Menjadi pebisnis, tentu saja beragam cara mempromosikan produk dilakukan agar dagangan bisa laris diborong pembeli. Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui cara mempromosikan produk yang efektif. Promosi produk menjadi satu proses dalam memasarkan produk baik berupa barang atau jasa kepada konsumen. Biasanya, penting bagi pelaku usaha untuk mempromosikan bisnis demi meningkatkan penjualan serta pendapatan.

Namun, jangan asal, sebab mengetahui cara mempromosikan produk yang menarik akan membuat konsumen jadi tertarik untuk mencari info produk dan juga membeli produk yang ditawarkan. 

Apa Itu Promosi Produk?

Sebelum mempelajari cara mempromosikan produk, sejatinya perlu memahami terlebih dahulu apa itu promosi produk. Promosi produk diketahui merupakan salah satu komunikasi pemasaran yang dikerjakan untuk memengaruhi, menyampaikan sesuatu, membujuk, serta meningkatkan pasar. 

Biasanya, perusahaan atau pebisnis merancang cara mempromosikan produk untuk menyoroti merek baru atau barang-barang tertentu kepada target pasar. Apalagi, di era digital saat ini, kegiatan promosi bisa dilakukan secara online melalui website atau media sosial. Hal tersebut tentu semakin memudahkan kamu dalam mempromosikan produk. Namun, dalam mengenalkan produk ini, perlu tata cara yang benar agar tepat sasaran. 

Untuk itu, yuk cari tahu bagaimana cara mempromosikan produk.

Tujuan Promosi

Cara mempromosikan produk memang perlu diketahui bagi pebisnis agar dagangan mereka laris. tetapi tak hanya itu saja, ada beberapa tujuan promosi yang perlu kamu ketahui sebagai berikut.

  • Branding

Cara Mempromosikan Produk

Salah satu tujuan penting dalam melakukan promosi ialah untuk branding. Jadi, promosi yang kamu lakukan dalam bisnismu adalah untuk membentuk citra atau kesan terhadap pelanggan sesuai yang mereka harapkan. Kemudian, agar branding usaha milikmu semakin dikenal oleh pelanggan, kamu harus melakukan promosi yang menarik dan unik dari pebisnis lainnya.

  • Menarik Perhatian Pembeli

Tujuan utama dari cara mempromosikan produk usaha untuk menjadi daya tarik kepada target konsumen. Nantinya, setelah pelanggan melihat promosi dari produk atau jasa, bisa membuat mereka semakin tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut.

Baca Juga 
6 Tips Sukses Membuka Bisnis Showroom Mobil Bekas

Baca juga: Target Market adalah Hal yang Wajib Diketahui Pebisnis

  • Meningkatkan Keuntungan

Selanjutnya, tujuan utama dari promosi produk adalah untuk mendapat keuntungan maksimal atau meningkatkan keuntungan perusahaan. Biasanya, keberhasilan dari proses promosi tersebut secara signifikan akan membuat keuntungan usahamu semakin meningkat.

  • Menyebarkan Informasi

Cara Mempromosikan Produk

Tujuan promosi usaha lainnya ialah mampu menyebarkan informasi kepada para pelanggan terkait produk atau jasa yang kamu tawarkan. Tak hanya itu juga, dengan menyebarkan informasi, kamu juga dapat memperoleh pelanggan baru, lho!

  • Mampu Bersaing dengan Kompetitor

Seiring berjalannya waktu, tak bisa dipungkiri bahwa kompetitor akan semakin terus berdatangan, khususnya bagi kamu yang menggeluti dunia bisnis. Nah, oleh karena itu, persaingan bisnis yang sengit ini harus kamu kelola dengan baik ketika mempromosikan produk atau jasa. Kamu hanya perlu melakukan cara mempromosikan produk secara menarik dan unik agar usahamu bisa tetap stabil, walau memiliki banyak pesaing.

 

Cara Mempromosikan Produk

Diketahui, promosi tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi antara perusahaan dengan konsumen, tetapi juga berfungsi sebagai alat untuk memengaruhi kegiatan jual beli. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara mempromosikan produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Berikut beberapa cara mempromosikan produk atau jasa agar makin laris pembeli.

  • Pakai Website Usaha

Di era digital ini, cara mempromosikan produk melalui internet sangat bagus untuk menarik pelanggan. Salah satu caranya, cobalah untuk menggunakan website resmi usahamu. Nantinya, pada website tersebut kamu bisa memberikan informasi tentang produk atau jasa yang kamu jalankan kepada pelanggan. Kamu juga bisa memanfaatkan teknik penulisan atau SEO (Search engine optimization) yang baik agar website milikmu bisa dengan mudah dicari oleh konsumen.

  • Posting di Media Sosial

Cara Mempromosikan Produk

Untuk semakin menarik perhatian konsumen, kamu bisa melakukan cara mempromosikan produk lewat media sosial. Hal ini menjadi salah satu cara yang efektif untuk memasarkan produk. Sebab, banyak orang yang mulai menggunakan media sosial untuk mencari produk atau jasa yang mereka inginkan.

Baca Juga 
Tetap Produktif Saat Bekerja dari Rumah? Lakukan Cara-cara Berikut!

Namun, kamu perlu menciptakan konten yang menarik agar target konsumen semakin tertarik dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. 

  • Email Marketing

Salah satu cara mempromosikan produk lainnya ialah dengan memanfaatkan email sebagai sarana promosi. Nantinya, dalam email tersebut kamu bisa memberikan informasi produk yang kamu tawarkan. Tak hanya tiu, kamu juga bisa menggaet konsumen dengan memberikan diskon melalui email.

Tonton juga: #SellerStory Uno Shop : Memanfaatkan era digital untuk mengembangkan bisnis

  • Diskon!

Diskon menjadi salah satu cara mempromosikan produk dengan maksimal. Sebab, pelanggan biasanya menanti-nantikan diskon dari usaha milikmu. Kamu juga bisa memanfaatkan beberapa jenis diskon agar semakin menarik pelanggan. Misalnya, dengan beli satu gratis satu, pengurangan harga, atau diskon dengan menggunakan persentase.

  • Giveaway

Selain memberikan diskon, biasanya cara mempromosikan produk dengan baik ialah melakukan giveaway atau memberikan hadiah gratis bagi konsumen. Tentu saja, akan ada banyak orang yang tertarik jika diberi hadiah gratis. Tak hanya itu, dengan memberikan giveaway bisa juga membantu meningkatkan jumlah pengikut di media sosial.

  • Terapkan Loyalty Program

Cara mempromosikan produk lainnya ialah dengan menetapkan loyalty program. Program ini biasanya akan memberikan promo atau diskon khusus bagi pelanggan setia. Jadi, selain mendapatkan pelanggan tetap, kamu juga bisa meningkatkan penjualan.

  • Gaet Influencer Hits!

Di zaman serba digital ini, kamu perlu lho untuk menggunakan jasa influencer. Sebab, influencer biasanya memiliki pengikut yang cukup banyak dan berpengaruh untuk menawarkan produk atau jasa. Tak hanya itu, influencer juga bisa membantumu untuk meningkatkan awareness karena memiliki jumlah pengikut yang banyak.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Cara Berjualan Online agar Cepat Laku

  • Bikin Event Menarik

Salah satu cara lain dalam mempromosikan produk atau jasa ialah dengan mengadakan event atau acara khusus. Nantinya, pada acara tersebut produk milikmu akan semakin dikenal oleh masyarakat. Tak hanya itu, kamu juga bisa menjadi sponsor untuk acara-acara yang digawangi oleh orang lain.

  • Social Media Ads

Cara Mempromosikan Produk

Saat ini banyak akun media sosial yang menawarkan ads atau iklan agar membantumu menjangkau banyak pelanggan. Tentunya, dengan memanfaatkan ads dari media sosial akan berpotensi untuk meningkatkan brand awareness dan juga penjualan.

  • Testimoni Pelanggan

Testimoni pelanggan menjadi salah satu kunci penting untuk mempromosikan produk. Sebab, dengan testimoni pelanggan tersebut kepercayaan calon pelanggan lain akan semakin naik. Tentunya dengan mengunggah testimoni pelanggan akan membuat penjualanmu semakin naik.

Baca Juga 
Marketing Insight: Pengertian dan Cara Mempelajarinya!

Nah itulah cara mempromosikan produk agar semakin laris. Bagi kamu yang bingung untuk membuat website usaha sendiri, kamu bisa menggunakan fitur SmartSeller Storefront. Di sini, kamu bisa terhubung dengan semua chanel penjualan, buat toko online praktis, berikan tampilan fitur dan pengalaman belanja lebih baik, dan optimalkan pengunjung. Tak hanya itu, SmartSeller juga memiliki fitur lainnya untuk bantu usahamu, salah satunya analisa bisnis. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk cari tahu lebih lanjut tentang SmartSeller di sini