Kini, sering kali mendengar kata custom order dalam pilihan saat belanja online. Perlu diketahui custom order artinya pembeli dapat memilih produk sesuai dengan keinginannya. Mulai dari warna, ukuran, bahan, dan lainnya tergantung dengan produk apa yang akan dipesan. Kemudian, penjual akan memprosesnya dengan jangka waktu yang telah disepakati sebelumnya. 

Hal ini didorong dengan adanya perkembangan zaman, di mana kebutuh manusia pun semakin bervariasi. Misalnya saja, pada selera dalam satu produk, saat ini banyak pelanggan yang menginginkan berbagai macam corak dengan bahan produk ataupun warna yang berbeda. Untuk itu, custom order artinya, dapat menjadi salah satu layanan bisnis online yang tersedia guna bisa memenuhi kepuasaan pelanggan.

Custom order bagi Pebisnis

Oleh karena itu, custom order artinya dapat membebaskan pelanggan dalam memilih produk yang sesuai dengan keinginannya. Tak hanya perseorangan, custom order ini juga dapat dilakukan oleh komunitas, lembaga, atau organisasi. Contohnya pemesanan merchandise, biasanya pelanggan ingin meng-custom produk dengan desain yang mereka buat.

Untuk itu, custom order artinya memberikan banyak peluang bagi pebisnis guna memaksimalkan layanan yang lebih terikat dan dekat terhadap konsumen. Sebab, bagi pebisnis custom order artinya dapat dilakukan kapan saja, karena permintaan pelanggan pun akan selalu ada. 

Bagi pebisnis pemula, jualan custom order ini bisa menjadi langkah awal yang baik. Dikarenakan, kamu tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu besar. 

Nantinya, pelanggan bisa langsung membayar biaya pembuatan atau dapat melakukan DP (Down Payment) sesuai besaran yang sudah ditetapkan oleh penjual. Biasanya, waktu pengerjaan layanan custom order ini membutuhkan waktu hingga maksimal tiga minggu. 

Bagi pebisnis yang hendak mengelola layanan custom order artinya perlu mengetahui cara mengambil peluang dari layanan yang dikelola. Bisnis ini tentu saja memiliki prospek yang bagus dan mampu dijalankan kapan pun, sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Terlebih, di era saat ini, konsumen dapat memiliki produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka. 

Baca Juga 
Percobaan Pengiriman Paket Gagal? Ini Cara Meminimalisirnya

Keunggulan Custom Order

Custom Order artinya

Custom order artinya memberikan kemudahan pada para pelanggan ini pun memberikan berbagai keunggulan bagi para pelaku bisnisnya. Apa saja keunggulan yang bisa kamu rasakan jika membuka layanan custom order ini? Yuk simak berbagai keunggulannya, berikut ini. 

  • Modal yang Tidak Terlalu Besar

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dengan layanan custom order bisa dilakukan kesepakatan antara penjual dan pembeli untuk melakukan pembayaran di muka yang dapat digunakan sebagai modal. Dengan begitu, bagi pebisnis yang ingin memulai membuka layanan custom order tak perlu harap-harap cemas, sebab modal yang dikeluarkan pun tidak terlalu besar. 

Hal ini karena modal yang paling utama adalah inovasi dan kreativitas dikarenakan custom order artinya dapat memenuhi berbagai keinginan pelanggan. Selain itu, dalam mengelola layanan custom order artinya mampu menarik perhatian konsumen dengan produk yang tidak biasa atau unik, sehingga dibutuhkan inovasi. Oleh karena itu, modal lainnya dalam layanan custom order adalah kemampuan desain. 

Sebab, meski custom order memproduksi sesuai pesanan pelanggan, mereka pun membutuhkan contoh produk yang telah di-custom guna mengetahui gaya kustomisasi yang dilakukan. Bisa juga digunakan untuk properti promosi. 

Baca juga: 5 Aspek Pemasaran yang Menjadi Kunci Keberhasilan Bisnis

  • Barang tidak Menumpuk

Custom Order artinya

Lantaran produksi barang mengikuti permintaan konsumen, sehingga layanan custom order artinya dapat meminimalisir penumpukan barang di gudang. Selain itu, risiko barang yang tidak terjual juga bisa diminamalisir.

Tak hanya itu, dengan proses pengerjaan yang cukup cepat dan dilakukan secara massal, maka membuat produk bisa cepat laku terjual lantaran produk dibuat terbatas. Kamu juga bisa bekerja sama dengan supplier berbahan baku produk white label atau yang menyediakan produk polosan. Jadi, kamu dapat melakukan kerja sama dengan mereka untuk meningkatkan produktivitas.

  • Risiko yang Minim

Custom Order artinya

Modal terjangkau hingga produk yang dibuat terbatas membuat custom order artinya dapat meminimalisir risiko. Sehingga, bagi pelaku bisnis online tidak perlu khawatir akan mengalami kerugian bahan baku. Hal ini lantaran kamu tidak perlu menyetok barang dengan jumlah besar, melainkan memproduksinya sesuai dengan permintaan konsumen.

  • Dapat Diakses secara Online dan Offline

Custom Order artinya

Custom order artinya melakukan produksi sesuai permintaan pelanggan, sehingga bagi kamu yang belum memiliki tempat usaha secara resmi, dapat mengerjakannya di rumah dan menjualnya secara online atau daring. 

Baca Juga 
Begini Tips Jadi Reseller Tanpa Modal, Yuk Mulai Usaha

Dengan menjual secara daring, tentu kamu juga perlu ekstra untuk mempromosikan dagangan secara gila-gilaan dengan menawarkannya melalui platform resmi pada konsumen. Platform tersebut nantinya bisa diisi dengan contoh produk yang dapat dan telah dibuat guna gambaran pelanggan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu aktif memeriksa fitur obrolan agar konsumen cepat mendapat jawaban dari berbagai pertanyaan. 

Namun, bagi kamu yang sudah memiliki tempat resmi, dapat memberikan pilihan kepada pelanggan untuk datang langsung ke lokasi pembuatan juga. Dengan begitu, konsumen akan lebih leluasa berkonsultasi mulai dari jenis bahan, ukuran, warna, hingga jumlah produk yang diinginkan.

  • Bisa Menyediakan Berbagai Macam Produk

Custom Order artinya

Lantaran bersifat tidak tetap atau mengikuti kebutuhan konsumen, custom order artinya bisa menyediakan berbagai macam produk. Tentu saja hal ini cukup menarik karena kamu bisa menjawab kebutuhan dan keinginan pasar, hingga mengikuti tren yang ada. 

Akan tetapi, tentu saja, kamu juga perlu melakukan riset mendalam agar produk yang kamu sediakan tidak hanya sekadar bertahan sesaat.

Tips-Tips Jitu Mengelola layanan Custom Order

Custom Order artinya

Custom order artinya pelanggan dapat memesan produk sesuai dengan keinginan dan kepuasannya ini berarti pebisnis harus bisa menentukan apa yang menjawab keinginan dari para konsumennya. 

Untuk itu, sebelum memulai layanan custom order, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu tips-tips yang bisa diterapkan agar bisnis semakin berjalan lancar. Di antaranya, menentukan tema yang dapat membantu gaya sehingga branding dan promosi menjadi tepat. 

Lalu, mencari supplier untuk bekerja sama dalam proses produksi agar menjadi lebih mudah, cek juga kualitas yang disediakan oleh supplier. Kemudian, dengarkan keinginan konsumen dan buka website atau toko online guna mendukung custom order artinya bisa dilakukan kapan saja. 

Baca Juga 
Jualan Online Kurang Lancar? Mungkin ini Penyebabnya

Baca juga: Gak Susah, Ini Cara Mudah Buat Toko Online untuk Pemula

Membuka website atau toko online dalam layanan custom order ini tentu dapat membantu promosi yang dilakukan dan memudahkan para pelanggan lainnya. Jika, kamu bingung bagaimana mengelolanya, kamu bisa meminta bantuan pada aplikasi SmartSeller

Aplikasi satu ini memudahkan proses jualan usahamu mulai dari atur transaksi hingga stok barang melalui berbagai fitur yang disediakan. Memudahkan pebisnis untuk mengecek tokonya dari mana saja, sesuai dengan layanan custom order artinya pelanggan bisa kapan saja untuk memesan. 

Kemudahan ini salah satunya bisa didapatkan melalui fitur private order system, di mana fitur ini membantu konsumen ataupun reseller menjadi lebih mudah dalam mengakses katalog produk, lihat stok realtime, dan pemesanan langsung dengan pilihan pembayaran. Menarik bukan? Informasi lebih lanjut bisa kamu cek di sini, ya!