Banyak hal yang harus dipersiapkan saat kamu memutuskan untuk memulai sebuah bisnis. Hal tersebut meliputi penentuan ide, modal, siapa target market nya, strategi marketing, hingga tujuan yang ingin dicapai. Setelah semuanya siap dan bisnis sudah berjalan, penting untuk melakukan evaluasi usaha. Mengapa? Karena evaluasi usaha adalah tolak ukur keberhasilan dalam sebuah bisnis. 

Evaluasi usaha adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap pelaku bisnis untuk pengambilan keputusan demi kemajuan bisnis. Saat ini, perkembangan kegiatan ekonomi semakin ketat. Hal ini menyebabkan pelaku bisnis harus dapat bersaing dengan kompetitornya. Oleh karena itu, evaluasi usaha adalah salah satu cara agar bisnis bisa tetap eksis. 

Dengan melakukan evaluasi pada bisnis, kamu dapat menilai kinerja yang telah dilakukan selama ini. Pada artikel ini, kamu akan mengetahui evaluasi usaha adalah apa dalam kemajuan sebuah bisnis hingga penjelasan penting lainnya yang terkait. Yuk, scroll sampai bawah, ya!

Evaluasi Usaha adalah

Apa itu Evaluasi Usaha? 

Evaluasi usaha adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menganalisa kinerja dari bisnis atau usaha yang telah dijalankan selama ini. Tujuan utama dari evaluasi usaha adalah membandingkan business plan yang telah dibuat di awal dengan hasil yang telah dicapai pada waktu tertentu. Bisnis akan dikatakan sukses apabila telah memenuhi semua modal dan hutang yang telah dikeluarkan selama ini, serta berhasil mendapat keuntungan dari penjualan. 

Baca juga: Business Plan adalah: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Hal yang harus diingat, tidak semua bisnis dapat menghasilkan keuntungan yang besar secara instan. Untuk mencapai hal tersebut, pastinya akan menemui beberapa kendala terlebih dulu. Kendala tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan yang harus ditemukan solusinya saat melakukan evaluasi usaha agar dapat menemukan strategi bisnis yang tepat dan meminimalisir kerugian. Oleh karena itu, evaluasi usaha adalah hal yang harus dilakukan. 

Baca Juga 
Ragam SEO Tools Gratis untuk Optimasi Website!

Dalam pelaksanaannya, evaluasi usaha dapat dilakukan pada kurun waktu tertentu. Misal, kamu melakukan evaluasi usaha pada bisnis setiap tiga bulan, enam bulan, atau bisa setahun sekali. Evaluasi usaha tersebut tentunya dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis bisnis yang dimiliki. 

Evaluasi Usaha adalah

Permasalahan yang Dibahas Saat Evaluasi Usaha adalah Sebagai Berikut

Setiap bisnis, mulai dari bisnis kecil, menengah, sampai yang besar sekalipun pasti akan membutuhkan evaluasi usaha. Evaluasi usaha adalah hal yang dapat membantu bisnis untuk mengidentifikasi peluang serta kendala yang ada agar bisa lebih baik. Berikut beberapa permasalahan yang sering muncul dalam evaluasi.

Evaluasi Usaha adalah

  • Permasalahan Waktu

Waktu menjadi salah satu permasalahan yang akan dibahas saat mengevaluasi sebuah usaha. Permasalahan waktu ini bisa bermacam-macam, seperti dari pemilik usaha sendiri yang kurang bisa membagi waktunya dengan baik, sampai para karyawan yang kurang bisa memaksimalkan pekerjaan di jam kerja sehingga pekerjaan tertunda dan akan berdampak pada bisnis.

  • Kurangnya Rasa Percaya Diri

Rasa percaya diri yang kurang baik merupakan hal yang dapat menghambat kemajuan suatu bisnis. Terkadang, ada pemilik usaha yang kurang percaya diri dalam menjalankan bisnis, sehingga mereka menjalankan seadanya tanpa ada effort lebih. Kurangnya rasa percaya diri juga dapat terjadi kepada karyawan, yaitu ketika mereka kurang inisiatif dalam bekerja dan hanya menunggu perintah dari atasan.

  • Tidak Fokus dalam Menjalankan Bisnis

Salah satu masalah yang banyak ditemui dan dibahas saat evaluasi usaha adalah tentang fokus bisnis yang dijalani. Ada beberapa pelaku bisnis yang punya banyak bisnis, tapi tidak maksimal dalam menjalaninya. Hal ini dapat menyebabkan dana yang dikeluarkan tidak efisien sama sekali. 

Evaluasi Usaha adalah

  • Permasalahan Marketing

Hal penting lainnya yang dibahas dalam evaluasi usaha adalah mengenai branding atau promosi. Promosi merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh sebuah bisnis agar produk atau jasa yang dijual bisa dikenal dan dibeli oleh para pelanggan. Jadi, pelaku bisnis wajib memberikan evaluasi terhadap masalah promosi jika ingin bisnis yang dijalankan bisa berkembang.

Baca Juga 
Tepat Sasaran, Begini Cara Mengelola Database Pelanggan

Baca juga: Lakukan Cara Jualan Online untuk Pemula Ini agar Makin Cuan

Tujuan dan Fungsi dari Evaluasi Usaha adalah

Alasan dari diterapkannya evaluasi usaha adalah agar mengetahui tingkat keberhasilan dalam suatu bisnis dan mencari solusi terbaik dari permasalahan yang dihadapi. Ketika melakukan evaluasi usaha pada bisnis, kamu akan mendapat gambaran atas kekurangan apa saja yang perlu diperbaiki dan keberhasilan yang patut untuk di improve dan dipertahankan. Evaluasi usaha juga dilakukan sebagai ajang melihat potensi agar bisnis yang kamu jalankan bisa mengikuti tren yang ada saat ini. 

Adapun fungsi dari evaluasi usaha adalah sebagai berikut: 

  • Fungsi Diagnosa

Evaluasi usaha punya peran untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan selama bisnis berjalan. Misalnya, evaluasi usaha untuk mengetahui apakah strategi penjualan yang telah diterapkan sudah efektif atau belum dalam mendongkrak bisnis agar bisa laris di pasaran. Jika sudah efektif, apakah ada faktor lain yang sekiranya dapat membuat lebih maju.

  • Fungsi Selektif

Evaluasi usaha memiliki peran dalam menentukan kelayakan suatu hal dalam bisnis. Misalnya, dalam sebuah bisnis, apakah dibutuhkan fasilitas tambahan untuk mendukung proses produksi atau mendukung performa kerja dari karyawan. Selain itu, apakah dibutuhkan tambahan karyawan untuk proses pekerjaan yang lebih cepat atau harus dikurangi agar lebih hemat dalam budget

  • Fungsi Penempatan

Evaluasi usaha berperan untuk menentukan posisi yang pas dalam penempatan karyawan atau ruang lingkup bisnis. Misal, evaluasi usaha dilakukan untuk menentukan karyawan atau SDM (sumber daya manusia) yang punya skill dan kualifikasi yang mendukung untuk kemajuan bisnis. Selain itu, apakah perlu untuk membuka bisnis di tempat baru agar bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan. 

  • Fungsi Pengukuran Kesuksesan

Evaluasi usaha punya peran besar dalam mengukur tingkat kesuksesan dari bisnis yang telah berjalan. Misal, evaluasi usaha dilakukan untuk melihat apakah bisnis yang dijalankan ini sudah memenuhi target pendapatan dari terjualnya stok barang atau belum.

Baca Juga 
4 Contoh Usaha Mikro dan Cara Tingkatkan Perkembangannya

Tahapan dalam Evaluasi Usaha adalah Sebagai Berikut

Terdapat beberapa tahapan untuk mengevaluasi sebuah usaha yang harus kamu ketahui. Berikut penjelasannya.

  • Menganalisis aspek pasar, di mana tahapan ini dilakukan agar mengetahui target market yang ingin dicapai dan seberapa besar permintaan dari produk atau jasa yang ditawarkan.
  • Menganalisis aspek teknis, yang bertujuan untuk menentukan jenis teknologi yang cocok untuk kebutuhan bisnis yang sedang dijalankan.
  • Menganalisis aspek finansial, yang tujuannya agar mengetahui apakah finansial yang dimiliki sudah memenuhi untuk kebutuhan bisnis atau belum melalui data keuangan yang telah dibuat.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai evaluasi usaha adalah seperti apa, beberapa permasalahan yang dibahas, tujuan dan fungsinya, serta tahapan yang diperlukan. Hal yang perlu diingat, jangan lupa untuk rutin melakukan evaluasi usaha agar bisnis yang kamu dirikan bisa lebih berkembang dan maju kedepannya, sehingga keuntungan yang didapat akan banyak.

Kamu dapat menggunakan SmartSeller sebagai salah satu cara untuk mengevaluasi usahamu, lho! Dengan SmartSeller, kamu dapat mengelola semua aktivitas penjualan pada bisnis online yang kamu dirikan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kontrol terhadap stok yang kamu jual dengan mudah, serta dapat berjualan di marketplace dengan inventory terpusat. Jadi, evaluasi usaha akan semakin mudah nantinya. Yuk, daftar SmartSeller sekarang!