Apakah kamu ada rencana untuk membuka usaha paket sembako? Seperti yang kita tahu, usaha paket sembako selalu banyak dicari oleh orang-orang karena untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Makanya, tidak heran apabila usaha paket sembako menjadi usaha yang menjanjikan karena memiliki peluang menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi.

Terdapat dua macam jenis usaha paket sembako, yaitu usaha sembako eceran dan usaha sembako grosiran. Kedua jenis usaha ini hanya berbeda pada target konsumen saja. Pangsa pasar usaha sembako eceran adalah kalangan ibu rumah tangga, sedangkan pangsa pasar usaha sembako grosiran adalah para pengusaha makanan dan pemilik toko sembako eceran. Kedua jenis usaha paket sembako ini sama-sama memberikan keuntungan.

Dalam membangun bisnis paket sembako, kamu perlu memilih paket sembako yang paling sering dicari orang. Hal ini dilakukan agar usaha paket sembako kamu laris manis dan meraih banyak keuntungan. Namun, kira-kira apa saja paket sembako yang paling banyak dicari orang? Yuk, langsung aja cari tahu di bawah sini!

Baca juga: 8 Ide Usaha di Rumah yang Lagi Tren Tahun 2022

  • Beras

Beras menjadi salah satu paket sembako yang paling sering dicari oleh orang-orang. Hal ini karena beras merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Bahkan sebagian masyarakat mengatakan kalau makan tanpa ada nasi, rasanya seperti tidak makan. Tidak hanya itu, beras juga banyak dicari oleh pengusaha F&B (Food and Beverage), restoran, dan warung nasi sehingga penjualan paket sembako beras memiliki prospek yang tinggi. Jenis beras yang sering digunakan di Indonesia, yaitu beras putih, beras merah, beras hitam, beras pandan wangi, dan beras rojolele.

  • Telur

Selain beras, telur juga merupakan bahan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat sehingga menjadi paket sembako yang sering dicari. Telur merupakan salah satu makanan yang wajib dan selalu ada di dapur rumah tangga. Telur mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan tubuh. Telur sangat rentan pecah apabila tidak disimpan dengan baik, oleh karena itu sediakan tempat penyimpanan khusus untuk menyimpan telur agar tidak pecah.

  • Minyak goreng

Siapa yang tidak membutuhkan minyak goreng dalam memasak? Kebanyakan masakan harus menggunakan minyak goreng, bahkan menumis saja juga membutuhkan minyak goreng. Pengusaha yang menjual makanan tentunya juga membutuhkan minyak goreng. Oleh karena itu, minyak goreng juga menjadi paket sembako yang sering dicari dan memiliki permintaan pasar yang sangat tinggi. 

Jenis minyak goreng yang paling sering dibeli adalah minyak goreng kelapa sawit. Namun, tak jarang masyarakat mencari minyak goreng yang baik untuk kesehatan, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak wijen. Minyak goreng memiliki ukuran yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan. Biasanya, minyak goreng berukuran 1 liter dan 2 liter menjadi sasaran yang paling banyak dibeli.

  • Mi instan

Mi instan juga menjadi salah satu paket sembako yang selalu tersedia di dapur rumah tangga. Rasanya yang enak dan harganya yang murah membuat mi instan selalu dicari dan laku di usaha paket sembako. Terlebih, mi instan juga menjadi salah satu makanan wajib bagi anak kost. Sediakan mi instan dari berbagai merek yang sering dicari dan varian rasa yang berbeda. Contohnya, mi goreng, mi soto, mi ayam bawang, atau mi kari ayam

  • Air mineral

Setiap orang pastinya membutuhkan air mineral untuk memenuhi cairan tubuh agar tidak dehidrasi. Oleh karena itu, air mineral wajib ada di usaha paket sembako kamu. Air mineral tersedia dalam berbagai merek dan ukuran. Jenis air mineral yang dijual di pasaran adalah air mineral dalam kemasan gelas atau cup dan kemasan botol. Tidak Cuma itu, beberapa merek juga terdapat air mineral dalam kemasan galon. Malahan air mineral kemasan galon yang sangat laris dibeli untuk kebutuhan rumah tangga.

  • Gula pasir

Gula pasir termasuk paket sembako yang paling sering dicari karena gula digunakan sebagai pelengkap makanan, minuman, pembuatan kue, biskuit, dan lainnya. Gula pasir memiliki berbagai macam ukuran, mulai dari 250 gram, 500 gram, sampai 1 Kg.

  • Kopi

Sudah menjadi rahasia umum kalau para penggemar kopi di Indonesia sangatlah besar. Hal ini dapat dilihat dari betapa banyaknya coffee shop yang ada dan penjualan kopi sachet yang laku keras. Kopi sudah menjadi minuman wajib keseharian masyarakat di sela-sela waktu sibuk maupun saat bersantai. 

  • Makanan ringan

Tidak hanya kopi, makanan ringan juga memiliki banyak penggemar. Makanan ringan banyak disukai oleh orang karena dapat menemani di kala bersantai atau sedang bekerja. Dengan harga yang murah meriah membuat makanan ringan termasuk dalam paket sembako yang paling laris. Jenis makanan ringan yang bisa kamu sediakan, yaitu ciki, kerupuk, permen, wafer, biskuit, dan lainnya.

  • Penyedap makanan

Sebuah masakan harus dilengkapi dengan penyedap makanan, seperti garam, micin, lada, dan lainnya. Masakan tanpa ada penyedap makanan rasanya akan kurang sedap dan nikmat. Makanya, penyedap makanan menjadi paket sembako yang paling dicari dan dibutuhkan.

  • Makanan kaleng

Makanan kaleng memiliki sifat yang praktis sehingga menjadi salah satu paket sembako yang paling banyak diincar. Jenis makanan kaleng yang bisa kamu sediakan adalah sarden, kornet, tuna kaleng, daging kaleng, sampai kacang-kacangan kaleng.

Baca juga: Aneka Frozen Food untuk Jualan yang Laku di Pasaran

  • Gas LPG

Paket sembako yang paling tidak boleh terlewatkan adalah gas LPG. Paket sembako ini harus selalu tersedia di dapur rumah tangga untuk memasak. Ukuran gas LPG yang paling sering dicari adalah ukuran 3 Kg dan 12 Kg.

  • Obat-obatan

Usaha paket sembako juga harus menyediakan berbagai macam jenis oabt-obatan, seperti obat sakit kepala, obat diare, obat maag, obat batuk, ataupun obat nyamuk. Namun, hal yang perlu dicatat adalah obat yang dijual merupakan obat tanpa resep dokter.

  • Sabun dan shampo

Usaha paket sembako tidak hanya menjual keperluan masakan saja, tetapi juga bisa menjual kebutuhan kebersihan tubuh dan rumah tangga. Sabun dan shampo menjadi paket sembako yang paling sering dicari dalam kategori kebersihan tubuh. Kedua barang ini terdapat dari berbagai merek dan memiliki ukuran yang bervariasi. Kamu bisa menyediakan sabun dan shampo dalam bentuk kemasan botolan atau sachet.

  • Sabun cucian

Sabun cucian juga tidak kalah laris manis dalam usaha paket sembako. Hal ini dikarenakan sabun cucian sangat dibutuhkan untuk mencuci dan membersihkan kotoran dalam kebutuhan rumah tangga. Contohnya, seperti untuk mencuci piring, gelas, bahkan mencuci pakaian yang dilakukan setiap hari. Makanya, sabun cucian menjadi paket sembako yang sering dicari.

  • Sikat gigi dan pasta gigi

Selain sabun cucian, sikat dan pasta gigi juga paket sembako yang wajib dimiliki oleh semua orang. Hal ini dikarenakan setiap orang perlu menggosok gigi setiap harinya untuk kebersihan mulut. Oleh karena itu, sikat gigi dan pasta gigi menjadi paket sembako yang paling dicari dan dibutuhkan.

Apabila kamu menyediakan paket sembako yang paling sering dicari oleh orang maka hal ini bisa membuat usaha kamu bertahan ditengah persaingan usaha yang ketat. Selain itu, hal ini juga bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Membangun usaha paket sembako tidak melulu harus berjualan secara toko offline, melainkan bisa dijual secara online, lho! Saat ini, sudah banyak usaha paket sembako yang berjualan secara online agar dapat meraup lebih banyak keuntungan. Dalam menjalankan usaha paket sembako secara online, kamu bisa memanfaatkan fitur Smartseller untuk membantu mengelola orderan kamu.