Aplikasi stok barang adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengelola, mendata, serta mencatat persediaan stok barang secara akurat, mudah, dan praktis. Pada dasarnya, stok barang adalah jumlah barang-barang yang disimpan perusahaan untuk diperjualbelikan atau barang yang digunakan sebagai bahan baku suatu produk. Pengecekan stok barang biasanya dilakukan oleh inventaris suatu perusahaan yang berperan untuk menerima dan mengelola barang.

Namun, dalam suatu bisnis tidak jarang ada terjadi kesalahan dalam melakukan pencatatan stok barang sehingga memungkinkan untuk menimbulkan kendala pada saat kegiatan jual beli. Untuk itu, aplikasi stok barang ini berperan untuk mengelola stok barang yang tersedia secara otomatis, meminimalisir kesalahan, serta membantu kegiatan operasional bisnis menjadi lebih efektif 

Manfaat Aplikasi Stok Barang untuk Bisnis

Aplikasi Stok Barang

Sebelum mengetahui deretan aplikasi stok barang yang terbaik, kamu perlu mengetahui manfaat dari penggunaannya. Manfaat dari aplikasi stok barang tidak hanya sebatas efisien dan praktis saja, tapi juga banyak manfaat lainnya untuk keberlangsungan bisnis. Berikut ini ada empat manfaat aplikasi stok barang untuk bisnis.

  • Dapat Meningkatkan Produktivitas Bisnis

Manfaat pertama yang didapatkan adalah produktivitas bisnis dapat meningkat jauh. Soalnya, aplikasi stok barang memudahkan untuk mengontrol semua stok barang yang ada di semua gudang dalam satu tempat. Kamu tidak perlu lagi untuk meminta data dari setiap kepala gudang hanya untuk mengetahui jumlah stok barang. Hanya dengan satu aplikasi, kamu bisa mengecek dan mengontrol stok barang di mana pun dan kapan pun.

  • Mencegah Adanya Human Error

Dalam melakukan inventaris, tidak jarang akan terjadi kesalahan atau human error yang dapat membuat data stok barang menjadi berantakan. Jadinya, dapat mencegah dan meminimalisir kesalahan yang mungkin akan terjadi. Terlebih, adanya fitur scan barcode jadi memudahkan untuk melakukan pencatatan dan pendataan barang.

  • Sinkronisasi Stok Barang

Dengan menggunakan aplikasi, data stok barang akan otomatis disesuaikan setiap kali adanya transaksi. Aplikasi juga membantu untuk sinkronisasikan catatan pada semua metode penjualan kamu, seperti melalui toko offline, toko online, dan situs lainnya. Untuk itu, aplikasi stok barang akan mendeteksi dan mengurapi apabila ada kemungkinan overselling.

  • Mengatur Semua Jumlah Stok Barang

Tidak perlu khawatir stok barang tiba-tiba habis karena aplikasi stok barang dapat melacak tingkat persediaan barang yang sudah mau habis. Selain itu, aplikasi juga mampu menganalisis pola permintaan barang yang membantu untuk mengurangi resiko pemesanan stok yang kebanyakan.

Baca juga: Contoh Aplikasi Gudang yang Digunakan dalam Berbisnis

Rekomendasi Aplikasi Stok Barang Terbaik untuk Bisnis

Setelah mengetahui manfaatnya, selanjutnya terdapat deretan rekomendasi aplikasi stok barang terbaik yang dapat digunakan untuk kelancaran kegiatan operasional bisnis.

  • Stock and Inventory Simple

Aplikasi Stok Barang

Aplikasi Stock and Inventory Simple punya fitur untuk mengatur stok barang secara efektif dan cepat. Soalnya, cara penginputan data barangnya sangat gampang dan datanya bisa diimpor dalam bentuk excel. Selain itu, setiap data barang bisa ditambahkan foto dan deskripsi barang sehingga sangat membantu kamu untuk mencari stok barang. 

Aplikasi Stock and Inventory Simple juga bisa menyusun file dan dapat disimpan dalam folder secara rapi, jadinya kamu tidak lagi kesulitan cari data barang. Fitur lainnya yang ada di aplikasi ini adalah bisa scan barcode, menghitung jumlah keuntungan dan kerugian, serta menghitung jumlah pembeli di hari tersebut. Aplikasi Stock and Inventory Simple juga sudah terhubung dengan berbagai aplikasi penyimpanan cadangan, seperti Google Drive dan Dropbox.

  • Inventory Management App

Aplikasi Stok Barang

Inventory Management App sangat cocok untuk pengusaha pemula karena fiturnya yang lengkap dan aplikasinya yang gampang dipahami. Aplikasi ini terdapat fitur untuk mencatat persediaan barang yang akan dijual dan dibeli yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Selain itu, kamu juga bisa mengatur data barang dengan cara menambah dan menghapus stok barang yang dijual.

Fitur lainnya yang terdapat di aplikasi Inventory Management App adalah bisa menyesuaikan mata uang di setiap transaksinya, bisa melacak keberadaan barang dari supplier, informasi penjualan ditampilkan secara sederhana sehingga gampang dilihat, bahkan aplikasi ini juga bisa menghitung pajak penjualan, lho!

  • Smart Inventory System

 Aplikasi Stok Barang

Smart Inventory System punya banyak fitur yang sangat membantu untuk mengatur stok barang. Tampilannya yang simpel juga membuat kamu mudah untuk menggunakan aplikasi stok barang ini. Fitur unggulan yang terdapat di aplikasi ini adalah bisa scan barcode dan QR code di masing-masing barang. Jadi, kamu bisa cetak tag harga yang dijadikan barcode.

Fitur lainnya dari aplikasi Smart Inventory System, seperti menyusun file ke dalam folder, file bisa di-backup ke cloud, mengubah jumlah barang, periksa stok barang, dan juga bisa mendaftarkan menggunakan sosial media agar bisa akses lebih.

  • EStock: Stock Manager, Inventory Manager

 

Aplikasi EStock: Stock Manager, Inventory Manager memiliki tampilan yang lebih modern dibandingkan dengan aplikasi stok barang lainnya. Aplikasi EStock: Stock Manager, Inventory Manager ini bisa mengatur stok barang menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien. Fitur yang terdapat di aplikasi ini, seperti dapat menambahkan deskripsi barang dan terdapat fitur scan barcode yang memudahkan untuk cek kode barang dengan cepat.

  • Stock Count

 

Aplikasi Stok Barang

Sesuai dengan namanya, aplikasi stok barang ini berguna untuk menghitung dan memeriksa stok barang secara cepat. Berkat adanya fitur scan barcode, jadi memudahkan kamu untuk mengecek stok barang di mana pun dan kapan pun. Aplikasi Stock Count ini juga sudah terintegrasi dengan layanan email sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan data-data.

  • SmartSeller

Aplikasi Stok Barang

Aplikasi SmartSeller bisa kamu dapatkan melalui aplikasi mobile ataupun melalui website. SmartSeller adalah aplikasi untuk mengelola orderan online shop dengan berbagai fitur yang memudahkan kegiatan operasional bisnis. Salah satu fitur yang dihadirkan SmartSeller adalah fitur Inventory Management untuk melacak stok barang. Dengan menggunakan aplikasi SmartSeller, kamu bisa mengatur semua inventori barang cuma di satu tempat.

Adanya sistem Stock Alert berperan untuk memberikan notifikasi apabila stok barang sudah menipis. Selain itu, aplikasi SmartSeller juga bisa membantu kamu untuk mencatat inventori di setiap gudang dengan rinci. Apabila ada penjualan atau barang yang harus di-restock, aplikasi SmartSeller terdapat fitur Marketplace Integration yang akan meng-update secara otomatis di semua channel penjualan kamu, seperti di Privor, Storefront, ataupun di marketplace yang terhubung. Kamu bisa coba aplikasi SmartSeller sekarang juga secara gratis, lho!

Baca juga: 5 Situs Web Kwitansi Online untuk Bisnis Daringmu!

Itu dia deretan rekomendasi aplikasi stok barang terbaik yang bisa kamu gunakan untuk membantu mengelola stok barang. Dengan menggunakan aplikasi stok barang, kamu bisa melakukan berbagai kegiatan operasional bisnis, seperti pembukuan, laporan, pendataan, dan hal lainnya dengan mudah hanya dengan satu aplikasi. Jadi, bebas khawatir dari kehabisan stok, deh!