Semakin banyak aplikasi toko online yang menjamur. Banyak pula startup yang menyediakan layanan aplikasi toko yang berbeda-beda fiturnya. Kebanyakan aplikasi-aplikasi tersebut berbayar, namun biasanya calon pelanggan akan diberikan kesempatan untuk mencoba selama beberapa waktu. Kenapa semakin banyak aplikasi tersebut?

Hal tersebut tak lepas dari banyaknya orang yang semakin berjualan belakangan ini. Keadaan pandemi yang melanda dunia 3 tahun belakangan membuat banyak orang yang berjualan online. Banyak pemutusan hubungan kerja hingga pemotongan gaji yang membuat keadaan ekonomi masyarakat tak menentu. Sedikitnya lapangan pekerjaan juga semakin membuat keadaan semakin buruk.

Mau tak mau, banyak orang yang harus memutar otak untuk mencari uang. Karena itu, berjualan menjadi salah satu jalan. Meskipun tak semua orang berjualan karena alasan tersebut, namun tak sedikit orang yang berjualan dengan alasan tersebut. Apalagi kemajuan teknologi membuat berjualan semakin jauh lebih mudah dibandingkan sepuluh atau dua puluh tahun lalu.

Proses berjualan semakin dibuat mudah dengan kemajuan teknologi. Apapun yang dilakukan saat ini bisa dilakukan secara online, termasuk berjualan. Meskipun tetap melewati proses yang kurang lebih sama dengan berjualan offline, namun pelaku usaha dapat menghemat waktu, tenaga dan uang dengan teknologi.

Cukup dari laptop maupun handphone, seseorang bisa memesan bahan baku ataupun alat yang ia butuhkan untuk berjualan. Ia cukup mencari toko yang menyediakan hal-hal yang ia butuhkan. Dalam hitungan hari, barang tersebut bisa sampai bahkan tanpa perlu keluar rumah. Pelaku usaha bisa memanfaatkan waktu dan tenaganya untuk fokus ke hal lain.

Begitu pula dengan promosi. Salah satu hal yang menyita waktu, tenaga dan uang saat berjualan adalah promosi. Tanpa promosi yang baik, tidak ada pelanggan yang akan datang ke tokomu. Kemajuan teknologi juga berperan penting di hal tersebut. Kamu tidak perlu memiliki modal besar untuk melakukan promosi. Kamu bisa melakukan promosi biarpun usaha yang kamu miliki bukan merupakan usaha besar.

Baca Juga 
Inilah Contoh Usaha Menengah yang Harus Kamu Tahu!

Kamu bisa melakukan promosi di berbagai hal. Kamu bisa melakukan promosi melalui ads dan media sosial. Apalagi, media sosial sudah menjadi bagian penting dari hidup masyarakat, terutama generasi millennial. Promosi yang dilakukan media sosial bisa berbayar, namun secara umum gratis. Bagaimana hal tersebut bisa sampai ke calon pelanggan potensial kembali bagaimana cara promosi itu dilakukan. 

Begitu pula dengan aplikasi toko online. Hal-hal yang sebelumnya harus dilakukan secara fisik dapat dilakukan melalui aplikasi. Dengan begitu, pelaku usaha dapat menghemat waktu dan tenaga. Selain itu, pemantauan juga lebih mudah dilakukan melalui aplikasi. Teknologi telah membuat hidup sehari-hari menjadi lebih mudah seharusnya begitupun dengan pekerjaan. 

Sudah seharusnya teknologi membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, seperti berjualan contohnya. Untuk itu, pada aplikasi toko, harus ada fitur-fitur yang dapat membantu pelaku usaha dalam menjalankan usahanya. Berikut adalah beberapa fitur yang sebaiknya dimiliki oleh aplikasi toko.

Fitur Aplikasi Toko

  • Manajemen Order

Salah satu hal yang paling rumit dari berjualan adalah pengaturannya. Oleh karena itu, penting bagi aplikasi toko untuk mempunyai fitur manajemen order. Dengan manajemen order, pelaku usaha dapat dengan mudah mengatur salah satu kegiatan penting dalam berjualan, yaitu menerima pesanan pelanggan.

Akan sulit untuk membuat dan memproses suatu makanan jika kamu melakukan manajemen pemesanan secara manual. Mungkin tidak akan terasa jika pesanan sedikit, namun akan menyulitkan jika jauh lebih banyak. Apalagi pesanan adalah salah satu hal penting dalam berjualan. Jika kamu salah memberikan pesanan, bukan tidak mungkin pelanggan akan kecewa dan melakukan komplain. Belum lagi kerugian yang bisa kamu tanggung jika kamu salah memberikan pesanan.

Aplikasi yang dapat membantu manajemen pesanan tentu akan sangat membantu sebuah toko, tidak peduli apapun bisnisnya. Karena dengan aplikasi, pelaku usaha dapat mengendalikan manajemen pemesanan tersebut di mana saja. Belum lagi banyak pelanggan yang menanyakan no resi pesanan mereka.

Baca Juga 
Tips untuk Retailer Online Supaya Bisnis Bisa Bertahan saat Ramadan!

Dengan aplikasi toko manajemen pemesanan yang baik, sebuah pelaku usaha akan dengan mudah mengetahui ongkos kirim suatu produk yang akan mereka kirimkan. Begitu pula resi pengiriman. Manajemen yang baik akan memberi kemudahan dalam proses pemesanan hingga penjualan. 

Baca Juga: 6 Aplikasi Stok barang yang Pemilik Bisnis Wajib Pakai

  • Manajemen Gudang

Aplikasi Toko

Beberapa bisnis pasti membutuhkan gudang, Baik untuk meletakkan stok bahan baku atau malah produk jadinya. Apalagi jika bisnis tersebut sudah semakin berkembang. Kebutuhan gudang menjadi sesuatu yang diperlukan. Manajemen gudang yang baik juga penting agar bisnis bisa berjalan dengan lancar.

Oleh karena itu, penting bagi sebuah aplikasi toko untuk mempunyai fitur manajemen gudang. Dengan mempunyai fitur tersebut, tentu akan memudahkan pelaku usaha untuk mengatur stok barang yang ada di gudang. Contohnya seperti mengetahui stok yang tersisa. Akan sangat merepotkan jika pelaku usaha harus melakukan pengecekan manual. Dengan fitur ini, pelaku usaha akan jauh lebih mudah. Terutama jika aplikasi toko tersebut dapat melakukan update secara real time.

Pelaku usaha juga dapat melakukan pemesanan jika stok sudah semakin menipis. Dengan begitu, proses produksi tetap akan berjalan secara lancar tanpa jeda. Selain itu, akan mudah melacak stok yang keluar masuk gudang. Sehingga tidak hanya berjalan lancar, namun proses manajemen gudang juga menjadi aman.

  • Manajemen Pengiriman

Aplikasi Toko

Akan sangat disayangkan jika suatu bisnis tidak mempunyai online shop. Hal tersebut dikarenakan besarnya pasar yang bisa dijangkau secara online. Selain promosi yang gratis dan mudah, ekspedisi pengiriman juga semakin banyak. Dengan begitu, pelaku usaha akan dapat dengan mudah mengirimkan produknya ke pelosok Indonesia sekalipun.

Penting bagi suatu bisnis untuk mempunyai manajemen yang baik dengan pengiriman. Hal ini lantaran mengirimkan barang dalam jumlah banyak tidaklah mudah, terlebih jika bisnis tersebut baru berkembang. Oleh karena itu, penting bagi aplikasi toko untuk mempunyai fitur manajemen pengiriman. Fitur tersebut akan sangat membantu pelaku usaha untuk mengirimkan produknya, terutama dalam jumlah yang tidak sedikit. Paket juga akan dijemput di rumah. Pelaku usaha jadi tidak perlu repot dalam membawa barang tersebut dalam jumlah banyak.

Baca Juga 
Bingung Jualan di Marketplace atau Toko Online? Simak Rahasianya di Sini!

SmartSeller.co.id

Aplikasi Toko

Ketiga fitur tersebut bisa didapatkan di SmartSeller. Dengan manajemen order dari Smart Seller, pelaku usaha bisa melakukan berbagai aktivitas secara otomatis seperti hitung ongkir dan notifikasi resi pengiriman. Selain itu, manajemen order dari SmartSeller juga bisa support barcode serta pembayaran digital. Bahkan, SmartSeller juga menyediakan fitur integrasi marketplace untuk membantu agar semakin mudah berjualan online. Ada juga website toko online sehingga pelaku usaha tidak perlu repot mencari seseorang untuk membantu mereka membuat situs.

Baca Juga: 8 Cara Sederhana untuk Memulai Website Toko Online

Sudah lebih dari 53 ribu orang menggunakan SmartSeller. Selain banyak fitur yang sangat membantu pelaku usaha dalam berjualan, daftarnya juga gratis. Ada paket premium dan platinum dengan harga yang ekonomis juga. Dengan fitur yang disediakan oleh SmartSeller, para pelaku usaha terutama yang baru merintis dapat terbantu. Tunggu apalagi, yuk pakai SmartSeller sebagai aplikasi toko milikmu!