Bagi beberapa pebisnis, terutama pebisnis yang baru membuka usahanya, pertanyaan seperti “Stock opname artinya apa?” mungkin adalah salah satunya yang muncul. Pasalnya, istilah yang satu ini adalah rutinitas yang biasanya ada dalam operasional bisnis sehari-hari. Sudah tahu mengenai istilah stock opname?

Stock opname dikatakan wajib ada dalam suatu bisnis. Selain sifatnya yang wajib, melakukan rutinitas yang erat halnya dengan stok barang persediaan ini butuh sebuah effort yang besar, apalagi kalau kamu masih melakukan pencatatan stok barang secara manual dan jumlah stok barang yang dimiliki berjumlah besar.

Jadi sebenarnya, stock opname artinya apa? Stock opname adalah suatu kegiatan dalam manajemen stok barang yang mampu membantu pebisnis dalam menghitung dan memastikan keakuratan jumlah stok persediaan beserta kualitasnya. 

Untuk lebih jelasnya, yuk simak aja penjelasan dari pertanyaan stock opname artinya apa, fungsi, dan juga cara mandiri untuk melakukannya!

Stock Opname artinya

Stock Opname Artinya Apa?

Pebisnis baru mungkin masih banyak yang belum mengetahui stock opname artinya apa. Kalau kamu saat ini masih penasaran dengan pertanyaan “Stock opname artinya apa?”, berikut ini adalah penjelasan singkatnya untuk para pebisnis diketahui.

Dalam menjawab pertanyaan “Stock opname artinya apa?”, perlu diketahui bahwa istilah stock opname ini merujuk pada rutinitas yang berkaitan dengan stok persediaan barang. Kalau bisnis yang kamu jalankan menawarkan produk berupa barang, pastinya kamu perlu menyetok barang dalam kuantitas tertentu dan menyimpannya di tempat penyimpanan, bukan?

Ketika stok barang yang akan dijual habis, kamu akan mengambilnya dari gudang penyimpanan dan secara berkala akan menyetok barang yang jumlahnya sedikit berdasarkan standar perhitungan yang kamu tetapkan.

Pada dasarnya, stock opname artinya adalah kegiatan menghitung jumlah stok persediaan barang yang tersimpan dalam gudang untuk kemudian dijual atau dipasarkan. 

Baca Juga 
Bebas Pilih! Begini Cara Cek Ongkir Semua Ekspedisi

Tonton Juga: #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

Rutinitas perhitungan stok barang ini tentu perlu dilakukan dengan teliti agar kita mampu mengawasi masuk keluarnya barang dengan jumlah yang sesuai. Dalam melakukan stock opname, dibutuhkan sebuah effort yang cukup besar, terutama jika produk yang kamu jual punya banyak variasi.

Selain itu, kalau saat ini kamu masih menjalankan proses pencatatan dan perhitungan stok barang secara manual, stock opname akan cukup memakan waktu. Tapi, kamu tidak perlu khawatir kok. Di zaman sekarang ini di mana teknologi makin berkembang, ada aplikasi stok barang yang mampu membantu proses stock opname lebih akurat, cepat, dan dapat dilakukan secara digital.

Nah, sudah tahu kan jawaban dari pertanyaan “Stock opname artinya apa?”? Selain mengetahui arti dari apa itu stock opname, kamu juga perlu memahami fungsinya bagi bisnis.

Stock Opname artinya

Fungsi Stock Opname

Setelah mengetahui bahwa stock opname artinya adalah kegiatan menghitung stok barang dalam gudang yang akan dijual, kita dapat menyimpulkan kalau stock opname penting adanya dalam proses pengelolaan stok barang bisnis kita. 

Namun, apa saja sih fungsi dari stock opname bagi bisnis kita? Berikut ini adalah beberapa fungsi stock opname.

Stock Opname artinya

1. Mengetahui Jumlah Terkini Stok Persediaan Barang

Sebagaimana yang kita tahu, stock opname artinya adalah sebuah rutinitas dalam manajemen stok barang untuk menghitung jumlah barang dalam gudang yang akan dijual. Jika kegiatan ini rutin dilakukan, tentu saja kamu mampu mengetahui kuantitas stok barang secara aktual.

Selain itu, pemilik bisnis juga mampu mengetahui jumlah stok barang di gudang dari waktu ke waktu. Jadi, semisal diperlukan ketika ada masalah terkait ketidaksesuaian atau kehilangan stok barang, kamu bisa menelusurinya lebih mudah.

Baca Juga 
Ini Dia Cara Daftar Akun TikTok Shop Beserta Syaratnya

Ketidaksesuaian jumlah stok barang ini memang sering terjadi, umumnya disebabkan karena pencatatan barang yang masuk dan keluar yang terlewat. Oleh karena itu, stock opname sangat berguna sebagai langkah antisipasi yang bisa dilakukan pemilik bisnis.

Baca Juga: Apa itu Kartu Stok Barang? Ini Dia Penjelasannya!

2. Mengurangi Risiko Kelalaian dan Kriminalitas Stok Barang

Ketika kita selalu mengetahui jumlah stok barang dalam gudang secara terkini dan aktual, maka tingkat terjadinya tindakan kriminal yang berkaitan dengan stok barang juga mampu berkurang. Pasalnya, kamu secara tidak langsung mampu mengetahui pergerakan barang yang masuk dan keluar dari gudang melalui stock opname.

Jadi, misalnya ketika kamu mengalami keterbatasan stok barang yang terjadi tiba-tiba, catatan dari stock opname dapat dijadikan sumber untuk pengecekan akan barang tersebut, seperti jumlah aktual, jumlah barang yang menjadi terbatas, dan penelusuran lanjut tentang penyebabnya

Dari sinilah, kamu bisa menentukan langkah-langkah represif atas kejadian kelalaian atau kriminal yang berkaitan dengan stok barang di dalam gudangmu.

Stock Opname artinya

3. Menilai Kinerja Bisnis

Fungsi lain dari stock opname yang tidak kalah berguna bagi bisnis adalah kita bisa mengevaluasi kinerja serta penjualan bisnis dari waktu ke waktu. Karena stock opname artinya adalah kegiatan perhitungan stock barang di gudang, pemilik bisnis mampu mendapatkan data banyaknya stok barang yang terjual dan mana yang belum terjual. 

Data ini dapat diolah lebih lanjut sebagai bahan penilaian kinerja bisnis, yakni apakah upaya bisnis yang dilakukan sudah mencapai target atau belum. Kamu juga mampu mengetahui barang mana dan varian apa saja yang laku terjual, sehingga dapat membantumu lebih fokus untuk memaksimal penjualan barang tersebut.

Data yang diperoleh dari stock opname juga mampu berfungsi sebagai indikator sekaligus tolak ukur performa bisnis untuk selanjutnya. 

Baca Juga 
Ide Bisnis Jualan Cemilan Ringan yang Ramai di Pasaran

4. Sebagai Upaya dalam Supervisi Stok Barang dalam Gudang

Dari penjelasan di atas, kita tahu bahwa stock opname artinya juga bisa merupakan kegiatan dalam manajemen stok barang gudang yang bisa memberikan manfaat lebih dari menghitung kuantitasnya. 

Yap, melalui kegiatan ini, seorang pebisnis juga secara tidak langsung sedang melakukan upaya supervisi atau pengawasan stok barang yang dimilikinya dalam gudang. Rutinitas ini memudahkan pemilik bisnis independen dalam mengawasi arus masuk dan keluar stok barang gudang.

Selain itu, bisnis juga memiliki sumber data stok barang yang kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan. Hal ini akan berdampak baik bagi citra bisnis, apalagi jika kamu ingin mencari investor.

Fungsi dari stock opname jika dilakukan secara berkala lainnya adalah kamu bisa menilai dan mengontrol kualitas dari stok barang di gudang. Tentu saja, jika kamu rutin datang dan mengecek isi gudang, kamu bisa memilah barang mana yang sekiranya masih layak jual dan mana yang tidak layak jual. 

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Aplikasi Stok Barang untuk Bisnis?

Nah, itulah dia pembahasan singkat mengenai pertanyaan “Stock opname artinya apa?” beserta fungsinya bagi bisnis. Pada dasarnya, stock opname artinya adalah suatu kegiatan menghitung persediaan stok barang di dalam gudang penyimpanan yang akan dijual. Mudah bukan untuk memahami apa itu stock opname?

Kalau kamu ingin memanfaatkan aplikasi stok barang yang dapat membantu proses stock opname dalam bisnismu, kamu bisa pakai SmartSeller lho!  Hanya di satu aplikasi saja, kamu bisa mengelola operasional bisnis dengan mudah. Selain itu, ada beragam Seller dengan produk berkualitas jika kamu tertarik jadi reseller! Yuk, download SmartSeller sekarang!