Tak bisa dipungkiri, manfaat bisnis online bagi pelaku usaha di era digital saat ini bisa sangat menguntungkan. Terlebih, lantaran tak ada batasan wilayah, pelanggan pun dapat berbondong-bondong datang dari berbagai kota di Indonesia, bahkan bisa saja ada pelanggan yang dari luar negri. Tidak heran jika saat ini bisnis online menjadi ladang cuan yang menggiurkan.

Tentu saja, manfaat bisnis online tak hanya menguntungkan bagi pebisnis, konsumen pun turut merasakan manfaat bisnis online ini. Hal ini karena konsumen bisa dengan mudah menemukan produk atau jasa dari mana saja dan kapan pun yang sesuai dengan keinginannya. Sebab, dengan berbelanja online pembeli bisa lebih mengirit waktu perjalanan menuju toko.

 

Pengertian Bisnis Online

Sebelum mengetahui manfaat bisnis online, ada baiknya kamu perlu mengetahui pengertian dari bisnis online. Tak jauh berbeda dari namanya, bisnis online adalah suatu usaha yang dijalankan dengan menggunakan internet. Sederhananya, bisnis online melakukan aktivitas seperti usaha pada umumnya, melayani jual-beli, pelayanan customer service, hingga marketing yang dilakukan secara daring.

Lalu apa perbedaan dengan toko fisik? Hal ini terdapat pada jangkauan konsumennya. Pada bisnis online, jangkauan konsumen bisa lebih luas dibandingkan dengan bisnis yang hanya mengandalkan toko fisik. Lantaran, pelanggan online ini bisa berasal dari seluruh Indonesia hingga mancanegara.

Tak hanya itu, kamu bisa mengelola bisnis hanya dari rumah saja, lho. Dengan begitu, kamu juga bisa mengirit pengeluaran perusahaan agar tidak boros.

Baca Juga: 7 Cara Memulai Bisnis Online, Cocok buat Pebisnis Pemula!

Jenis-jenis Bisnis Online

Sebelum masuk pada pembahasan apa saja manfaat bisnis online yang bisa didapat, ternyata bisnis online ini memiliki beberapa jenis, sesuai dengan platform yang digunakan. Apa saja?

Yuk simak jenis-jenis bisnis online berikut ini. 

  • Bisnis Online Marketplace

Manfaat Bisnis Online

Nama marketplace tentu sudah tidak asing lagi didengar. Pasalnya, saat ini marketplace memang tengah menjamur. Marketplace sendiri adalah platform yang menjembatani antara penjual dan pembeli. 

Baca Juga 
Membuka Kredit Untuk Jual Barang Secara Online, Yes or No?

Membuka bisnis online di marketplace ini kerap menjadi pilihan bagi para pebisnis, karena selain mudah, pendaftarannya gratis. Ditambah, jumlah pengguna dari marketplace saat ini juga tak main-main. Lantaran, produk yang dijual di marketplace sangat beragam, mulai dari fesyen, aksesori, kebutuhan sehari-hari, sampai kuliner. 

Kamu hanya perlu menentukan marketplace pilihanmu, lalu registrasi untuk membuat akun, unggah katalog produk, selesai. Kamu hanya tinggal menunggu pesanan masuk. Dengan begitu, kamu akan dapat merasakan manfaat bisnis online yang bisa dilakukan di mana saja. 

  • Bisnis Online lewat Website

Jika marketplace diibaratkan pasar, maka bisnis online melalui website ini layaknya toko. Dikarenakan, pada jenis bisnis online satu ini hanya menawarkan produk dari pemilik website tersebut. Keuntungan lainnya, pelanggan bisa mendapatkan informasi mengenai produk atau jasa yang ditawarkan lebih detail dan langsung terhubung dengan customer service yang tersedia pada website. 

Manfaat bisnis online lewat website lainnya, kamu bisa melakukan branding pada bisnismu. Dengan cara, menyesuaikan tema, font, dan desainnya. Tentu saja, jangkauan pemasaran pun jadi lebih luas. 

  • Bisnis Online Media Sosial

Manfaat Bisnis Online

Seiring perkembangan zaman, media sosial tampaknya bukan hanya untuk bersosialisasi, namun juga dimanfaatkan sebagai ladang bisnis. Salah satunya adalah Instagram. Kamu pasti sudah tidak asing lagi melihat orang berjualan melalui Instagram Story maupun tampilan feeds, entah di akun pribadi ataupun memiliki akun khusus untuk usaha mereka. 

Saat ini, bahkan telah tersedia akun bisnis yang membantu kamu untuk memantau perkembangan usaha dengan fitur yang disediakan, di antaranya menganalisis performa bisnis, melacak demografi pelanggan, dan fitur lainnya. 

Selain itu, melakukan bisnis online di media sosial ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunggah produk, mempromosikannya, dan tunggu komentar ataupun pesan dari para pelanggan. Kamu juga bisa menambahkan link pada website atau marketplace tokomu untuk memudahkan para pelanggan saat akan membeli. 

Baca Juga 
Apa Itu Transit Paket: Proses dan Alasan Pentingnya

Meski memiliki berbagai manfaat bisnis online, melalui media sosial ini memiliki kekurangan, yakni kurang leluasa dalam melakukan branding. Akan tetapi, hal tersebut bisa kamu siasati dengan mengunggah foto yang telah disesuaikan dengan tone usahamu. 

Tonton Juga: Ngorder: Aplikasi Private Order Lengkap, Solusi Manajemen Olshop

Manfaat Bisnis Online

Seperti yang kita ketahui, di era serba canggih saat ini banyak sekali pelanggan yang mulai berbondong-bondong menggunakan internet terutama untuk membeli barang yang disukai. Karena itulah, manfaat bisnis online ini sangat terasa bagi konsumen dan juga pebisnis.

Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat bisnis online, yuk simak informasinya sebagai berikut.

  • Transaksi Lebih Cepat!

Manfaat Bisnis Online

Salah satu manfaat bisnis online adalah proses jual beli menjadi lebih cepat. Artinya, dengan berbisnis online, pembeli dapat melakukan transaksi lebih cepat dan praktis. Mereka hanya perlu memilih barang, memesan, membayar, lalu brang akan segera diproses.

  • Jangkauan Konsumen Lebih Luas

Manfaat bisnis online lainnya adalah kamu bisa menjangkau pelanggan yang lebih luas. Artinya, dengan bisnis secara online, kamu bisa memasarkan produk milikmu ke berbagai wilayah tanpa mengenal batasan. Sehingga, pelanggan pun akan semakin banyak.

  • Bisa Ngirit Biaya Iklan

Jika kamu menggunakan promosi pemasaran secara manual, tentu pengeluaran akan semakin besar. Nah, manfaat bisnis online bisa menyesuaikan biaya promosi sesuai budget yang kamu miliki. Tak hanya itu, di era digital saat ini, kamu pun bisa lebih banyak mendapatkan audiens,

  • Menampilkan Informasi Produk Lebih Detail

Ketika menjalankan bisnis online, kamu pastinya memberi informasi yang luas terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan, seperti memberikan beragam foto katalog hingga spesifik barang yang dijual. Tentu saja, dengan cara ini kamu tidak perlu repot menjelaskan kepada pelanggan satu per satu, sebab mereka bisa melihat informasi tersebut kapan dan di mana pun.

  • Lebih Fleksibel

Manfaat Bisnis Online

Manfaat bisnis online selanjutnya adalah konsumen bisa berbelanja lebih fleksibel atau tanpa mengenal batas waktu dan ruang. Tentu saja, hal ini menjadi salah satu indikator kepuasan bagi konsumen. Sebab, mereka tak perlu berbelanja dalam keadaan mendesak.

  • Bekerja dari Mana Saja

Bagi kamu yang sedang bekerja tetapi juga tengah merintis bisnis, nah manfaat lainnya memiliki bisnis online ialah dapat bekerja dari mana pun. Hal ini lantaran kamu tidak perlu memiliki toko fisik dan tentu saja proses kerja menjadi lebih ringan dan efisien. 

Baca Juga 
Business Plan adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mencatat Dokumen Transaksi Secara Online

  • Banyak Pilihan Cara Bayar

Manfaat bisnis online lainnya yang akan didapat ialah tersedianya banyak pilihan cara membayar. Hal ini tentu akan memudahkan konsumen dalam membayar produk yang diinginkannya. Tak perlu repot mencari uang cash maupun mencocokkan dompet digital yang dimiliki. 

Nah, itulah berbagai manfaat bisnis online yang bisa kamu dapatkan. Jadi, udah siap kan untuk menerima orderan dari pelanggan, reseller, ataupun dropshipper? Jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa menggunakan fitur Private Order dari SmartSeller untuk membantumu dalam mengelola stok produk dan orderan. Selain itu, platform satu ini juga memiliki fitur lain seperti Integrasi Marketplace yang tentu akan meringankanmu dalam mengelola bisnis. Cek di sini untuk informasi lebih lanjut, ya!