Saat ini, aplikasi stok barang sudah banyak digunakan oleh para pebisnis untuk membantu bisnis mereka. Perkembangan teknologi yang semakin cepat memungkinkan hal tersebut terjadi. Jadi jangan heran apabila bahkan ada bisnis yang skalanya cukup kecil, kamu bisa melihat penggunaan teknologi terbaru.

Aplikasi stok barang adalah sedikit dari banyak aplikasi yang ditujukan untuk mempermudah para pebisnis mengelola bisnisnya. Aplikasi-aplikasi tersebut diharapkan dapat mempermudah bisnis sehingga dapat lebih berkembang. Artikel ini akan menjelaskan mengenai aplikasi stok barang serta manfaatnya bagi sebuah bisnis.

Penggunaan Aplikasi dalam Bisnis

Aplikasi Stok Barang

Sebelum membahas lebih jauh mengenai aplikasi stok barang, sebenarnya penggunaan aplikasi sudah digunakan sejak dulu. Namun, penggunaan aplikasi sendiri cenderung digunakan oleh sebuah bisnis yang bergerak di bidang tertentu. Berbeda dengan aplikasi saat ini yang bisa digunakan untuk bisnis kecil sekalipun.

Semenjak kemunculan smartphone, penggunaan aplikasi untuk kehidupan sehari-hari makin sering digunakan. Saat ini, masyarakat pasti tidak asing dengan aplikasi media sosial, aplikasi produktivitas hingga aplikasi untuk bekerja sekalipun. Jadi sebenarnya, kemunculan aplikasi untuk bisnis rasanya tidak mengherankan.

Saat menjalankan sebuah bisnis online, banyak variabel yang harus dipikirkan. Sebut saja mengelola pesanan yang terkadang bisa membuat kewalahan, membalas chat pelanggan hingga perihal stok barang yang ada di penyimpanan. Jika kamu tidak mengerti dan tidak mempunyai pengalaman dalam hal tersebut, bukan tidak mungkin hal tersebut akan menyulitkan dan menghambatmu.

Saat ini sudah banyak aplikasi yang tersedia untuk membantu mempermudah dalam menjalankan berbagai tugas yang harus kamu lakukan ketika menjalani bisnis tersebut. Salah satu yang paling sering digunakan saat ini adalah aplikasi stok barang. Hal tersebut rasanya tidak mengherankan mengingat pencatatan stok barang dan sebagainya bukanlah merupakan sebuah proses yang sederhana.

Baca Juga 
Kartu Persediaan Barang: Arti, Contoh, dan Fungsinya

Baca Juga:7 Kelebihan Memakai Aplikasi Stok Barang untuk Bisnis

Pencatatan stok barang juga membutuhkan waktu yang tak sebentar, apalagi untuk bisnis yang skalanya cukup besar, di mana stok barang erat kaitannya dengan penjualan. Ketika stok barang sudah habis, maka tidak ada produk yang bisa dijual lagi. Bahkan ketika stok barang baku tidak sesuai dengan yang dibutuhkan, maka proses produksi sendiri tidak bisa dilanjutkan kembali.

Hal-hal tersebut tentu akan sangat mengganggu bagi sebuah bisnis. Proses penjualan bisa tersendat, bahkan pendapatan yang didapat bisa berkurang. Hal-hal tersebut tentunya tidak baik bagi bisnis. Alasan tersebut adalah mengapa kamu sebaiknya menggunakan aplikasi stok barang untuk bisnis.

Tonton Juga: Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

Manfaat Aplikasi Stok Barang untuk Bisnis

Aplikasi stok barang sendiri cukup bermanfaat bagi bisnis, apalagi masalah update stok barang akan cukup menyulitkan jika dilakukan secara manual. Dengan menggunakan aplikasi stok barang seperti yang tersedia di SmartSeller, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut yang bermanfaat bagi bisnis

  • Mengatur Varian Stok Produk

Dengan menggunakan aplikasi stok barang, kamu dapat mengatur varian stok produk yang tersedia di kanal jualanmu. Hal ini tentu akan sangat membantu terutama jika kamu menjual produk yang cukup bervariasi. Melakukan update secara manual tidak hanya akan memakan waktu, potensi terjadinya kesalahan juga cukup besar.

Menggunakan aplikasi akan membantumu untuk mengatur inventori tersebut di satu tempat yang sama untuk mempermudah kamu dalam melihat stok yang ada. Selain itu, aplikasi juga akan membantu memperbaharui stok barang yang kamu miliki pada setiap kanal yang kamu miliki. Hal tersebut akan membuat para pengunjung kanalmu akan mudah melihat stok yang tersedia.

Baca Juga 
Cara Memulai Bisnis Jilbab Produksi Sendiri Supaya Untung Maksimal

Aplikasi Stok Barang

  • Melihat Arus Stok Barang

Arus stok barang yang ada terkadang cukup merepotkan jika tidak menggunakan sebuah sistem, apalagi jika transaksi yang terjadi cukup sering. Ketika tidak ada sistem yang digunakan, akan cukup sulit bagi kamu untuk melihat riwayat arus stok barang yang keluar masuk di bisnis.

Dengan menggunakan aplikasi stok barang, kamu dapat melihat riwayat barang yang keluar masuk pada inventori. Dengan begitu, kamu bisa memantau jika sewaktu-waktu kamu membutuhkannya. Terlebih, kesalahan bisa saja terjadi saat proses barang masuk atau keluar dari inventori.

  • Memusatkan Stok untuk Berbagai Kanal

Saat ini berjualan online bukan sekedar di satu platform saja, tapi bisa berjualan di berbagai kanal yang tersedia. Namun, biasanya penjualan satu kanal tidak selalu sama dengan kanal yang lain. Biasanya sebuah bisnis mempunyai kanal yang lebih sering dikunjungi oleh para pengunjung bisnis onlinenya.

Hal-hal tersebut bisa diantisipasi dengan menggunakan aplikasi stok barang. Dengan stok yang terpusat, kamu bisa mengalokasikan berapa banyak stok untuk setiap kanal hanya melalui aplikasi. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengatur secara manual stok yang diperlukan bagi kanal tertentu dan tidak menghambat penjualan.

Aplikasi Stok Barang

  • Mengelola Berbagai Gudang

Seperti yang disebutkan di atas, aplikasi stok barang ini akan semakin menolong jika bisnis tersebut sudah semakin besar dan kewalahan. Tak jarang juga ada bisnis yang mempunyai gudang lebih dari satu karena satu gudang tidak cukup untuk memuat bahan baku ataupun barang jadi yang ia miliki.

Mengelola dua gudang atau lebih juga tidak menjadi masalah pada aplikasi stok barang. Justru pemilik bisnis akan merasa terbantu karena kedua gudang tersebut menjadi terintegrasi melalui satu aplikasi. Alhasil, kedua gudang tersebut bisa dipantau tanpa harus selalu kamu datangi dan periksa.

Baca Juga 
Pasti Cuan! Ini Jualan Paling Laris di Bulan Ramadhan

Baca Juga: Manajemen Stock Sesuai dengan Barang yang Dijual

  • Pengingat Stok

Karena berbagai alasan, seringkali terjadi miskomunikasi dan lain sebagainya yang membuat stok yang ada di inventori sudah terlanjur habis sebelum dapat diisi kembali. Hal-hal seperti ini tentunya akan merugikan untuk bisnis karena waktu sedetik pun akan sangat berharga. Belum lagi pembeli dapat merasa kecewa.

Dengan menggunakan aplikasi stok barang, kamu akan mendapatkan pengingat yang memberitahu bahwa stok tertentu yang kamu miliki sudah habis. Sehingga jika kamu sedang sibuk dengan suatu pekerjaan tertentu, kamu akan tetap tahu bahwa sebagian stok yang kamu miliki di inventori sudah habis.

  • Menyesuaikan Stok¬†

Aplikasi Stok Barang

Salah satu kegiatan yang erat kaitannya dengan stok adalah stok opname. Salah satu tujuan yang paling sering terjadinya adalah untuk menyesuaikan dan meminimalisir antara laporan yang ada serta laporan yang tercatat dalam suatu sistem. Dengan begitu, barang yang terdapat di inventori diperkirakan cukup serta kualitas yang ada terjaga.

Aplikasi stok barang juga tidak hanya membuat stok barang yang ada cukup untuk dijual atau proses produksi, tapi juga untuk memastikan kualitas produk tersebut selalu terjaga kualitasnya. Dengan begitu, keakuratan inventori dapat lebih terjaga sehingga hal tersebut tidak jadi memberi pengaruh kepada barang yang terjual.

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai aplikasi stok barang, SmartSeller. Aplikasi seperti SmartSeller cukup membantu para pelaku bisnis untuk mempermudah. Selain itu, masih ada beberapa fitur lainnya dari Smart Seller seperti manajemen pemasangan dan manajemen pengiriman yang bisa kamu gunakan untuk bisnis online selain manajemen inventori. Kunjungi SmartSeller untuk tahu info lebih lanjut mengenai aplikasi stok barang terdepan!