Bagaimana sih cara berjualan online agar cepat laku dan bisa mencapai target bulanan kita? Mungkin bagi kamu yang baru saja terjun ke dalam dunia perbisnisan jual beli online pernah punya pertanyaan di dalam benak. Sebenarnya, ada banyak cara berjualan online agar cepat laku yang sudah terbukti ampuh yang dilakukan oleh brand-brand besar kalau kamu perhatikan secara seksama.

Ngomong-ngomong soal berjualan online, sebenarnya kalau kamu sekarang ini punya toko online sudah merupakan satu hal yang menguntungkan karena kamu dapat menjangkau pelanggan secara luas jika dibandingkan dengan berjualan secara offline. Dengan perkembangan teknologi di sektor bisnis, situs web seperti marketplace atau e-Commerce dapat mewadahi pelaku usaha untuk berjualan kapanpun dan di mana pun.

Namun, memang tidak bisa dipungkiri fakta bahwa inovasi tersebut juga menumbuhkan peluang bagi banyak orang. Yap, saat ini mungkin sudah banyak ratusan bahkan ribuan orang yang juga punya toko online. Hal ini bisa jadi tantangan tersendiri buat kamu yang juga punya bisnis online karena ketatnya persaingan dengan kompetitor.

Oleh karena itu, perlu strategi sendiri buatmu untuk dapat bertahan di derasnya arus persaingan bisnis online. Tidak perlu kamu jadikan momok atau merasa insecure, karena ada beberapa cara berjualan online agar cepat laku yang bisa kamu lakukan kok. Nah, seperti apa saja?

Yuk, simak lengkap cara berjualan online agar cepat laku dan bisa mencapai target penjualanmu di dalam artikel yang satu ini!

 

Tonton Juga: #SellerStory Batik Bayong : Kisah Sukses Bisnis Hijab Fashion Designer

 

Beberapa Tips dan Cara Berjualan Online Agar Cepat Laku yang Bisa Kamu Contoh

Meski berjualan online sering dianggap mudah, tapi banyaknya saingan dapat membuatmu pusing sendiri untuk dapat menjual produk kepada pelanggan. Di marketplace contohnya. Ada banyak seller serupa yang mungkin menjual produk serupa denganmu. 

Baca Juga 
Perlukah Supplier Tangan Pertama Langsung dari Pabrik?

Nah, bagaimana cara agar bisnismu dapat menjual produk biar laku keras? Berikut adalah lima cara berjualan online agar cepat laku!

 

Cara Berjualan Online agar Cepat Laku

  • Pahami Produkmu

Sebagai poin pertama dalam cara berjualan online agar cepat laku, kamu perlu untuk mengenal dan memahami produk yang kamu jual, seperti manfaat, fungsi, kelebihan, dan kekurangannya. Mengenal produk sendiri berarti kamu mencari tahu seperti apa nilai-nilai yang ditawarkan oleh produk yang kamu jual.

Dengan begitu, kamu akan mengetahui apa Unique Selling Point atau USP dari produkmu. Melalui USP tersebut, kamu bisa menentukan dari segi yang mana nilai jual produk tersebut. Sehingga melalui cara ini, harapannya calon pelanggan dapat dengan mudah mengingat produkmu.

Selain itu, USP ini akan jadi daya tarik sendiri yang bisa kamu gunakan untuk menarik calon pelanggan untuk membelinya. 

 

Cara Berjualan Online agar Cepat Laku

  • Memanfaat Microsite untuk Menaruh Informasi Tempat Jualan Online-mu

Sudah pernah mendengar microsite sebelumnya? Microsite pada dasarnya adalah website versi mini. Yap, tidak seperti website yang harus dibuat dengan coding yang rumit, plarform-platform microsite menawarkan pembuatan yang site simple yang lebih mudah untuk dibuat.

Contoh dari situs  microsite yang umumnya mudah digunakan adalah linktree dan carrd. Lantas, microsite dapat digunakan untuk apa? Nah, biasanya banyak pelaku bisnis online yang membuat situs mini yang merangkum informasi tentang bisnis mereka, misalnya daftar marketplace atau e-commerce tempat mereka berjualan, info diskon, cara pemesanan, dan lainnya.

Dengan begitu, calon pelanggan dapat dengan mudah mengetahui di mana saja toko online-mu. Banyaknya opsi tersebut dapat membuat mereka lebih mudah untuk melakukan transaksi pembelian. Jadi, kamu bisa membuat microsite sebagai salah satu cara berjualan online agar cepat laku juga!

Baca Juga 
Besarnya Peluang Jualan Online Makanan dan Snack

 

Baca Juga: Pentingkah Mempunyai Website Toko Online untuk Bisnis?

 

Cara Berjualan Online agar Cepat Laku

  • Membuat Media Sosial Khusus Bisnismu

Sekarang ini siapa sih yang tidak punya akun platform media sosial? Dengan banyaknya orang yang menggunakan media sosial sehari-hari ini, banyak pelaku bisnis yang memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang untuk mempromosikan jualan di berbagai plarform media sosial, seperti Instagram dan TikTok. 

Mempunyai akun media sosial khusus bisnismu bisa jadi cara berjualan online agar cepat laku karena calon pelanggan dapat mengenal jauh mengenai produk yang kamu jual. Dengan foto atau video tentang peragaan produk, fitur, penggunaan, dan manfaat produk, kamu dapat lebih meyakinkan dan meningkatkan pertimbangkan mereka mengapa mereka perlu membeli produkmu.

Media sosial dapat kamu gunakan sebagai tempat jualan juga lho. Sekarang, platform media sosial seperti Instagram dan TikTok punya fitur shop yang bisa kamu gunakan sebagai channel penjualan juga.

 

Baca Juga: TikTok untuk Media Promosi, Apakah Bisa?

  • Mengadakan Promo

Cara berjualan online agar cepat laku yang selanjutnya ini mungkin tidak asing bagi kamu yang sudah berkecimpung di dunia perbisnisan. Pasalnya, strategi meningkatkan penjualan melalui pengadaan promo dapat memberikan hasil yang maksimal lho.

Salah satu cara berjualan online agar cepat laku yang jadi andalan pebisnis dan mungkin perlu dilakukan oleh setiap pelaku bisnis adalah mengadakan promo secara berkala. Promo adalah penawaran terbatas yang kamu tawarkan kepada calon pelanggan yang dapat berupa potongan harga atau bonus.

Ada banyak jenis promo yang bisa kamu terapkan, contohnya seperti promo buy 1 get 1, gratis ongkos kirim, cashback, diskon pada hari besar, dan lainnya. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan karakteristik target pasarmu. Selain itu, pemilihan jenis promo juga sebaiknya kamu sesuaikan dengan tujuan yang ingin dicapai.

Baca Juga 
Ingin Mencoba Bisnis Jualan Pakaian? Berkut Cara Memulainya

Kegiatan promo ini dapat kamu sebarluaskan melalui media sosial agar dapat terlaksana dengan baik dan mendapatkan keuntungan yang maksimal.

 

Cara Berjualan Online agar Cepat Laku

  • Menggunakan Jasa Paid Promote Influencer

Berkembangnya teknologi juga berpengaruh terhadap munculnya profesi baru, misalnya influencer di media sosial. Influencer bisa jadi salah satu caramu untuk mempromosikan jualan kepada target pasar yang sesuai. Hal ini karena profesi influencer pada dasarnya memiliki basis followers atau pengikut yang banyak, mulai dari ribuan, ratus ribuan, hingga jutaan.

Sedangkan, untuk mempromosikan barangmu kepada influencer disebut dengan paid promote. Hal ini dilakukan dengan cara kamu membayar rate tertentu influencer untuk melakukan promosi barang jualanmu. 

Paid promote influencer media sosial bisa jadi salah satu cara berjualan online agar cepat laku karena promosi ini adalah cara ampuh untuk meningkatkan brand awareness kepada publik secara luas, tidak hanya kepada followers influencer tersebut. Hal ini karena algoritma dalam sistem media sosial yang dapat menampilkan konten beragam kepada layar pengguna, termasuk kalau kamu konten paid promote yang kamu lakukan.

Itulah lima cara berjualan online agar cepat laku yang bisa kamu coba aplikasikan sendiri ke dalam bisnismu! Kalau kamu memutuskan mengadopsi salah satu cara berjualan online agar cepat laku di atas, jangan lupa untuk menyusun strategi promosi secara detail ya!

Selain cara berjualan online agar cepat laku di atas, ada satu cara lagi kalau kamu ingin membuat situs web toko online dengan mudah lho, yaitu pakai SmartSeller

Salah satu fitur SmarSeller yang bernama storefront dapat memudahkanmu untuk membuat situs web online untuk jualan dengan stok barang dan produk yang terhubung ke semua channel penjualanmu lho! Penasarn? Yuk, download SmartSeller sekarang!