Jasa pengiriman memiliki peran penting dalam menjamin kelancaran operasional bisnis, salah satunya jasa pengiriman kargo. Jasa ini biasanya digunakan pebisnis untuk mengirim barang dalam jumlah banyak atau barang yang berat. 

Yuk, intip artikel SmartSeller di bawah untuk mengetahui apa itu jasa pengiriman kargo, perbedaanya dengan reguler, jenis-jenisnya, dan cara kirim barang pakai jasa ini. 

Apa itu Jasa Pengiriman Kargo?

Jasa Pengiriman Kargo

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), kargo merupakan muatan barang yang diangkut dengan kapal laut, pesawat udara, atau pengangkut lain. Kargo juga bisa  diacu pada kata seperti bagasi, barang bawaan , atau barang yang diangkut demi kepentingan komersial.

Dengan demikian, jasa pengiriman kargo adalah jasa pengiriman barang baik itu melalui kapal laut, pesawat udara, atau pengangkut lain. Namun, jasa ini identik dengan pengiriman barang dengan ukuran besar dan tujuan jauh. Kargo juga identik dengan pengiriman barang antarprovinsi atau antar negara.

Lantas, apa yang membedakanpengiriman kargo dengan jasa pengiriman reguler? Berikut perbedaannya.

Perbedaan Pengiriman Kargo dengan Reguler

Jasa Pengiriman Kargo

Perbedaan utama antara jasa pengiriman kargo dengan reguler adalah jumlah dan berat barang yang bisa dikirim. Pengiriman kargo memberi pelayanan pengiriman barang dengan jumlah banyak dan ukuran yang besar, sedangkan pengiriman reguler memberi layanan pengiriman satuan dengan ukuran yang tidak banyak dan ukuran yang tidak terlalu besar.

Untuk lebih jelasnya, lihat penjelasan poin-poin perbedaan pengiriman kargo dengan reguler berikut ini.

  • Dimensi dan Berat Barang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, poin pertama perbedaan antara jasa pengiriman kargo dengan reguler adalah dimensi dan berat barang yang dikirim. 

Pengiriman kargo digunakan untuk barang dengan dimensi besar serta bobot yang berat. Pihak penyedia jasa umumnya memberi syarat berat minimum barang yang akan dikirim. Oleh sebab itu, penggunaan pengiriman kargo sering dimanfaatkan oleh reseller atau distributor.

Baca Juga 
Kenali Contoh Label Pengiriman Paket untuk Online Shop

Sementara jasa pengiriman reguler ditujukan untuk barang yang memiliki ukuran kecil sampai sedang. Pihak penyedia jasa juga tidak menetapkan ketentuan berat minimum atas barang yang akan dikirim. 

  • Waktu Pengiriman Barang

Poin kedua perbedaan jasa pengiriman kargo dengan reguler adalah waktu pengiriman barang. 

Kargo biasanya memakai sarana pengiriman seperti kendaraan darat maupun laut yang perlu waktu lama sekitar 3 hingga 15 hari. Di sisi lain, reguler umumnya mengutamakan kecepatan pengiriman barang sehingga memerlukan waktu dalam hitungan jam sampai hitungan hari.

  • Biaya Pengiriman 

Poin ketiga yang menjadi perbedaan antara pengiriman kargo dengan reguler adalah biaya pengiriman atau ongkos kirim. 

Pengiriman dengan kargo ditetapkan harga berdasarkan berat minimum yang umumnya di atas 10 kg dengan harga yang murah. Sementara pengiriman dengan reguler biasanya lebih mahal dan ditetapkan harga dengan perhitungan setiap 1 kg.

Baca juga: Temukan Jasa Pengiriman Terdekat Hanya di SmartSeller

Jenis-Jenis Jasa Pengiriman Kargo

Jasa Pengiriman Kargo

Pengiriman kargo bisa terbagi atas 2 parameter, yaitu pengiriman berdasarkan cara pengiriman dan pengiriman berdasarkan tipe barang. Berikut penjelasan jenis-jenis pengiriman kargo selengkapnya.

Jenis Kargo Berdasarkan Cara Pengiriman

  • Kargo Darat

Jasa pengiriman kargo yang menggunakan jalur transportasi darat untuk mengirim barang. Proses pengiriman barang bisa menggunakan mobil, kereta, maupun truk.

  • Kargo Laut

Pengiriman kargo ini menggunakan kapal dalam proses pengiriman barangnya. Biasanya kargo laut digunakan untuk pengiriman barang antarpulau atau barang lintas negara dan umumnya mempunyai ukuran yang besar dan bobot yang besar.

  • Kargo Udara

Jika ingin menggunakan jasa pengiriman kargo yang cepat, jenis pengiriman satu ini sangat disarankan. Proses pengiriman yang menggunakan tranportasi udara ini memiliki waktu pengiriman yang relatif singkat kurang dari 3 hari. Namun, harganya relatif mahal dibanding jalur lain dan kapasitas pengiriman cukup terbatas. 

Baca Juga 
Aneka Frozen Food untuk Jualan yang Laku di Pasaran

Jenis Kargo Berdasarkan Tipe Barang

  • General Cargo

Jenis jasa pengiriman kargo satu ini dipakai untuk barang-barang umum yang tidak membutuhkan perhatian khusus. Contoh barang general cargo yaitu pakaian, alat rumah tangga, suku cadang kendaraan bermotor, dan lain-lain.

  • Special Cargo

Berbeda halnya dengan general cargo, jasa pengiriman barang kargo jenis special cargo ditujukan untuk barang-barang yang memerlukan penanganan khusus. Special cargo juga terbagi atas beberapa kategori seperti hewan hidup, jenazah manusia, barang dengan harga yang tinggi, barang dengan bau menyengat, dan lain-lain.

  • Dangerous Cargo

Pengiriman kargo dengan jenis dangerous cargo adalah jasa yang ditujukan untuk barang-barang yang mempunyai risiko tinggi. Barang-barang yang masuk kategori ini di antaranya explosive goods, gasses, toxic & infectious substance, flammable liquids, flammable solids, radioctive material, oxidizing substance & organic peroxide, corrosives, dan miscellaneous dangerous goods.

Syarat dan Tips Jasa Pengiriman Kargo

Jasa Pengiriman Kargo

Jika membutuhkan pengiriman kargo, barang-barang yang dikirim perlu memenuhi tahapan proses seperti pengepakan, klasifikasi jenis barang, sampai prosedur penerimaan barang. Kemudian, proses pengiriman barang juga melibatkan pihak penerima barang.

Selain itu, setiap jasa pengiriman kargo memberi syarat dan ketentuan yang berbeda. Untuk kargo udara sendiri memiliki syarat-syarat pada umumnya seperti marking of package, air way bill, dangerous goods, air waybill, surat pernyataan untuk pengiriman barang berbahaya dan hewan hidup, dan pelabelan barang.

Lantas, apa saja tips yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa pengiriman kargo? Simak tips-tips di bawah ini.

  • Reputasi Perusahaan

Pilih perusahaan jasa pengiriman kargo yang telah memiliki reputasi yang dikenal bagus. Cari ulasan di internet atau dari bisnis lain yang telah menggunakan kargo dalam waktu yang lama.

  • Jangkauan Pelayanan 

Jika telah menentukan jasa pengiriman dengan reputasi yang bagus, pilih juga jasa yang menyediakan jangkauan wilayah pelayanan sesuai kebutuhan. Saat bisnis menjangkau wilayah yang luas, pilih jasa yang memiliki jangkauan yang luas pula.

  • Skema Tarif Pengiriman 

Pilih jasa pengiriman kargo yang memberikan skema tarif yang jelas dan umum. Jangan sampai bisnis mengalami kerugian karena perhitungan tarif yang tidak jelas dan berubah dari waktu ke waktu.

Baca Juga 
Pengertian, Kegunaan, dan Contoh Purchase Order dalam Bisnis

Baca juga: Alasan Pentingnya Memilih Jasa Pengiriman Barang Murah

  • Waktu Pengiriman Barang

Pilih juga jasa pengiriman barang yang memberi waktu pengiriman barang sesuai waktu yang telah dijanjikan. Dengan demikian, bisnis tidak akan mengecewakan pelanggan karena barang yang sampai terlambat.

  • Jaminan Keamanan

Selain waktu pengiriman yang akurat, keamanan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan saat akan memilih jasa pengiriman. Jika tersedia, bisnis juga bisa memilih jasa yang memberikan tawaran asuransi untuk menjamin barang yang dikirim.

Demikian penjelasan mengenai jasa pengiriman kargo, perbedaannya dengan reguler, jenis-jenisnya, serta syarat dan tips mengirim barang pakai pengiriman kargo. 

Dalam urusan pengiriman barang, kamu juga bisa memanfaatkan layanan SmartSeller. SmartSeller Shipping memberikan banyak pilihan ekspedisi terbaik yang dilengkapi dengan diskon ongkir, penjemputan paket di rumah atau gudang, pembayaran COD, cetak label pengiriman otomatis, notifikasi resi untuk pelanggan, hingga monitor pengiriman barang dengan mudah.

Dengan proses pengiriman barang yang mudah dan otomatisasi, kamu jadi bisa fokus pada hal-hal bisnis yang lebih strategis. Yuk, Daftar Gratis SmartSeller sekarang!