Perbedaan kargo dan reguler perlu dimengerti terutama bagi mereka yang sering menggunakan jasa pengiriman barang. Kedua hal tersebut mempunyai perbedaan. Penting untuk mengetahuinya apalagi jika kamu adalah seorang penjual barang yang mengirim barang untuk dikirimkan ke tempat tujuan.

Meskipun sama-sama mengirim barang, tetapi terdapat perbedaan kargo dan reguler saat dikirimkan. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas beberapa perbedaan mengenai kargo dan reguler. Dengan begitu, para penjual yang mengirim barang tahu melalui layanan apa barang yang mereka jual bisa dikirim.

Baca Juga: Jasa Pengiriman Kargo dan Tips Kirim Barang Pakai Kargo

Jasa Pengiriman Barang

Jasa pengiriman barang sendiri sebenarnya bukanlah hal baru. Dunia sendiri merupakan tempat yang luas jadi tidak mungkin mengirim barang secara pribadi ke berbagai tempat. Jasa transportasi barang sendiri selalu dibutuhkan mengingat tiap wilayah tidak selalu bisa memproduksi semua barang dan membutuhkan barang dari wilayah lain.

Dalam lingkup yang lebih kecil, masyarakat membutuhkan jasa pengiriman untuk mendapatkan barang dari wilayah lain. Wilayah tersebut bisa saja dari kota yang sama atau malah dari pulau yang jauh. Hal itu mengapa jasa pengiriman barang tetap dibutuhkan hingga saat ini dan bahkan semakin bertambah.

Perbedaan Kargo dan Reguler

Apalagi transaksi online kini semakin meningkat dibandingkan sebelumnya. Terutama semenjak pandemi melanda, transaksi online menjadi semakin banyak digunakan. Karena kontak fisik dibatasi pada berbagai aktivitas, belanja online pun menjadi salah satu pilihan yang cukup banyak digunakan masyarakat.

Pengiriman belanja online tersebut kemudian dikirimkan oleh jasa pengiriman barang atau ekspedisi. Beberapa tahun belakangan juga semakin banyak muncul jasa pengiriman barang baru yang membuat para konsumen mempunyai banyak pilihan. Dengan layanan dan tarif yang kompetitif, konsumen jadi diuntungkan dengan bermacam-macam jasa pengiriman barang yang kini tersedia.

Baca Juga 
7 Syarat Jualan di TikTok Shop dan Cara Mendaftarnya!

Perbedaan Kargo dan Reguler

Pengiriman kargo dan reguler sendiri sering muncul ketika kamu memilih jenis pengiriman ketika membeli barang secara online. Mungkin kamu juga menerka dan menimbang pengiriman apa yang harus dipilih untuk barang yang akan dibeli. Oleh karena itu, berikut ini adalah perbedaan kargo dan reguler yang bisa kamu jadikan acuan

  • Jenis Barang

Perbedaan kargo dan reguler pertama yang terlihat jelas adalah jenis barang yang akan dikirimkan. Meskipun keduanya digunakan untuk mengirimkan barang, tetapi mereka mempunyai aturannya masing-masing. Apalagi mengenai jenis barang yang akan dikirimkan tersebut.

Tentu kamu tidak asing dengan barang-barang yang dikirimkan melalui reguler seperti pakaian ataupun berbagai macam barang lainnya. Namun berbeda dengan kargo, di mana kamu bisa mengirimkan motor hingga furniture jika diperlukan. Tentu kamu tidak bisa mengirimkan barang-barang seperti itu melalui pengiriman reguler. Selain itu, barang-barang dengan spesifikasi khusus juga sebaiknya dikirimkan melalui kargo.

Perbedaan Kargo dan Reguler

  • Berat Barang

Perbedaan kargo dan reguler selanjutnya terletak pada berat barang. Setiap toko menjual barang yang berbeda-beda dengan dimensi yang berbeda pula. Belum lagi beratnya juga terkadang berbeda. Keduanya mempunyai kesamaan di mana barang harus ditimbang dahulu sebelum dikirim. Namun seringkali, pengiriman reguler tidak bisa mengirim barang terlalu berat seperti 20 kilogram ke atas.

Berbeda halnya dengan pengiriman kargo. Pengiriman kargo justru dapat mengakomodir pengiriman dengan bobot barang sebesar itu. Malahan, kamu akan menemukan banyak barang besar dan berat yang dikirimkan melalui kargo. Dengan mengetahui hal ini, kamu jadi harus tahu melalui jenis pengiriman apa barangmu bisa dikirimkan.

Perbedaan Kargo dan Reguler

  • Tarif 

Tarif sendiri sangat penting untuk pengiriman. Mengingat para pembeli online cukup selektif untuk memilih tarif. Tarif juga menjadi salah satu perbedaan kargo dan reguler yang penting diketahui. Pengiriman kargo dan reguler tentu mempunyai kegunaannya masing-masing, tapi ternyata tarif yang diberikan cukup berbeda.

Baca Juga 
Sederet Ide Usaha Sampingan Karyawan dan Alasannya

Pada pengiriman reguler misalnya, mereka akan menerapkan tarif yang berbeda untuk tiap kilogram berat atau dimensi barang, juga pada jarak pengiriman. Kargo pun setali tiga uang, tapi pengiriman kargo biasanya menerapkan minimal barang yang akan dikirim. Jadi jika barang yang dikirim tidak sampai minimal berat yang ditentukan, tarif yang digunakan akan tetap tarif pada minimal barang yang dikirim.

Tonton Juga: #SellerStory Haromain Dates : Dari Guru Ngaji Hingga Omset Ratusan Juta Per Hari

  • Lama Pengiriman

Lama pengiriman seringkali menjadi bahan pertimbangan konsumen dalam memilih jasa pengiriman yang akan mereka gunakan. Banyak orang yang mengirim barang tersebut secepat mungkin baik karena mereka membutuhkan barang tersebut secepatnya, atau mereka hanya sekadar ingin barang tersebut sampai lebih cepat di tangan mereka. Lama pengiriman juga menjadi perbedaan kargo dan reguler yang cukup kontras.

Pada pengiriman reguler, kamu yang sering bertransaksi online pasti sudah mengerti bahwa jika wilayah masih dekat lama pengiriman akan memakan waktu 2-3 hari. Namun berbeda halnya dengan kargo. Pada pengiriman kargo, kemungkinan barang sampai tujuan adalah 3-5 hari. Hal tersebut tidak lepas karena muatan yang mereka miliki banyak jadi jadwal keberangkatan tidak sesering dengan armada reguler.

Perbedaan Kargo dan Reguler

  • Lokasi

Lokasi juga menjadi perbedaan kargo dan reguler yang perlu kamu pertimbangkan. Ketika melihat jasa pengiriman reguler, tentu kamu akan jauh lebih mudah menemukan lokasi kantor tersebut dibandingkan dengan lokasi pengiriman kargo. Hal tersebut seharusnya tidaklah mengherankan mengingat pengiriman reguler lebih sering digunakan masyarakat umum seperti mereka yang senang berbelanja online.

Pada lokasi kantor pengiriman kargo, mereka biasanya bertempat di wilayah yang cenderung lebih ramai dan tidak pelosok. Karena itu kamu tidak akan sering melihat kantor tersebut. Belum lagi karena hal tersebut, banyak barang yang harus diambil pula di lokasi kantor terdekat dari tujuan dan tidak bisa diantar ke rumah. Berbeda halnya dengan pengiriman reguler yang bisa diambil di kantor jika diinginkan ataupun diantar sampai ke tempat tujuan.

Baca Juga 
25 Contoh Produk Jasa di Indonesia dan Penjelasannya

Baca Juga: Pengiriman Kargo adalah Solusi UKM Kreasi, Ini Alasannya

  • Permintaan Khusus

Perbedaan kargo dan reguler yang terakhir terletak pada permintaan khusus dari konsumen. Pada pengiriman reguler, biasanya pengamanan yang diberikan hanyalah layanan standar sesuai barang yang dikirim. Hal tersebut tentu jauh berbeda jika kamu melakukan pengiriman dengan jasa kargo.

Jika kamu melakukan pengiriman menggunakan jasa kargo, kamu bisa memberikan instruksi dan pengamanan khusus. Hal tersebut tentunya berlaku untuk barang-barang tertentu mengingat beragamnya barang yang dikirim dan juga banyaknya barang yang dikirim saat melakukan pengiriman melalui kargo.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai jasa pengiriman serta perbedaan kargo dan reguler yang perlu kamu ketahui. Poin-poin di atas dapat kamu jadikan acuan ketika kamu harus mengirim barang baik untuk kepentingan pribadi atau kepentingan bisnis jika kamu mempunyai toko online. Memilih pengiriman pada toko online sama pentingnya dengan memilih aplikasi yang kamu gunakan untuk membantu operasional.

Dengan SmartSeller, banyak fitur yang bisa kamu dapatkan untuk membantumu menjalankan bisnis. Sebut saja manajemen order serta manajemen inventori yang dapat membantumu dalam menjalankan bisnis lebih lancar. Ada juga fitur manajemen pengiriman yang akan membantu mengurus pengiriman barang-barangmu. Untuk info lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi SmartSeller!