Apakah kamu penasaran dengan bagaimana cara membuat barcode online untuk kebutuhan bisnismu, misalnya untuk menandai produk yang kamu jual? Penggunaan barcode sebenarnya bukanlah hal yang baru lagi, melainkan sudah ada sejak lama di dalam dunia bisnis.

Barcode dapat kamu temukan sehari-hari pada suatu produk. Sebagai contoh, ketika membeli suatu produk di toko-toko swalayan, minimarket, atau yang lainnya, kamu pasti selalu menemukan mesin scanner di kasir. Mesin scanner dapat memberikan informasi mengenai produk tersebut, seperti nama produk dan harganya. 

Yap, barcode memang berguna untuk dapat menandakan suatu produk adalah milik bisnismu. Tapi, apa saja fungsi lain dari barcode untuk bisnis? Nah, kalau di benakmu penasaran juga dengan hal tersebut dan ingin tahu juga cara membuat barcode online, yuk temukan informasi lengkapnya di dalam artikel berikut ini!

 

Membuat Barcode Online

 

Mengenal Barcode dan Penggunaannya

Sebelum kamu tahu apa saja cara membuat barcode online yang tersedia, ada baiknya kamu memahami juga tentang barcode dan penggunaannya dalam kemasan produk.

Barcode, atau dikenal juga sebagai kode batang atau kode bar dalam bahasa Indonesia, merupakan data optic yang berbentuk garis vertikal yang disusun berjajar dan umumnya memuat deretan angka di bawahnya.

Di dalam barcode ini dimuat informasi-informasi tentang suatu produk, misalnya tentang produsen produk tersebut, komposisi bahan, hingga harga. Pada dasarnya, kamu dapat menyimpan berbagai informasi terkait produk tersebut ke dalam barcode.

Biasanya barcode diletakkan pada sebuah kemasan produk dan didesain untuk dapat dibaca oleh perangkat keras, seperti mesin scanner, komputer, handphone, dan lainnya. 

Tonton Juga: #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

Penggunaan barcode di dalam industri bisnis ini pada awalnya diciptakan sebagai salah satu cara untuk menyederhanakan penyortiran produk. Tapi, lambat laun barcode digunakan untuk menyimpan informasi terkait sebuah produk agar dapat memudahkan jalannya alur jual-beli saat ini. Bayangkan kalau tidak ada barcode, beberapa proses yang ada seperti proses pembayaran pasti akan lebih susah.

Baca Juga 
Pilihan Model Baju Koko Pria Terbaru, dari Gaya Kurta sampai Kasual

Nah, kalau kamu saat ini adalah produsen independen yang memproduksi barang jualan sendiri dan ingin mencantumkan barcode pada kemasannya, tentu ada banyak cara membuat barcode online yang ada lho. Kamu perlu mengetahui cara membuat barcode online karena pembuatannya yang lebih mudah dan bisa dilakukan hanya melalui laptop atau handphone yang terhubung dengan Internet.

Akan tetapi, kamu penasaran tidak dengan fungsi lain dari barcode pada kemasan selain untuk menyimpan informasi? Terdapat fungsi lain dari barcode dan menjadi alasan kenapa kamu perlu untuk memuat barcode untuk produkmu lho!

 

Baca Juga: Tanpa Ribet dan Praktis, Ini 5 Cara Jualan Online di HP

 

Membuat Barcode Online

 

Fungsi Barcode di Kemasan Produkmu

Meskipun kadang terlihat sebagai bagian yang kecil dan tidak mencolok pada suatu kemasan produk, barcode pada kenyataannya menyimpan beberapa fungsi yang penting buat bisnismu lho. Apa saja? Berikut adalah fungsi barcode di kemasan produk yang perlu kamu ketahui!

 

  • Mempersingkat Alur Proses Pembayaran Barang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, barcode seringkali ditemukan dalam kemasan produk di toko ritel yang punya mesin scanner di dalamnya. Hal ini tentu bukan alasan karena barcode dapat memudahkan dan mempersingkat proses pembayaran sebuah barang.

Dengan adanya barcode, orang-orang yang berprofesi seperti kasir tidak perlu memasukkan harga produk secara manual satu per satu. Barcode dapat di-scan atau dipindai melalui mesin scanner dan sistem komputer akan secara otomatis memberikan informasi yang dimuat di dalamnya. Barcode dalam hal ini juga dengan kata lain mampu menghemat tenaga  dan waktu seorang kasir.

 

  • Dapat Menampung Informasi Produk Secara Detail

Produsen sebuah barang dapat menggunakan barcode untuk menandai bahwa produk tersebut adalah di bawah kepemilikannya. Hal ini karena kita dapat memasukkan beberapa informasi terkait produk secara detail ke dalam barcode. Informasi tersebut kemudian juga dapat diakses oleh pengguna atau pelangganmu.

Baca Juga 
Tips Membuat Konten Quote di Instagram yang Shareable!

Jadi, melalui barcode, secara tidak langsung kamu bisa menandai bahwa barang itu adalah barang ciptaanmu dan sebagai tanda keasliannya. Pelanggan yang membeli barang tersebut dapat dengan mudah mengetahui keaslian dan kebenaran tentang produk tersebut.

 

Membuat Barcode Online

 

  • Lebih Luas Menjangkau Pasar Ritel

Yap, kamu pasti sudah memperhatikan kalau barang-barang yang dijual di toko ritel kebanyakan memiliki barcode pada kemasannya. Nah, kalau kamu ingin produkmu dapat dijual oleh toko-toko ritel yang besar, tentunya adanya barcode pada kemasan produk mampu membantumu untuk menjajakan produk dengan lebih mudah.

Barcode bahkan jadi salah satu syarat yang perlu kamu penuhi untuk dapat memasukkan produkmu ke dalam toko ritel lho. 

Jadi, kalau kamu ingin produkmu bisa tambah berkembang seperti menjangkau pasar ritel, membuat barcode adalah hal yang perlu kamu pertimbangkan.

Namun, tidak sedikit lho pebisnis yang masih belum tahu cara membuat barcode. Padahal, saat ini tersedia cara membuat barcode online yang mudah dan dapat diakses oleh siapapun. Kamu pun penasaran dengan cara membuat barcode online?

 

Membuat Barcode Online

 

Beberapa Cara Membuat Barcode Online yang Bisa Kamu Coba

Dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini, kamu tidak perlu bingung untuk memikirkan cara membuat barcode. Pasalnya, terdapat banyak alternatif cara membuat barcode online yang tersedia di Internet lho. Berikut adalah beberapa di antaranya!

  • Barcode Generator

Cara membuat barcode online yang pertama adalah melalui situs web yang bernama Barcode Generator. Untuk dapat membukanya, kamu bisa langsung memasukkan nama web dengan menggunakan mesin pencarian Google kok!

Kalau sudah menemukannya, klik dan kamu pun bisa langsung membuat barcode dengan mudah. Terdapat beberapa pilihan bentuk yang disediakan oleh situs web tersebut. Tapi, kalau untuk membuat barcode, pilihlah “Code 128 (Standard)”.

  • CreateBarcodes

Nah, pada cara membuat barcode online yang selanjutnya, kamu perlu membuka situs CreateBarcodes. SItus ini juga mampu membuat barcode dengan opsi pilihan jenis barcode yang banyak, seperti QR, Code 128, atau UPC-A. 

Baca Juga 
Cara Menjadi Reseller Baju Import dengan Keuntungan Melimpah

Kamu bisa mengikuti wizard barcode untuk dapat membuat barcode untuk produkmu. Jangan lupa untuk memberi nama dan nomor seri setiap produkmu.

  • Barcode Graphics

Situs web gratis yang termasuk dalam cara membuat barcode online berikutnya adalah Barcode Graphics. Nah, situs ini dapat memungkinkan kamu untuk mengatur ukuran dari barcode dan juga mengubah tulisan hingga menjadi kode. 

SItus ini juga menyediakan pilihan jenis barcode, seperti EAN-13, EAN-8, UPC-E, ISBN, dan lain-lain. Terdapat opsi mengenai pengaturan posisi bar atau batang pada barcode lho!

  • Barcode Architect

Beralih ke aplikasi, terdapat aplikasi bernama Barcode Architects yang dapat kamu gunakan untuk membuat barcode online. Aplikasi ini hadir dengan opsi pembuatan barcode jenis EAN, UPC-E, UPC-A, ISBN, dan lainnya. Hasil barcode yang sudah jadi juga dapat dengan mudah terkirim ke email dalam berbagai macam format.

  • Barcodetec-it

Terakhir dalam cara membuat barcode online adalah melalui situs barcodetec-it. Situs ini menyediakan pembuatan barcode secara online dan gratis. Terdapat variasi barcode yang ditawarkan, baik itu yang 1D atau 2D.

Opsi jenis barcode yang dapat kamu pilih adalah GS1-128 (UCC/EAN-128), EAN-13, QR code, dan sebagainya.

Baca Juga: 6 Keuntungan Pakai Aplikasi Stok Barang SmartSeller!

Itulah pembahasan singkat mengenai cara membuat barcode online, mulai dari deskripsi singkat, fungsi barcode pada kemasan produk, hingga alternatif mudah cara membuatnya. Barcode wajib dimiliki kalau kamu ingin mulai menjangkau penjualan di toko ritel.

Nah, kalau kamu sudah mulai berjualan banyak di toko manapun, seperti toko online, yuk atur semua pengelolaannya lebih mudah dengan SmartSeller! Salah satu fiturnya, yaitu order management dapat memungkinkanmu mengatur segala orderan yang masuk hanya melalui aplikasi SmartSeller aja! Penasaran? Yuk, daftar dan download SmartSeller sekarang!