Membangun usaha akan memerlukan metode pemasaran yang tepat. Terutama jika kamu membangun usaha kecil atau startup yang memiliki dana terbatas untuk memasarkan produkmu. Mencari mana metode tepat yang terjangkau dan efektif adalah solusinya. Dengan cara tersebut, kamu bisa menghemat biaya pengeluaran untuk pemasaran dan tetap mendapatkan hasil yang efektif.

Alasan penting yang juga perlu dipertimbangkan adalah usaha kecil dan startup perlu memilih jenis pemasaran yang berkelanjutan dan dampaknya bisa terus menerus terasa. Metode pemasaran tersebut bisa memberikan dampak positif kepada usaha dan tidak menghabiskan banyak dana. Maka dari itu metode pemasaran  usaha kecil dan startup tidak bisa memilih metode lain seperti iklan di TV atau bahkan menyewa billboard. Berikut ini adalah beberapa metode pemasaran yang sesuai dengan usaha kecil dan startup:

Press Release

Metode Pemasaran
Press release bisa menjadi metode pemasaran yang cukup terjangkau bapi para usaha kecil dan juga startup. Ketika usahamu diliput oleh media, kamu akan diberi kesempatan untuk memperkenalkan usahamu juga. Kamu juga bisa menarik perhatian dari para pembaca media tersebut sehingga kesempatan memasarkan usahamu menjadi lebih besar.

Tidak hanya media besar saja, kamu juga bisa bekerja sama dengan influencer dan blogger untuk hal ini. Mereka juga bisa membantu press release karena mereka memiliki pembaca setia yang percaya dengan mereka. Terutama di era digital ini yang memiliki banyak cara untuk melakukan pemasaran yang terjangkau.

Ketika memilih press release sebagai metode pemasaran usahamu, kamu perlu mempertimbangkan mana media yang cocok dengan usahamu. Memastikan bahwa media tersebut memiliki niche yang sama bisa sangat membantu pemasaran usahamu lewat press release.

Baca Juga: Mengenal 7 Jenis E-Commerce yang Perlu Diketahui

Content Marketing

Di era digital seperti saat ini, mudah sekali bagi suatu usaha menjangkau para pelanggannya. Membuat content marketing juga bukan hal yang susah untuk dilakukan saat ini. Content marketing bisa menjadi metode pemasaran yang kamu pilih untuk usahamu karena biayanya yang mudah terjangkau.

Content marketing juga merupakan cara pemasaran yang dapat membantumu mengenali apa yang pelangganmu sukai dan cara mudah untuk meningkatkan branding dari usahamu. Memilih content marketing sebagai metode pemasaran untuk usaha kecil maupun startup memerlukan kreativitas yang tinggi. Content yang dibuat harus menarik agar pelanggan bisa memahami maksud dari konten tersebut. Konten yang bagus juga sering menjadi viral dan dibagikan ke banyak orang, sehingga kamu bisa mendapatkan pemasaran untuk usahamu yang mudah dan tetap bertahan lama.

Partner Marketing

Metode Pemasaran

Partner marketing adalah metode pemasaran yang dilakukan dengan cara bekerjasama dengan usaha lain untuk mengembangkan usahanya. Jika tujuan dari kedua usaha adalah meningkatkan branding masing-masing usaha, maka cara pemasaran ini yang paling cocok untuk digunakan.

Jenis usaha yang cocok untuk menggunakan metode pemasaran ini adalah usaha yang bergerak di bidang kebutuhan pokok. Kamu bisa memulai dengan membagikan produk gratis atau jasa gratis dari usaha yang bekerjasama denganmu. Cara ini sudah sangat sering dilakukan dan dapat ditemui di sekitar dengan mudah. Usahamu juga bisa mencoba cara pemasaran ini jika ingin sukses.

Media Sosial

Menggunakan sosial media adalah metode pemasaran yang paling terjangkau untuk usaha kecil dan startup. Saat ini hampir semua orang pasti memiliki sosial media sehingga akan lebih mudah untuk menarik para calon pembeli baru lewat sosial media yang ada.

Tidak hanya itu saja, media sosial juga bisa digunakan sebagai katalog produk-produk dari usahamu. Kamu juga bisa membangun komunitas, customer service, hingga membuat konten yang sesuai dengan kebutuhan dari pelangganmu. Penggunaan media sosial sudah semakin luas saat ini. Kamu juga bisa memanfaatkannya untuk usahamu.

Saat menggunakan media sosial untuk pemasaran usahamu, kamu perlu mengetahui sifat-sifat setiap media sosial terlebih dahulu. Masing-masing media sosial memiliki preferensi masing-masing. Misalnya seperti Instagram yang lebih fokus dengan foto estetik dan juga video yang estetik. Contoh lainnya adalah tiktok yang lebih fokus dengan video pendek yang menarik atau lucu. Kamu perlu memahami ini agar mengetahui konten seperti apa yang perlu kamu buat untuk media sosial milik usahamu. Jadi kamu bisa menarik perhatian pelanggan berdasarkan pengalaman mereka.

Search Engine Optimization (SEO)

Metode Pemasaran
Search Engine Optimization atau SEO merupakan metode pemasaran yang juga sangat populer di kalangan usaha kecil dan startup. Cara ini mudah dilakukan karena bisa menjangkau banyak orang secara online apalagi sudah banyak orang yang menggunakan internet untuk mencari produk yang mereka perlukan.

Dengan menggunakan SEO yang terstrategis, kamu bisa mendapatkan trafik pelanggan ke website usahamu dan mengumpulkan data tersebut untuk penawaran produk. Tidak jarang kamu juga pelanggan bisa melakukan pembelian secara langsung dari website yang menggunakan SEO terstrategis. Jadi kamu bisa mempertimbangkan SEO sebagai pemasaran untuk usaha kecil dan startup milikmu.

Email Pemasaran

Jika kamu membuat daftar email pelanggan untuk dikumpulkan, kamu juga bisa memanfaatkan hal ini untuk mengirimkan email pemasaran. Email pemasaran yang dikirimkan ke pelanggan akan membuat pelanggan mengetahui seputar promosi dan informasi produk lainnya. Mereka bisa tertarik dan langsung melakukan pembelian saat itu juga.

Memanfaatkan email pemasaran sebagai metode pemasaran perlu strategi yang cukup bagus juga. Pelanggan akan merasa terganggu jika email pemasaran dilakukan dengan jarak waktu yang pendek. Kamu perlu mengelola pengaturan waktu tersebut agar pelanggan tidak merasa terganggu dengan email pemasaran dari usahamu.

Baca Juga: Cara Memulai Jualan Baju Online untuk Pemula

Afiliasi

Metode Pemasaran
Afiliasi adalah metode pemasaran yang juga bisa dilakukan tanpa membutuhkan banyak biaya. Kamu bisa meningkatkan penjualan tanpa harus menambah biaya pada budget pemasaranmu. Agar afiliasi bisa sukses, kamu perlu menggandeng orang yang tepat untuk mempromosikannya. Misalnya mengajak influencer atau tokoh yang memiliki pengaruh besar. Jadi mereka bisa mengajak lebih banyak orang untuk ikut mencoba usahamu.

Kamu pun tidak perlu mengeluarkan banyak biaya pemasaran agar usahamu diketahui oleh banyak orang. Kamu juga bisa menentukan apakah reward yang diberikan dari jumlah klik, pembelian, atau sekedar lead saja.

Referral

Metode pemasaran terakhir yang juga tidak membutuhkan banyak biaya adalah referral. Cara pemasaran ini menggunakan kode unik yang dibagikan agar orang lain yang menggunakan kode tersebut bisa mendapat potongan harga spesial. Cara pemasaran ini sedikit mirip dengan afiliasi. Perbedaannya adalah afiliasi tidak membutuhkan kode unik, sedangkan referral membutuhkan kode unik yang dibagikan.

Setelah mengetahui apa saja metode pemasaran yang tidak membutuhkan banyak biaya untuk usaha kecil dan startup, kamu bisa mempelajari strategi sukses masing-masing cara pemasaran tersebut. Jadi usaha yang kamu jalankan tetap bisa melakukan pemasaran yang efektif tanpa menggunakan budget yang banyak. Agar usahamu semakin lancar, kamu juga bisa menggunakan SmartSeller. SmartSeller merupakan platform untuk mengelola usaha. Beberapa fiturnya seperti mengelola pesanan dan stok barang. Langsung cek SmartSeller sekarang!