Staff gudang merupakan bagian penting dari perusahaan. Tugas staff gudang dalam bisnis juga cukup penting untuk keberlangsungan perusahaan. Tanpa adanya staff gudang, pengelolaan gudang akan menjadi berantakan. Terutama jika usaha yang kamu jalankan memiliki daftar produk yang banyak dan perlu dikelola di gudang. Memiliki tugas staff gudang yang jelas akan membantu proses pengelolaan stok barang yang bisa memaksimalkan pelayanan pelanggan.

Perusahaan yang memiliki gudang, tentunya perlu mempekerjakan staff gudang dengan deskripsi pekerjaan yang jelas. Karena tugas staff gudang juga harus detail serta rinci dalam mengelola barang di dalam gudang. Jika tugas staff gudang memiliki daftar yang jelas, tentunya proses bekerja akan lebih mudah dilaksanakan.

Manfaat Adanya Staff Gudang untuk Perusahaan

Tugas Staff Gudang

 

Meskipun staff gudang bukan pekerja yang sering terlihat langsung oleh pelanggan, tugas staff gudang memberikan banyak sekali manfaat bagi perusahaan. Staff gudang juga membantu para pelanggan untuk dapat memiliki produk yang mereka beli dengan mudah. Berikut ini manfaat adanya staff gudang untuk suatu perusahaan:

  • Stok Pesanan Selalu Aman

Pesanan yang datang dari pelanggan tidak boleh menunggu lama. Maka dari itu perlu adanya pengelolaan stok pesanan yang selalu tanggap dan akurat dalam pengelolaan. Ini akan membantu perusahaan tetap bisa mengirimkan produk kepada pelanggan dengan lancar tanpa tersendat. Jika pengiriman terhambat, pelanggan bisa menunggu lama dan mengakibatkan kerugian bagi perusahaan jika pelanggan membatalkan pesanan.

Tidak hanya itu saja, adanya pengelolaan stok pesanan juga akan memperkirakan berapa stok barang yang diperlukan untuk jangka waktu kedepan. Jadi, perusahaan bisa menghindari masalah kehabisan produk untuk dijual ke pelanggan.

Baca Juga: Macam-Macam Bukti Transaksi yang Perlu Kamu Ketahui

  • Gudang Lebih Terorganisir

Setiap godang pasti memerlukan proses pengaturan yang tepat. Proses organisasi gudang dalam perusahaan tidak bisa disepelekan. Barang yang sudah masuk dan keluar perlu diatur dengan tepat agar tidak rusak dan menimbulkan kerugian. Misalnya gudang produk makanan yang memiliki batas kadaluarsa. Tugas staff gudang adalah mengatur lokasi dan stok barang sesuai dengan tanggal masuk, agar barang tersebut tidak mengendap di gudang terlalu lama hingga kadaluarsa. Jadi, perusahaan tidak akan menanggung kerugian karena adanya stok barang yang rusak.

Baca Juga 
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Akan Memulai Berjualan di Marketplace!

Selain itu, organisasi gudang juga sangat diperlukan untuk melacak lokasi produk yang ada pada gudang. Proses ini diperlukan untuk melacak lokasi barang sehingga barang di dalam gudang bisa tetap teratur, sehingga di staff gudang tidak akan kesulitan mencari lokasi barang dan menghindari masalah kehilangan barang yang cukup sering terjadi di dalam gudang.

  • Produktivitas Meningkat

Salah satu cara agar produktivitas lebih meningkat dalam bekerja adalah sistem kerja yang teratur dan jelas. Sistem kerja yang teratur akan membuat para pekerja mengetahui apa yang harus diselesaikan dan menentukan prioritas kerja yang penting. Begitu juga dengan adanya staff gudang. Tugas staff gudang yang mengelola gudang akan membantu meningkatkan produktivitas kerja yang diperlukan agar perusahaan terus berjalan.

 

Tugas Staff Gudang

 

Misalnya dengan memastikan stok barang selalu cukup agar pengiriman tidak terlambat atau memastikan bahan mentah yang akan diolah menjadi produk tidak sampai rusak. Hal tersebut akan membantu bidang lain dalam perusahaan agar lebih produktif dan tetap lancar berjalan.

Manfaat di atas merupakan beberapa alasan kenapa perusahaan perlu berinvestasi pada staff gudang. Terutama jika perusahaan membuka lowongan untuk staff gudang yang merupakan bagian penting dalam perusahaan. Tugas staff gudang harus ditulis dengan jelas dan deskripsi pekerjaannya juga harus diperhatikan agar proses pengelolaan gudang tetap berjalan lancar.

Tugas Staff Gudang dan Deskripsi Pekerjaannya

Tugas Staff Gudang

 

Deskripsi pekerjaan dari staff gudang cukup banyak. Hal ini dikarenakan staff gudang merupakan bagian penting dalam perusahaan. Tanpa adanya staff gudang yang tanggap dengan pekerjaan, kemungkinan proses berjalannya usaha juga akan terhambat. Hal tersebut akan mempengaruhi kondisi lancar atau tidaknya suatu perusahaan. Berikut ini adalah tugas dari staff gudang dan deskripsi pekerjaannya:

  • Menyiapkan Pesanan

Staff gudang akan bertanggung jawab penuh dalam hal menyiapkan pesanan. Segala jenis pesanan yang masuk akan melalui staff gudang untuk diperiksa terlebih dahulu. Pemeriksaan tersebut juga akan membantu proses pengecekan stok barang dan pencatatan stok barang dalam perusahaan.

Baca Juga 
5 Cara Mudah Mencatat Dokumen Transaksi Secara Online

Menyiapkan pesanan untuk pelanggan maupun pesanan perusahaan adalah salah satu tugas penting dari staff gudang. Pesanan pelanggan perlu segera diproses agar bisa sampai dengan cepat. Sedangkan untuk pesanan perusahaan juga perlu dipantau karena pesanan tersebut untuk kebutuhan stok barang perusahaan.

Baca Juga: Cara Jualan Online agar Cepat Laku

  • Memproses Barang Masuk dan Keluar

Staff gudang juga bertanggung jawab atas semua barang yang masuk dan keluar dari gudang perusahaan. Barang yang masuk perlu diberi label dan disimpan sesuai dengan kategori barang tersebut. Begitu juga dengan barang yang keluar. Barang tersebut perlu dicatat agar proses perhitungan stok perusahaan tetap akurat dan lancar.

  • Mengontrol Stok Produk

Tugas staff gudang juga perlu mengontrol stok produk perusahaan. Hal ini termasuk menyusun dan mengkategorikan stok barang serta menjaga kualitas produk dalam gudang. Proses tersebut penting sekali untuk diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan stok barang yang mengakibatkan kerugian pada perusahaan. 

  • Melaporkan Stok Barang

Tugas Staff Gudang

 

Tugas yang juga tidak kalah penting adalah membuat laporan stok barang. Mulai dari berapa banyak produk yang keluar dan berapa produk yang masuk. Semua detail barang yang ada di gudang perlu dilaporkan agar pihak keuangan bisa menyesuaikan. Bahkan jika terdapat barang yang hilang maupun rusak, laporan tersebut tetap harus disampaikan agar tidak terjadi kerugian yang semakin besar.

  • Mengikuti Standar dan Prosedur yang Berlaku

Setiap perusahaan pasti memiliki standar prosedur yang berlaku untuk pengelolaan stok produk di dalam gudang. Staff gudang bertugas untuk memahami prosedur tersebut dan patuh terhadap prosedur. Prosedur tersebut diperlukan agar kondisi dan kualitas stok barang tetap terjaga. Selain itu jika stok barang dalam gudang merupakan bahan yang rentan, prosedur wajib dipatuhi dengan tepat agar tidak merusak kualitas barang.

Baca Juga 
Gampang Belajar Digital Marketing untuk Pemula!

Misalnya jika stok barang dalam gudang merupakan jenis zat kimia yang mudah terbakar, maka staff gudang harus mempelajari prosedur yang tepat untuk pengelolaan barang dan juga bagaimana standar prosedur yang perlu dilakukan jika terjadi kebakaran. Proses tersebut sangat penting agar kerusakan tidak menyebar dan menimbulkan kerugian besar pada perusahaan.

Dengan memahami tugas staff gudang kamu bisa mengetahui bahwa staff gudang merupakan pekerjaan yang sangat penting untuk kelancaran perusahaan. Staff gudang memerlukan pelatihan dan kedisiplinan yang cukup agar kondisi gudang tetap terkontrol. Salah satu cara yang digunakan perusahaan besar untuk mengelola gudang selain menggunakan staff gudang yang handal adalah menggunakan aplikasi inventory management. Aplikasi yang memiliki fitur inventory management seperti SmartSeller akan memudahkan staff gudang untuk mengelola kondisi stok barang. Jadi sistem pengelolaan stok barang akan lebih teratur dan rapi dengan menggunakan SmartSeller. Kamu juga bisa mencoba fitur inventory management di SmartSeller untuk usahamu dengan mudah. Yuk coba SmartSeller sekarang!