Kalau kamu jualan makanan, kamu perlu meletakkan caption jualan makanan yang menarik. Hal itu karena banyak orang tertarik mencoba karena tulisan yang menarik hati mereka. Apalagi sudah banyak penjual makanan dengan jenis makanan yang serupa. Kamu harus berlomba dalam memberikan keunikan seperti caption jualan makanan sehingga ada daya tarik sendiri bagi produk makanan yang kamu jual.

Semenjak pandemi melanda dunia, banyak sekali perubahan yang kemudian terjadi di dunia. Bukan hanya berdampak di sisi kesehatan, namun juga sisi lainnya. Mobilitas masyarakat jadi lebih terbatas, bahkan ketika kasus sudah menurun masyarakat tetap sedikit was-was. Belum lagi dampaknya pada lapangan pekerjaan. 

Banyak masyarakat yang harus rela gajinya dipotong saat pandemi karena keadaan ekonomi yang tak menentu, bahkan ada yang harus rela diputuskan kontrak kerjanya karena perusahaan bangkrut atau sudah tidak bisa menggajinya lagi. Hal tersebut membuat mereka harus memutar otak untuk mencari nafkah. Apalagi mobilitas dibatasi. Karena itu, ketika pandemi melanda belakangan, e-commerce meledak.

Belanja online seperti e-commerce sebenarnya bukan barang baru, namun karena pandemi belanja online semakin diminati. Kamu tidak perlu repot-repot untuk keluar dan was-was dengan virus. Kamu cukup duduk manis di rumah memilih barang yang ingin kamu beli. Apalagi metode pembayaran juga semakin beragam. Kamu bisa menggunakan dompet digital atau justru COD (Cash On Delivery) saat barang sampai.

Tak hanya pada pembelian, pandemi juga berpengaruh pada penjualan online. Banyak masyarakat yang beralih berjualan online baik untuk sesaat maupun dilakukan penuh waktu. Hal tersebut tak lepas dari berjualan online yang jauh lebih fleksibel secara waktu maupun biaya. Barang yang dijual secara online pun macam-macam. Tapi salah satu yang menjadi pilihan adalah menjual makanan online.

Baca Juga: Ide-Ide Usaha Makanan Kekinian yang Bikin Bisnis Cuan

Menjual Makanan Online

Makanan adalah hal yang selalu dibutuhkan oleh manusia. Bahkan manusia saja dianjurkan untuk makan 3 kali sehari. Karena itu, menjual makanan adalah salah satu ide yang logis dan rasional. Hal itu membuat banyak masyarakat yang menjual makanan saat pandemi. Bahkan di media sosial, kamu akan sering melihat orang menjual makanan pre-order yang harus dipesan sebelumnya. Pre-order membuat makanan yang dipesan bisa dimasak sesuai waktu pengiriman sehingga ketika sampai makanan akan tetap lezat.

Tapi menjual makanan secara online juga bukannya lebih mudah. Justru karena makanan itu rasanya lebih subjektif, kamu perlu melakukan promosi yang lumayan gencar. Hal itu dikarenakan orang jauh lebih skeptis membeli makanan secara online karena belum tentu cocok dengan lidah mereka. Karena itu, elemen lain saat jualan online diperlukan. Salah satunya adalah caption jualan makanan.

Caption sendiri merupakan salah satu elemen saat berjualan online yang perlu kamu penuhi. Banyak elemen lain yang penting saat berjualan online, sebut saja foto yang berkualitas. Tapi caption juga kalah pentingnya. Apalagi jika kamu berjualan di media sosial seperti Instagram. Kamu sudah harus menggunakan caption jualan makanan yang menarik agar calon pembeli jadi semakin ingin untuk membeli makanan yang kamu jual.

Tips Membuat Caption Jualan Makanan

Berikut adalah tips dalam membuat caption jualan makanan. 

Informatif

Tips caption jualan makanan yang pertama adalah informatif. Terkadang, belanja online bisa sangat menyulitkan karena kita tidak bisa melihat produk secara langsung. Oleh karena itu, banyak masyarakat melihat caption agar dapat tahu informasi mengenai produk tersebut. Di situlah pentingnya caption.

Tiap orang mempunyai kondisi yang berbeda, misalnya alergi. Ada orang yang alergi dengan produk susu sehingga ia mencari tahu bahan baku dari produk makanan tersebut. Atau justru ketika orang tersebut mempunyai makanan tertentu seperti vegan yang tidak memakan makanan yang berasal dari hewan maupun turunannya. Dengan begitu, mereka mendapat informasi yang penting mengenai produkmu. Kamu dapat menggunakan caption jualan makanan seperti: “Terbuat dari bahan-bahan asli, produk ini menggunakan susu kedelai.”

Interaktif

Kamu nggak harus selalu memberikan kesan serius saat membuat caption jualan makanan. Kamu juga bisa menjadi playful. Karena media sosial saat ini lebih interaktif, bahkan para artis terkadang lebih interaktif dalam akun media sosial pribadinya. Oleh karena itu, kamu dapat menggunakan caption jualan makanan yang membuat orang bisa terlibat di dalamnya.

Caption jualan makanan seperti “Wah kalau lagi dingin-dingin gini enaknya sambil makan bakso ‘A’. Kalau kalian sukanya ngapain?” caption jualan makanan seperti itu akan mengundang para pengikut untuk memberikan komen pada postingan tersebut. Hal tersebut juga akan berpengaruh pada engagement kamu. Bahkan tak jarang admin media sosial membalas komen yang diberikan oleh pengunjung.

Caption Jualan Makanan

Diksi yang Cocok

Ketika membuat caption jualan makanan, kamu juga harus mempertimbangkan diksi yang kamu gunakan. Hal tersebut berkaitan dengan target pasar yang kamu tuju. Jangan sampai kamu menggunakan bahasa yang tidak dimengerti oleh target pasar kamu. Contohnya jika produk kamu mempunyai target untuk mahasiswa dan anak sekolah, kamu bisa menggunakan bahasa yang mereka pahami. Misalnya, “Makanan ini cocok banget buat kamu yang lagi staycation bareng sahabat kamu, lho!” 

Begitu pula jika target kamu lebih luas. Sebaiknya menggunakan bahasa yang nyaman digunakan dan didengar semua usia. Jangan sampai nanti pengunjung menjadi bingung. Selain itu, gunakan kata-kata yang sopan dan halus agar tidak ada yang merasa tersinggung. Jangan sampai malah bisnis kamu jadi viral karena hal yang tidak baik!

Hindari Pakai Kata-Kata Cheesy

Selain itu, caption jualan makanan yang menarik adalah jika kamu tidak memakai kata-kata yang cheesy. Jangan gunakan kata-kata seperti ‘paling enak’ ataupun ‘nomor 1’ kecuali kata-kata tersebut diberikan oleh pelanggan. Karena dengan menggunakan kata-kata seperti itu, kamu akan memberikan ekspektasi yang sangat tinggi pada pengunjung. Kalau ternyata tidak sesuai dengan selera mereka justru hal tersebut akan menjadi bumerang.

Caption Jualan Makanan

Tuliskan Keunggulan Produk

Caption jualan makanan yang baik biasanya memberikan keunggulan produk yang dimiliki. Terlebih, produk makanan mempunyai pesaing yang banyak. Bahkan makanan jualan online seperti kimbap misalnya, tiap bisnis tentu mempunyai kelebihannya masing-masing. Karena itu, dengan menuliskan keunggulan produk kamu pada caption jualan makanan bisa jadi pembeda kamu dengan kompetitor.

Caption jualan makanan seperti “Dibuat dari bahan-bahan organik yang dikirim langsung dari perkebunan XXX” bisa jadi pembeda untuk pengunjung. Hal tersebut jauh lebih baik daripada kamu mengunggulkan produk kamu tanpa menjelaskan lebih lanjut mengapa para pengunjung harus memilih produk yang kamu jual.

Caption Jualan Makanan

Demikian penjelasan singkat mengenai caption jualan makanan. Masih banyak lagi yang bisa kamu temukan jika kamu sering melihat-lihat akun media sosial, terutama dari akun besar yang berjualan. Dari situ, kamu bisa belajar banyak. Apalagi akun media sosial besar biasanya dipegang oleh professional yang sudah berpengalaman di bidang media sosial.

Baca Juga: 7 Tips Sukses Menjadi Reseller Makanan untuk Pemula

Untuk sistem pelayanan jualan online kamu, kamu juga perlu pakai yang profesional, jangan sampai kamu kewalahan. Dengan SmartSeller, kamu bisa dapat satu dashboard untuk mengendalikan jualan online kamu di manapun. Termasuk manajemen order  sehingga kamu nggak keteteran mengaturnya. Langsung aja kunjungi SmartSeller ya!