Di era yang serba digital saat ini, sudah banyak teknologi mutakhir yang dapat memudahkan untuk melakukan pekerjaan dalam berbagai macam bidang, terutama untuk para pebisnis yang fokus bisnisnya ada di bidang barang. Nah, aplikasi stok gudang adalah salah satu teknologi yang dapat memudahkan para pebisnis untuk mengelola bisnis agar dapat berjalan lancar. 

Sebagai pebisnis, terutama jika bisnis yang kamu jalankan merupakan bisnis dengan banyak barang dan membutuhkan gudang, maka aplikasi stok gudang merupakan salah satu aplikasi yang tepat untuk membantu pendataan barang. Terlebih lagi jika stok barang pada bisnismu banyak, kegunaan dari aplikasi stok gudang akan sangat bermanfaat. 

Untuk kamu yang belum menggunakan aplikasi stok gudang dalam bisnis, atau kamu yang baru ingin serius menjalankan bisnis, kamu harus tahu beberapa rekomendasi aplikasi stok gudang yang bisa kamu gunakan. Dengan demikian, kamu ada di artikel yang tepat! Yuk, scroll sampai bawah untuk tahu rekomendasi aplikasi apa saja yang dapat kamu gunakan dan beberapa manfaatnya untuk bisnis. 

Aplikasi Stok Gudang

Sekilas Tentang Aplikasi Stok Gudang

Untuk para pebisnis, familiar dengan aplikasi stok gudang atau aplikasi stok barang di zaman yang sudah serba digital seperti saat ini merupakan suatu keharusan. Mengapa demikian? Dalam bisnis, kamu akan dituntut untuk dapat memanfaatkan kecanggihan teknologi agar bisnis bisa berjalan lancar dan tidak selalu menerapkan cara lama. Dengan begitu, operasional bisnis bisa lebih efisien.

Tonton juga : Cerita SmartSeller Bersama Summer Minibar #JadiSellerPintar

Lalu, apa aplikasi stok gudang itu? Sederhananya, aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat membantu para pelaku bisnis agar pengelolaan, pencatatan, dan kontrol barang bisa dilakukan dengan lebih praktis tanpa ribet. Jika dulu pencatatan, pengelolaan, dan kontrol barang dilakukan secara manual tanpa bantuan teknologi, maka saat ini kamu bisa melakukannya dengan bantuan aplikasi. 

Baca Juga 
Percobaan Pengiriman Paket Gagal? Ini Dia Penyebabnya!

Aplikasi stok gudang ini secara otomatis akan membantu bisnismu agar tidak kekurangan atau kelebihan dalam stok barang. Jadi, pengaturan budget dalam bisnis nantinya akan lebih bisa untuk diperkirakan. 

Aplikasi Stok Gudang

Beberapa Manfaat dari Aplikasi Stok Gudang

Seperti yang sudah dijelaskan sekilas di atas, aplikasi stok gudang atau aplikasi stok barang sangat bermanfaat untuk pengelolaan, pencatatan, dan kontrol barang dalam bisnis. Namun, terdapat beberapa manfaat lainnya yang harus kamu ketahui. Berikut penjelasannya. 

Aplikasi Stok Gudang

1. Dapat Meningkatkan Pelayanan Bisnis

Manfaat dari aplikasi stok gudang yang pertama yaitu dapat meningkatkan pelayanan pada bisnis. Dengan bantuan aplikasi, proses persiapan sampai pengiriman barang akan lebih cepat karena semua sudah ter-handle melalui aplikasi. Dari sini, otomatis pelayanan pada bisnis kepada pelanggan akan jadi lebih baik, sehingga menciptakan feedback positif dari pelanggan.

2. Dapat Meningkatkan Cara Kerja Karyawan

Manfaat dari aplikasi stok gudang yang kedua yaitu dapat meningkatkan kinerja dari karyawan. Bagaimana bisa? Dengan bantuan aplikasi, otomatis sistem manajemen pada gudang juga akan berjalan dengan lebih efektif. Dari sini, karyawan akan tahu dan paham tentang pekerjaan mana yang lebih utama untuk dikerjakan terlebih dahulu saat ada di warehouse

Selain itu, aplikasi ini juga dapat memantau kinerja dari karyawan agar dapat menyelesaikan pekerjaan mereka sesuai dengan target. Hal ini tentunya dapat menjadi pertimbangan atasan untuk melakukan penilaian tentang evaluasi performa dari karyawan yang bekerja.

3. Dapat Menghemat Budget 

Manfaat dari aplikasi stok gudang yang ketiga yaitu dapat menghemat budget perusahaan. Dengan menggunakan bantuan aplikasi, pengelolaan data akan jadi lebih mudah untuk dilakukan jika dibandingkan dengan melakukannya secara manual. Selain itu, kamu juga tidak perlu mengeluarkan biaya pemeliharaan alat untuk pengelolaan data karena semua sudah ditangani oleh aplikasi.

4. Dapat Menghemat Gaji Karyawan

Aplikasi stok gudang juga dapat membantu bisnismu untuk menghemat gaji karyawan, lho! Bagaimana bisa? Tanpa bantuan dari aplikasi stok, pastinya stok barang dalam bisnismu nantinya akan membutuhkan lebih banyak barang yang harus disimpan, sehingga akan membutuhkan biaya atau tenaga karyawan yang lebih banyak juga karena harus dikerjakan secara manual.

Baca Juga 
Kenali Tahapan dan Manfaat Tujuan Perencanaan Usaha

Dengan aplikasi stok, penyimpanan stok barang akan lebih mudah untuk diperkirakan. Jadi, tidak perlu menyimpan stok barang dengan jumlah besar yang nantinya akan membutuhkan tambahan biaya untuk karyawan. Hal ini tentunya akan bermanfaat untuk bisnis dalam jangka panjang karena biaya yang dibutuhkan untuk warehouse jadi lebih hemat.

Baca juga : Alasan Metode FIFO adalah Solusi Pengelolaan Stok

5. Dapat Mengatur Penyimpanan dengan Mudah

Aplikasi stok gudang dapat membantu bisnismu untuk mengelola tempat penyimpanan stok barang dengan lebih praktis. Aplikasi stok barang yang baik biasanya telah didukung oleh metode FIFO (First In First Out), di mana metode ini menerapkan stok barang yang lebih dahulu masuk harus keluar atau dijual terlebih dahulu agar lebih efisien. 

Aplikasi Stok Gudang

Beberapa Rekomendasi Aplikasi Stok Gudang

Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi stok barang atau gudang yang dapat kamu gunakan dalam bisnismu. 

1. Inventory Management

Rekomendasi aplikasi stok barang atau gudang pertama yaitu inventory management. Untuk kamu yang merupakan pemula dalam bisnis, aplikasi satu ini sangat recommended untuk kamu gunakan karena gratis dan dapat kamu download melalui Google Play Store. Meskipun gratis, namun fitur yang ditawarkan juga tidak seadanya, lho! 

Selain itu, aplikasi ini juga sangat mudah dipahami. Misalnya, salah satu fitur yang ada dalam aplikasi ini yaitu dapat mencatat persediaan barang yang ditawarkan dalam bisnismu. Terdapat fitur lain juga yang dapat kamu gunakan, yaitu dapat mengelola stok barang, di mana kamu dapat menambahkan stok atau menghapusnya sesuai dengan kondisi riil barang yang ada. 

Baca juga : Tips Menjadi Supplier Dropship Tangan Pertama

2. SmartSeller

Untuk kamu yang merupakan pebisnis lama, tapi belum pernah menggunakan aplikasi stok barang atau gudang, maka SmartSeller adalah salah satu aplikasi stok barang yang dapat menjadi opsi untuk digunakan dalam bisnismu! Banyak sekali fitur di SmartSeller yang dapat membantu pengelolaan bisnismu agar dapat berjalan dengan baik. 

Baca Juga 
Peluang, Tantangan, dan Ide Bisnis Kecil di Tahun 2023

Salah satu fitur yang ada di SmartSeller yaitu inventory management by SmartSeller. Di inventory management by SmartSeller ini, kamu dapat mengatur stok barang pada semua toko online yang kamu buka dalam satu dashboard saja. Jadi, kamu tidak perlu ribet untuk pindah toko online ketika ingin mengatur stok barang.

Pada inventory management by SmartSeller, kamu juga bisa melakukan stock adjustment, lho! Bagaimana maksudnya? Jadi, kamu dapat dengan mudah mengatur stok barang yang ada di sistem dengan yang ada di gudang. Dengan begitu, stok barang akan jadi lebih akurat dan akan memudahkan kamu untuk melakukan stock opname

Selain itu, terdapat juga fitur SmartChat, di mana fitur ini dapat memudahkan kamu untuk menjawab chat dari pelanggan dalam satu dashboard saja jika kamu punya lebih dari satu toko online. Dengan fitur ini, kamu dapat memberikan customer experience yang baik kepada pelanggan dengan merespon chat mereka lebih cepat. Dengan begitu, pelanggan akan merasa senang karena mendapat informasi tentang barang yang mereka inginkan lebih cepat.

SmartSeller juga menawarkan banyak seller berkualitas dan tepercaya untuk kamu yang ingin mencoba untuk mengembangkan bisnis yang lain dengan menjadi reseller. Masih banyak fitur bermanfaat lainnya yang dapat kamu rasakan untuk kemajuan bisnismu jika menggunakan SmartSeller. Yuk, cobain pakai SmartSeller sekarang juga!