Memanfaatkan teknologi dalam hal bisnis dapat menguntungkan kamu, salah satunya seperti memakai aplikasi stok barang yang mampu membantu operasional bisnis khususnya manajemen stok barang jadi jauh lebih mudah.

Aplikasi stok barang adalah salah satu yang tools yang wajib untuk kamu miliki ketika menjalankan bisnis, terutama kalau kamu channel penjualan yang banyak, misalnya di berbagai situs marketplace, situs web toko pribadi, media sosial, atau yang lainnya.

Hal ini karena aplikasi stok barang dapat mempersingkat pekerjaan terkait stok barang lho. Salah satunya adalah aplikasi stok barang bisa membantu kamu untuk meng-update stok barang di semua channel jualanmu secara sekaligus. Sangat berguna untuk operasional bisnismu, bukan? 

Nah, SmartSeller adalah salah satu aplikasi di smartphone yang menyediakan fitur manajemen stok barang juga. Penasaran dengan fitur aplikasi stok barang dari SmartSeller? Yuk, ketahui lebih dalam di artikel ini!

 

Aplikasi Stok Barang

 

Mengenal Aplikasi Stok Barang

Pada dasarnya, aplikasi stok barang merupakan software yang menyediakan sistem penyederhanaan segala proses pengelolaan persediaan stok barang dalam gudang warehouse atau tempat penyimpanan, mulai dari ketika ada barang terjual, barang masuk, hingga pengawasan pergerakan barang.

Sehingga, dengan adanya aplikasi stok barang ini diharapkan pemilik bisnis dapat meminimalisir terjadinya salah hitung ketersediaan barang dan kehilangan barang tersebut selama proses pengiriman dari gudang ke alamat pelanggan. 

Kecanggihan teknologi dalam bisnis ini sudah dapat digunakan oleh semua kalangan bisnis. Yap, aplikasi stok barang dapat kamu akses melalui smartphone. Cukup dengan koneksi internet, kamu bisa mengatur, mengecek, menghitung, sekaligus meng-update stok barang dalam bisnismu. Nah, aplikasi stok barang punya SmartSeller juga bisa kamu download ke smartphone kamu lho.

 

Tonton Juga: #SellerStory Uno Shop : Memanfaatkan era digital untuk mengembangkan bisnis.

Baca Juga 
20 Desain Packaging Unik dan Kreatif untuk Membangun Brand Online Shop Anda

 

Aplikasi Stok Barang

 

Pentingnya Pemeliharaan Stok Barang untuk Bisnis

Mungkin untuk beberapa kalangan pebisnis yang punya sumber daya manusia yang mumpuni, perhitungan stok barang itu mudah untuk dilakukan. Tapi, terkadang anggapan tersebut yang membuat pengelolaan stok barang jadi disepelekan.

Padahal kalau tidak dikelola dengan manajemen yang benar, stok barang bisa menjadi tidak terkendali sehingga memperlambat jalannya bisnismu, misalnya produksi atau pengadaan produk baru. Hal ini tentu dapat merugikan bisnismu, bukan? 

Oleh karena itu, pemeliharaan stok barang perlu jadi fokus utama juga ketika kamu menjalankan bisnis. Selain itu, berikut adalah alasan lain kenapa stok barang memerlukan maintenance khusus di dalam bisnis.

  • Jumlah Stok Barang yang Akurat

Ketepatan jumlah stok barang bisa jadi hal yang krusial ketika berbisnis. Coba bayangkan kalau ada informasi yang salah mengenai stok barang di salah satu marketplace-mu. Lalu, ada calon pelanggan yang memesan produk tersebut dan sudah terlanjur membayarnya. Bisa jadi, pelanggan tersebut akan merasa kecewa karena barang yang Ia inginkan ternyata tidak tersedia.

Hal tersebut mengapa kamu perlu sistem manajemen atau pemeliharaan stok barang yang baik. Selain dapat meminimalisir misinformasi kepada pelanggan, jumlah stok barang yang akurat dapat membantumu untuk mengetahui produk mana yang perlu untuk di-restock dan yang perlu dipromosikan kepada pelanggan.

 

Aplikasi Stok Barang

  • Pengaturan Gudang/Tempat Penyimpanan yang Lebih Rapi

Menyambung dari poin nomor satu, ketika kamu mengetahui jumlah stok barang yang ada di gudang secara akurat, secara otomatis peletakan barang tersebut akan lebih rapi dan akan memudahkan pencarian barang yang dibeli pelanggan. 

Pemrosesan pesanan juga bisa jadi lebih akurat dan cepat yang tentu dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Selain itu, ketika ada stok barang yang habis, akan lebih mudah untuk menghitung kuantitas produk mana yang perlu diproduksi kembali secara akurat.

Baca Juga 
Ini Dia, 4 Langkah Membangun Instagram Marketing!

  • Waktu dan Budget Akan Lebih Efisien Digunakan

Alasan ketiga kenapa stok barang memerlukan perhatian khusus dalam mengelolanya adalah dampak positifnya yang mampu meningkatkan penggunaan waktu dan budget yang lebih efisien. Apalagi kalau kamu memanfaatkan aplikasi stok barang, sistem akan secara otomatis mencatat produk masuk dan keluar. 

Yap, kamu tidak perlu lagi mencatat dan menghitung stok barang secara manual untuk memastikan keakurasiannya. Hal ini dapat menghemat waktumu, bukan? Selain itu, tidak ada anggaran lebih yang perlu kamu keluarkan ketika semuanya sudah akurat.

Manajemen stok barang yang baik juga selanjutnya lebih jauh dapat meningkatkan produktivitas bisnis secara efisien karena kamu juga bisa fokus ke bagian pekerjaan lain dalam bisnismu, misalnya aktivitas promosi.

  • Meningkatkan Repeat Order dari Pelanggan

Ketika bisnismu mempunyai sistem operasional bisnis dan manajemen stok barang yang baik, tentu saja akan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. 

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, memiliki manajemen stok barang yang baik dapat meningkatkan kecepatan dan ketepatan bisnis dalam pengiriman barang kepada pelanggan. Kedua hal tersebut termasuk dalam faktor customer satisfaction yang berpengaruh terhadap pertimbangan untuk melakukan repeat order.

 

Baca Juga: Ketahui Arti repeat order, Manfaat, dan Cara Meningkatkannya

 

Aplikasi Stok Barang

 

Keuntungan dari Fitur Aplikasi Stok Barang SmartSeller

Aplikasi stok barang yang dimiliki oleh SmartSeller bernama inventory management yang dapat membantu kamu memiliki sistem inventori barang yang terpusat di semua channel penjualan online-mu.

Nah, berikut ini adalah keuntungan dari masing-masing fitur inventory management SmartSeller.

  • Pengaturan semua produk dan varian stok barang. Melalui fitur ini, kamu dapat mengatur inventori barang secara terpusat di aplikasi SmartSeller. Channel penjualan yang kamu integrasikan ke dalam aplikasi akan secara otomatis ter-update setiap ada barang terjual atau barang masuk, termasuk jika ada varian barang yang kamu masukkan.
  • Stock movement history. Fitur ini dapat memungkinkanmu untuk mengetahui pergerakan inventori stok barang melalui riwayat stok tersebut. Misalnya, kapan barang tersebut masuk dan keluar secara terperinci.
  • Stok barang yang terpusat untuk jualan di mana saja. Kamu bisa mengatur stok barang pada masing-masing channel penjualan sesuai dengan kebutuhan. Sebagai contoh, kamu ingin memasukkan stok barang A ke marketplace B. Aplikasi stok gudang SmartSeller ini punya sistem yang mendukung lho!
  • Pengelolaan stok barang di beberapa gudang. Kalau kamu punya beberapa gudang atau tempat penyimpanan barang, fitur dari SmartSeller juga mendukung pencatatan inventori stok barang di setiap gudang yang kamu punya secara terperinci.
  • Stock alert. Aplikasi stok barang SmartSeller juga memiliki sistem yang mampu memberitahumu kalau ada stok yang mau habis, sesuai dengan batasan yang sudah kamu tentukan sendiri.
  • Stock adjustment. Fitur ini dapat membantumu untuk menyesuaikan kuantitas stok barang yang ada di sistem SmartSeller dan gudang agar mendapatkan informasi yang akurat. Kamu juga bisa lebih mudah ketika melakukan stock opname, deh!
Baca Juga 
5 Jenis Produk yang Cocok dengan Bisnis Konsinyasi

 

Baca Juga: Stock Opname Artinya: Penjelasan dan Cara yang Tepat

 

Nah, itulah keuntungan yang dapat kamu peroleh dari aplikasi stok barang SmartSeller! Aplikasi stok barang mampu memberikan dampak dan perubahan besar ke dalam operasional bisnismu, seperti melakukan update stok barang sekaligus ke semua channel penjualan online-mu.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi mengenai stok barang yang ada di gudang atau tempat penyimpanan secara akurat yang memperlancar produksi dan pengadaan stok barang yang habis. Jadi, yuk download aplikasi SmartSeller sekarang!