Cara live di TikTok Shop sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan oleh semua orang. Hanya bermodalkan smartphone dan kuota internet, kamu bisa melakukan live streaming layaknya seorang content creator.

TikTok saat ini bukan sekadar media sosial untuk kebutuhan entertainment saja seperti melihat video pendek dari berbagai macam genre dan upload video kita. Tapi, TikTok juga menambahkan fitur lainnya yang dapat digunakan penggunanya untuk melakukan siaran langsung, yaitu TikTok Live.

Yap, fitur ini sudah banyak digunakan oleh pengguna TikTok dan content creator untuk menambah followers. Nah, tidak sedikit juga akun bisnis-bisnis yang menggunakan TikTok Live juga lho, bahkan fitur ini juga jadi channel pemasaran utama mereka.

Pasalnya, fitur TikTok Live adalah media yang bagus dipakai untuk berinteraksi langsung dengan pengguna TikTok lho, baik itu followers atau non-followers. Interaksi tersebut dapat membantu bisnis untuk membangun brand awareness, menjangkau pelanggan lebih luas, promosi dan tentu saja untuk mendatangkan pembelian.

Apakah kamu juga ingin menggunakan fitur TikTok Live agar mampu mendapatkan keuntungan seperti yang disebutkan di atas? Kalau iya, berarti kamu perlu tahu cara live di TikTok Shop! 

Tenang aja, di bawah ini kami sudah merangkum cara live di TikTok Shop, syarat, lengkap dengan tips-tips yang bisa kamu jalankan ketika melakukan live TikTok. Yuk, baca sampai tuntas!

Cara Live di TikTok Shop

Kenalan dengan Fitur TikTok Live

Sebelum kamu tahu bagaimana cara live di TikTok Shop, kenalan dulu yuk dengan fitur yang satu ini!

TikTok Live adalah fitur yang dirilis oleh TikTok pada bulan Juli 2021 yang dapat digunakan oleh para creator untuk melakukan live streaming di halaman Live yang bisa dilihat oleh pengguna TikTok yang membukanya. Dalam live tersebut, kamu juga bisa menanggapi komentar atau pertanyaan yang diberikan oleh viewers.

Fitur TikTok Live ini memang serupa dengan Instagram LIve. Tapi, terdapat perbedaan yang mendasari kedua fitur yang mirip ini, yaitu adalah host TikTok Live dapat mendapatkan profit dari live streaming yang dilakukan. Host sendiri adalah sebutan untuk kamu yang melakukan live di TikTok

Baca Juga 
Lakukan 6 Tips Digital Marketing Berikut Agar Bisnis Anda Lebih Berkembang!

Kelebihan fitur tersebut yang bisa jadi salah satu pertimbangan kuat mengapa kamu perlu tahu cara live di TikTok Shop. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa kelebihan dari TikTok Live.

  • Host dapat menerima gift dari viewers selama live streaming dilakukan. Gift yang ada di fitur TikTok Live memiliki nilai masing-masing yang dapat dikonversikan ke dalam Rupiah dan dicairkan ke rekening yang kamu sambungkan pada profilmu. Kamu bisa dapatkan pundi-pundi tambahan dari fitur ini deh!
  • Host dapat mencantumkan link atau tautan pada live streaming sehingga memungkinkan viewers untuk melakukan live shopping. Hal ini dapat kamu manfaatkan untuk memasukkan link produk jualanmu di TikTok Shop agar viewers dapat check out langsung dengan mudah.
  • Live streaming yang kamu langsungkan dapat muncul ke halaman for your page semua pengguna TikTok. Jadi, tidak hanya followers-mu saja yang dapat melihat live streaming-mu, tapi non followers juga bisa melihatnya juga. Fitur ini tentu efektif untuk meningkatkan brand awareness kepada audiens umum, sehingga mereka jadi tahu tentang bisnismu dan memungkinkan untuk jadi pelanggan baru. 

Baca Juga: TikTok untuk Media Promosi, Apakah Bisa?

Menarik, bukan? Kelebihan TikTok Live pada dasarnya mampu membantu perkembangan dan pertumbuhan bisnis, terutama dari segi perolehan pelanggan baru.

Gimana? Tertarik untuk tahu lebih lanjut tentang cara live di TikTok Shop? Sebelum tahu bagaimana cara live di TikTok Shop, kamu perlu memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Apa saja persyaratannya?

Cara Live di TikTok Shop

Persyaratan Live TikTok Shop

Buat kamu yang penasaran dengan bagaimana cara live di TikTok Shop, berikut terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. 

  • Batas Usia Minimal adalah 16 Tahun

Agar dapat melakukan TikTok Live atau menjadi host, kamu setidaknya harus berusia 16 tahun. Selain itu, ada juga batasan usia bagi pengguna TikTok yang ingin mengirimkan dan menerima gift di live streaming, yaitu 18 tahun.

  • Memiliki 1000 Followers

Untuk dapat melakukan cara live di TikTok Shop, jumlah followers yang harus kamu miliki adalah 1000 orang. Kalau akunmu sudah memiliki 1000 followers, maka pilihan live streaming dapat tersedia. Kalau belum, maka tidak ada pilihan untuk melakukannya.

  • Meng-install TikTok Versi Terbaru dan Kompatibilitas Smartphone

Kalau kamu sudah memenuhi kedua persyaratan sebelumnya tapi belum terdapat pilihan untuk melakukan live stream, coba untuk download aplikasi TikTok yang paling baru. Pastikan untuk download dari PlayStore, App Store, atau situs resminya. Lalu, cek juga spesifikasi smartphone yang kamu punya, apakah compatible dengan aplikasi TikTok versi saat ini.

Baca Juga 
Tips Mendapatkan Database Customer yang Aman dan Akurat

Nah, kalau sudah memenuhi persyaratan di atas, yuk terapkan cara live di TikTok Shop berikut untuk dapat lakukan live streaming!

Cara Live di TikTok Shop

Cara Live di TikTok Shop yang Perlu Kamu Ketahui

Kalau kamu berpikiran bahwa cara live di TikTok Shop itu hal yang susah, jangan khawatir! Cara live di TikTok Shop sangat mudah dilakukan oleh siapa saja kok. Pertama, pastikan aplikasi TikTok versi terbaru sudah ter-install di smartphone-mu.

Selanjutnya, kamu bisa ikuti cara live di TikTok Shop di bawah ini!

  1. Buka aplikasi TikTok.
  2. Tekan ikon “+” di bagian bawah layar TikTok. Tombol ini adalah tombol yang sama ketika kamu ingin membuat atau meng-upload video TikTok seperti biasa.
  3. Scroll hingga kamu temukan opsi tombol “LIVE” di bawah  tombol rekam.
  4. Masukkan judul live streaming-mu yang relevan dengan isi atau topik yang akan kamu lakukan. Kamu juga bisa menambahkan topik pada menu “Add a topic”.
  5. Live streaming pun berhasil dilangsungkan.

Cukup mudah bukan cara live di TikTok Shop di atas? Dengan mengikuti cara live di TikTok Shop tersebut, kamu bisa melangsungkan live streaming di TikTok!

Cara Live di TikTok Shop

Tips agar Live TikTok Banyak Viewers

  1. Punya banyak viewers saat melakukan live streaming pasti jadi idaman bagi setiap pengguna, apalagi kamu pemilik bisnis yang ingin brand-mu makin dikenal. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar live TikTok banyak dilihat.
  2. Siapkan peralatan yang dapat menunjang live streaming, misalnya tripod, ring light, microphone, backdrop, hingga jaringan internet yang mumpuni.
  3. Masukkan judul dan topik yang relevan dengan live streaming yang kamu lakukan. Misalnya kamu akan mengulas suatu produk tertentu, maka masukkan judul dan topik yang sesuai.
  4. Mengadakan promo terbatas selama live streaming.
  5. Menjawab komentar dan pertanyaan viewers.
  6. Memasukkan link produk jualan.
  7. Bekerja sama dengan content creator atau influencer TikTok agar lebih menarik perhatian viewers TikTok secara luas.
Baca Juga 
Sukses Jualan di Dunia Maya, Panduan Bisnis Online untuk Pemula!

Baca Juga: Ide Bisnis Tanpa Modal di HP yang Menguntungkan

TikTok tidak dapat dipungkiri adalah media sosial yang populer saat ini dan banyak orang yang menggunakannya. Bagi para pebisnis, ini merupakan kesempatan emas dan patut dipertimbangkan agar dapat membantu pertumbuhan bisnis ke depannya. Melalui TikTok Live, kamu bisa meraih keuntungan yang lebih, mulai dari meningkatkan brand awareness hingga menambah followers atau pelanggan baru.

Namun, jangan lupa juga untuk pastikan pengelolaan toko online-mu seperti di TikTok Shop dilakukan dengan baik. Untuk itu, pakai aja aplikasi SmartSeller yang dapat membantu berbagai pengelolaan bisnismu, mulai dari atur pengiriman paket, cek ongkir, update harga dan foto produk di setiap marketplace, hingga pantau stok jualan. Yuk, tingkatkan efektivitas pengelolaan bisnismu pakai SmartSeller!