Cara jualan online di HP tidaklah begitu ribet seperti yang kamu bayangkan lho. Saat ini, banyak pebisnis yang memanfaatkan teknologi yang mereka punya seperti HP untuk mencari cuan dengan berjualan online. Dengan modal HP dan koneksi internet, kamu pun bisa mulai untuk jadi wirausahawan seperti mereka!

Masalah permodalan memang terkadang jadi salah satu hambatan orang-orang yang ingin berkecimpung di dunia bisnis. Memang sih, modal adalah satu dari sekian banyak faktor yang perlu dibutuhkan untuk dapat mendirikan sebuah bisnis. Tapi, dengan perkembangan teknologi yang pesat, masalah modal bisa diakali.

Yap, berjualan online melalui HP merupakan solusi tepat buat kamu yang ingin jadi pengusaha sukses dengan cara yang hemat. Banyak lho kisah sukses bisnis online yang bermula dari jualan lewat HP yang bisa jadi inspirasimu. Lantas, bagaimana cara jualan online di HP?

Di dalam artikel berikut ini, kamu akan mengetahui lima cara jualan online di HP yang bisa kamu ikuti. Yuk, baca sampai tuntas!

 

Beberapa Cara Jualan Online di HP

Tidak perlu takut untuk memulai bisnis online, kalau kamu sudah punya bayangan produk yang akan dijual, kamu bisa mulai berjualan walaupun hanya lewat HP aja. Berikut adalah lima cara cara jualan online di HP untukmu!

 

Cara Jualan Online di HP

  • Jualan di Marketplace atau e-Commerce

Cara jualan online di HP yang pertama adalah dengan memanfaatkan situs marketplace atau e-Commerce yang ada. Di Indonesia sendiri, sudah banyak sekali perusahaan marketplace yang menyediakan lahan bagi semua pemilik bisnis yang mau berjualan secara online melalui platform mereka.

Marketplace adalah media jualan kekinian di kalangan pebisnis yang mampu menjadi channel penjualan utama mereka. Bahkan untuk beberapa pebisnis, jualan di marketplace dapat secara signifikan meningkatkan keuntungan. Nah, kamu pun bisa memakai cara jualan online di HP ini lho.

Baca Juga 
6 Merek Dompet Wanita Branded yang Bisa Jadi Peluang Bisnis

Pertimbangan pertama adalah karena kebanyakan marketplace tidak mengharuskanmu membayar layanan tersebut untuk dapat berjualan di sana. Yap, ini berarti kamu bisa melakukan registrasi di marketplace tanpa harus membayar apa pun alias gratis. Sangat menghemat modal, bukan?

Selanjutnya, cara jualan online di HP yang satu ini juga mudah karena setelah kamu berhasil mendaftarkan tokomu, kamu hanya perlu meng-upload foto produk dan menyertakan deskripsi dan harga yang akan tertera di platform tersebut. 

Selain itu, marketplace juga sudah menawarkan opsi pengiriman yang tersedia di platform mereka. Jadi, kamu tidak perlu ribet lagi untuk memikirkan dan mengatur pengiriman paket kepada pelanggan. Cara jualan online di HP melalui marketplace juga dapat menjangkau calon pelanggan yang lebih luas.

 

Tonton Juga: #SellerStory Wallts : Strategi Jualan Produk Dompet Di Era Pandemi

  • Jualan di Media Sosial

Penggunaan media sosial saat ini tidak hanya untuk sekadar membagikan foto, video, atau meng-update status aja. Banyak orang yang menggunakan media sosial untuk hal-hal lainnya. 

Begitu pula dengan perusahaan atau bisnis-bisnis brand besar. Media sosial pada awalnya digunakan untuk memperlihatkan citra atau image perusahaan kepada publik. Tapi, lambat laun mereka penggunaan media sosial sebagai channel penjualan juga lho. Hal ini karena berbanding sama dengan banyaknya pengguna media sosial yang aktif sekarang ini.

Nah, kamu bisa menjadikan hal tersebut sebagai inspirasi untuk mulai jualan di media sosial juga. Cara jualan online di HP ini terbilang mudah, kamu cuma perlu mendaftarkan akun ke platform media sosial yang sedang jadi tren saat ini, seperti Instagram dan TikTok. 

Memang, untuk langkah awal, kamu perlu secara rutin membuat konten yang menarik untuk membangun basis followers yang solid. Tapi, media sosial termasuk channel yang tepat untuk menyebarkan brand awareness kepada khalayak luas. Semakin banyak orang yang mengenal bisnismu, akan semakin besar pula untuk penasaran dengan produk bisnismu. 

Baca Juga 
Minim Modal, Ini Dia 5 Ide Usaha Sampingan Karyawan 

 

Oleh karena itu, kalau kamu memakai cara jualan online di HP ini pastikan kalau konten yang kamu bagikan bisa menaikkan citra bisnismu juga ya!

 

Baca Juga: Tips Digital Marketing Menggunakan TikTok, Era Baru Media Pemasaran!

 

Cara Jualan Online di HP

  • Jualan di Situs Forum Jual-Beli

Meski terbilang sudah lama, tapi cara jualan online di HP melalui situs forum jual-beli hingga saat ini masih juga dipakai oleh beberapa pebisnis lho. Tapi, memang hal ini tergantung dengan produk yang kamu tawarkan.

Sebagai contoh, banyak pebisnis barang second, seperti gadget, alat elektronik, furniture, atau kendaraan, yang berjualan di forum jual-beli karena barang yang dijual hanya terbatas secara kuantitas. Pebisnis makanan seperti frozen food atau produk makanan yang menggunakan sistem pre-order juga sering terlihat menggunakan cara tersebut.

Jualan di situs forum jual-beli dapat memungkinkan kamu dan pelanggan untuk tawar-menawar harga. Jadi, kalau jenis produk yang kamu jual dapat ditawar harganya, kamu bisa memanfaatkan forum jual-beli ini. Untuk dapat berjualan di platform ini juga bisa dilakukan dengan mudah. Kamu tidak perlu membayar sepeser biaya apa pun untuk mendaftarnya lho.

 

Cara Jualan Online di HP

  • Memanfaatkan Fitur Google Business

Cara jualan online di HP yang selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di Google Business. Google Business adalah platform yang dapat kamu pakai untuk membuat email khusus bisnis dan menuliskan informasi secara detail mengenai bisnismu di sana.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi Google Maps untuk menambahkan toko yang kamu punya. Meski nantinya tokomu hanya menyediakan pembelian online, tapi tetap diperlukan penandaan lokasi tokomu agar orang-orang yang mencarinya di Google bisa menemukan bisnismu juga.

Baca Juga 
Ini Lho Manfaat Membuat Email dengan Nama Brand Sendiri!

Melalui aplikasi tersebut juga, para pembeli juga dapat memberikan rating, testimoni, dan juga komentar tentang bisnismu. 

 

Baca Juga: Ini Dia, 3 Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps Untuk Bisnis Anda

 

Cara Jualan Online di HP

  • Membuat Situs Web Toko Online

Nah, tentu pada cara jualan online di HP terakhir yang dapat kamu lakukan adalah dengan mendirikan situs web untuk jualanmu sendiri. Mungkin bagi kebanyakan pelaku usaha, membuat situs web itu merupakan hal yang rumit dan mahal. Apalagi kalau kamu ingin membuat situs web tersebut punya tampilan yang mirip dengan situs marketplace atau e-Commerce.

Namun, pada kenyataannya banyak situs di Internet yang menyediakan layanan pembuatan situs web gratis lho dan kamu bisa mengaksesnya melalui HP kamu lho. Mempunyai situs web sendiri dapat memberikan kesan positif tersendiri bagi bisnis. Selain itu, calon pelanggan juga dapat dengan mudah melakukan pembelian. 

 

Jadi, bisa dibilang kalau cara jualan online di HP ini juga cara ampuh untuk mendapatkan pelanggan yang banyak.

 

Nah, itulah kelima cara jualan online di HP yang bisa kamu coba! Dengan modal HP dan kuota internet aja, kamu bisa memulai untuk berjualan dan mengikuti jejak pengusaha online sukses lainnya. Mana pun itu cara jualan online di HP yang kamu pilih, jangan lupa untuk mempersiapkan hal-hal lainnya yang diperlukan sebelum mendirikan sebuah bisnis online ya.

 

Selain itu, ada cara jualan online di HP kalau kamu ingin membuat situs web yang mudah lho, yaitu melalui aplikasi SmartSeller! Salah satu fiturnya, yaitu storefront, dapat membantu kamu untuk membuat situs web toko online dengan cepat lho. Kamu bisa men-download aplikasi SmartSeller ini di HP lho! Yuk, cobain sekarang!