Saat ini cara berjualan di marketplace dalam satu akun ternyata tengah dicari. Hal ini tidak terlepas dari menjamurnya kehadiran marketplace di Indonesia yang membuat para pebisnis juga terus melakukan perluasan pasar dengan membuka toko di berbagai marketplace. Sayangnya, terkadang ada saja toko yang tidak terkelola dengan baik. Oleh karenanya, kini juga terdapat cara berjualan di marketplace dalam satu akun melalui platform yang akan memudahkan para pebisnis, terlebih para supplier yang kerap menerima orderan dalam jumlah banyak. 

Inovasi tersebut yang juga didukung dengan kemajuan teknologi, tentu sangat memudahkan para pebisnis. Dengan begitu, supplier dapat melayani pelanggan ataupun reseller dengan baik dan cepat. Tak hanya itu, kamu sebagai pebisnis ataupun supplier juga jadi lebih efektif dalam mengelolanya. Lalu, bagaimana cara berjualan di marketplace dalam satu akun? Agar semakin maksimal, kenali dulu yuk tips dalam mengelola toko online milikmu di marketplace. 

Tips Kelola Akun Marketplace

Marketplace menjadi salah satu media untuk kamu menjangkau pasar lebih luas. Tentu dengan tujuan untuk meningkatkan keuntungan. Selain itu juga agar toko milikmu semakin dikenal lebih luas. Oleh karenanya, mengelola marketplace harus dilakukan dengan tepat, tidak boleh sembarangan agar calon pelanggan baik reseller ataupun individu menjadi lebih tertarik dan percaya dengan toko milikmu. 

Setelah toko online di marketplace telah terkelola dengan baik, cara berjualan di marketplace dalam satu akun ini akan semakin mudah. Yuk simak dulu beberapa tips dalam mengelola toko online di marketplace. 

1. Kenali Marketplace

Setiap marketplace tentu saja memiliki fitur dan cara yang berbeda-beda. Untuk itu, sebelum memulainya kamu perlu mengenali tentang marketplace yang akan kamu jajaki. Mulai dari bagaimana cara mengatur toko agar terlihat menarik, mengetahui promosi yang kerap ditawarkan oleh marketplace yang bisa kamu ikuti, dan fitur-fitur yang bisa membantu meningkatkan penjualan. Tidak hanya itu, mengenal marketplace juga bisa dengan cara mengenali segmen penggunanya.

Baca Juga 
Cara Membuat Laporan Stok Barang dan Manfaatnya!

2. Tentukan Profil Toko Online

Cara Berjualan di Marketplace dalam Satu Akun

Dalam mengelola marketplace, kamu harus menentukan bagaimana penampilan toko online. Hal ini akan berpengaruh pada ketertarikan, kepercayaan, dan kenyamanan belanja para pelanggan. Nantinya, penampilan toko online milikmu ini bisa diseragamkan di berbagai marketplace agar calon pelanggan dapat mengenal usahamu dan terlihat profesional. Selain itu, dengan profil toko yang sama, misal dari logo dan deskripsi, kamu bisa meningkatkan brand awareness. Dengan begitu, cara berjualan di marketplace dalam satu akun bisa dilakukan lebih mudah, karena kamu memiliki pola yang sama di setiap marketplace. 

3. Perhatikan Setiap Interaksi 

Pelayanan yang ramah akan selalu memberikan kesan baik kepada para pelanggan di toko online maupun offline. Oleh karenanya, kamu perlu memperhatikan setiap interaksi yang terjadi di toko online. Jangan sampai pertanyaan dan keluhan pelanggan telat terjawab atau menjawab pelanggan dengan kata yang kurang baik. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan setiap interaksi yang terjadi di berbagai marketplace. Agar interaksi tetap terkendali di berbagai marketplace milikmu, ada baiknya kamu memiliki karyawan. 

Baca Juga: Menjadi Reseller Online: Sukses di Bisnis Era Digital

4. Modal yang Cukup

Memiliki banyak toko online di berbagai marketplace, apalagi untuk kamu para supplier yang membutuhkan stok barang dengan jumlah banyak. Kamu harus memastikan setiap stok barang di toko online pada setiap marketplace masih terus tersedia untuk menghindari kekecewaan pelanggan ataupun reseller. Oleh sebab itu, kamu memerlukan modal yang cukup untuk memenuhinya. 

5. Optimalkan Konten Jualan

Cara Berjualan di Marketplace dalam Satu Akun

Optimalkan konten jualan di setiap toko yang ada di berbagai marketplace milikmu menjadi salah satu tipsnya. Sebab, konten menjadi katalog bagi calon pelanggan yang tengah mencari barang yang dibutuhkan. Mengoptimalkan konten ini bisa dilakukan dengan mengunggah foto atau video barang asli guna menghindari kekecewaan pelanggan, kemudian jangan lupa untuk menjelaskan barang secara detail, dan membuat judul barang yang sekiranya mudah ditemukan oleh para pengguna marketplace itu sendiri. Meski menghabiskan waktu, namun hal ini akan membantu menarik para calon pelanggan. 

Baca Juga 
Cara Mudah Cek Resi TikTok Shop yang Bisa Kamu Ikuti

Pentingnya Supplier Belajar Cara Berjualan di Marketplace dalam Satu Akun 

Setelah mempelajari tips untuk mengelola akun marketplace, rasanya akan sangat menghabiskan waktu untuk mengelola setiap toko online di berbagai marketplace. Dikhawatirkan, salah satu toko online milikmu jadi tidak terkelola dengan baik. Tidak hanya itu, masih banyak alasan kenapa penting mengetahui cara berjualan di marketplace dalam satu akun. 

Agar kamu semakin yakin mempelajari cara berjualan di marketplace dalam satu akun, yuk simak dulu beberapa alasannya. 

1. Memudahkan Interaksi dengan Pelanggan 

Kenapa cara berjualan di marketplace dalam satu akun diperlukan? Sebab interaksi dengan pelanggan menjadi salah satu layanan yang harus diutamakan dalam toko online. Sering kali mereka memastikan akan ketersediaan produk yang diinginkan, detail produk untuk meyakinkannya, atau konsultasi masalah ukuran agar tidak salah pilih. Interaksi ini lah yang harus segera dijawab. Dengan berjualan di marketplace dalam satu akun, kamu bisa berinteraksi dengan pelanggan dari berbagai marketplace yang kamu miliki, sehingga tidak takut lagi ada pesan pelanggan yang terlewat di marketplace. Apalagi bagi supplier harus melayani berbagai pertanyaan dari reseller mengenai berbagai produk.

2. Update Stok Barang Lebih Efisien

Alasan pentingnya mempelajari cara berjualan di marketplace dalam satu akun adalah stok barang dapat diperbarui secara otomatis. Hal ini tentu menguntungkan kamu, terlebih sebagai supplier, sebab dapat meminimalisir rasa kecewa pelanggan saat mengetahui barang yang diinginkan habis. Dengan begitu, kontrol stok barang pun menjadi lebih cepat karena kamu tidak perlu memeriksa satu per satu di setiap marketplace. 

Baca Juga: Ketahui Pengertian Supplier serta Fungsinya untuk Usaha

3. Unggah Produk dalam Satu Waktu

Dengan mengenali cara berjualan di marketplace dalam satu akun ini membuat pekerjaanmu menjadi lebih ringan. Salah satunya, saat mengunggah foto produk ke marketplace. Kamu tidak perlu lagi mengunggahnya satu per satu marketplace, karena kamu bisa meng-upload dalam satu waktu. Unggah sekali langsung tersebar di berbagai akun marketplace milikmu. Apalagi, bagi supplier yang memiliki banyak jenis dan foto produk. Kemudahan ini tentu membuat kamu jadi lebih banyak waktu luang dan energi untuk mengurusi keperluan lainnya. 

Baca Juga 
Pengelolaan Database Pelanggan yang Tepat bagi Bisnis

Cara Berjualan di Marketplace dalam Satu Akun

4. Proses Pesanan Jadi Lebih Cepat 

Salah satu keunggulan dari mengetahui cara berjualan di marketplace dalam satu akun adalah kamu dapat memproses pesanan lebih cepat dan tanpa takut ada yang terlewat. Fitur yang terdapat di platform jasa layanan bisnis tools ini meminimalisir pesanan yang terlewat. Keuntungan sendiri bagi supplier yang memiliki jumlah pesanan dari reseller yang tak sedikit. Dengan adanya fitur ini, kamu juga tidak perlu mengecek setiap pesanan yang masuk di setiap lapak marketplace milikmu. 

Cara Berjualan di Marketplace dalam Satu Akun

Cara Berjualan di Marketplace dalam Satu Akun

Cara berjualan di marketplace dalam satu akun ini bisa menggunakan aplikasi pengelola orderan toko online, seperti SmartSeller. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan fitur private order system untuk pengelolaan pesanan dari channel laiinya, seperti media sosial dan WhatsApp guna memudahkan para reseller dalam memesan barang. Tidak hanya itu, reseller juga terbantu dalam melihat stok barang secara realtime yang telah terkoneksi dengan seluruh channel penjualanmu.  Sebagai seorang supplier, tentu memiliki satu akun dashboard yang dapat sekaligus mengelola berbagai marketplace, media sosial, dan orderan menerima orderan via chat dengan jumlah reseller yang tak sedikit, sangat bisa memudahkanmu. 

Tonton Juga: SmartSeller Private Order

Nah, cara berjualan di marketplace dalam satu akun lewat SmartSeller juga mudah, kamu hanya perlu mendaftar secara gratis, dan sudah memiliki akunnya. Selain itu platform satu ini juga memiliki berbagai fitur lainnya yang dapat membantu kamu maksimalkan bisnis online. Jadi, tunggu apa lagi? Klik di sini