Seperti apa ya tata cara jualan di TikTok? Mungkin buat kamu para pebisnis yang ingin mulai melebarkan sayap untuk jualan di platform media sosial yang trending tersebut bertanya-tanya mengenai hal yang sama.

TikTok memang tidak dipungkiri merupakan salah satu media sosial yang powerful untuk menyebarkan informasi. Bukan hanya digunakan untuk melihat video singkat yang menghibur, tapi TikTok juga dapat menjadi channel untuk penyebaran brand awareness dan penjualan bagi pebisnis. Hal ini karena TikTok punya basis pengguna yang begitu banyak di seluruh belahan dunia.

Sehingga, kalau kamu punya niatan untuk berjualan di TikTok, itu merupakan hal yang bagus lho! Tapi mungkin kalau kamu membuka artikel ini, ini berarti kamu belum tahu betul bagaimana cara jualan di TikTok. Tidak usah khawatir! Cara jualan di TikTok sebenarnya cukup simple dan dapat kamu lakukan sendiri lewat smartphone yang kamu punya.

Nah, di bawah ini kamu akan mendapatkan informasi singkat mengenai fitur jualan di TikTok lengkap dengan tips dan cara jualan di TikTok. Yuk, baca sampai habis!

Mengenal Fitur TikTok yang Dapat Digunakan untuk Berjualan

TikTok pertama kali diluncurkan di tahun 2016 sebagai media sosial yang menawarkan fitur untuk melihat dan membuat video singkat kepada penggunanya untuk diunggah ke profil mereka dan dapat disebarkan melalui halaman for your page atau fyp.

Secara perlahan, TikTok mulai mendapatkan perhatian masyarakat dunia karena banyak content creator yang membuat konten video unik pada platform tersebut. Terutama pada saat dunia dilanda wabah COVID-19 dan adanya new normal, penggunaan TikTok pun meningkat dan dikenal sebagai media sosial mainstream hingga sampai saat ini.

Baca Juga: TikTok untuk Media Promosi, Apakah Bisa?

Nah, dengan makin berkembangnya penggunaan tersebut, TikTok pun juga mengupgrade fitur-fitur baru untuk penggunanya. Salah satunya adalah fitur TikTok yang dapat digunakan oleh pebisnis untuk berjualan yang bernama TikTok Shop.

Baca Juga 
10 Tren Digital Marketing di Tahun 2020 yang Perlu Anda Ketahui!

TikTok Shop adalah fitur terbaru TikTok yang mampu menjadi tempat jual-beli online layaknya situs e-Commerce atau marketplace. Jadi, pengguna TikTok kini selain dapat membeli barang di sana di samping menikmati hiburan video di halaman fyp mereka.

Di samping itu, penggunaan TikTok Shop ini tentu sangat berguna bagi para pebisnis untuk dapat lebih menjangkau pelanggan yang luas sekaligus mempromosikannya melalui video singkat. Nah, menarik bukan? Para pebisnis yang ingin tahu cara jualan di TikTok, yuk lanjutkan membaca tata cara jualan di TikTok di bagian artikel ini selanjutnya!

Langkah dan Tata Cara Jualan di TikTok yang Perlu Pebisnis Ketahui

Cara jualan di TikTok itu cukup mudah untuk dilakukan kok. Kamu dapat melakukannya meski melalui smartphone saja. Tentunya pastikan kamu terhubung dengan Internet ya!

Berikut ini adalah langkah-langkah cara jualan di TikTok yang bisa kamu ikuti. Yuk, simak!

1. Registrasi Akun sebagai Seller TikTok Shop

Yap, untuk dapat membuka dan mulai berjualan di TikTok, kamu perlu memiiki akun TikTok Shop dahulu sebagai langkah dalam cara jualan di TikTok yang pertama. Buat akunmu sebagai penjual atau seller di TikTok Shop.

Ada dua cara yang tersedia untuk melakukan registrasi akun. Opsi yang pertama ditujukan apabila kamu belum memiliki akun TikTok sebelumnya. Kamu bisa daftarkan email dan kata sandi untuk membuat akun. Selain email, terdapat pilihan pendaftaran dengan nomor telepon juga kok.

Nah untuk cara yang kedua, ditujukan apabila kamu sudah memiliki akun TikTok. Di cara yang kedua ini, kamu dapat mendaftar akun dengan mengklik “Sign up with TikTok Account”.

2. Melakukan Pengisian Formulir Akun TikTok Shop

Setelah kamu mendaftarkan akun sebagai TikTok Shop, kamu akan ditujukan pada formulir yang harus diisi. Formulir tersebut berisikan detail informasi terkait bisnismu. Kamu juga mungkin diperlukan memberikan informasi tambahan di dalamnya.

Baca Juga 
Ini Dia 5 Usaha yang Cocok untuk Pemula di Pedesaan!

3. Mengisi Informasi Akun TikTok Shop Seller

Selanjutnya, kamu akan dialihkan ke halaman lain yang mengharuskanmu mengisi detail informasi terkait jualanmu. Lengkapi semua kolom dan pertanyaan yang dibutuhkan agar kamu dapat langsung berjualan di TikTok. Beberapa informasi yang dibutuhkan mencakup alamat lokasi jualanmu, informasi contact person, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

4. Mendaftarkan Nama Toko dan Jenis Produk Jualan

Nah, kalau sudah, cara jualan di TikTok yang selanjutnya adalah mengisi informasi tentang toko online-mu di TikTok. Kamu perlu memberikan informasi mengenai nama toko, jenis produk, deskripsi produk, harga, dan lain-lain. Lakukan tahapan dalam cara jualan di TikTok ini agar tokomu dapat segera diverifikasi ya!

5. Mendapatkan Verifikasi

Untuk dapat memperoleh verifikasi dari TikTok, terdapat beberapa dokumen yang dibutuhkan dan kamu perlu menyediakannya. Apa saja dokumen yang dibutuhkan? Kamu bisa mengeceknya dengan mengklik tombol “Verify documents”, lalu akan muncul daftar dokumen yang harus kamu upload.

Pasalnya, jenis dokumen yang perlu diupload akan berbeda-beda, sesuai dengan tipe bisnis yang kamu jalankan. Ada dua jenis bisnis dalam TikTok Shop, yaitu bisnis individu atau korporat. Dokumen yang umumnya diminta kalau kamu membuka bisnis individu adalah foto KTP pemilik bisnis. Nah, pastikan kamu memberikan semua dokumen yang perlu kamu sediakan ya!

Selain itu, pastikan juga bahwa semua dokumen tersebut benar dan sesuai dengan yang diminta. Hal ini karena kamu tidak dapat mengubahnya lagi ketika kamu sudah mengupload-nya.

Kalau semua dokumen dirasa benar, kamu bisa upload dengan mengklik tombol “Submit”. Selanjutnya, proses verifikasi akan dilakukan dan kamu hanya perlu menunggunya.

6. Memasukkan Jualan

Kalau akunmu sudah diverifikasi oleh TikTok, kamu bisa mulai untuk memasukkan produk-produk andalanmu ke platform media sosial trendy ini.

Baca Juga 
Perhatikan 5 Hal Ini Saat Memulai Bisnis Dealer Motor Bekas

Masukkan jualanmu dan jangan lupa untuk mencantumkan deskripsi produk, seperti fitur, harga, varian atau yang lainnya. Agar dapat lebih menarik pelanggan, tambahkan foto produk yang bagus dan jelas.

7. Memasukkan Rekening untuk Menerima Pembayaran

Kamu juga perlu mencantumkan rekening bank yang kamu gunakan untuk mendapatkan pembayaran dari TikTok. Jadi, pastikan kamu membuat rekening bank terlebih dahulu kalau belum memilikinya. Perhatikan bank-bank yang dapat digunakan juga ya!

Memanfaatkan Fitur Penambahan Link pada Video TikTok

Kalau kamu sudah mengikuti cara jualan di TikTok di atas, pada dasarnya kamu sudah bisa mulai untuk jualan di TikTok lho! Mudah bukan cara jualan di TikTok?

Nah, terakhir, terdapat fitur lain yang dapat kamu gunakan untuk dapat menyebarkan produk jualanmu kepada pengguna TikTok, yaitu melalui fitur penambahan link di video TikTok. Fitur ini dapat kamu gunakan pada video TikTok yang kamu unggah, di mana link tersebut dapat terhubung ke jualanmu di TikTok Shop. Dengan begitu, ketika pengguna TikTok melihat konten videomu, mereka dapat langsung melihat dan membeli produknya langsung deh!

Baca Juga: Cara Jualan di Marketplace agar Cepat Laris dan Cuan

Itulah penjelasan singkat mengenai cara jualan di TikTok. Melebarkan sayap channel penjualan ke TikTok adalah hal yang menguntungkan dan patut untuk dicoba. Kamu mungkin dapat meningkatkan angka penjualan melalui media sosial ini.

Nah, kalau kamu sudah bisa jualan di TikTok dan di marketplace lainnya dan ingin lebih mudah untuk mengelolanya, pakai aja fitur tiktok Integration dari SmartSeller! Platform SmartSeller ini menyediakan layanan buat para pebisnis untuk mengintegrasikan jualan di tiktok shop dan mengelolanya hanya melalui satu tempat. Penasaran? Yuk, download dan coba aplikasi SmartSeller sekarang!