Ada beragam ide bisnis bulan Ramadhan yang bisa jadi peluang usaha menguntungkan lho, bahkan buat kamu yang ingin mencoba buka usaha kecil-kecilan untuk menambah pemasukan.

Di bulan puasa, masyarakat umumnya memiliki kecenderungan untuk berbelanja lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode waktu lainya karena perayaannya yang hanya satu tahun sekali terjadi. Hal ini dimanfaatkan oleh para pelaku usaha untuk turut serta merayakannya dengan mengadakan berbagai promo untuk mendapatkan keuntungan yang lebih.

Nah, melihat kebiasaan masyarakat tersebut, kamu pun menjadikannya sebagai peluang untuk mencoba peruntungan jadi pebisnis di bulan Ramadhan lho!

Untuk itu, di dalam artikel ini kami sudah merangkum beberapa ide bisnis bulan Ramadhan yang mudah untuk dimulai oleh pemula dan sering dicari oleh masyarakat selama bulan puasa. Yuk, baca sampai habis!

 

Ide Bisnis Bulan Ramadhan

Inilah Beberapa Ide Bisnis Bulan Ramadhan yang Bisa Kamu Coba

Mencoba peruntungan di bulan Ramadhan untuk membuka bisnis sendiri merupakan ide yang patut untuk dicoba, mengingat adanya kesempatan untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi. Tapi, tentu saja agar mampu mendapatkan keuntungan yang tinggi, kamu juga perlu menyusun strategi penjualannya.

Tidak ada salahnya buat kamu yang ingin mencoba jadi pebisnis dadakan. Mungkin saja bisnismu ini jadi berkah tersendiri dan bisa terus berlanjut setelah bulan Ramadhan selesai, bukan?

Yap, kalau kamu ingin membuka bisnis sendiri tapi masih bingung ingin membuka bisnis apa, berikut terdapat ide bisnis bulan Ramadhan yang bisa jadi pertimbangan!

  • Makanan dan Minuman untuk Takjil

Puasa selalu identik dengan takjil yang merupakan kudapan untuk membatalkan puasa. Kamu pasti juga sudah sering melihat orang-orang berjualan berbagai jenis makanan dan minuman untuk takjil di jalanan. Nah, kamu bisa menjadikan ini sebagai ide bisnis bulan Ramadhan yang menguntungkan lho.

Baca Juga 
Apa Itu Katalog Produk? Kenali Arti dan Kegunaannya

Meski sudah banyak pelaku usaha yang membuka usaha ini ketika bulan Ramadhan, tidak ada salahnya jika kamu juga ingin mencobanya. Apalagi kalau kamu punya keahlian dalam memasak dan punya resep andalan, manfaatkan aja jadi peluang usaha yang menguntungkan!

Kamu juga mengembangkan lebih ide bisnis bulan Ramadhan ini lebih jauh, misalnya menyediakan pemesanan dalam jumlah banyak sesuai request.

Baca Juga: Tips Jualan Online Laris untuk Usaha di Bidang Makanan

 

Ide Bisnis Bulan Ramadhan

  • Parsel Custom

Hal yang identik dengan perayaan bulan Ramadhan lainnya adalah parsel. Parsel sering dijadikan sebagai bingkisan yang diberikan kepada teman, sahabat, ataupun kerabat lainnya saat lebaran. Nah, parsel ini bisa menjadi ide bisnis bulan Ramadhan yang bisa kamu coba juga.

Isian parsel bisa berupa apa saja, seperti makanan ringan, buah-buahan, sembako, hingga perlengkapan rumah tangga lainnya. Kue kering juga sering dijadikan bahan dalam ide bisnis bulan Ramadhan yang satu ini.

Kamu pun bisa menyediakan pembuatan parsel custom sesuai dengan permintaan customer dengan packaging yang menarik.

  • Jasa Jahit Baju Lebaran

Kalau kamu punya keahlian dalam menjahit, kamu bisa ubah hal tersebut menjadi ide bisnis bulan Ramadhan yang menjanjikan lho.

Kamu pasti sudah familiar dengan lirik lagu yang berbunyi, “baju baru alhamdulillah, ‘tuk dipakai di hari raya…”, bukan?

Sebelum lebaran tiba, umumnya masyarakat pergi mencari baju muslim untuk dipakai ketika lebaran. Nah, kamu bisa menawarkan jasa menjahit untuk baju-baju lebaran tersebut. 

Usaha ini punya potensi yang menguntungkan, terlebih lagi banyak kalangan yang suka memakai baju seragam sekeluarga. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk menawarkan penjahitan baju lebaran keluarga kepada mereka. 

Ide Bisnis Bulan Ramadhan

  • Katering Sahur

Ide bisnis bulan Ramadhan yang selanjutnya adalah menyediakan katering untuk sahur. Sebagaimana kita tahu, umat islam dianjurkan untuk menyantap makanan sebelum waktu puasa dilaksanakan. 

Baca Juga 
Contoh Aplikasi Gudang yang Digunakan dalam Berbisnis

Akan tetapi, tidak semua orang punya waktu untuk menyiapkan makanan untuk sahur, misalnya kalangan pelajar atau karyawan yang merantau dan hidup sendiri di kostan. Sehingga, mereka perlu untuk membeli makanan untuk sahur.

Kamu bisa melihat ini sebagai ide bisnis bulan Ramadhan karena berpotensi akan terus dibutuhkan selama ibadah puasa masih berlangsung. Menyediakan katering harian, mingguan, atau pun satu bulan penuh selama Ramadhan bisa jadi solusi untuk sahur bagi target pasar yang kamu tentukan.

Tonton juga: #SellerStory Haromain Dates : Dari Guru Ngaji Hingga Omset Ratusan Juta Per Hari

 

  • Bungkus Ketupat

Ide bisnis bulan Ramadhan mungkin lebih cocok untuk dilakukan menjelang hari raya Idul Fitri. Pasalnya, ketupat adalah hidangan yang biasanya disajikan saat lebaran. Tapi, tidak sedikit orang-orang yang kesusahan dalam membuat bungkus ketupatnya.

Oleh karena itu, kamu bisa membuka usaha pembuatan bungkus ketupat yang bisa memudahkan masyarakat yang ingin memasak ketupat pada saat hari raya Idul Fitri. Meskipun harganya tidak seberapa, tapi permintaan bungkus ketupat akan sering dicari di masa-masa akhir bulan Ramadhan.

Kamu bisa menjualnya dalam kuantitas lusinan atau jumlah yang diinginkan sebagai minimum pembeliannya.

 

  • Open Donasi

Ide bisnis bulan Ramadhan tidak juga melulu soal keuntungan. Kamu juga bisa membuka usaha yang bertujuan untuk charity atau beramal, seperti open donasi.

Bentuk penyaluran dari open donasi ini bisa bermacam-macam, misalnya dana donasi yang dikumpulkan disalurkan dalam bentuk nasi kotak kepada masyarakat yang membutuhkan. Selain itu, bisa juga dalam bentuk bahan-bahan sembako, hidangan untuk takjil, atau uang tunai langsung.

Melalui bisnis ini, kamu dapat menjembatani masyarakat yang ingin melakukan amal dan zakat. Selain itu, kamu sendiri mampu beramal baik juga melalui bentuk usaha ini lho!

Baca Juga 
Contoh Action Plan Sederhana Buat Bisnis Online

Ide Bisnis Bulan Ramadhan

 

  • Kurma

Buah yang identik dengan bulan Ramadhan adalah tentu saja buah kurma. Bahkan, buah ini dianjurkan untuk disantap sebagai takjil puasa lho. Hal ini membuat permintaan buah kurma selama bulan Ramadhan melonjak.

Melihat peluang tersebut, kamu juga bisa menjadikannya sebagai ide bisnis bulan Ramadhan yang menguntungkan, yaitu menjadi reseller buah kurma.

Kamu dapat memulainya dengan mencari supplier buah kurma dan membelinya secara grosiran. Bisnis ini dapat kamu lakukan dengan menjualnya kembali dalam kemasan-kemasan kecil dengan harga yang lebih untung.

Untuk mencari supplier buah kurma, saat ini bisa juga dilakukan secara online lho, seperti di marketplace. Kalau ingin lebih aman dan terjamin kualitasnya, kamu bisa mencarinya langsung di pasar sentral untuk menemui penjual grosir buah kurma.

Baca Juga: Kenali Tahapan dan Manfaat Tujuan Perencanaan Usaha

Itulah beberapa ide bisnis bulan Ramadhan yang simple dan selalu dicari oleh masyarakat selama bulan puasa. Mana pun nantinya ide bisnis bulan Ramadhan yang kamu lakukan, tentu saja kamu perlu untuk menyusun strategi penjualan agar dapat mendapatkan keuntungan sesuai dengan target. Jangan lupa juga untuk mengelola bisnis tersebut dengan baik.

Nah, kamu bisa gunakan aplikasi SmartSeller agar urusan pengelolaan bisnis jadi makin lancar dan berjalan secara efektif! 

SmartSeller adalah aplikasi yang bisa membantumu untuk mengatur berbagai operasional bisnis, mulai dari pengaturan transaksi, orderan, pengiriman paket, hingga update harga dan foto produk di marketplace. Semuanya bisa kamu lakukan dalam satu aplikasi saja! Yuk, download aplikasi SmartSeller sekarang!