Ingin meningkatkan pendapatan toko kelontong kamu dengan mengikuti perkembangan zaman dan membuatnya menjadi modern? Mengubah toko kamu menjadi serba online mungkin bisa menjadi solusinya.

Dengan teknologi yang serba online, baik kamu sebagai pemilik toko kelontong maupun pelanggan sama-sama diuntungkan. Bagi pemilik toko, menjual barang melalui online akan menghemat biaya operasional, membuat toko diakses pelanggan 24 jam, dan pemasaran lebih mudah bahkan gratis. Bagi pelanggan, mereka tidak perlu berpegian sehingga hemat waktu dan tenaga. 

Lantas, bagaimana cara membuat toko kelontong modern dengan mengubahnya menjadi serba online ini? Simak artikel di bawah untuk selengkapnya.

1.  Pilih Kategori/Merek Produk Toko

Kamu mungkin saja bisa membuat aplikasi seluler atau web dalam sekejap, membuat pemasaran yang besar-besaran, dan memiliki jaringan logistik yang luas. Namun, kamu tetap akan kesulitan untuk menjual jika barang dagangan kamu tidak didefinisikan dengan baik atau memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kamu juga harus paham merek-merek berdasarkan segmen dan tingkat pendapatan pelanggan tertentu. Pastikan toko kamu memiliki produk dan merek yang sesuai target pelanggan yang telah ditentukan.

Popularitas toko kamu juga akan meningkat ketika kamu memutuskan niche kamu yang tidak umum tetapi memenuhi kebutuhan pelanggan tertentu. Pikirkan sekelompok orang yang memiliki minat, masalah, atau kebutuhan yang sama. Misalnya, kamu bisa  menjual barang murni dan organik untuk orang yang menghindari barang olahan.

Baca juga: Yuk, Ketahui 15 Paket Sembako yang Paling Sering Dicari!

2. Tentukan Jangkauan Pengiriman 

Toko Kelontong Modern

Demi membuat toko kelontong modern kamu sukses, kamu harus berpikir seperti pengusaha sukses. Jika kamu berencana untuk memulai toko kelontong menjadi tersedia secara online, maka kamu perlu memutuskan area mana yang akan dijangkau oleh toko kelontong kamu.

Keputusan penting ini harus dibuat berdasarkan banyak faktor seperti preferensi sosial calon pelanggan kamu, gaya hidup, tingkat pendapatan, dan persaingan pasar di wilayah yang akan kamu tuju. 

3. Pilih Platform Marketplace atau Buat Situs Sendiri

Kamu memiliki dua opsi. Pertama, kamu bisa mencari platform marketplace yang sekiranya bisa membantu kamu memasarkan barang dagangan dari toko kelontong. Kedua, kamu bisa membuat situs toko kelontong modern secara mandiri sehingga pelanggan langsung mengakses situs atas nama toko kamu.

Baca Juga 
6 Cara Mudah untuk Bisa Kerja dengan Maksimal Meski sedang Puasa!

Keduanya bisa kamu lakukan dengan mudah di aplikasi SmartSeller. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengelola semua produk, stok, dan orderan di marketplace langsung dari satu aplikasi terpusat. Selain itu, kamu juga membuat situs toko online sendiri dengan fitur StoreFront SmartSeller.

Baca juga: 8 Cara Sederhana untuk Memulai Website Toko Online

4. Daftarkan Toko Kelontong Modern secara Legal

Toko Kelontong Modern

Ingin terhindar dari masalah hukum? Tentu saja. Tak seorang pun ingin menerima sanksi atau denda karena melanggar hukum, tak terkecuali kamu sebagai pemilik toko kelontong modern yang tersedia secara online.

Sebab kamu harus membeli dan menjual barang maka kamu perlu mendaftarkan bisnis kamu di bawah peraturan perundang-undangan. Misalnya, pendaftaran pajak untuk wajib pajak badan, memiliki akun bank tersendiri untuk bisnis agar mudah menyiapkan dan melaporkan pajak, dan lain-lain.

5. Sumber Dagangan

Toko kelontong modern kamu baru akan berjalan hanya jika kamu memiliki produk atau stok. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menentukan bagaimana sumber dagangan kamu akan dilakukan ke depannya.

Pada dasarnya, ada dua model sumber yang bisa kamu gunakan untuk mencari sumber barang dagangan. Pertama, model inventaris yaitu dengan menyimpan stok di toko offline kamu atau kamu bisa bekerja sama dengan pemasok/grosir di wilayah yang telah kamu tentukan sebelumnya. 

Jika kamu ingin bekerja sama dengan pemasok/grosir, pilih pemasok dengan hati-hati. Pemasok dapat membantu atau justru menghancurkan bisnis kamu. Pemasok yang ideal harus mempunyai stok yang cukup, menjamin barang berkualitas, dan respons komunikasi harus baik.

6. Gambar dan Deskripsi Toko Kelontong Modern Kamu

Toko Kelontong Modern

Memulai toko kelontong modern yang tersedia secara online, berarti kamu juga harus memastikan gambar dan deskripsi barang-barang di toko kelontong kamu sudah siap disajikan kepada pelanggan. Ingat, gambar dan deskripsi akan menjadi hal pertama yang akan dilihat oleh calon pelanggan.

Baca Juga 
Mau Promosi di Sosial Media dengan Efektif? Hindari 5 Hal Ini!

Baik melalui marketplace atau situs sendiri, pastikan gambar kamu:

– Menarik.

– Ditampilkan dari sudut sebanyak mungkin.

– Memiliki latar belakang putih.

– Diambil menggunakan kamera profesional.

– Jelas, tidak diedit & asli.

Judul juga akan memainkan peran besar dalam membuat orang mengklik barang di toko kamu. Jadi, pastikan judul produk Anda mengandung kata-kata menarik. 

Berikutnya adalah deskripsi produk. Jika gambar & judul produk menarik pelanggan untuk mengklik barang di toko kamu, maka deskripsi produk mendorong pelanggan untuk membeli. Deskripsi produk yang baik menumbuhkan kepercayaan di calon pelanggan & membujuknya untuk mengklik tombol “beli sekarang”.

Deskripsi produk kamu harus:

– Menyebutkan manfaat produk.

– Menunjukan transparansi tentang spesifikasi teknis produk (seperti berat, nutrisi, kalori, dll).

– Beri statistik atau fakta

– Sertakan ulasan ahli, jika memungkinkan.

7. Pasarkan Toko Kelontong Modern Kamu & Mulai Menjual

Toko Kelontong Modern

Terakhir, kamu harus memasarkan toko kelontong modern kamu. Tentu saja, tidak ada yang akan mengunjungi marketplace atau situs web toko kecuali kamu mempromosikannya. Lalu, mempromosikan bukan berarti hanya menyebarkan berita di antara keluarga, teman, dan tetangga kamu.

 

Cara Efektif untuk Memasarkan Toko Kelontong Modern 

• Iklan Digital

Apakah kamu pernah melihat atau mengklik iklan banner saat mengunjungi beberapa situs web? Ini disebut Iklan Digital. Kamu sebagai toko kelontong modern juga bisa menampilkan iklan banner toko di situs lain dengan menggunakan Google Ads atau Facebook Ads. 

Untuk berhasil di iklan digital, kamu perlu menargetkan pelanggan yang tepat menggunakan berbagai opsi penargetan seperti lokasi, minat, usia, jenis kelamin, dll. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengerjakan poin pertama dalam cara jitu ini. 

Baca Juga 
Cara Cepat Mendongkrak Omzet Bisnis Produk Fashion

Ingat, jangan berinvestasi dalam jumlah besar di awal. Uji dengan jumlah biaya kecil, pelajari apa yang berhasil & kemudian tingkatkan kampanye toko kelontong modern kamu.

• Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi adalah taktik digital terkini yang menghubungkan pembeli dengan penjual melalui afiliasi. Afiliasi ini mempromosikan merek, produk & perusahaan di blog, saluran video, atau profil media sosial mereka dengan imbalan insentif.

Tahukah kamu bahwa Amazon mendapat 50% dari penjualannya dari afiliasinya? Ya, pemasaran afiliasi memang cukup kuat. Namun, kamu juga harus pastikan bahwa afiliasi yang kamu pilih memiliki penonton atau pembaca yang sesuai dengan segmen toko kelontong kamu.

•  Buat Profil Media Sosial

Media sosial seperti Instagram dan TikTok bisa menjadi cara yang bagus untuk menargetkan calon pelanggan kamu. Media sosial bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif untuk toko kelontong modern kamu untuk mendapatkan visibilitas yang baik.

Cobalah untuk meriset bagaimana toko kelontong lain memulai dan berinteraksi dengan pelanggan mereka di media sosial. Kemudian, kamu bisa mulai membangun media sosial toko kamu berdasarkan apa yang berhasil dan tidak dari toko atau usaha lain.

Baca juga: Metode Pemasaran yang Tepat untuk Usaha Kecil dan Startup

Tentu saja, ada kerja keras yang terlibat dalam cara jitu membuat toko kelontong modern di atas. Ingat, tidak ada yang berjanji bahwa hal-hal di atas akan mudah. Namun, segalanya akan menjadi mudah jika kamu mengambil langkah pertama. 

Tertarik memulai toko kelontong modern yang tersedia secara online? Kamu bisa memulainya dengan menggunakan aplikasi SmartSeller. Di SmartSeller, kamu bisa memiliki manajemen orderan yang dapat diandalakan sehingga kamu bisa kelola seluruh aktivitas penjualan di tok online kamu. 

SmartSeller bisa membantu kamu hitung ongkos kirim dengan banyak kurir di Indonesia secara otomatis, cetak label pengiriman dan invoice, dan mengirim nomor resi otomatis ke Whatsapp pelanggan. Yuk, daftar gratis SmartSeller sekarang!