Kalau kamu saat ini sedang menjalankan sebuah bisnis, sudah pasti dokumen transaksi harus dibuat untuk digunakan sebagai bukti bahwa sebuah transaksi sudah terjadi di dalam bisnis, baik itu transaksi internal ataupun eksternal. Tapi, sudah tahukah kamu bagaimana cara membuatnya dengan praktis dan mudah?

Terdapat banyak cara untuk membuat dokumen transaksi saat ini yang dapat kamu lakukan. Misalnya dengan menulisnya di satu buku yang dikhususkan untuk mencatat semua transaksi yang berjalan di dalam bisnis. Tapi, cara ini sudah terbilang lampau dan memiliki banyak risiko, seperti kesalahan penulisan, pencatatan transaksi yang terlewat, dan risiko hilang atau rusaknya buku tersebut.

Nah, untuk mengatasi problem tersebut, kamu bisa membuat dokumen transaksi secara online lho! Sekarang ini, banyak situs web atau aplikasi online yang dapat mewadahi para pebisnis masa kini untuk membuat dokumen transaksi dengan mudah.

Penasaran dengan situs web atau aplikasi mana saja yang mampu membantumu untuk membuat dokumen transaksi? Yuk, simak informasi lengkapnya di dalam artikel ini!

 

Dokumen Transaksi

Apa itu Dokumen Transaksi dalam Bisnis?

Sebelum kamu tahu apa saja cara yang tersedia secara online untuk dapat membuat dokumen transaksi, yuk kenali lebih dalam mengenai apa itu dokumen transaksi dalam bisnis.

Dokumen transaksi pada hakikatnya dalam bisnis merupakan dokumen yang mencatat atau merekam semua transaksi yang dilaksanakan oleh bisnis pada periode tertentu.  Apa saja transaksi yang dapat dicatat di dalamnya?

Pada dasarnya, terdapat dua jenis transaksi yang ada di dalam bisnis, yaitu transaksi internal dan eksternal, seperti yang sudah sempat disinggung pada bagian awal artikel ini. Hal yang membedakan kedua jenis transaksi tersebut adalah lingkupnya. Transaksi internal mencakup transaksi di antara pihak dalam kantor, sedangkan transaksi eksternal meliputi transaksi dengan pihak di luar kantor.

Pencatatan setiap transaksi itu perlu dilakukan karena pada setiap transaksi tersebut pasti terdapat perubahan jumlah uang atau kekayaan yang ada di dalam bisnismu. Begitu pula dengan kewajiban keuangan yang harus dibayar oleh bisnismu atau jumlah modal yang tersisa.

Baca Juga 
Cara Menjalankan Bisnis Reseller Frozen Food Tanpa Modal

Sehingga, kamu sebagai pemilik bisnis dapat dengan mudah memperhatikan kesehatan keuangan atau alur kas yang terjadi di dalam bisnismu sendiri. Hal ini juga berguna untuk mencegah bisnis dari masalah-masalah terkait keuangan yang dapat muncul di kemudian hari.

Lantas, apa saja sih manfaat bagi bisnis dengan membuat dokumen transaksi? Yuk, lanjutkan membaca pada bagian selanjutnya!

 

Baca Juga: Perlukah Bisnis Online Memiliki Aplikasi Pencatatan Transaksi?

 

Dokumen Transaksi

Manfaat Pembuatan Dokumen Transaksi Secara Umum

Ketahui dulu yuk manfaat yang akan kamu dapatkan ketika kamu mencatat setiap transaksi ke dalam dokumen transaksi. Berikut adalah daftar manfaatnya!

  • Dapat Mengetahui Pihak-Pihak yang Terlibat dalam Transaksi

Transaksi yang terjadi di dalam bisnis pasti tidak hanya terjadi di antara satu atau dua pihak saja, tapi juga melibatkan pihak-pihak lainnya tergantung dengan jenis transaksi yang berlangsung. Nah, kalau kamu memiliki dokumen transaksi yang mencatat setiap transaksi tersebut, kamu juga akan tahu mana saja pihak yang terlibat di dalamnya.

Dengan mengetahui pihak yang terlibat, hal ini akan membantumu untuk mengonfirmasi atau melakukan double check dengan pihak tersebut kalau muncul permasalahan terkait dengan sebuah transaksi.

 

Dokumen Transaksi

  • Mengurangi Risiko Kesalahan Hitung dan Kehilangan Uang

Dalam jalannya suatu bisnis, memang selalu terdapat risiko kesalahan hitung atau uang hilang karena terlewatnya pencatatan transaksi tersebut oleh manual. Tapi, kalau kamu secara rutin mencatatnya, tentu saja risiko masalah tersebut dapat mengecil. 

Melalui pencatatan transaksi, kamu dapat menggunakannya sebagai bukti kalau suatu saat nanti di masa mendatang kamu tersandung masalah hukum terkait dengan keuangan. Selain itu, dokumen ini juga dapat digunakan untuk meminimalisir kriminalitas yang melibatkan uang bisnis oleh pihak-pihak tertentu.

Baca Juga 
Apa Itu Sistem Franchise dan Bagaimana Memulainya?

Tonton Juga: #SellerStory Bolalicious : Cara mengembangkan usaha Merchandise sepak bola.

  • Bisnis Mempunyai Data Keuangan yang Akurat

Kalau kamu mencatat semua transaksi ke dalam dokumen transaksi, tentu saja pada suatu saat nanti kamu dapat mengecek kembali data tersebut dengan akses yang lebih mudah. Tapi, kalau sebaliknya ada transaksi yang tidak ditulis, kamu juga akan lebih sulit untuk mengetahui seperti apa detail transaksi yang terjadi pada saat itu.

Jadi, kamu perlu memastikan bahwa kamu mencatat semua transaksi agar bisnis pun dapat menyajikan informasi yang akurat tentang sebuah transaksi. Hal ini bisa saja kamu perlukan di kemudian hari kalau ada kebutuhan pengecekan atau penghitungan ulang.

Nah, agar pencatatan transaksi ke dalam dokumen transaksi terasa lebih mudah, yuk lakukan saja secara online!

 

Dokumen Transaksi

 

Beberapa Aplikasi atau Situs Web Penyedia Pencatatan Dokumen Transaksi Secara Online

Mudah dan praktis, aplikasi dan situs web di bawah ini bisa kamu coba untuk dapat mencatat setiap transaksi yang terjadi dalam bisnismu. Yuk, simak!

  • Invoice Maker

Invoice Maker adalah aplikasi online yang dapat membantu pembuatan nota untuk menagih pembayaran atau utang kepada pihak pembeli. Di dalam aplikasi ini, sudah terdapat template yang disediakan oleh developer. Jadi, kamu hanya perlu memasukkan data-data yang kamu perlukan dan juga logo bisnismu.

Selain nota penagihan, terdapat pilihan lain seperti, nota pembelian, penjualan, dan penawaran. 

  • Paper.id

Aplikasi online lain yang dapat kamu pakai untuk mencatat transaksi adalah paper id. Melalui aplikasi ini, kamu bisa membuat nota penagihan pembayaran kepada klienmu. Lalu, terdapat fitur pengiriman langsung kepada klien dan pembayaran secara digital yang mendukung transfer antar bank. 

Baca Juga 
Inilah Keuntungan yang Didapat dari Menyewa Jasa Digital Marketing Profesional!

Baca Juga: Cara Membuat Invoice Penjualan yang Mudah untuk Bisnis

  • InvoiceBerry

Kalau usaha yang kamu jalankan termasuk usaha kecil atau menengah, kamu mungkin bisa pakai aplikasi ini. Melalui aplikasi ini, semua aktivitas transaksi dapat dipantau, mulai dari siapa saja pihak pembeli yang sudah membayar. Jadi, kamu tidak hanya dapat membuat nota transaksi lho.

Kamu bisa melihat pembeli yang belum membayar produk atau layanan yang kamu berikan. Aplikasi ini juga dapat mengirimkan pemberitahuan kepada mereka.

  • Invoice Simple

Aplikasi Invoice Simple dapat juga membantumu untuk membuat faktur atau invoice berbagai jenis transaksi dan mengirimkannya langsung kepada pihak pembeli atau konsumen. FItur yang terdapat di aplikasi ini adalah, antara lain, pembayaran yang mendukung debit, kredit, cek, digital, serta kostumisasi format faktur sesuai kebutuhan.

  • SmartSeller

Nah, cara pembuatan catatan transaksi online yang dapat kamu coba tentu saja melalui aplikasi SmartSeller. SmartSeller memiliki fitur order management yang dapat membantumu mengendalikan orderan dengan lebih praktis, mudah, dan cepat. Aplikasi ini cocok buat kamu yang memiliki toko online tidak hanya pada satu platform aja. 

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 5 Cara Berjualan Online agar Cepat Laku

Aplikasi SmartSeller dapat kamu unduh di smartphone, jadi kamu bisa dengan mudah mengakses dan mengelola orderan masuk dari mana saja dan kapan saja. Merekap transaksi juga bisa dengan mudah kamu lihat karena dashboard yang tersedia di aplikasi ini dapat menunjukkan setiap detail transaksi yang berjalan lho. Yuk, download dan catat semua transaksimu dengan SmartSeller!

Itulah kelima cara membuat dokumen transaksi yang bisa kamu coba! Pencatatan transaksi memang perlu kamu lakukan ketika menjalankan bisnis karena dapat membantumu pula dalam mengecek alur kas masuk dan keluar bisnismu.  Semoga artikel ini membantu ya!