Usaha online shop sekarang ini semakin digemari oleh para pebisnis ‘kekinian’. Perkembangan pesat dunia internet termasuk sosial media di dalamnya sekarang ini memang membuka banyak peluang untuk melakukan bisnis.

Cara memulai usaha online shop bisa dengan mudah dipelajari oleh siapa saja, bahkan oleh pemula. Salah satu kelebihan usaha online adalah jenis usahanya tidak terikat ruang maupun waktu, jadi bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Selain itu, di saat modal usaha atau tempat usaha jadi kendala yang sering dialami ketika memulai bisnis, usaha online shop justru sebaliknya. Ya, usaha online shop termasuk dalam jenis usaha yang bisa dibilang usaha tanpa modal.

Kenapa? Karena untuk menjalankan usaha online shop, hanya diperlukan modal akun online untuk menawarkan produk yang dijual, tanpa perlu adanya lapak atau tempat usaha secara fisik. Karena itulah banyak yang merasa usaha online shop itu lebih efektif dibandingkan dengan membuka usaha secara konvensional.

Tapi, sebelum memutuskan untuk membuka usaha online shop, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan terlebih dahulu. Simak cara-cara efektif untuk memulai usaha online shop kamu agar usahamu berjalan dengan sukses. 

Cara Memulai Usaha Online Shop

Dalam membuka bisnis, pastinya seorang pebisnis ingin mendapatkan keuntungan bukan? Nah, agar kamu dapat merasakan untung dari usaha online shop, cara-cara memulainya pun perlu kamu perhatikan. Cara-cara yang akan dikupas dalam pembahasan ini nantinya pasti akan mempengaruhi usahamu ke depannya. Apakah akan sukses atau malah akan berhenti di tengah jalan.

Nah, untuk lebih jelasnya, langsung aja simak cara memulai usaha online shop berikut ini:

Usaha Online Shop

Membuat Perencanaan

Dalam membuka suatu usaha apapun jenisnya, pasti dibutuhkan adanya perencanaan yang matang. Perencanaan ini harus dilakukan secara mendetail dan sesuai kemampuan.

Baca Juga 
7 Cara Jualan Online Laris Manis Buat Pemula

Dalam perencanaan ini kamu bisa membuat daftar apa saja yang dibutuhkan dalam memulai bisnis. Misalnya, modal usaha, produk yang ingin dijual, hingga hal teknis lainnya yang dibutuhkan.

Pikirkan juga promosi dan strategi bisnis apa yang perlu dilakukan dan dijalankan ke depannya nanti. Apalagi ini adalah usaha online shop, pasti kamu akan banyak fokus di depan laptop atau handphone karena dilakukannya secara online. Jadi pikirkan dahulu promosi atau strategi online apa yang dibutuhkan untuk usahamu nanti.

Baca juga: Wajib Coba! 5 Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

Lakukan Riset

Riset di sini maksudnya adalah menentukan produk yang tepat serta target pasar yang dituju. Ada baiknya kamu pilih produk yang sesuai dengan minatmu untuk dijual, tentunya dengan memastikan apakah produk tersebut berpotensi untuk dijual dan membawa untung atau tidak, ya.

Kalau masih bingung, kamu bisa coba tips berikut:

  • Lihat dari sekitarmu, dengan begitu kamu bisa menentukan apakah produk yang ingin kamu jual itu dibutuhkan dan diminati banyak orang.
  • Jadilah seorang problem solver, saat menemukan masalah di sekitarmu, pikirkan produk apa yang kira-kira bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut.
  • Perhatikan kemampuan, pengetahuan serta minat kamu, pikirkan juga apa yang bisa kamu tawarkan dalam usahamu yang kira-kira ebih baik dibandingkan orang lain.
  • Pikirkan juga bagaimana produk yang ingin kamu jual tersebut bisa ditukar menjadi sebuah nilai yang berarti, baik bagimu maupun orang lain.

Usaha Online Shop

Atau bisa dibilang jangan langsung menentukan produk, tapi ketahui dulu kebutuhan dan minat masyarakat sekitar. Lihat kemampuan dan pengetahuan kamu untuk meng-upgrade produk tersebut agar menjadi lebih baik. Setelah itu, barulah kamu bisa menentukan produk apa yang berpotensi untuk membawa kesuksesan dalam usaha online shop kamu.

Baca Juga 
Apa Itu Sistem Franchise dan Bagaimana Memulainya?

Buat Toko Online

Untuk membuka usaha online shop, tentu kamu perlu memiliki sebuah sarana dalam proses jual belinya. Kamu bisa mempertimbangkan membukanya dalam sebuah website, marketplace atau e-commerce, media sosial, atau media chat sebagai sarananya.

Pastikan media yang akan digunakan tepat dan menyasar pada target pembeli kamu, misalnya:

  • Kalau ingin menarget anak muda, gunakan media sosial yang digemari anak muda seperti Instagram dan Twitter.
  • Kalau Anda ingin menarget keluarga dan kelompok yang lebih luas, gunakan media marketplace atau media sosial Facebook.

Kalau kamu ingin menggunakan modal yang minim, maka kamu bisa menggunakan sarana yang sudah ada seperti marketplace (Tokopedia, Shopee, dan sebagainya), media sosial (Instagram, Twitter, dan sebagainya), media chat (WhatsApp, LINE, dan sebagainya). Setelah usahamu makin berkembang, barulah kamu bisa membuat website sendiri. Karena membuat website itu membutuhkan biaya yang artinya akan menambah modalmu.

Pelajari Pemasaran Secara Digital

Sebagus apapun produk yang kamu tawarkan, pasti akan jadi sia-sia kalau produknya tidak diketahui orang-orang.

Usaha Online Shop

Sekarang, akses internet  sangat mudah dijangkau dan luas. Karena itulah, kamu bisa mulai lakukan pemasaran digital dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial kini sudah jadi salah satu sarana pemasaran yang efektif dan banyak jadi andalan banyak pebisnis. Kamu juga bisa gunakan marketplace untuk memperluas jaringan. Dengan memamerkan produkmu di marketplace, produkmu pasti jadi diketahui publik lebih cepat.

Baca juga: Contoh Teknik Marketing Online dan Offline yang Efektif

Kalau keduanya masih kurang efektif, kamu bisa manfaatkan blog sederhana yang gratis Fungsinya adalah sebagai tempat untuk menuliskan testimonial pembeli, penjelasan produk, dan lain sebagainya.

Kalau mau lebih totalitas lagi, kamu bisa gunakan teknik pemasaran yang lebih menyeluruh seperti memanfaatkan SEO (Search Engine Optimization) dalam situs pencarian. Dengan memahami SEO, maka secara tidak langsung akan mempermudah pencarian produkmu dan membuatnya lebih ‘terlihat’ di internet.

Baca Juga 
Lakukan 6 Tips Digital Marketing Berikut Agar Bisnis Anda Lebih Berkembang!

Perhatikan Manajemen Keuangan

Tahukah kamu kalau masalah keuangan adalah salah satu penyebab kegagalan usaha online shop yang paling utama? Ya, banyak bisnis yang terjerumus dalam kegagalan hanya karena gagal dalam pengelolaan keuangannya.

Pastinya kamu ingin sukses dalam menjalankan usaha online shop kamu, kan? Karena itu, mulailah anggap manajemen keuangan usahamu sebagai prioritas yang penting. Contohnya, dengan memisahkan uang pribadi dan uang bisnis agar tidak pernah tercampur dan membuat cashflow jadi berantakan.

Kamu juga harus mulai menentukan modal awal bisnismu, seperti biaya peralatan, izin usaha, branding, riset pasar, penyimpanan, dan sebagainya. Selain itu, perhatikan juga biaya lainnya seperti biaya operasional, termasuk perawatan, marketing dan iklan, biaya produksi, bahan baku, upah pegawai (kalau ada), dan sebagainya.

Usaha Online Shop

Jaga Loyalitas Pembeli

Kalau usaha online shop kamu sudah memiliki pembeli, maka berikanlah pelayanan yang memuaskan agar pembeli mau melakukan pemesanan kembali di tokomu. Utamakan juga kualitas produk agar pembelimu merasa puas. Berikan beberapa diskon atau promo menarik untuk mendatangkan minat pembeli baru.

Jaga komunikasi yang baik dengan pembelimu, sepeti memberikan keramahan saat menjawab pertanyaan seputar produk atau tokomu. Berikan juga respon serta pelayanan yang cepat.

 Itulah cara-cara dalam memulai usaha online shop yang sukses. Ada satu lagi cara yang bisa kamu coba untuk membantu usaha online shop kamu, nih. Kamu bisa gunakan SmartSeller untuk membantu mempermudah pengelolaan serta mempercepat pelayanan toko kamu, lho!