Memiliki usaha di bidang produk digital memerlukan cara berjualan online yang sedikit berbeda dengan produk non digital. Ini karena produk digital memerlukan cara pemasaran yang sedikit berbeda dan cara menjual yang berbeda juga. Jenis produk digital yang bervariasi juga mempengaruhi proses penjualan dan pemasaran yang perlu dilakukan.

Cara berjualan online produk digital juga tidak bisa sembarangan. Kamu perlu strategi yang khusus agar bisa terjual dengan laris dan menarik perhatian lebih banyak pelanggan. Selain itu kamu akan memerlukan tempat berjualan yang spesifik untuk produk digital. Ini karena berjualan produk digital juga memerlukan kepercayaan yang tinggi. Oleh karena itu, tempat berjualan produk digital tidak bisa disamakan dengan produk non digital.

 

Daftar Platform yang Cocok untuk Jualan Produk Digital

Cara Berjualan Online

Setiap proses berjualan dalam suatu usaha pasti memerlukan perencanaan yang matang. Salah satu perencanaan tersebut adalah memilih target pasar yang pas dan tempat berjualan yang sesuai. Perencanaan ini berlaku baik untuk produk digital maupun non digital. Memilih lokasi berjualan yang paling pas dan sesuai dengan produk juga bisa membantu meningkatkan penjualan dengan pesat.

Baca Juga: Cara Mempromosikan Produk agar Laris Manis Terjual

Karena cara berjualan online produk digital memerlukan tempat yang khusus, kamu bisa menggunakan beberapa daftar platform yang bisa digunakan untuk berjualan online berikut ini:

  • Sellfy

Platform Sellfy sangat cocok digunakan untuk berjualan produk digital yang perlu diunduh. Mulai dari komik, ebook, video, hingga musik bisa dijual dengan mudah di platform ini. Tampilan Sellfy juga mudah digunakan dan memudahkan setiap pelanggan untuk mengunduh beragam format yang diperlukan. Jadi, Sellfy akan sangat cocok untuk kamu yang menjual produk digital dengan kategori tersebut.

  • Podia

Selanjutnya adalah Podia yang cocok untuk digunakan berjualan produk digital berbentuk kursus online, langganan, dan juga produk digital yang bisa diunduh. Podia juga memudahkan pengguna untuk memulai proyek kerja sehingga sangat cocok digunakan untuk berjualan kursus dan webinar. Di Podia akan lebih mudah berjualan produk berbentuk langganan atau kursus secara online karena fiturnya yang memadai untuk produk tersebut.

  • Shopify

Shopify adalah platform berjualan secara online yang memudahkan penggunanya untuk membuat website untuk toko pribadi usaha milik mereka. Tampilannya yang mudah digunakan juga memudahkan pengguna untuk mengatur tampilan toko. Pelanggan bisa membeli produk digital maupun non digital karena fitur Shopify yang mudah digunakan. Kamu bisa membuat website untuk toko pribadi lewat Shopify dengan mudah dan menjual produk digital yang kamu buat.

  • Gumroad

Cara Berjualan Online

Gumroad adalah platform yang menjembatani produk dan pelanggan dengan cara yang sederhana. Gumroad bisa dihubungkan dengan website pribadi usahamu agar pelanggan bisa langsung berbelanja dengan mudah dan secara langsung. Tentunya Gumroad juga bisa digunakan sebagai platform berjualan yang bisa digunakan sendiri tanpa dihubungkan dengan website, sehingga kamu bisa membuat pilihan yang bisa disesuaikan oleh produk dan jenis usaha. 

  • Thinkific

Thinkific adalah platform yang sangat cocok untuk digunakan berjualan kursus online. Fitur yang ada pada Thinkific memudahkan pengguna membuat kursus online, memasarkan dan juga menjual kursus tersebut kepada pelanggan dalam bentuk langganan maupun beli putus. Ini membuat Thinkific menjadi pilihan tepat untuk pemula bisnis produk digital, apalagi tampilannya sangat mudah diatur dan dipahami.

Baca Juga 
TikTok Shop Seller Center: Cara Daftar dan Berjualan

 

Tips dan Cara Berjualan Online Produk Digital

Cara Berjualan Online

Cara berjualan online untuk produk digital tidak bisa disamakan dengan produk non digital. Jenis produk yang berbeda tersebut membuat strategi yang perlu dipilih cukup berbeda juga. Berikut ini adalah beberapa tips dan cara berjualan online untuk produk digital yang bisa kamu ikuti:

  • Pilih Teks dan Gambar yang Sesuai

Satu-satunya cara menarik perhatian pelanggan terhadap suatu produk digital adalah melalui layar. Baik itu layar smartphone maupun layar komputer. Maka dari itu, kamu perlu memilih teks dan gambar yang sesuai dan tidak terlalu rumit untuk para pelanggan. Misalnya dengan memilih font yang mudah dibaca dan desain yang tidak terlalu banyak warna terang bersamaan. Ini adalah salah satu cara meningkatkan tampilan visual lewat layar dan menarik perhatian pelanggan agar mereka percaya dengan produk digital yang kamu jual.

  • Spesifikasi Produk yang Jelas

Membuat spesifikasi produk yang jelas adalah salah satu cara berjualan online produk digital yang juga tidak bisa dilewatkan. Spesifikasi yang jelas akan memberikan gambaran yang jelas juga di mata calon pembeli. Mereka bisa memperkirakan apa yang akan mereka dapat dengan membeli produk digital tersebut. Misalnya jika kamu menjual kursus secara online, kamu perlu menjelaskan spesifikasi dari apa saja yang diajarkan dalam kursus tersebut. Pastikan penjelasan spesifikasi produk juga cukup detail dan akurat. Misalnya seperti daftar apa saja yang akan dipelajari, tujuan dari pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan. Ini akan membuat calon pembeli lebih mengetahui produk yang akan mereka pilih.

Tonton Juga: #SellerStory Uno Shop yang Memanfaatkan Era Digital untuk Mengembangkan Bisnis

 

  • Berikan Demo atau Preview Kepada Pelanggan

Cara Berjualan Online

Memberikan demo produk atau pratinjau kepada calon pembeli akan membantu meningkatkan promosi penjualan produk digital usahamu. Kamu bisa menunjukkan produkmu lewat video atau secara live agar calon pembeli bisa melihat secara langsung apa yang unik dari produkmu. Bisa juga kamu menunjukkan proses pembuatan produkmu. Misalnya, jika kamu menjual karya seni lukisan secara digital, kamu bisa memperlihatkan tahap dan prosesnya sebagian untuk menarik perhatian calon pembeli. Ini bisa menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat cocok.

  • Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial tetap menjadi salah satu cara berjualan online  yang paling terjangkau untuk setiap bisnis. Semakin banyaknya pengguna media sosial di era digital saat ini, maka semakin besar juga peluang usahamu menarik perhatian calon pembeli. Pastikan kamu memilih media sosial yang paling tepat untuk digunakan. Mengelola konten yang sesuai juga sangat diperlukan agar kamu bisa menjual produk digital dengan mudah.

  • Terlalu Fokus pada Spesifikasi

Saat membuat produk digital, kamu mungkin memaksimalkan proses pembuatannya. Spesifikasi yang kamu berikan pada produk tersebut sangat beragam sehingga kamu lupa bahwa suatu produk harus memenuhi manfaat yang diperlukan. Kamu perlu fokus pada manfaat dari produk digitalmu dibandingkan dengan spesifikasi produk. Memiliki spesifikasi produk yang terlalu mutakhir tapi tidak memberikan manfaat untuk pembeli justru akan membuat pembeli meninggalkan produkmu. Inilah alasan pentingnya fokus pada manfaat dan mengelola spesifikasi produk sesuai dengan keperluan.

Baca Juga 
Perkiraan Modal Usaha Sembako untuk Buka Usaha di Rumah

Cara berjualan online produk digital yang juga tidak bisa dilupakan adalah memanfaatkan iklan. Penggunaan iklan akan sangat membantu menaikkan trafik terhadap produk digitalmu. Apalagi produk digital adalah jenis produk yang hanya bisa dipasarkan secara online. Berbeda dengan produk non digital yang bisa ditunjukkan secara langsung.

Untuk setiap proses dan cara berjualan online produk digital, kamu bisa memanfaatkan aplikasi SmartSeller untuk mempermudah proses usahamu sehingga kamu bisa fokus pada hal lainnya. Fitur yang ada di Smartseller salah satunya adalah order management yang bisa mengatur pesanan usahamu dengan otomatis. Kamu bisa lebih fokus pada membuat produk digital berkualitas dan memasarkan produk digital tersebut. Fitur lain di SmartSeller bisa kamu coba juga seperti integrasi marketplace dan juga pengelolaan pengiriman. Yuk langsung saja cek SmartSeller sekarang!