Baik sebagai pekerjaan sampingan atau sebagai pengganti pekerjaan 9-5 kamu, mencoba usaha online shop berdasarkan produk terlaris di pasaran memang menggiurkan. Namun, tidak banyak yang tahu produk mana yang menawarkan penghasilan yang sepadan dengan waktu dan tenaga yang dikeluarkan.

Kamu perlu menemukan produk yang kamu yakin akan dibeli oleh orang banyak secara online dan belum terlalu banyak penjualnya di pasaran. 

Dalam artikel ini, SmartSeller akan membantu kamu mengetahui usaha online shop terlaris yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis. Simak artikel di bawah ini.

1. Pakaian

Usaha Online Shop Terlaris

Menariknya, pakaian atau fashion adalah industri terlaris di hampir seluruh dunia. Ya, meskipun industri ini cukup rumit karena perlu proses pembuatan produk dan ukuran maupun warna yang bervariasi, industri pakaian tetap menjadi ratu penjualan. 

Sejak pandemi, orang-orang mulai beralih dari berbelanja secara langsung di toko, menjadi online di marketplace atau situs toko bisnis. Nah, kamu bisa memulai untuk mencoba usaha online shop terlaris satu ini. 

Tanpa pembuatan produk, kamu juga bisa menjadi reseller atau dropshipper pakaian sehingga memulai bisnis hanya dengan modal yang sedikit.

2. Sepatu

Usaha Online Shop Terlaris

Sepatu kini menjadi adalah produk yang sangat dicari orang di internet. Sama seperti pakaian, kamu bisa menjual satu jenis sepatu atau kamu bisa memvariasikan dan menjual beragam sepatu dalam bisnis e-commerce kamu.

Selain itu, kamu juga bisa menjual sepatu custom, seperti sepatu sneakers dengan warna tambahan atau menjual sepatu dengan request ukuran atau nama. Hal ini bisa kamu lakukan dengan sekreatif mungkin, dengan tetap memerhatikan konsep strategi pemasaran bisnis di masa mendatang.

Kenapa sepatu? Mudahnya memulai usaha online shop terlaris satu ini yakni ukuran. Ukurannya biasanya mirip dari satu merek ke merek lainnya. Jadi, kalau beberapa cetakan terlihat berukuran lebih besar atau lebih kecil bisa dibilang hal yagn lumrah.  

Akan tetapi, jika kamu bisa menjelaskan ukuran produk yang dengan tepat, seperti yang dilakukan untuk pakaian, konsumen tidak akan kesulitan menemukan ukuran yang tepat. 

3. Aksesoris

Usaha Online Shop Terlaris

Aksesoris pria maupun wanita saat ini sangat bertebaran di internet, baik di toko besar yang sudah terkenal maupun toko kecil yang membuat aksesoris lucu nan unik.

Kamu bisa mulai untuk menjual aksesoris seperti anting, kalung, gelang, jam tangan, kacamata, aksesoris rambut, dan lain-lain.

Apa yang terpenting? Yang penting adalah kreativitas dan keinginan kamu untuk menjual sesuatu yang kamu minati.

Baca juga: Contoh Promosi yang Menarik untuk Dipakai di Bisnismu!

4. Produk Kebugaran

Usaha Online Shop Terlaris

Kamu pasti bertanya-tanya: tetapi bukankah produk kebugaran melibatkan pakaian, sepatu, aksesori, makanan, dan masih banyak lagi? Ya, kamu benar!

Namun, kamu perlu tahu bahwa kategori produk kebugaran bisa menjadi produk usaha online shop terlaris yang terpisah karena ketika seseorang mencari sesuatu di dunia kebugaran, kemungkinan orang tersebut menggunakan kata kunci seperti “kebugaran”, “olahraga”, atau “gym” lebih besar daripada menggunakan istilah umum seperti “pakaian”.

Di kategori ini, kamu bisa menjual beberapa produk sekaligus seperti sepatu olahraga, pakaian olahraga, atau susu protein. Akan tetapi, penting bagi kamu untuk dapat memilih sesuatu yang spesifik sehingga konsumen tidak bingung tentang apa yang kamu tawarkan.

Hal yang sangat menarik dari menjual produk kebugaran yakni kebanyakan orang yang mencari sesuatu di pasar ini sudah memiliki gambaran tentang apa yang mereka cari sehingga kampanye penjualan kamu bisa lebih tegas dan mudah menemukan dengan persona konsumen kamu.

5. Kosmetik/Parfum

Usaha Online Shop Terlaris

Memulai bisnis dengan kosmetik dan parfum adalah pilihan yang baik. Dahulu, perawatan rambut selalu menjadi pasar yang didominasi oleh wanita. Namun, saat ini, semakin banyak pria juga tertarik untuk menjaga penampilan mereka. 

Oleh karena itu, memulai usaha di produk kosmetik atau parfum sangat menarik. Kamu bisa memulai dengan kosmetik yang cocok dengan warna kulit orang Indonesia, memulai dengan produk rambut berwarna, atau parfum berkualitas dengan harga yang ramah di kantong pelajar.

6. Peralatan Rumah Tangga

Usaha Online Shop Terlaris

Peralatan rumah tangga kini sangat dicari di internet. Mulai dari TV, alat memasak, furnitur kamar, hingga lemari es. Tentu saja, produk-produk ini pada umumnya memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan produk-produk usaha online shop terlaris sebelumnya.

Namun, kamu juga bisa mulai menjual produk peralatan rumah tangga secara online. Pastikan kamu telah memasang gambar, memberikan deskripsi produk, dan memberikan cara pembelian yang mudah dimengerti oleh konsumen.

Kamu juga bisa memasang lokasi gudang atau penyimpanan stok barang kamu sehingga konsumen bisa mengetahui estimasi waktu pengiriman peralatan rumah tangga tersebut.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Modal Awal Sebelum Memulai Usaha

7.  Makanan dan Minuman

Usaha Online Shop Terlaris

Produk usaha satu ini tidak kalah penting. Kenapa? Semua orang butuh makan dan minum. 

Kamu suka memasak dan orang-orang suka memuji masakan kamu? Tidak ada salahnya untuk berinvestasi pada bisnis makanan online. 

Dalam industri makanan, kamu bisa memulai bisnis di berbagai jenis masakan. Kamu bisa menjual permen dan kue, suguhan pesta atau makanan ringan beku, makanan sehat, makanan khas daerah tertentu, atau minuman boba kekinian. 

Pastikan kamu mendaftarkan diri di platform-platform online agar konsumen mudah menemukan bisnis makanan atau minuman kamu. Selain itu, selalu gunakan produk segar berkualitas tinggi untuk memastikan konsumen puas dengan makanan atau minuman bisnis kamu.

8. Aksesoris Smartphone

Usaha Online Shop Terlaris

Murah untuk diproduksi, dibeli secara grosir, disimpan, dan dikirim, aksesori smartphone yang dijual di toko online bisa menargetkan hampir semua demografis.

Mengingat banyaknya pemilik smartphone saat ini, menjual aksesorisnya bisa menjadi pasar yang andal untuk kamu memulai bisnis. Terlebih, ada banyak tren aksesoris smartphone yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari tripod, ring light, sampai case handphone.

9. Penjualan Barang Bekas

Usaha Online Shop Terlaris

Penjualan barang bekas kini menjadi salah satu usaha online shop terlaris tahun ini. Bagaimana tidak, konsumen dapat menemukan produk yang mereka butuhkan dengan setengah harga atau bahkan kurang. Tak jarang, kualitas produk masih dalam kondisi bagus dan masih mirip seperti di toko.

Kamu bisa mencoba penjualan barang bekas di semua jenis produk. Bahkan, ada marketplace khusus yang membuat kamu bisa menjual barang bekas. Mulai dari pakaian, elektronik, tiket, buku, mobil, dan lain-lain.

Bukan hanya produk biasa, kamu juga bisa memulai bisnis penjualan barang bekas untuk produk-produk mewah. 

Baca juga: Wajib Coba! 5 Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

Ingin mulai mencoba salah satu usaha online shop terlaris di atas? Biar lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi SmartSeller untuk memulai bisnis kamu. Dengan SmartSeller, kamu bisa mengelola produk dan stok di berbagai marketplace secara terpusat dalam satu dashboard di fitur Marketplace Integration.

Cukup sekali masukkan data, produk kamu di marketplace otomatis terhubung dengan produk di aplikasi SmartSeller. Kamu juga bisa membagi stok dan mengelola orderan antar marketplace dengan lebih mudah.

Yuk, daftar gratis SmartSeller sekarang atau cari tahu keunggulan lain seputar aplikasi SmartSeller.