Teknik marketing pemasaran produk adalah suatu kegiatan untuk memperkenalkan, mempromosikan, menginformasikan, dan menyampaikan nilai dari suatu produk dengan tujuan untuk menarik perhatian konsumen. Teknik marketing penting untuk dilakukan dalam sebuah bisnis. Tujuan dari bisnis adalah untuk mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan. Nah, dengan menerapkan teknik marketing yang tepat, konsumen jadi mengetahui produk kamu sehingga akan terjadi proses transaksi oleh konsumen terhadap produk yang kamu jual.

Sekarang ini terdapat dua jenis teknik marketing yang sering diterapkan, yaitu secara offline dan online. Teknik marketing secara offline dilakukan secara konvensional, seperti memasang spanduk, membagikan brosur, ataupun memasang iklan di televisi. Sedangkan, teknik marketing online, yaitu pemasaran ke masyarakat luas melalui internet. Beberapa media pemasaran untuk melakukan teknik marketing online, yaitu menggunakan media sosial atau website.

Teknik Marketing secara Offline

  • Pameran atau Bazar

Teknik Marketing

Salah satu teknik marketing secara offline yang bisa kamu terapkan adalah mengikuti pameran atau bazar. Strategi ini adalah kesempatan kamu untuk mengenalkan produk kamu dan memungkinkan konsumen untuk mencoba produk secara langsung. Dengan mengikuti pameran, image brand kamu akan menjadi lebih kuat dan meningkatkan brand awareness di konsumen.

  • Pasang Billboard di Jalan Raya

Teknik Marketing

Kalau teknik marketing satu ini bisa dibilang harus mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Namun, strategi pemasaran ini sebanding dengan impact yang didapatkan. Soalnya, membuat iklan di billboard gampang dilihat oleh banyak orang, terlebih billboard dipasang di tempat yang strategis.

  • Iklan di Televisi

Teknik Marketing

Televisi merupakan salah satu media yang paling banyak diakses oleh semua kalangan dari jaman dulu sampai sekarang. Makanya, tidak heran kalau televisi digunakan sebagai sarana promosi yang masih dipakai sampai sekarang. Namun, banyaknya kalangan yang bisa mengakses televisi menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk perusahaan. Soalnya, kamu harus membuat sebuah iklan yang bisa dimengerti oleh semua kalangan. Selain itu, durasi iklan juga harus diperhatikan, terlebih iklan di televisi hanya sebentar saja.

  • Menjadi Sponsor di Sebuah Acara

Teknik Marketing

Strategi pemasaran ini bersifat mutualisme atau saling menguntungkan di kedua belah pihak. Dari pihak penyelenggara akan mendapatkan dana dari pihak perusahaan, sedangkan pihak perusahaan akan mendapatkan brand exposure, berupa promosi dari pihak penyelenggara. 

Biasanya, beberapa syarat yang harus diperhatikan dalam strategi pemasaran ini, yakni pihak penyelenggara harus memasang logo brand di area tempat acara diselenggarakan atau di berbagai tempat yang terkait acara. Selain itu, pihak penyelenggara harus mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan karena sudah menjadi sponsor di acara tersebut.

  • Membagikan Brosur

Teknik Marketing

Strategi membagikan brosuk sangat cocok diterapkan di tempat atau acara khusus, misalnya seperti di mal, pameran dagang, atau pinggir jalan. Strategi pemasaran dengan cara membagikan brosur cocok dipakai apabila ingin memberikan informasi tentang perusahaan secara singkat, seperti informasi diskon.

Baca juga: Contoh Promosi yang Menarik untuk Dipakai di Bisnismu!

Teknik Marketing Secara Online

  • Sosial Media Marketing

Teknik Marketing

Seperti yang kita tahu kalau sosial media tidak cuma dipakai untuk media komunikasi, tetapi juga digunakan sebagai platform untuk promosi yang sangat ampuh. Terlebih, di era yang serba digital ini terus berkembang pesat dan semuanya serba cepat. Makanya, tidak heran kalau banyak bisnis yang rela untuk mengeluarkan banyak budget hanya untuk menggunakan sosial media marketing ini.

Ada banyak platform yang seringkali digunakan sebagai media promosi, seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook. Kamu perlu menyiapkan konten yang menarik dan kreatif agar meningkatkan brand awareness konsumen. Soalnya, kreativitas adalah salah satu kunci utama untuk menarik perhatian konsumen dalam strategi ini.

  • Email Marketing

Teknik Marketing

Email marketing sangat cocok untuk kamu yang sudah mengumpulkan database konsumen. Strategi pemasaran email marketing ini dengan cara mengirimkan pesan promosi dan newsletter melalui email. Email marketing menjadi salah satu cara strategi pemasaran yang efektif karena tidak memerlukan biaya yang terlalu mahal dan lebih terukur siapa saja yang akan menerima email. 

  • Influencer Marketing

Teknik Marketing

Kamu mau mendapatkan hasil yang lebih cepat? kamu bisa menggunakan strategi pemasaran influencer marketing ini. Teknik marketing ini kamu bekerja sama dengan influencer untuk memasarkan produk kamu. Influencer marketing dapat dikatakan cukup efektif karena dapat meningkatkan brand awareness, menjangkau target audiens yang lebih luas, dan meningkatkan kredibilitas brand. Namun, untuk menerapkan strategi ini kamu perlu melakukan perhitungan budget dan memperhatikan beberapa hal dalam proses pemilihan influencer, seperti target market yang tepat, serta jumlah engagement influencer tersebut.

  • Search Engine Optimization (SEO)

Teknik Marketing

Search Engine Optimization (SEO) adalah salah satu strategi marketing untuk memasarkan produk secara online. Dapat dikatakan SEO yang paling efektif sekarang ini karena bisa digunakan untuk semua bisnis. Teknik marketing dengan SEO ini untuk meningkatkan penjualan melewati indexing Google agar website brand kamu bisa muncul di urutan pertama. Jadi, kalau website kamu muncul di urutan paling atas di Google, maka kamu akan mendapatkan brand exposure yang lebih tinggi.

Hal pertama yang harus dipersiapkan untuk menerapkan SEO adalah persiapkan website untuk menjalankan bisnis yang sesuai dengan syarat indexing Google. Selanjutnya, strategi ini menggunakan kata kunci yang sesuai agar mempermudah search engine. Beberapa syarat lainnya yang harus dipenuhi, seperti UI/UX yang baik dan menarik, bounce rate rendah, serta tingkat share yang tinggi.

  • Search Engine Marketing (SEM)

Teknik Marketing

Search Engine Marketing (SEM) cukup mirip dengan SEO karena sama-sama mengandalkan mesin pencarian, seperti Google. Bedanya, SEO dilakukan secara organik karena tidak memerlukan biaya, sedangkan SEM memerlukan biaya untuk membayar iklan di Google. SEM adalah strategi pemasaran secara online dengan cara memasang iklan website di urutan pertama di search engine.

Kamu pernah lagi cari sebuah website kemudian ada banyak iklan yang bermunculan? Nah, itu adalah iklan yang dibayar oleh pebisnis ke Google. Website yang menggunakan marketing SEM ini akan ada logo “Ad” atau “Iklan” di bagian awal website. Salah satu platform yang paling populer untuk menerapkan SEM adalah Google Ads. Soalnya, Google Ads punya fitur canggih yang bisa menargetkan kata kunci dengan tepat.

Baca juga: Contoh Deskripsi Produk dan Cara Membuatnya Lebih Menarik

Itu dia penjelasan terkait teknik marketing offline dan online beserta contoh-contohnya yang efektif untuk diterapkan di bisnis kamu. Agar mendapatkan peluang yang lebih besar, kamu bisa menerapkan kedua teknik marketing tersebut. Hal yang paling penting kamu harus memperhatikan segala aspek supaya strategi marketingnya dapat dilakukan dengan tepat. Setelah menerapkan teknik marketing di atas, kamu harus menganalisa insight yang didapatkan. Nah, kamu bisa menggunakan aplikasi fitur Business Analytics di SmartSeller yang dapat membantu kamu untuk menganalisa statistik insight bisnis kamu serta membantu untuk mengambil keputusan di bisnis online kamu. Selain itu, kamu juga bisa mengelola semua orderan kamu hanya dalam satu aplikasi dengan fitur Order Management. Yuk, download aplikasi SmartSeller sekarang juga!