah bulan Ramadhan selesai.

Baca Juga: Tanpa Ribet dan Praktis, Ini 5 Cara Jualan Online di HP

Itulah dia beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar jualan online bulan Ramadhan agar laris manis laku terjual! Masih banyak cara yang bisa mengoptimalkan penjualan di bulan puasa ini, salah satunya seperti mengupdate foto produk sesuai dengan tema bulan Ramadhan.

Selain itu, kamu bisa memanfaatkan aplikasi SmartSeller yang bisa mempermudah pengelolaan bisnis online-mu. Mulai dari atur orderan, pengiriman, transaksi, update foto dan harga produk terbaru, semua bisa lebih mudah lewat aplikasi ini. Penasaran? Yuk, download aplikasi SmartSeller sekarang juga!