Bagi kamu yang pengusaha, pasti pernah atau ingin berusaha mendapatkan supplier tangan pertama langsung dari pabrik. Banyak keuntungan yang didapatkan dari hal tersebut. Namun mencari supplier bukan perkara mudah. Lantas, keuntungan apa yang didapatkan dari supplier tangan pertama langsung dari pabrik, dan bagaimana dengan cara mendapatkannya?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, mari bahas berjualan secara umum. Berjualan tidaklah mudah, sama seperti pekerjaan lainnya. Baik online atau offline, usaha yang dibutuhkan untuk mendirikan hingga mengembangkan sangatlah besar. Jadi kamu jangan mempunyai anggapan bahwa berjualan lebih mudah.

Selain platform yang berbeda, berjualan online dan offline tetap membutuhkan usaha yang sama. Berjualan tetap membutuhkan persiapan yang matang. Mulai dari riset, strategi pemasaran, target pelanggan hingga mencari supplier. Supplier sendiri pasti kamu butuhkan dalam berjualan, terutama supplier tangan pertama langsung dari pabrik.

Supplier sendiri penting adanya bagi para penjual. Hal tersebut dikarenakan tanpa supplier, berarti kamu harus memproduksi sendiri bahan bakunya. Hal tersebut tentu beresiko dan memakan waktu, apalagi jika skala bisnisnya masih kecil. Oleh karena itu, penting untuk para penjual untuk mempunyai supplier.

Supplier Tangan Pertama Langsung dari Pabrik

 

Terlebih lagi, supplier tangan pertama langsung dari pabrik. Hal tersebut akan membantumu menekan biaya produksi. Tentu harga bahan baku tersebut akan jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli dari tangan kedua atau tangan-tangan berikutnya. Terlebih, bahan baku sangat dibutuhkan untuk produksi jadi jumlah yang harus dibeli tentu saja banyak.

Dengan berkurangnya biaya produksi, maka margin profit kamu bisa bertambah. Namun, pastikan bahwa itu terjadi karena kamu dapat mencari dengan harga murah dan bukan karena mengurangi kualitas bahan baku demi keuntungan semata. Berikut adalah beberapa tips untuk mencari supplier tangan pertama.

Baca Juga 
Apa Itu Sistem Franchise dan Bagaimana Memulainya?

Tips Mencari Supplier Tangan Pertama Langsung dari Pabrik

  • Berkunjung Langsung

Cara pertama untuk mencari supplier tangan pertama langsung dari pabrik tentunya adalah dengan berkunjung langsung ke pabrik. Dengan begitu, kamu tahu apa yang dibutuhkan untuk mendapatkan persediaan bahan baku dari pabrik tersebut. Namun jika kamu tidak mengetahuinya, kamu bisa melakukan riset.

Baca Juga : Cara Mencari Supplier Tangan Pertama untuk Bisnis Online

Dengan berkunjung langsung ke pabrik, kamu bisa mengetahui bagaimana produk tersebut dibuat. Selain itu, kamu bisa melihat kualitas langsung bahan baku yang kamu akan gunakan. Terlebih, jika bahan baku tersebut dalam jumlah banyak sehingga perlu ada pengawasan kualitas. Negosiasi juga lebih enak dilakukan ketika bertemu langsung.

  • Bergabung dengan Komunitas

Bergabung dengan komunitas bisa menjadi salah satu cara mencari supplier tangan pertama langsung dari pabrik, apalagi kalau kamu merupakan pemain baru pada produk tersebut. Kamu perlu mencari informasi dari mereka yang sudah terjun terlebih dahulu pada bidang yang kamu geluti.

Selain informasi mengenai supplier tangan pertama langsung dari pabrik, kamu juga bisa mencari informasi lainnya. Kamu bisa bertanya juga dari para penjual yang menggunakan bahan baku yang sama. Penting untuk mempunyai koneksi agar mengetahui informasi yang dibutuhkan.

 

Supplier Tangan Pertama Langsung dari Pabrik

  • Mencari di Marketplace

Marketplace adalah salah satu tempat di mana banyak barang yang dijual. Kamu bisa memanfaatkan marketplace. Marketplace tidak hanya dihuni oleh para penjual kelas kecil ataupun brand besar, tak jarang para supplier pun menjajakan barangnya secara online jika dibutuhkan.

Hal itu bisa kamu manfaatkan untuk mencari tahu supplier tangan pertama langsung dari pabrik. Kamu bisa melihat harga yang ada dan membandingkannya. Jika harga yang diberi cukup rendah, bisa saja hal itu disebabkan karena penjual tersebut merupakan tangan pertama sehingga harga tersebut hanyalah harga langsung dari penjual tersebut.

Baca Juga 
Mau Jualan Jilbab Online? Cari Tahu Dulu Bahan Jilbab yang Bagus!

Tonton Juga: #SellerStory Bolalicious : Cara Mengembangkan Usaha Merchandise sepak bola.

Melihat di Internet

Internet sendiri adalah gudang informasi. Rasanya sayang jika kamu tidak memanfaatkannya untuk mencari supplier tangan pertama langsung dari pabrik. Saat ini, dunia bisa dibilang cukup canggih dengan teknologi. Digital sendiri memegang peran besar saat ini di berbagai sektor kehidupan.

Karena digitalisasi tersebut, kemungkinan besar informasi mengenai supplier tangan pertama langsung dari pabrik bisa kamu dapatkan dari internet. Baik dari pengalaman penjual lain atau bahkan pabrik tersebut yang memberikan informasi. Kamu harus memanfaatkan hal tersebut untuk mengamankan persediaan dari supplier.

 

Supplier Tangan Pertama Langsung dari Pabrik

 

Kriteria dalam Mencari Supplier

Meskipun kamu mencari supplier tangan pertama langsung dari pabrik, tidak berarti kamu bisa asal-asalan mencari selama harga masih murah. Kamu tetap perlu berhati-hati dalam mencari supplier untuk persediaan bahan baku bisnismu. Berikut adalah beberapa kriteria dalam mencari supplier.

  • Berpengalaman

Salah satu kriteria penting dalam mencari supplier tangan pertama langsung dari pabrik adalah berpengalaman. Ketika memiliki pengalaman dalam menyediakan bahan baku, terutama dalam jangka waktu yang lama, supplier ini dapat mengantisipasi saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Tips dan Cara Mencari Laba yang Efektif dalam Bisnis

  • Harganya Bersaing

Kriteria penting lainnya dalam mencari supplier tangan pertama langsung dari pabrik adalah kompetitif dalam harga. Salah satu alasan utama mencari supplier tangan pertama langsung dari pabrik tentu adalah untuk menekan biaya persediaan. Jika harganya bersaing, tentu kamu bisa melakukan negosiasi.

Selain itu, jika harga yang diberikan justru terlalu murah, kamu patut waspada. Hal tersebut disebabkan karena biaya produksi yang dibutuhkan oleh para supplier tersebut tentunya tidak jauh berbeda jika kualitas yang dimilikinya sama. Untuk itulah, kamu harus pintar dalam melakukan negosiasi harga sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup.

Baca Juga 
Pengertian Bisnis Ritel dan Tips Menjalankan Ritel

 

Supplier Tangan Pertama Langsung dari Pabrik

  • Kualitasnya Terjamin

Seorang penjual harus memberikan kualitas terbaik pada pembeli semampu yang mereka bisa. Oleh karena itu, kamu juga harus membuatnya dari bahan-bahan baku terbaik yang kamu mampu. Salah satu kriteria lainnya dalam mencari supplier tangan pertama langsung dari pabrik tersebut adalah kualitas barang terjamin.

Dengan memberikan kualitas terbaik yang sebanding dengan harga, pelanggan tentu akan merasa puas. Akan jauh lebih baik jika pelanggan merasa loyal dengan merek tersebut. Untuk mencapai hal tersebut, kamu harus memberikan kualitas terbaik. Kualitas produk terbaik juga bisa kamu dapatkan dengan bahan baku yang kualitasnya terjamin.

  • Bisa Diajak Berkomunikasi

Berkomunikasi yang dimaksud dalam hal ini adalah mampu kamu ajak berkomunikasi. Komunikasi sering kali menjadi bermasalah dalam berbagai hal, termasuk pekerjaan. Oleh karena itu, perlu komunikasi antara pembeli dan supplier sehingga hubungan profesional tersebut bisa berjalan dengan baik. Komunikasi yang baik juga akan membuat kedua pihak dapat menyelesaikan masalah bersama. 

Demikian adalah penjelasan singkat mengenai supplier tangan pertama langsung dari pabrik serta tips mencari dan kriteria yang dibutuhkan. Setelah menemukan supplier, kamu bisa menjalankan bisnismu. Suatu saat ketika sudah berkembang, tidak ada salahnya jika kamu mencari reseller untuk produk yang kamu jual.

Reseller tersebut nantinya bisa memesan kepadamu melalui Private Order sedangkan untuk para pelanggan langsung kamu bisa menggunakan management order. Kedua hal tersebut merupakan fitur dari SmartSeller. Selain itu masih ada produk lainnya yang perlu diketahui. Yuk, langsung saja kunjungi SmartSeller!