Membuat usaha frozen food perlu mempertimbangkan tentang bagaimana cara membuat kemasan frozen food yang unik dan menarik bagi pelanggan. Kemasan frozen food merupakan bagian yang dinilai penting untuk memikat perhatian pelanggan. Tidak hanya itu saja, kemasan frozen food juga perlu yang berkualitas untuk menjaga keamanan produk di dalamnya.

Saat membuat desain kemasan frozen food, selain mempertimbangkan tentang apakah kemasan tersebut menarik atau tidak, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah kemasan frozen food aman. Kemasan frozen food harus bisa menjaga kualitas bahan makanan di dalamnya. Frozen food adalah jenis makanan yang dijual dalam keadaan beku, sehingga kamu perlu menjaga kebekuan tersebut paling tidak sampai makanan sampai ke tangan pelanggan.

Hal yang perlu diingat juga adalah pastikan kemasan frozen food tidak mudah bocor. Kemasan yang mengalami kebocoran tidak akan steril dan makanan beku di dalamnya akan terkena bakteri. Ini akan membuat frozen food menjadi tidak enak rasanya. Kualitas frozen food bisa menurun dan bahkan yang terburuk adalah pelanggan bisa mengalami keracunan makanan.

Baca Juga: Tips Membuat Bisnis Model untuk Usaha Minuman Kekinian

Kemazan Frozen Food


Sisi keamanan adalah poin yang sangat penting untuk dipertimbangkan saat kamu membuat kemasan frozen food. Menjual makanan kepada pelanggan harus mementingkan kualitas makanan yang dijual. Berikut ini adalah beberapa tips lain yang akan membantumu saat membuat kemasan frozen food yang menarik untuk usahamu:

Gunakan Desain untuk Promosi

Menampilkan desain menarik di kemasan frozen food bisa menjadi salah satu cara untuk mempromosikan usahamu juga. Aturan penting saat membuat kemasan adalah selalu konsisten dengan merek usahamu. Apa pun konsep dari usahamu, kamu perlu merefleksikan hal tersebut pada kemasan produkmu.

Contoh yang bisa kamu lihat adalah kemasan es krim Magnum. Es krim Magnum menawarkan pengalaman makan es krim yang elegan, mewah, dan eksklusif untuk pelanggan mereka. Maka dari itu, kemasan es krim Magnum memiliki desain yang terkesan mewah dan eksklusif. Berbeda dengan eskrim lain yang ditujukan untuk anak-anak dengan berbagai karakter dan warna yang menarik. Es krim magnum lebih memilih warna cokelat gelap, hitam, dan emas untuk kemasan mereka.

Tips ini juga bisa kamu gunakan saat membuat desain kemasan frozen food usahamu. Membuat kemasan yang sesuai dengan konsep usahamu dan warna yang digunakan merekmu akan membantu pelanggan mengenali produkmu di antara banyak produk frozen food lainnya. Jika konsep dari merekmu adalah warna hijau dan hitam, maka kamu perlu menggunakan warna dominan tersebut pada kemasan frozen food usahamu, selain membantu pelanggan untuk mengenali produkmu, memiliki konsep yang sama adalah salah satu cara agar kamu bisa lebih mudah berkomunikasi dengan pelangganmu lewat kemasan produk.

Pilih Material Berkualitas

Kemasan Frozen Food

Material yang berkualitas akan sangat dibutuhkan oleh kemasan frozen food. Untuk hal ini kamu perlu bekerja sama dengan penyedia kemasan frozen food yang sudah terpercaya dan terjamin kualitasnya. Pastikan bahwa kemasan tersebut kuat dan tidak mudah rusak meskipun disimpan dalam keadaan beku selama berhari-hari.

Pada umumnya kemasan frozen food menggunakan bahan dari plastik, kaca, aluminium, hingga cardboard. Kamu perlu memilih mana kemasan yang cocok untuk menjadi kemasan frozen food usahamu. Setiap frozen food memiliki kriteria masing-masing, jadi kamu juga perlu memilih jenis kemasan yang paling pas untuk produkmu.

Misalnya kemasan frozen food seperti daging membutuhkan jenis kemasan yang berbeda dengan kemasan es krim. Frozen food seperti daging bisa menggunakan plastik untuk pengemasannya, tapi untuk es krim kamu akan memerlukan jenis kemasan yang berbeda. Ada berbagai macam jenis kemasan plastik. Pastikan kamu memilih vendor kemasan yang tepat untuk kemasan frozen food milikmu.

Autentik

Membuat kemasan produk yang autentik juga merupakan salah satu tips penting dalam membuat kemasan frozen food. Kemasan yang meniru desain kemasan lain pastinya akan dianggap tidak menarik oleh pelanggan. Pastikan kamu memiliki desain yang autentik dan tidak meniru gaya desain lain agar tidak terlihat sama.

Membuat kemasan produk yang autentik juga bisa menjadi cara untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan. Pelanggan lebih memilih usaha yang konsisten dan autentik terhadap desain kemasannya karena lebih terpercaya. Misalnya jika kamu menggunakan foto untuk kemasanmu, pastikan foto yang digunakan merupakan representasi akurat dari isi produk. Dengan begini pelanggan akan lebih percaya pada frozen food usahamu.

Singkat, Padat, dan Jelas

Kemasan produkmu juga harus memiliki pesan yang singkat, padat dan jelas, tidak terlalu banyak desain gambar maupun tulisan, tapi juga jangan terlalu sedikit. Masukkan informasi penting seputar produk agar pelanggan bisa mendapatkan informasi yang jelas. Informasi yang bisa kamu masukkan ke dalam kemasan adalah nama produk, rasa, cara penyajian, hingga merek produk.

Sesuai dengan Peraturan

Kemasan Frozen Food

Kemasan produk untuk frozen food juga harus sesuai dengan peraturan yang berjalan di area. Memenuhi regulasi yang ada sangatlah penting untuk kelangsungan usahamu. Regulasi tersebut dibuat agar kualitas makanan terjaga dengan baik dan juga untuk masalah kesehatan serta keamanan pelanggan.

Jika kamu menjual produkmu secara online, kamu perlu memastikan juga bahwa pengemasan barang dilakukan dengan aman agar tidak ada permasalahan saat pengiriman. Apalagi jika pengiriman memakan waktu yang cukup lama. Kamu juga perlu memastikan makanan dalam kondisi yang bagus untuk pengiriman jarak jauh.

Baca Juga: Aplikasi Dropship untuk Menunjang Bisnis Online

Shelf Impact

Shelf impact merupakan istilah yang digunakan untuk kemasaan saat dipajang di rak makanan supermarket atau toko lainnya. Ini perlu dipertimbangkan untuk kemasan frozen food karena jika kamu menjual di toko, produkmu akan dijajarkan dengan produk frozen food lain dan kamu perlu mempertimbangkan apakah kemasanmu terlihat menarik dibandingkan yang lain atau tidak. Pertimbangan ini cukup penting karena bisa menunjang penjualan untuk produkmu.

Perlihatkan Produkmu

Selain kemasan yang menarik, kamu juga memperlihatkan sedikit isi produkmu kepada pelanggan. Tujuannya adalah agar pelanggan dapat mengetahui sedikit apakah isi produk sesuai dengan yang ada di gambar. Kamu bisa membuat desain kemasan yang clear atau bening untuk memperlihatkan sedikit produk di dalamnya agar pelanggan bisa mengetahui isinya. Cara ini juga bisa digunakan untuk memancing rasa penasaran pelanggan mencoba produkmu. Terutama jika kamu memiliki produk yang unik dan berbeda dari yang lain.

Bentuk dan Fungsi yang Sesuai

Kemasan Frozen Food
Tips membuat kemasan frozen food yang terakhir adalah mempertimbangkan bentuk dan fungsinya. Bentuk kemasan harus sesuai dengan isi kemasan. Misalnya jika produkmu adalah makanan yang sudah diproses seperti sosis, ada baiknya menggunakan kemasan vakum agar isi produk tetap aman. Ukurannya juga perlu disesuaikan agar bisa lebih pas.

Fungsi juga bisa menjadi bahan pertimbangan saat kamu membuat kemasan untuk frozen food. Kemasan yang bisa digunakan kembali cenderung lebih diminati oleh pelanggan karena memiliki dampak lingkungan yang bagus.

Tips membuat kemasan untuk frozen food di atas merupakan tips sederhana yang bisa kamu ikuti. Kemasan frozen food yang menarik bisa meningkatkan penjualan dan promosi produkmu. Selanjutnya agar pengiriman produkmu bisa lancar, kamu bisa menggunakan SmartSeller. Fitur shipping management di SmartSeller sangat pas untuk mengelola pengiriman produkmu. Langsung cek SmartSeller sekarang!