Ketika kamu mendirikan sebuah bisnis, baik online shop ataupun toko offline, nama toko yang bagus merupakan hal yang harus segera ditentukan di awal. Mengapa demikian? Karena nama toko nantinya akan menjadi sebuah identitas dari bisnismu, sehingga pelanggan akan mudah untuk mengingatnya.

Selain itu, nama toko juga akan berpengaruh pada bisnismu. Biasanya, pelanggan akan lebih mengingat nama toko jika dibandingkan dengan nama produk. Oleh karena itu, pemilihan nama toko yang bagus adalah hal yang penting. Nama toko yang bagus secara tidak langsung akan menjadi image dari bisnismu. Jadi, penting untuk mengimbanginya dengan pelayanan yang baik.

Faktanya, menentukan nama toko yang bagus untuk bisnis bukanlah suatu perkara yang mudah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dengan baik agar nantinya nama toko bisa tercipta dengan baik sesuai dengan representasi bisnis yang didirikan. 

 

Nah, kamu tidak perlu khawatir untuk menentukan nama toko yang bagus untuk bisnismu karena kamu sudah ada di artikel yang tepat! Yuk, baca sampai bawah untuk mengetahui beberapa tips membuat nama toko yang bagus untuk bisnis online shop ataupun toko offlinemu.

Nama Toko yang Bagus

Nama Toko yang Bagus itu Penting. Kenapa?

Terdapat beberapa alasan mengapa penentuan nama toko untuk sebuah bisnis itu penting. Berikut penjelasannya.

1. Membuat Bisnis Lebih Dikenal

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, nama toko yang bagus itu penting agar pelanggan bisa lebih mudah untuk mengingat bisnismu. Dengan begitu, proses penyebaran informasi nantinya akan lebih cepat. Terlebih lagi, jika kamu mengimbanginya dengan pelayanan prima dan kualitas produk yang bagus, pasti bisnismu akan laris dibeli pelanggan.

2. Mudah Dicari di Internet

Dengan memiliki nama toko yang bagus, otomatis akan memudahkan mesin pencarian untuk menggali informasi tentang bisnismu. Di zaman serba digital saat ini, akan sangat menguntungkan jika informasi tentang bisnismu bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian. Jadi, kamu harus pelan-pelan membangun branding bisnis terlebih dahulu. 

Baca Juga 
Inventory Management adalah: Tujuan dan Sistem Metodenya

Baca juga : Tips dan Cara Berjualan Online untuk Produk Digital

3. Mudah Mendapat Pelanggan Baru

Nama toko yang bagus juga akan memudahkan bisnismu untuk mendapatkan pelanggan baru. Saat ini, hal-hal yang sedang booming sangat diminati oleh banyak orang, terutama jika bisnis yang kamu jalani adalah bisnis makanan atau minuman yang enak. Dari sini, lagi-lagi informasi akan cepat tersebar dan nantinya akan mendatangkan pelanggan baru.

Nama Toko yang Bagus

Beberapa Ketentuan Nama Toko yang Bagus

Terdapat beberapa ketentuan untuk menciptakan nama toko yang bagus untuk bisnis online shop ataupun toko offlinemu. Berikut penjelasannya.

1. Mempunyai History 

Dibalik nama toko dalam sebuah bisnis, pastinya akan ada sejarah atau cerita yang memprakarsainya. Dari nama toko yang kamu gunakan nantinya, secara tidak langsung kamu akan menceritakan background atau history dari bisnismu. Hal ini akan membuat kamu menyatu dengan bisnismu, sehingga dalam mengembangkannya akan jadi lebih mudah. 

2. Memiliki Pesan yang Jelas

Sebuah nama toko yang bagus harus tersirat pesan yang jelas yang ingin disampaikan kepada pelanggan. Sebisa mungkin, kamu harus menentukan nama toko sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Dari sini, akan menimbulkan pesan yang jelas. Misalnya, jika bisnismu adalah bisnis kuliner, kamu bisa menggunakan kata-kata seperti enak, lezat, dan lain-lain. Nah, kata-kata tersebut tidak cocok jika digunakan pada bisnis lainnya, seperti bisnis toko bangunan. 

Tonton juga : #SellerStory Zalona Store : Rahasia Sukses Bisnis Online Fashion Hijab

3. Mengikuti Trend

Nama toko yang akan digunakan dalam sebuah bisnis sebisa mungkin harus mengikuti trend saat ini. Trend yang dimaksud di sini bukan hal yang sedang viral, tapi harus mengikuti perkembangan zaman agar tidak terlihat jadul.

Baca Juga 
Harus Tahu! Ini Cara Membuat Web untuk Jualan Online

4. Mudah Diingat

Sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nama toko untuk sebuah bisnis harus mengandung kata-kata yang mudah diingat oleh pelanggan. Jangan membuat nama toko dengan pilihan kata yang sulit karena nantinya akan membuat pelanggan lupa.

5. Asli Buatan Sendiri dan Tidak Menjiplak

Ketentuan yang paling penting dalam menentukan nama toko yaitu jangan menggunakan nama dari bisnis lain. Sebisa mungkin, gunakanlah nama toko asli buatanmu sendiri agar terhindar dari permasalahan hukum nantinya. Kamu bisa melakukan riset, kira-kira nama apa saja yang sudah terdaftar dan dipatenkan di HAKI (Hak Kekayaan Intelektual).

Nama Toko yang Bagus

Tips Menentukan Nama Toko yang Bagus

Setelah mengetahui pentingnya nama toko yang bagus untuk bisnis serta beberapa ketentuan yang harus diperhatikan dalam menentukannya, kini saatnya kamu mengetahui beberapa tips menentukan nama toko untuk bisnismu. Berikut penjelasannya.

1. Gunakan Gabungan dari Dua Kata atau Lebih

Tips pertama dalam menentukan nama toko untuk bisnis yaitu dengan menggunakan gabungan dari dua kata atau lebih. Kata tersebut bisa kamu ambil dari berbagai macam inspirasi, seperti nama pemilik bisnis, jenis barang yang dijual, dan lain sebagainya. Meski demikian, usahakan membuat nama toko hanya terdiri dari dua kata saja agar tidak terlalu panjang.

Baca juga : Ini Cara Mempromosikan Produk agar Usaha Laris Manis

2. Menyelipkan Produk atau Jasa yang Ditawarkan

Tips selanjutnya dalam menentukan nama toko untuk bisnis yaitu dengan menyertakan jenis produk atau jasa pada bisnismu. Biasanya, tips ini banyak digunakan pada online shop agar memperjelas fokus dari bisnis. Contoh nama toko yang mewakili produk atau jasa yang ditawarkan seperti Korean Food, Miaw Petshop, dan lain sebagainya.

3. Mewakili Industri Bisnis

Tips ketiga dalam menentukan nama toko untuk bisnis yaitu dengan menyertakan fokus dari bisnis yang dijalankan. Misalnya, bisnis yang kamu jalankan adalah bisnis kuliner. Jadi, kamu bisa menuliskan kata awal nama toko sesuai dengan yang kamu inginkan lalu kata selanjutnya yaitu food yang berarti menjual makanan. 

Baca Juga 
Buat Customermu Balik Lagi dengan Tips Simple Ini

Nama Toko yang Bagus

4. Menyertakan Nama Kota

Menambahkan nama kota atau daerah dalam nama toko adalah hal yang banyak diterapkan oleh para pebisnis, khususnya para pemilik online shop. Hal ini diterapkan agar pelanggan tau lokasi toko tersebut terletak di mana. Selain itu, nama kota ditambahkan dalam toko bertujuan agar produk yang dijual akan mendapatkan ciri khas berasal dari suatu kota tertentu. Hal ini akan membuat pelanggan dapat mengingat sebuah bisnis.

Nah, itu tadi beberapa tips menentukan nama toko yang bagus untuk bisnis online shop ataupun toko offline, beberapa ketentuan yang harus diingat sebelum menentukan nama toko, dan alasan mengapa nama toko yang bagus adalah hal penting yang harus diterapkan. Setelah menentukan nama toko untuk bisnis dan berhasil menjalankannya, jangan lupa untuk memperhatikan kualitas dan pelayanan dari produk yang ditawarkan agar dapat semakin diingat oleh pelanggan.

Selain penentuan nama toko, pengelolaan bisnis yang baik adalah hal yang harus diterapkan jika ingin bisnismu bisa lebih berkembang. Banyak cara yang dapat kamu lakukan agar pengelolaan bisnis bisa lebih baik, salah satunya yaitu dengan menggunakan SmartSeller.

Di SmartSeller, terdapat fitur marketplace integration yang dapat membantumu mengelola stok barang jika kamu berjualan di banyak marketplace. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot untuk membuka masing-masing marketplace karena di SmartSeller semuanya bisa dilakukan jadi satu!

Selain itu, jika kamu ingin mencoba bisnis lain dengan menjadi reseller, SmartSeller adalah platform yang tepat untuk digunakan karena menyediakan banyak seller berkualitas dan terpercaya. Yuk, cobain pakai SmartSeller sekarang juga!